Cara Pakai Fitur Click&Collect di Blibli.com untuk Seller, Menguntungkan!

Tahu gak kalau aplikasi e-commers Blibli mengeluarkan fitur baru yaitu Click & Collect yang memudahkan konsumen untuk berbelanja di aplikasi ini. Dengan adanya fitur Click & Collect, kamu bisa berbelanja online sekaligus offline loh!

Adanya fitur Click & Collect ini, tentunya memberikan keuntungan yang sangat bagus bagi penjual dan pembeli. Terlebih aplikasi Blibli.com termasuk salah satu market place yang juga memiliki banyak sekali pengguna di Indonesia.

Nah, kamu tentunya penasaran bagaimana sih fitur Click & Collect ini bekerja? Apakah benar akan membantu memudahkan para konsumen membeli di tokomu. Nah, artikel ini akan membahas secara lengkap apa itu fitur Click & Collect, manfaatnya, bahkan sampai cara pakainya!

Jadi, jangan kemana-mana dulu, simak artikel ini sampai selesai yuk! Let’s go!

Apa itu Fitur Click & Collect?

Blibli.com telah mengeluarkan fitur baru yang disebut Click & Collect. Nah, Click & Collect sendiri merupakan fitur yang memberikan pengalaman pada konsumen untuk bisa berbelanja secara online dan offline sekaligus. Karena konsumen yang membeli barang di Blibli menggunakan fitur ini, bisa mengambil pesananannya sendiri.

Para konsumen bisa merasakan kemudahan berbelanja online di website ataupun dari aplikasi Blibli (Click). Namun bedanya, konsumen tidak perlu menunggu kurir datang untuk mengantarkan pesananan. Karena, para konsumen bisa langsung ambil pesananan mereka sendiri fengan mengunjungi toko pilihan mereka (Collect).

Tidak hanya mengambil pesanan sendiri, pembeli juga bisa menentukan waktu dan lokasi dari pengambilan barang yang mereka beli. Yang penting sudah sesuai dengan ketersediaan barang di toko pilihan tersebut.

Keuntungan dari Fitur Click & Collect

Nah, setelah mengetahui pengertian dari fitur baru Click & Collect ini, kamu tentunya bertanya-tanya. Apa sih keuntungan menggunakan fitur Click & Collect ini? Nah fitur baru Blibli.com yang satu ini tentunya memberikan beberapa keuntungan untuk para konsumen. Keuntungannya sebagai berikut:

  • Keuntungan fitur Click & Collect yang pertama adalah, para konsumen bisa berbelanja produk favorit mereka secara online. Kemudian mengambil pesananan sendiri di toko terdekat sesuai dengan pilihan.
  • Para konsumen bisa lebih menghemat waktu karena tidak perlu menunggu kuriri untuk mengantarkan pesanan mereka. Cukup mengambil pesananan pada waktu dan tempat yang sudah ditentukan, barang bisa langsung di dapatkan. Dan juga fitur ini juga avaliable di hari-hari week end, yaitu sabtu dan minggu.
  • Toko-toko yang melakukan patner Click & Collect memiliki jam operasional yan panjang, bahkan dari pagi hingga malam, dan juga 7 hari dalam seminggu. Dan jika kamu juga bekerja sama menggunakan fitur ini, gak menutup kemungkinan tokomu tetap ramai dan banyak pembeli.
  • Saat ini, fitur Click & Collect di Blibli.com juga tersedia di kota-kota besar di Indoensia. Dan kedepannya, Blibli.com akan memperluas lokasi dari penggunaan fitur ini agar konsumen semakin mudah berbelanja.

Cara Mencari Produk dengan Fitur Click & Collect

Mungkin yang membaca artikel ini adalah konsumen yang penasaran dengan kemudahan dari fitur Click & Collect. Nah, kamu mungkin bertanya-tanya, bagaimana caranya menggunakan fitur ini. Untuk menggunakan fitur Click & Collect ada 3 cara mudah nih!

Gunakan Filter

Cara menggunakan fitur Click & Collect di Blibli yang pertama adalah dengan menggunakan filter pencarian.

  • Buka aplikasi atau website Blibli.com, kemudian gunakan kotak Search untuk mencari produk.
  • Kemudian saat muncul hasil dari pencarian ytersebut, klik filter Layanan dan pilih Click & Collect.
  • Nah, setelah hasil pencarian muncul, pada halaman akan menampilkan produk-produk dari toko yang telah menyediann pilihan Click & Collect ini.

Pergi ke Laman Click & Collect

Cara menggunakan fitur Click & Collect yang kedua termasuk sangat mudah.

  • Buka aplikasi atau website dari market place Blibli.com.
  • Masuk ke laman khusus dari Click & Collect untuk bisa langsung melihat semua produk dari toko-toko yang menyediakan pilihan dari Click & Collect ini.

Masuk Ke Laman Produk

Cara menggunakan fitur Click & Collect di Blibli.com yang ketiga adalah dengan cara berikut ini:

  • Buka aplikasi atau website berbelanja Blibli.com.
  • Saat sudah memasuki halaman Blibli.com, gunakan kotak Search untuk mencari produk yang kamu inginkan atau yang kamu butuhkan.
  • Cari tanda Click & Collect pada laman produk yang ingin kamu beli, dan pilih produk tersebut.
  • Kemudian pilih pegiriman Click & Collect sebagai jenis pengiriman, dan pilih toko pengiriman.
  • Jangan lupa untuk mengecek keterseduaan toko di masing-masing alamat toko yang kamu pilih.

