Cara Agar Brand Menjadi Trending di Twitter, Buat Produkmu Viral!

Cara agar brand menjadi trending di Twitter

Setiap brand owner tentunya ingin jika produk yang kamu jual banyak dikenal dan digunakan oleh orang-orang, bukan? Nah, salah satu platform media sosial yang memiliki banyak pengguna adalah Twiter. Lalu, bagaimana jika produk yang kamu jual justru viral di media yang satu ini? Pasti akan sangat menyenangkan! 

Sebagai pemiliki brand, kamu juga harus belajar cara untuk membuat brndmu trending di Twitter. Karena, selain menjadi platform yang banyak digunakan oleh orang-orang, konten yang kamu upload di Twitter sangat efektif untuk memengaruhi minat dan emosi dari audiens brandmu.

Namun, untuk membuat brandmu menjadi trending topic di Twitter juga tidak mudah. Kamu memerlukan beberapa cara agar produkmu menjadi viral di media sosial ini. Maka dari itu, kamu harus menyimak cara agar brand menjadi trending di Twitter! Selamat membaca yaaaa!

Ada banyak cara agar brand menjadi trending di Twitter, salah satu hal yang mudah dilakukan adalah dengan mengguakan hastag yag sama dengan apa yang sedang menjadi trending topic. Trending yang seperti ini sangat populer dan mampu membuat brandmu menjadi viral dan meledak.

Nah, sebelum mencari tahu cara agar brand menjadi trending di Twitter. Kamu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana trending topic tersebut bisa mencuat di platform ini. Inilah beberapa serba-serbi mengenai trending topic Twitter:

Sesuai dengan Algoritma

Trending topic umumnya ditentukan oleh algoritma, jadi semuanya dilihat dari siapa yang diikuti pengguna, lokasi, dan minat. Jadi, kamu bisa mengubah trend berdasarkan lokasi, hingga pengguna yang lain bisa melihat topiknya.

Berkaitan dengan Topik Terhangat

Jika kamu mengira jika trending topic di Twitter dilihat dari jumlah tweet, maka hal tersebut salah besar. Sebuah trending topic memperlihatkan apa yang sedang hangat dibicarakan di platform ini, jadi kamu bisa melihat dari diskusinya.

Terindeks dalam Hasil Pencarian Populer Twitter

Untuk melihat apakah tweet menjadi trending bisa kamu lihat dari daftar untuk mengetahui hasil pecarian terpopuler di Twitter. Dari situ, kamu akan melihat seluruh tweet yang isinya berupa kata, frasa, serta tanggar populer. Dengan kata lain trending topic dapat kamu ketahui secara praktis.

Semua Orang Berkesempatan Jadi Trending Topic

Yang menarik dari trending di Twitter adalah, semua orang mampu menjadi trending topic di media yang satu ini. Namun biasanya Twitter juga bisa menyaring pencarian orang-orang untuk mendapatkan kualitas terbaik, sehingga semua akan terlihat dengan jelas.

Adanya Keterangan Trending Topic

Biasanya apa yang menjadi trending topic memiliki keterangan. Misal, seperti konteks, tweet, semua bisa dipersonalisasi berdasarkan ruang lingkup jaringan obrolan. Kamu tentunya bisa melihat jumlah tweet masuk secara langsung.

Adanya Batasan pada Trending Topic

Jika kamu amati, biasanya topik di Twitter memiliki batasan pada trending topic. Hal ini bertujuan untuk menjaga diskusi yang dilakukan tetap dalam platform yang sehat. Jadi, ada kalanya beberapa konten memang tidak dimunculkan dalam diskusi tersebut.

Bersifat Organik

Kamu tentu tau jika untuk menjadi trending topic, kamu tidak perlu membayar hal tersebut. Karena trending topic pada Twitter bersifat organik berdasarkan parameter aturan dari Twitter sendiri. Hal ini tidak bisa diubah, namun ada layanan yang bisa menjadikan sebuah topic menjadi trending di Twitter.

Nah, itulah beberapa serba serbi mengenai trending topic twitter, kamu bisa melakukan dua pilihan agar bisa menjadi trending topic. Yaitu melalui trend promosi atau dengan spotlight. Kedua hal tersebut biasanya akan membuat topik yang kamu ciptakan langsung menjadi populer dan viral.

Lalu, sebagai pemilik bisnis, kamu tentunya penasaran bagaimana cara agar brand menjadi Trending di Twiteer. Coba simak pejelasan berikut ini!

Secara umum, setiap creator yang menggunakan Twitter mampu membuat dan menciptakan topik bahasan yang bisa membuatnya menjadi hot trending. Nah, trending tersebut biasanya memiliki tema yang diangkat oleh semua pengguna dan akan terus menerus di tweet oleh mereka.

Sebagai pemiliki brand, kamu tentunya ingin tahu cara agar brandmu menajadi trending topic di platform ini. Nah, berukut beberapa cara brand trending di Twitter! Simak tulisan ini dengan seksama ya!

Memperkenalkan Brandmu secara Inklusif dan Interaktif

Cara agar brand bisa menjadi trending di Twitter yang pertama adalah dengan memperkanalkan brandmu secara inklusif dan interaktif! Proses ini bisa kamu lakukan dengan membuat bio yang singkat, padat, dan memiliki informasi lengkap tentang brand yang kamu jual.

Di dalam bio harus meliputi informasi detail mengenai brandmu, serta produk dan layanan apa yang bisa kamu berikan pada calon konsumen. Kemudian kamu juga harus memiliki link yang menuju pada situs web resmi perusahaan. Link tersebut harus secara jelas tertera pada bio akunmu, ya! Karena dengan mencantumkan link website perusahaan, kamu bisa meningkatkan interaksi dengan audiens.

Tidak lupa, kamu juga harus memiliki avatar atau foto profil dan juga header yang simpel dan menarik. Tentunya kedua hal tersebut yang bisa melambangkan dan mewakili image dari brandmu. Dan juga, kedua aspek ini juga bisa menjadi penentu apakah calon konsumen akan menekan follow atau tidak.

Membagikan Liputan Pers yang Bernilai Positif

Cara agar brand menjadi trending di Twitter yang kedua adalah dengan membagikan liputan pers yang positif. Maksud dari hal tersebut adalah ulasan menarik yang akan membuat brandmu tampak lebih menonjol daripada dengan brand yang lain.

Dari artikel positif yang kamu upload melalui pers, akan membuat brandmu terlihat lebih kredibel dan lebih berkualitas dari pada brand kompetitor. Alhasil, brand image dan angka penjualan terhadap produkmu bisa meningkat.

Namun jangan lupa, saat kamu membagikan ulang liputan pers tersebut. Kamu bisa membuat caption yang menunjukkan rasa terima kasih yang tulus pada mereka. Sehingga audiensmu bisa melihat jika brand yang kamu miliki menyediakan produk berkualitas dan ramah.

Mampu Memanfaatkan Hashtag dengan Baik

Cara agar brand menjadi trending di Twitter yang ketiga adalah dengan memanfaat hashtag dengan sebaik mungkin. Di semua sosial media termasuk Twitter, hashtag merupakan sarana terbaik untuk keperluan promosi dan pemasaran.

Cara tersebut sangat relevan dengan strategi marketing di Twitter loh! Karena hashtag merupakan cara paling cepat agar brandmu bisa menjadi trending topic di media ini. Cara melakukan praktik ini juga sangat mudah. Kamu hanya perlu mencari topuk dengan hashtag yang sedang dalam trend, dan kamu bisa menggunakannya sesuai dengan prespektif brandmu.

Kamu juga bisa mencari kemiripan yang mencolok dan hubungkan saja tema hashtag tersebut dengan konten-konten dari brandmu. Dengan begitu, pengguna Twitter bisa menemukan tweet-mu dengan mudah.

Membuat Acara dan Promosi Brand

Cara agar brand menjadi trending di Twitter yang selanjutnya adalah dengan membuat acara dengan promosi di Twitter. Kamu bisa menggunakan cara ini untuk memasarkan dan mempromosikan produkmu.

Startegi ini tergolong sangat efektif karena Twitter bisa mendorong popukaritas sebuah event dengan sangat cepat. Terlebih, kebanyakan pengguna Twitter sangat menggemari acara yang diselenggarakan, terutama oleh akun yang telah besar.

Cara ini juga tidak sulit untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menematkan hashtag yang releban padasetiap tweet yang mempromosikan sebuah acara. Lalu gunakan strategi ini untuk membangun momentum dan mengumpulkan perhatian dari audiens.

Bisa Memanfaatkan Tools Targeting

Cara berikutnya untuk memmbuat brandmu menjadi trending adalah dengan memanfaatkan tool targeting yang sudah terintergrasi. Targeting pada Twitter termasuk hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, menargetkan kelompok audiens yang tepat sasaran merupakan hal yang berat.

Kamu bisa memecah demogradi konsumen menjadi 3 kelompok, yakni influencer, brand amplifier, dan target audiens. Selain target audiens ini, kamu mampu mengandalkan orang-orang berpengaruh sel=perti seleb tweet atau influencer terkenal untuk memberikan ulasan kepada pelanggan.

Kamu bisa menemukan influencer dan target konsumen dengan tepat menggunakan tool targeting. Toos untuk targeting yang bisa kamu gunakan di Twitter di sebut social pilot.

Membuat List

Pada cara brand trending di Twitter ini, membuat Twitter list merupakan cara trending yang belum dikenal banyak orang. Pada ditur ini dapat kamu manfaatkan apabila kamu merasa kedulitan untuk mencapai target audiens. Twitter list sendiri nyatanya mengacu pada daftar profil yang sering melakukan interaksi dengan konten dari sebuah akun brand.

Kamu bisa membuat twitter list secara mandiri ataupun dengan menggunakan daftar yang telah pengguna lain buat. Dengan adanya list ini, kamu bisa menampilkan dan mengirim konten kepada akun-akun yang termasuk di dalamnya. Hal ini menjadi cara efektif untuk meningkatkan engagement dan ppopularitas dari akun brandmu.

Gunakanlah Fitur Tweet Chats

Cara agar brand menadi trending di Twitter yang terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur Tweet Chat di Twittermu. Fitur ini meruakan kanal percakapan yang teradi di Twitter pada tanggal dan waktu yang telah ditentukan tentang topik tertentu.

Setiap percakapan yang memiliki hashtag akan memungkinkan siapapun untuk ikut berpartisipasi. Tweet Chats juga dianggap sebagai saluran yang menyenangkan untuk terlibat dengan konsumen brandmu.

Nah, utuk memulai percakapan tersebut, kamu harus mengajukan beberapa pertanyaan yang sesuai dengan brand dan followers. Kemudian kamu bisa membaut grafik sederhana untuk menemani pertanyaan agar membantu followers menjawab.

Nah, itulah beberapa cara agar brand menjadi trending di Twitter. Kamu bisa menerapkan tips di atas untuk memperkenalkan branmu di Twitter. Tidak dipungkiri brand yang kamu miliki bisa menjadi trending topic yang hangat dibicarakan di media tersebut.

Kamu juga bisa mengikuti tips promosi brand kosmetik lewat Twitter di sini.

Semoga apa yang tertulis pada artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kalian semua ya! Terima kasih telah membaca tulisan ini, mari bertemu lagi pada tulisan yang lainnya! Bye bye guysssss!

About Author

Retno Ayu Wulandari

Seorang yang suka tidur, makan, dan menulis.

Related posts

strategi omnichannel untuk bisnis online

Strategi Omnichannel untuk Bisnis Online – Manfaat, Cara Kerja dan Penerapannya

Seiring dengan perkembangan teknologi dan era globalisasi, pemilik usaha perlu memikirkan kehadiran bisnisnya di ranah digital. Misalnya dengan memanfaatkan strategi omnichannel dalam bisnis online, sudah pernah dengar sebelumnya? Kini masyarakat menjadi begitu tertarik dan ‘ketergantungan’ dengan belanja online. Hampir...

Continue Reading
cara menggunakan google trend untuk bisnis

4 Cara Menggunakan Google Trend untuk Riset Bisnis, Ikuti Langkahnya!

Website menjadi salah satu aspek penting dalam digital marketing. Salah satu fungsinya yaitu untuk meningkatkan kedibilitas perusahaan. Dengan mempunyai website juga akan mempermudah orang untuk menemukan bisnis yang sedang kamu jalankan. Pengunjung yang banyak menjadi salah satu target mempunyai...

Continue Reading

Leave a Comment