Cara Memasang Facebook Pixel di Website, Mudah dan Menguntungkan!

cara memasang facebook pixel di website

Hallo guys! Kamu tentunya sudah tahu media sosial Facebook bukan? Media ini masih banyak memiliki pengguna setia loh! Dengan banyaknya user Facebook ini, kamu bisa melihat peluang besar untuk mempromosikan produk atau bisnis yang sedang kamu jalankan.

Dengan melakukan promosi di facebook, sangat mungkin penjualanmu bisa lebih meningkat. Kamu juga harus tau ya berbagai strategi marketing yang bisa kamu terapkan untuk melakukan promosi di media ini. Jangan melakukan strategi marketing yang tidak tepat, karena bisa jadi promosi yang kamu lakukan justru memberi dampak buruk pada bisnismu.

Berbicara tentang strategi marketing, kamu sebagai seorang pemilik brand yang sedang ingin meningkatkan penjualan. Kamu haruslah paham tentang berbagai tools dan peralatan yang bisa berfungsi untuk meningkatkan dan memaksimalkan promosimu.

Nah, pada sosial media ini, ada salah satu tools yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan promosi brand yang kamu miliki. Yaitu dengan menggunakan Facebook Pixel.

Nah, pertanyaannya sekarang, apakah kamu pernah mendengan Facebook Pixel sebelumnya? Atau kamu memang belum pernah tau tools ini ya? Nah, sudah saatnya kamu mencoba fitur ini dalam melakukan kegiatan marketingmu.

Selain mempermudah kamu menentukan target pasar dari produk yang kamu jual, Facebool Pixel juga akan membantumu memaksimalkan konten iklan yang sedang kamu jalankan.

Namun, sebelum kita membahas yang lebih jauh, yuk kenalan dulu dengan Facebool Pixel! Simak penjelasan berikut ini!

Apa Facebook Pixel Itu?

Nah sebelum kamu mencari tahu cara memasang Facebool Pixel di website, kamu harus tahu dulu apa Facebool Pixel ini. Facebool Pixel merupakan tools atau alat analisi yang dapat mengufur efektivitas iklan yang kamu pasang. Yaitu dengan cara memahami perilaku orang-orang yang telah mengunjungi websitemu.

Facebool Pixel memungkinan akan menjadi strategi periklanan untuk melihat mana yag paling memunginkan untuk berhasil dan mencapai tujuan dari bisnismu. Dengan begitu, kam bisa memaksimalkan anggaran yang akan kamu keluarkan untuk biaya iklan di sosial media.

Tools ini mampu mengoptimalkan ads dan memastikan iklan tersebut ditampilkan pada audiens yang tepat. Facebool Pixel sangat bisa kamu gunakan untuk melakukan re-taregeting pada orang-orang yang telah mengunjungi halaman tertentu. Atau kepada mereka yang telah mengambil yindakan mengunjungi websitemu.

Contoh singkatnya adalah, jika ada seseorang mengunjungi websitemu, dan melakukan tindakan seperti membeli sesuatu. Facebool Pixel akan melaporkan tindakan ini kepadamu. Dengan begitu kamu akan tahu kapan pelanggan melakukan tindakan setelah melihat iklan Facebook yang telah kamu pasang. Kamu juga bisa menjagkau kembali pelanggan ini dengan menggunakan Custom Audience.

Penjelasan yang lebih singkaynya adalah Facebool Pixel akan membantu agar kamu lebih memahami efek dari iklan yang kamu pasang. Yaitu dengan melihat dan memahami apa yang dilakukan orang-orang setelah mereka melihat iklan tersebut.

Jadi, dengan Facebool Pixel kamu bisa lebih luas menjangkau oranh-orang yang memungkinkan untuk mengambil tindakan nyata, seperti membeli produk yang kamu jual.

Baca Juga: Facebook Pixel: Pengertian, Manfaat dan Cara Penggunaannya

Lantas bagaimana cara memasang Facebook Pixel di Website bisnismu? Baca terus artikelnya sampai habis, ya!

Cara Memasang Facebook Pixel di Website

Nah, setelah kamu paham apa yang dimaksud dengan Facebool Pixel, kamu tentunya peasaran bagaimana menggunakan tools ini. Kamu juga igin tahu bagaimana Facebool Pixel bisa kamu pasang pasa website resmi brand milikmu.

Berikut penjelasan mengenai cara memasang Facebool Pixel di website milikmu. Yuk, simak dengan cermat penjelasannya!

Melakukan Login di Facebook

Cara memasang Facebool Pixel di website yang pertama adalah dengan melakukan login pada akun Facebook. Kamu bisa login melalui https://www.facebook.com/ kemudian memasukan email dan juga password yang sudah di daftarkan,

Sebisa mungkin kamu menggunakan akun Facebook resmi dari brand atau perusahaan, sehingga kamu bisa membedakan akun bisnis dan akun probadimu.

Akses Facebook Ads Manager

Nah, setelah melakukan login pada akun facebook, kamu bisa langsung mengakses Facebook Ads Manager. Kamu dapat langsung mengunjungi link berikut ini agar bisa langsung mengakses Facebook Ass Manager https://www.facebook.com/events_manager/pixel .

Hubungan Sumber Data

Jika kamu sudah melakukan dua step sebelumnya, saat ini kamu bisa memilih menu Sumber Data dan klik Hubungkan Sumber Data tersebut. Nah, pada step Hubungkan Sumber Data, ada beberapa pilihan.

  1. Kamu harus memilih platform media apa yang akan kamu gunakan untuk promosi dan berinteraksi dengan konsumen. Platform tersebut ada web, aplikasi, dan offline. Nah, karena kamu ingin menghubungkan Facebool Pixel dengan WordPress, maka kamu bisa langsung klik “Web”, kemudia klik “Mulai”.
  2. Kamu bisa memilih metode koneskinya. Kamu bisa langsung meng-klik “Facebook Pixel”, kemudian klik “Terbuhubung”.
  3. Selanjutnya, kamu bisa menambahkan detail dari “nama pixel” dan “nama domain”. Kemudian klik “Lanjutkan”.
  4. Kamu harus memilih cara instalasi kode pixel. Silahkan memilih “Menambahkan kode piksel ke situs web secara manual” dengan klik “Instal kode secara manual”.
  5. Nah, pada step ini, kamu akan medapatkan kode asar yang bisa kamu gunakan untuk menghubungkan Facebool Pixel dengan website.

Lakukan Instal Plugin di WordPress

Saat ini, kamu bisa tinggalkan sementara halaman Facebook Ads Manager tersebut, kemudian beralih akun ke WordPressmu.

  1. Terlebih dulu kamu harus login pada akun WordPress dengan mengakses namadomain/wp-admin di web browser. Kemudian kamu bisa memasukkan username dan password yang kamu miliki.
  2. Silahkan pilih menu “Plugin” dan kemudian klik “Add New”. Kamu harus menuliskan “Insert Headers and Footers” di kolom pencarian dan klik “Instal Now” untuk menginstal plugin.
  3. Lanjutkan dengan meng-klik “Activate” untuk mengaktifkan plugin.

Setelah plugin telah diaktifkan, kamu bisa melanjutkan pada step berikutnya.

Lakukan Copy & Paste Kode Dasar di WordPress

Saat ini kamu telah menginstal plugin, maka langkah selanjutnya adalah melakukan setting pada plugin. Ikuti step-step berikut ini:

  1. Pilih menu “Setting, kemudian klik “Insert Headers and Footers”. Pada menu ini, kamu bisa lihat kolom “Scripts in Header” dan silahkan melakukan copy kode dasar Facebool Pixel yang sempat kamu tinggalkan pada halaman Facebook Ads Manager sebelumnya.
  2. Lanjutkan dengan melakukan paste ke dalam kolom “Scripts in Header”, dan kamu bisa scroll ke bawah dan klik “Save”.

Meng-Install Facebook Pixel Helper

Nah, pada tahapan ini kamu sudah selesai dengan meng-copy & paste kode dasar di WordPress. Jika semua itu sudah sesuai, silahkan untuk menginstall Facebool Pixel helper pada ekstensi Google Crome milikmu.

Ekstensi ini kamu gunakan untuk mengecek apakah Facebool Pixel sudah berhasil diinstall di WordPress atau belum. Kamu bisa mengaksesnya melalui Facebool Pixel Helper ini.

Pemasangan Facebook Pixel di WordPress Telah Berhasil

Pada step ini, kamu bisa melakukan cek apakah Facebool Pixel di WordpPress sudah berhasil atau tidak. Yaitu dengan cara akses domain yang tekah kamu tambahkan tadi.

Jika ekstensi Facebool Pixel Helper mucul ucapan “Hello World!” Maka, itu berarti Facebook Pixel di WordPress telah berhasil kamu lakukan.

Nah, begitulah cara memasang Facebook Pixel di WordPress ini. Cara ini termasuk step yang mudah dilakukan asalkan kamu mengikuti semua langkah yang sudah dijelaskan di atas ya! Dengan menggunakan Facebool Pixel ini, kamu bisa lebih luas menjangkau target yang memang tepat sasaran.

Kamu juga bisa memaksimalkan iklan buatanmu dan meningkatkan penjualan dari bisnismu melalui Facebool Pixel ini. Jadi, tidak ada ruginya untuk mencoba strategi baru yang mempermudah kamu dalam menjalankan bisnis ini.

Semoga artikel ini bisa membantumu untuk bisa mengaplikasikan cara memasang Facebook Pixel di website-mu, ya. Dan semoga apa yang telah kamu baca bisa memerikan manfaat untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis.

Semangat untuk kalian para pencari cuan. See you in another time! Bye-bye!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

strategi omnichannel untuk bisnis online

Strategi Omnichannel untuk Bisnis Online – Manfaat, Cara Kerja dan Penerapannya

Seiring dengan perkembangan teknologi dan era globalisasi, pemilik usaha perlu memikirkan kehadiran bisnisnya di ranah digital. Misalnya dengan memanfaatkan strategi omnichannel dalam bisnis online, sudah pernah dengar sebelumnya? Kini masyarakat menjadi begitu tertarik dan ‘ketergantungan’ dengan belanja online. Hampir...

Continue Reading
cara menggunakan google trend untuk bisnis

4 Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Bisnis, Ikuti Langkahnya!

Website menjadi salah satu aspek penting dalam digital marketing. Salah satu fungsinya yaitu untuk meningkatkan kedibilitas perusahaan. Dengan mempunyai website juga akan mempermudah orang untuk menemukan bisnis yang sedang kamu jalankan. Pengunjung yang banyak menjadi salah satu target mempunyai...

Continue Reading

Leave a Comment