Cara Memilih Toko di Click & Collect

Setelah mengetahui cara menggunakan fitur Click & Collect ini di aplikasi atau website Blibli.com. Saatnya kamu harus tahu bagaimana memilih toko melalui fitur ini. Nah, bisa ikuti step-step berikut ini:

  • Buka aplikasi atau website Blibli.com terlebih dahulu dan pastikan laptop atau laptopmu tersambung pada jaringan internet.
  • Kemudian pilihlah metode fitur dari Click & Collect pada laman produk.
  • Setelah itu, kamu bisa klik Pilih Lokasi Toko dan jangan lupa gunakan kotak Search yang muncul untuk mencari toko yang sesuai referensimu.
  • Nah, setelah itu laman Blibli.com akan menampilkan lokasi toko yang menyediakan fitur Click & Collect ini. Dan kamu bisa langsung berbelanja di sana.

Perlu diingat bahwa saat kamu sudah terlanjur memilih lokasi toko setelah menyelesaikan pesananmu. Kamu tidak bisa mengganti lokasi toko pengambilanmu. Jadi, sebelum transaksi selesai, pastikan lokasi toko sudah sesuai dan dekat dengan rumah.

Cara Mengambil Pesananan Click & Collect

Setelah melakukan pesanan di toko pilihan tersebut dan pembayaran sudah terverifikasi. Kamu nantinya akan mendapatkan email dengan kode settlement yang unik serta ada panduan pngambilan pesanan.

Kamu hanya perlu datang ke toko yang kamu pilih dengan membawa email tersebut. Jangan lupa bawa bukti identitas yang valid untuk mengambil pesananan dalam waktu 7 hari waktu operasional toko tersebut.

7 hari jam operasional yang di maksud di sini adalah sejak tanggal pembelian produk tersebut. Misalnya, kamu melakukan pesananan di hari senin, sementara pilihan kamu buka pada hari senin sampai minggu. Maka kamu bisa mengambil pesananmu hanya sampai hari senin berikutnya, jadi terhitung 7 hari.

Namun jika toko pilihanmu hanya buka di hari senin-jumat, sedangkan di hari sabutu dan minggu tutup. Sedangkan kamu melakukan pesanan di hari senin, maka pesananmu bisa diambil sampai hari selasa berikutnya (7 hari)

Dan sebaliknya juga, jika di hari terakhir pengambilan jatuh pada hari libur kalender dan toko tutup pada hari tersebut. Maka hari terakhir kamu dapat mengambil pesanan adalah keesokan harinya.

Bagaimana Jika Tempo Pengambilan Barang Sudah Lewat?

Nah mungkin beberapa dari kamu terlalu sibuk untuk mengambil pesanan yang sudah lewat jatuh tempo, yaitu 7 hari. Jika kamu tidak bisa mengambil pesanan sesuai waktu yang telah ditentukan tersebut, kamu bisa langsung menghubungi pihak toko.

Kamu bisa mengatur pengembalian barang atau pesananmu sesuai persetujuan bersama. Dan yang perlu kamu ingat, beberapa toko memiliki kebijakan yang tegas dan mungkin saja tidak bisa memenuhi permohonanmu.

Karena, kode settlement yang kamu terima melalui email tidak berlaku lagi setelah lewat dari 7 hari. Jadi, terkadang toko tidak ingin mengambil resiko dari keterlambatan tersebut. Jadi, sebaiknya kamu mengambil pesanan tersebut tidak lebih dari 7 hari, untuk menghidari kemungkinan masalah ini terjadi.

Cara Mengembalikan Barang yang Rusak dengan Click & Collect

Mungkin beberapa dari kamu mengalami barang rusak atau tidak sesuai. Maka, saat kamu mengambil pesananmu di toko pilihan, kamu harus selalu memeriksa produkmu sebelum meninggalkan toko.

Jika kamu menemukan kecatatan pada produk yang kamu beli, maka segera komunikasikan pada toko dan mengganti produk rusak ke produk yang baru. Karena produk yang rusak atau cacat biasanya dapat ditanggung oleh garansi masing-masing toko.

Nah, inilah beberapa penjelasan mengenai fitur baru dari Blibli.com, yang sudah dikenal dengan fitur Click & Colect. Jika kamu seorang pembeli, maka fitur ini sangat berguna untuk melakukan transaksi dan pembeli dalam waktu yang singkat. Karena kamu bisa memilih sendiri kapan dan di toko mana kamu ingin berbelanja.

Sedangkan untuk kamu penjual yang menyediakan fitur Click & Colect ini, kamu juga bisa meningkatkan penjualanmu. Karena selain memudahkan konsumen, barang yang ada di toko juga lebih cepat terjual. Jadi, jangan skin untuk menyediakan fitur Click & Colect di tokomu ya!

Nah, cukup sampai sini pembahasan mengenai Click & Colect yang merupakan fitur baru dari aplikasi Blibli ini. Semoga apa yang kamu baca bisa memberikan manfaat untuk kamu ya! Jangan lupa untuk tinggalkan komentar dan melihat artikel yang lainnya di laman Berita Terkini. See you, Beautypreneurs!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts