Redakan Gatal, Ini Dia Cara Membuat Losion Herbal untuk Merawat Kulit Sensitif

losion herbal untuk merawat kulit sensitif (1)

Salah satu masalah kulit yang sangat sering dialami oleh masyarakat adalah gatal-gatal. Penyebab masalah satu ini cukup bersagam, mulai dari kondisi kulit yang terlalu kering, gigitan serangga, maupun karena perubahan cuaca.

Nah, untungnya masalah gatal-gatal pada kulit ini bisa diatasi dengan cukup mudah. Tak perlu melulu menggunakan obat oral, kamu bisa merawat dan menenangkan kulit dengan penggunaan krim topikal dan losion tubuh.

Beberapa bahan alami mengandung senyawa humektan dan emolien organic, yang dapat bekerja sebagai antiinflamasi yang baik untuk meredakan berbagai gejala peradangan dan rasa tak nyaman pada kulit.

Well, karenanya dalam artikel kali ini kami akan memberitahumu beberapa cara membuat losion dari bahan alami untuk meredakan rasa gatal di kulit. Termasuk, bisa juga digunakan untuk merawat kulit yang kering dan sensitif.

Bahan Alami untuk Membuat Losion Herbal untuk Menenangkan Kulit Gatal

losion herbal untuk merawat kulit sensitif (3)

Kamu pasti menyadari bahwa belakangan ini industri kosmetik kembali mengangkat penggunaan bahan-bahan alami sebagai formula kosmetik.

Bahkan banyak bahan-bahan alternatif yang digunakan sebagai pengganti senyawa kimiawi tertentu, yang kadang dinilai cukup keras dan dapat menimbulkan iritasi pada kulit.

Bahan alami diklaim memiliki sifat yang lebih ramah pada kulit, sehingga aman untuk digunakan merawat kulit. Utamanya yang memiliki karakteristik kering, mudah teriritasi, atau tengah mengalami peradangan.

Karenanya, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat losion dari bahan alami untuk meredakan rasa gatal pada kulit.

Namun, sebelum itu ada baiknya untukmu mengetahui bahan-bahan apa saja yang bisa membantu mengurangi rasa gatal di kulit berikut ini.

Tanaman Chickweed (Stellaria Media)

Chickweed merupakan tanaman yang tersebar hampir di seluruh daratan dunia, mekar sepanjang tahun, dan tahan dalam cuaca tertentu.

Tanaman merambat kecil ini paling baik digunakan ketika dalam keadaan masih segar. Yap! Karena tidak bisa bertahan lama dan mengurangi manfaatnya ketika disimpan terlalu lama, chickweed tergolong tidak popular dalam industri kecantikan.

Meski begitu, bahan alami ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam meredakan gejala peradangan pada kulit, termasuk rasa gatal.

Menurut Formula Botanica, bahan alami ini bakan bisa membantu menenangkan rasa gatal ekstrim yang disebabkan oleh iritasi kulit maupun alergi, lho!

Kandungan demulcent dalam chickweed akan membantu memberikan lapisan hidrasi pada epidermis, sehingga bisa membantu mengatasi kulit yang kering, dapat menenangkan, melindungi kulit, sementara senyawa saponinnya akan meredakan gatal.

Menggunakan Daun Peppermint

manfaat teh peppermint untk kecantikan

Daun peppermint sangat dikenal karena sensansinya yang dapat menyegarkan dan memberikan sensasi dingin pada kulit. Nah, sifatnya inilah yang menjadikan peppermint cocok digunakan sebagai cara membuat losion dari bahan alami untuk meredakan gatal.

Kandungan menthol yang dimiliknya akan mendinginkan kulit, ketika diaplikasikan secara topikal. Saking ampuhnya, kamu pun dapat langsung mencampurkan minyak esensial peppermint ke dalam produk perawatan kulit yang kamu gunakan.

Aturan penggunaannya tentu harus diperhatikan juga, yakni tidak boleh menggunakan lebih dari 1% minyak esensial peppermint dalam skincare, dan 2% dalam produk yang digunakan pada tubuh.

Sayangnya, beberapa orang mungkin tidak tahan dengan aroma minyak esensial peppermint. Karena dinilai terlalu kuat dan menyengat. Sebab itu, kamu bisa membatasi penggunaan minyak esensial ini, dan menggunakannya dalam takaran yang sangat kecil.

Centella Asiatica

centella asiatica (1)

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membantu menenangkan kulit yang gatal adalah centella asiatica. Tanaman yang juga dikenal sebagai daun pegagan ini memiliki kandungan antialergi, anti peradangan, juga antipruritus.

Ketiga kandungan tersebut diketahui dapat bekerja secara optimal dalam meredakan berbagai gejala peradangan pada kulit, termasuk rasa gatal yang mengganggu.

Alasan ini pulalah yang membuat daun pegagan banyak digunakan dalam produk-produk perawatan kecantikan kulit. Meski begitu, masih diperlukan penelitian lebih jauh untuk mengetahui apakah bahan ini bisa digunakan secara langsung ke kulit sebagai obat gatal alami.

Daun Jelatang

Jelatang merupakan salah satu tanaman yang sangat mudah ditemukan di daratan Asia, termasuk di Indonesia, lho. Kamu bisa menggunakan daun dari tanaman jelatang sebagai bahan dasar lotion herbal untuk meredakan gatal-gatal.

Untuk menciptakan losion herbal untuk merawat kulit sensitif ini, paling baik kalau kamu melakukan ekstraksi sederhana daun jelatang. Yakni dengan cara merendam daun jelatang dengan pelarut yang sesuai dengan senyawa aktif yang akan diambil lewat pemanasan rendah.

Zat pelarut yang dibicarakan di sini adalah beberapa jenis minyak pembawa, misalnya almond oil, coconut oil, extra virgin olive oil, dan masih banyak lainnya.

Cara lebih sederhananya, kamu bisa menambahkan bubuk jelatang ke dalam produk perawatan yang kamu punya. Kemudian mengaplikasikannya ke kulit sebagai masker organic yang menenangkan berbagai rasa gatal.

Coconut Oil

manfaat coconut oil untuk kecantikan (1)

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan sebagai losion herbal untuk merawat kulit sensitif adalah coconut oil. Ini dikarenakan minyak kelapa memiliki berbagai senyawa aktif yang dapat bekerja sebagai agen antiinflamasi pada kulit.

Karenanya, berbagai gejala peradangan, kulit yang kering, ruam merah, hingga gatal-gatal yang mengganggu bisa dihempaskan oleh bahan alami satu ini.

Tak cuma itu, coconut oil pun memiliki kandungan antioksidan. Sehingga bisa mencegah dan menetralisir dampak radikal bebas pada kulit, melindungi sel dan jaringan dari kerusakan yang diakibatkan stress oksidatif.

Selain itu, kandungan asam laurat yang ada dalam coconut oil pun akan membantu menghalau bakteri penyebab gatal-gatal.

Manfaatnya yang bisa melembapkan kulit pun akan cocok digunakan untuk meredakan rasa gatal yang diakibatkan oleh kulit kering.

Ekstrak Bunga Calendula

manfaat calendula untuk kecantikan (4)

Sejak zaman kuno, calendula telah digunakan dalam cerita rakyat sebagai ‘obat untuk kulit’ dan untuk merawat luka.

Calendula bersifat antibakteri, antivirus dan antijamur dan menenangkan kulit; semua atribut yang telah lama menjadi favorit di antara herbal yang digunakan dalam perawatan kulit.

Karenanya, kamu bisa menemukan bahan alami di dalam berbagai produk perawatan kulit. Khususnya yang bekerja untuk merawat kulit kering dan sensitif, yang rentan mengalami rasa gatal dan irirtasi.

Cara Membuat Losion Herbal untuk Merawat Kulit Sensitif

maklon body lotion

Setelah mengetahui berbagai bahan yang dapat digunakan sebagai losion herbal dan apa manfaatnya untuk kesehatan kulitmu. Kamu pasti sudah tak sabar ingin membuat losion herbal ini dengan racikan bahan tersebut.

Well, lewat maklon body lotion herbal Mash Moshem Indonesia, kamu bisa membuat berbagai inovasi dan variasi losion tubuh dari bahan-bahan herbal yang sangat baik untuk kulit sensitif.

Penasaran bagaimana langkah membuat brand kosmetik herbal dan memproduksi losion herbal sendiri di Mash Moshem Indonesia? Langsung simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Konsultasikan Ide Produkmu dengan Tim

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat losion herbal untuk merawat kulit sensitif adalah dengan mengonsultasikannya dengan tim kami.

Konsultasi ini untuk membicarakan syarat, sistem, dan biaya maklon bersama Mash Moshem Indonesia. Juga, kamu bisa membicarakan tentang bahan apa saja yang ingin digunakan, target pasar produk, dan apa saja manfaat yang ingin ditonjolkan.

Ketika sudah fix dengan konsep bahan, tujuan, dan kompoisis produk. Maka bisa langsung move on ke langkah selanjutnya: pembuatan sampel produk!

Pembuatan Sample Produk

Setelah bahan dan tujuan losion herbal untuk merawat kulit sensitif, proses selanjutnya adalah pembuatan sample losion herbal yang kamu inginkan.

Proses pembuatan sampel ini akan memakan waktu 2 minggu hingga satu bula lamanya. Dalam jangka masa ini, tim formulator kami akan berdiskusi dengan kamu dan menyesuaikan komposisi produk yang diinginkan.

Nah, setelah sampel jadi maka akan dikirimkan ke kamu untuk dinilai. Apakah tekstur, aromanya, ataukah konsistensi ketersediaan sudah sesuai dengan keinginanmu.

Kalau ada beberapa hal yang kurang memenuhi ekspektasi, maka kamu bisa mengajukan revisi dan formulator kami akan memperbaikinya untukmu.

Pengurusan Legalitas Produk + Desain Kemasan

Langkah selanjutnya adalah mengurus legalitas dan desain kemasan produk. Legalitas ini sangat penting untuk bisnis kosmetikmu, juga untuk memastikan keamanan dan keasliannya.

Mash Moshem Indonesia akan membantu mengurus semua keperluan legalitas ini untukmu, mulai dari nomor registrasi Badan POM, Halal, maupun HKI.

Setelah legalitas keluar, maka proses desain produk pun akan dilakukan. Kami memiliki desainer yang handal dan sangat berpengalaman.

Tim kami terdiri dari para milenial yang paham banget tentang tren dan mode terbaru, karena itu desain produk kamu sudah pasti eye catching dan trendi.

Produksi Massal Losion Herbal untuk Merawat Kulit Sensitif

Setelah semua hal di atas telah selesai dibuat dan diurus, maka langkah selanjutnya adalah produksi massal losion herbal untuk merawat kulit sensitif yang kamu inginkan.

Pabrik maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia terdiri dari alat-alat yang canggih, sehingga dapat memproduksi losion yang kamu inginkan dalam jumlah besar dan dalam waktu yang relative lebih cepat.

After Sales Service Special Untukmu!

Selesai produksi massal, maka losion herbal milik brand kosmetikmu ini bisa langsung dipasarkan! Eits, tapi tunggu dulu, Mash Moshem Indonesia punya berbagai after sales service yang menarik hanya untukmu.

Yap! Kami akan membantu menyediakan berbagai media promosi yang kamu butuhkan, termasuk video ataupun foto produk, brosur, FAQ list, dan masih banyak lainnya.

Nah, itu adalah berbagai hal mengenai losion herbal untuk merawat kulit sensitif, serta bagaimana cara membuatnya secara massal bersama maklon body lotion Mash Moshem Indonesia.

Apakah kamu tertarik untuk membuat produk losion herbal ini dengan brand sendiri? Well, kalau iya, kami selalu ada untuk membantumu mewujudkannya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment