Populer Banget! Ini Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

centella asiatica (1)

Bagi para beauty lovers, pasti update banget soal kandungan skincare satu ini. Yap, centella asiatica sejak tahun lalu telah mencuri perhatian, karena khasiatnya yang beragam untuk kulit.

Mulanya, centella asiatica ini digunakan dalam formula brand-brand kecantikan Korea. Khususnya untuk digunakan bagi orang yang memiliki kulit cenderung sensitif.

Namun karena manfaat centella asiatica untuk kesehatan kulit dan wajah sangat banyak, kini penggunaan bahan alami ini pun akhirnya sangat populer.

Enggak hanya produk skincare asal Korea saja, kini banyak brand dalam negeri pun menggunakan centella asiatica dalam komposisinya. Dan enggak sedikit juga yang tertarik untuk membeli dan mengaplikasikan skincare ini dengan rutin.

Nah, biar enggak penasaran, yuk kenali lebih jauh apa itu centella asiatica dan mengapa dia jadi populer untuk dijadikan formula kosmetik.

Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan Kulit dan Wajah

glowing

Tahukah kamu? Bahwa tanaman yang juga dikenal dengan daun pegagan ini sebenarnya telah sejak dulu jadi salah satu tumbuhan yang dikenal mampu mengobati berbagai penyakit pada kulit.

Di dalam tanaman daun pegagan ini terdapat banyak zat yang baik untuk kulit, seperti saponin, flavonoid, phenolic acid, dan terpenoid.

Berikut beberapa manfaat centella asiatica untuk kulit dan wajah.

Menghidrasi Kulit dengan Baik

Melembabkan Kulit

Manfaat centella asiatica untuk kulit dan wajah yang pertama adalah dapat menghidrasi kulit dengan baik. Ekstrak tanaman ini disinyalir mampu meningkatkan kadar sebum atau minyak alami pada kulit kita.

Zat yang paling berperan mendukung manfaat ini adalah saponin. Yang ternyata dapat mempertahankan kandungan air lebih lama pada kulit, serta mencegah penguapan air dari lapisan epidermis kulit.

Dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, wajahmu akan tampak lebih sehat dan cerah. Enggak hanya itu, wajahmu juga bakal terhindar dari masalah seperti kulit kering, gatal, kusam, bahkan keriput.

Selain itu, kulit yang lembap juga akan lebih mudah menyerap kandungan skincare dengan efektif dibanding dengan kulit yang kering.

Menenangkan Kulit yang Mengalami Peradangan

iritasi kulit

Selain membantu menghidrasi kulit, saponin dalam centella asiatica juga bermanfaat untuk melindungi kulit, meredakan gejala iritasi, dan menghambat sel-sel yang memicu peradangan pada kulit kita.

Berbagai penelitian menyebutkan bahwa ekstrak centella asiatica pun dapat meringankan gejala penyakit kulit tertentu, antara lain dermatitis, psoriasis, scleroderma, dan eksim atopik.

Untuk itulah, pada orang yang berkulit sensitif, centella asiatica cukup aman digunakan. Efeknya yang antiradang dapat membantu menenangkan kulit wajah.

Mencegah dan Mengurangi Kerusakan Kulit

skincare untuk beruntusan (4)

Yang menjadikan centella asiatica sangat marak digunakan dalam formula kosmetik salah satunya dikarenakan bahan alami ini kaya akan antioksidan.

Misalnya dalam zat flavonoid dan phenolic acid, yang dapat mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan sel kulit.

Apalagi pada dasarnya penyebab munculnya berbagai masalah kulit dan tanda penuaan dini adalah paparan sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan polutan.

Dampak buruk keduanya bisa diminimalisir dan dicegah oleh centella asiatica. Dengan demikian, munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit dapat dicegah.

Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

mempercepat penyembuhan luka

Manfaat centella asiatica untuk kulit dan wajah yang lain adalah mampu membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Enggak hanya itu, bahan alami ini juga dapat digunakan pada luka bakar, lho. Sebab kandungan dalam centella asiatica dapat meningkatkan produksi kolagen, yang menunjang pembentukan pembuluh darah dan sel kulit baru.

Bahkan pada beberapa kasus, ekstrak dari daun pegagan ini juga terbukti mampu memulihkan luka pasca operasi, luka robek, dan yang dialami oleh penderita diabetes.

Mencegah dan Mengurangi Strech Mark

skincare untuk hilangkan selulit (2)

Meski tidak membahayakan, bagi beberapa orang selulit atau strecth mark cukup menurunkan kepercayaan diri..

Selulit sendiri merupakan garis-garis putih yang muncul pada kulit, yang seringnya terjadi saat orang-orang mengalami kenaikan berat badan dalam waktu yang singkat.

Misalnya saat remaja sedang mengalami pubertas, atau perempuan yang tengah hamil.

Nah, bagi kamu yang memiliki selulit dan merasa tidak percaya diri karena hal itu. Kamu enggak perlu khawatir, sebab ekstrak centella asiatica dapat bermanfaat untuk mengurangi selulit.

Cara penggunaannya pun cukup sederhana, kamu bisa memakai skincare atau treatment cream khusus untuk menghilangkan selulit yang berkandungan centella asiatica.

Enggak hanya itu, centella asiatica pun diduga dapat digunakan untuk mencegah timbulnya stretch marks selama kehamilan dan pubertas, lho.

Membantu Melembutkan Kulit

melembutkan kulit

Kemampuan centella asiatica yang dapat melembapkan kulit rupanya juga memberikan efek baik lainnya. Yakni membuat kulit jadi lebih kencang dan lembut.

Terlebih pada pemilik kulit kering dan sensitif, wajah akan mudah terasa gatal dan kasar. Dengan memakai skincare berkandungan ini kamu bisa meminimalisir masalah tersebut dan bahkan dapat mengatasinya dengan baik.

Menyamarkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam

Salah satu permasalahan kulit yang kerap dikeluhkan oleh banyak orang adalah bekas jerawat dan flek hitam.

Sebab, untuk membuat bekas itu hilang secara alami tentu akan memakan waktu yang tidak sebentar. Itu pun terkadang tidak maksimal.

Kabar baiknya, manfaat centella asiatica untuk kulit dan wajah yang lainnya adalah membantu menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam ini.

Produk Skincare Centella Asiatica

skincare centella asiatica

Telah disebutkan sebelumnya bahwa centella asiatica sangat marak dan populer digunakan dalam berbagai formula kosmetik.

Nah, kira-kira kosmetik atau skincare apa saja yang bisa mengandung centella asiatica?

Yuk, cek sama-sama di ulasan berikut ini!

Treatment Cream

krim pelembab

Kamu punya selulit dan strech marks karena kehamilan atau pubertas? Dan kamu merasa enggak percaya diri karena hal itu?

Well, tenang! Sebab centella asiatica mampu mengatasi dua hal itu. Dan karena fungsi centella asiatica inilah yang akhirnya membuat kandungan ini ideal digunakan dalam krim perawatan kulit.

Dengan penggunaan treatment cream berkandungan alami satu ini secara rutin, enggak hanya tersamarkan, selulit dan stretch marks yang ada dikulitmu bisa hilang dengan perlahan.

Facial Foam

facial foam

Facial foam atau sabun pencuci wajah adalah salah satu produk skincare yang memang penting banget untuk kamu punyai.

Namun, enggak jarang penggunaan facial foam bisa bikin kulit jadi kering.

Nah, karena hal inilah centella asiatica sering juga digunakan dalam kandungan facial foam.

Sebab zat-zat dalam daun pegagan ini mampu memberikan kelembapan pada kulit. Dengan demikian wajah kita enggak akan kering dan bahkan aman digunakan untuk kulit cenderung sensitif.

Hydrating Toner

toner wajah

Toner wajah merupakan produk skincare dengan formula yang sangat ringan dan menenangkan kulit.

Enggak hanya itu, toner pun dapat membantu membersihkan sisa make up dan kotoran yang tidak hilang meski telah mencuci muka.

Dari berbagai jenis toner ini, ada salah satu toner yang sangat cocok mengadopsi ekstrak centella asiatica dalam formulanya, yakni hydrating toner.

Bermanfaat untuk melembutkan dan menghidrasi kulit, daun pegagan dapat mendukung fungsi hydrating toner. Bahkan dengan memakai produk ini secara rutin, kamu juga bisa membunuh bakteri penyebab jerawat dan membuat kulitmu jadi lebih rileks!

Serum Wajah

face oil

Bisa dibilang, serum adalah produk yang multifungsi. Sebab ia dapat menyelesaikan berbagai masalah kulit yang kamu atasi.

Dengan pemakaian ekstrak centella asiatica pada serum wajah, maka produk ini bisa membantu mengontrol produksi sebum, membunuh bakteri penyebab jerawat, hingga menenangkan kulit yang teritasi.

Kandungan saponin dan flavonoid dalam centella asiatica juga dapat menjaga kelembapan kulit, lho. Hasilnya wajah kita juga bakal terlihat kencang, kenyal, dan lembut.

Sleeping Mask

sleeping mask

Dikenal baik dalam menenangkan kulit dan menyamarkan bekas jerawat, centella asiatica juga kerap ditemukan dalam formula sleeping mask.

Bahkan pemakaian sleeping mask berkandungan ini dapat membantumu menghilangkan jerawat membandel, lho.

Nah, kamu telah mengetahui berbagai manfaat centella asiatica untuk kulit dan wajah. Bahkan juga sudah tahu beberapa produk kecantikan hasil inovasi dari ekstrak tumbuhan ini.

Melihat maraknya centella asiatica dalam industri kosmetik, bahkan hingga saat ini, apakah kamu tidak tertarik untuk mencoba skincare dengan kandungan ini?

Atau barangkali, malah mau menciptakan berbagai skincare berkandungan centella asiatica dengan brand kosmetik milikmu sendiri?

Hal tersebut enggak mustahil untuk kamu lakukan, lho. Sebab banyak perusahaan penyedia jasa maklon kosmetik yang dapat membantumu mewujudkan ide tersebut. Misalnya dengan bekerja sama dengan PT Mash Moshem Indonesia.

Kami sudah berpengalaman dalam memproduksi berbagai jenis kosmetik dan produk perawatan lainnya. Yang juga dibuat dari berbagai bahan-bahan aktif dan ekstrak tumbuh-tumbuhan.

Profesionalitas kami dapat dilihat dari penilaian positif klien, yang setidaknya sebanyak 98 persennya telah menyatakan sangat puas bekerja sama dengan tim kami.

Enggak hanya itu, kami juga akan membantumu sejak penentuan konsep dan ide kosmetik, hingga produk siap dipasarkan. PT. Mash Moshem Indonesia juga memiliki jaringan distribusi yang luas.

Nah, apakah kamu tertarik?

About Author

Related posts

Leave a Comment