Yuk, Pelajari Strategi Loyalty Program Agar Konsumen Setia pada Brandmu!

loyalty program adalah

Sudah mencoba berbagai cara untuk mempertahankan pelanggan, tapi selalu gagal? Mungkin kamu belum mencoba yang namanya loyalty program untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sadar nggak sih, ternyata sebagian besar pendapatan yang dihasilkan dalam bisnis itu didapat dari pelanggan yang sebelumnya sudah pernah membeli produk atau menggunakan jasa perusahaanmu.

Selama ini para pelaku bisnis beranggapan bahwa pendapatan besar mereka peroleh dari konsumen baru. Karenanya, banyak bisnis yang mengeluarkan biaya pemasaran lebih besar untuk menarik pelanggan baru.

Padahal, kamu hanya perlu mengeluarkan sedikit budget jika mempertahankan pelanggan setia. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menerapkan program loyalitas untuk pelanggan kamu.

Agar bisa menerapkan loyalty program ke dalam kampanye perusahaanmu, tentu penting untuk terlebih dahulu mengenal lebih jaul tentang pengertian loyalty program atau program loyalitas, bagaimana cara membuatnya, manfaat, hingga jenis-jenisnya.

Apa Itu Loyalty Program?

Sudahkah kamu tahu apa itu loyalty program alias program loyalitas? Untuk para pelaku bisnis, kamu wajib tahu dengan teknik pemasaran yang satu ini.

Hubspot mengatakan, program loyalitas adalah sebuah strategi pemasaran dari perusahaan untuk menjaga konsumen agar tetap setia dan terus menggunakan produk atau layanan perusahaan secara terus-menerus.

Sederhananya, program loyalitas didesain oleh perusahaan untuk mempertahankan bisnisnya dalam kurun waktu yang lama. Jika kamu mengenal yang namanya membership, cashback, diskon, poin, sampai beli satu gratis dua, itulah yang disebut dengan program loyalitas.

Bukan hanya bagi pelanggan lama, program loyalitas juga tidak menutup kemungkinan akan menarik perhatian konsumen baru. Jika para pelaku usaha menerapkan program ini dengan sebaik mungkin, makan nilai penjualan bisnis juga otomatis akan meningkat.

Pelanggan akan tertarik dengan program yang didesain oleh perusahaanmu. Dengan catatan, program ini harus dirancang sekreatif mungkin.

Beragam Manfaat Menerapkan Loyalty Program untuk Bisnis

Setelah mengetahui tentang pengertian loyalty program, kini kamu juga harus tahu apa saja manfaat yang akan didapat jika menerapkan strategi marketing ini dalam sebuah bisnis.

Ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan jika nantinya menerapkan program loyalitas dalam bisnismu. Diataranya:

Membangun Hubungan dengan Customer

Manfaat yang paling besar yang bisa dirasakan setelah menerapkan program loyalitas adalah eratnya hubungan antara perusahaanmu dengan para pelanggan.

Berbagai loyalty program yang ditawarkan perusahaanmu nantinya akan membuat pelanggan merasa puas. Secara tidak langsung interaksi telah terbangun.

Pelanggan yang terpancing emosi positifnya akan dengan mudah kembali melakukan transaksi dengan perusahaanmu. Baik itu pelanggan lama atau yang masih baru. Tidak perlu ditanyakan lagi, ini berarti pendapatan bisnismu juga akan mengalami kenaikan.

Berbeda dari Kompetitor

Dalam berbisnis pasti akan memiliki banyak pesaing. Lantas bagaimana caranya agar terlihat berbeda? Ya, jawabannya adalah program loyalitas.

Dengan berbagai macam program yang ditawarkan perusahaanmu, konsumen akan lebih memilih hal itu ketimbang dengan perusahaan yang monoton dan tidak memiliki pembaharuan untuk menyenangkan mereka.

Langkah ini memberikan perusahaanmu nilai lebih di mata konsumen. Mereka akan melihat bisnis yang sedang kamu jalankan berbeda dari perusahaan lain.

Terlebih program loyalitas yang kamu tawarkan memiliki desain yang lebih menarik. Oleh karena itu, benar-benar dibutuhkan kerja cerdas dalam menyusun apa saja loyalty program untuk para pelanggan.

Menciptakan Customer Advocacy

Jika pelanggan tertarik dengan loyalty program perusahaanmu yang menarik, maka kemungkinan besar mereka akan dengan senang hati merekomendasikan produk atau layanan bisnismu kepada orang di sekitarnya. Entah itu keluarga, teman, tetangga, kerabat, atau bahkan rekan bisnisnya yang lain.

Secara otomatis hal ini juga akan menciptakan yang namanya customer advocacy marketing, atau teknik pemasaran yang menggunakan bantuan pelanggan sebagai pihak untuk memasarkan bisnis kepada calon pelanggan lain.

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bisnismu. Pasalnya, kamu tidak perlu mengeluarkan dana untuk membangun brand awareness. Dengan sendirinya calon pelanggan akan mengenal bisnismu, meski secara perlahan-lahan.

Cara Membuat Loyalty Program yang Efektif

Bagaimana? Tertarik menerapkan loyalty program setelah mengetahui manfaat luar biasanya untuk bisnismu?

Sebelum itu, kamu perlu tahu cara-cara untuk membuat program loyalitas yang cocok dengan bisnismu. Agar para pelanggan juga tidak perlu berpikir dua kali jika kamu menawarkan program penghargaan tersebut.

Berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk menciptakan loyalty program yang efektif dan tepat sasaran:

Kenali Pelanggan

Langkah penting pertama yang harus kamu lakukan adalah mempelajari profil para konsumen, atau bisa disebut juga dengan melakukan riset pelanggan. Tujuannya untuk mengenal rata-rata pelanggan bisnismu, termasuk apa-apa saja yang mereka inginkan.

Dalam hal mempelajari data pelanggan, berikut beberapa pertanyaan yang harus kamu jawab:

  1. Sudah berapa lama mereka jadi pelanggan?
  2. Berapa keuntungan yang akan kamu peroleh dari penjualan produk tersebut?
  3. Dapatkah kita menjual produk lain kepada mereka?
  4. Seberapa puas mereka dengan produk kita?

Dengan mengenal para pelanggan lebih dekat, maka akan membantumu membuat keputusan yang tepat untuk mendesain suatu program loyalitas.

Lalu bagaimana caranya agar bisa lebih dekat dengan pelanggan? Kamu bisa menggunakan data-data yang telah ada atau bahkan melakukan survei langsung kepada mereka.

Tentukan Budget

Ketika ingin membuat sesuatu, tentunya kamu harus menyiapkan modalnya terlebih dahulu. Sama halnya jika ingin menciptakan loyalty program untuk memajukan bisnismu. Salah satu kuncinya adalah menentukan budget terlebih dahulu.

Pastikan juga budget-mu sesuai dengan program yang ingin kamu buat. Agar semakin tepat, kamu bisa berkonsultasi dengan ahlinya atau mempelajari industry-industri yang serupa dengan bisnismu.

Pilih Pelanggan yang Kamu Inginkan dalam Program

Selanjutnya yang juga menjadi pamungkas adalah membuat kategori pelanggan yang tepat untuk dimasukkan ke dalam loyalty program. Jika bingung bagaimana caranya, kamu bisa menentukan dari aspek-aspek di bawah ini:

  1. Volume pembelian
  2. Berapa lama mereka bertahan atau loyal terhadap produkmu
  3. Kecepatan pembayaran
  4. Kemampuan mereka membeli produk atau layanan dalam jumlah banyak

Aspek-aspek ini bisa juga kamu tambahkan sesuai dengan standar perusahaanmu. Yang pasti, hanya bisa memilih pelanggan dengan kategori khusus yang akan kamu beri program loyalitas.

Jenis Loyalty Program untuk Bisnismu

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan sebagai pelaku bisnis untuk menyenangkan pelangganmu dengan program loyalitas.

Kamu boleh mencoba hal baru yang belum pernah ditawarkan oleh perusahaan lain selama ini. Tapi, jika kamu ingin menyontek beberapa loyalty program yang popular juga tidak masalah.

Di bawah ini ada beberapa jenis dari program loyalitas popular yang mungkin bisa kamu gunakan:

Point-based Loyalty

Loyalty point adalah salah satu program loyalitas yang banyak perusahaan-perusahaan besar gunakan. Konsepnya, pelanggan akan mengumpulkan poin yang nantinya bisa mereka tukarkan dengan berbagai hadiah eksklusif.

Hadiah yang kita maksudkan di sini misalnya seperti barang, diskon, cashback, layanan gratis, serta masih banyak lagi.

Jenis program ini tentu harus saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Pelanggan akan mendapat banyak poin yang bisa ditukar setelah memberi review di momen special. Seperti ulang tahun perusahaanmu, atau bisa juga dengan sharing sesuatu yang berkaitan dengan bisnismu di media sosial.

Di sini, pelanggan akan merasa untung karena transaksinya bisa ditukar dengan hadiah tertentu. Begitu pula dengan pihak perusahaan yang juga merasa untung karena penghargaan yang diberikan sesuai dengan peningkatan jumlah transaksi pelanggan.

Tiered Loyalty

Tiered Loyalty disebut juga sebagai progam tingkatan. Program loyalitas ini biasanya sangat menguntungkan untuk para membership. Di mana semakin tinggi tingkat konsumen, maka semakin baik pula hadiah eksklusif yang bisa mereka dapatkan.

Biasanya dalam program membership, para pelanggan akan diajak bergabung dalam komunitas yang dibuat perusahaan. Pelanggan yang sudah mencapai level membership tertentu akan mendapat keuntungan lebih lanjut.

Misalnya saja promo spesial khusus anggota membership tingkat A, hingga perlakuan khusus yang tidak bisa pelanggan reguler dapatkan begitu saja.

Paid Loyalty

Jenis program loyalitas yang satu ini mengajak konsumen untuk bergabung sebagai member dengan pungutan biaya. Biasanya konsumen nanti akan diminta membayar biaya per bulan atau per tahun.

Pelanggan pun tidak perlu khawatir, karena program ini hanya menyediakan keuntungan-keuntungan khusus bagi mereka yang berlangganan atau menjadi member tetap saja.

Value Loyalty

Lanjut pada jenis program Value Loyalty. Di mana perusahaan mencoba untuk membangun hubungan emosional dengan pelanggan lewat program ini. Sesuai dengan namanya, program ini punya misi untuk mengajak konsumen beramal.

Semisal kamu mengajak para pelanggan untuk membeli produkmu, dengan pemberitahuan bahwa sekian persen dari hasil penjualan tersebut nantinya akan kamu donasikan pada kegiatan sosial tertentu.

Contoh konkrit dari langkah ini bisa kita lihat dalam brand kosmetik Rare Beauty milik Selena Gomez. Di mana, brand ini mengklaim bahwa 1% hasil penjualan atau pendapatan akan mereka dedikasikan dalam gerakan mental health.

Dengan adanya program loyalitas ini, perusahaanmu dan pelanggan tanpa sadar juga menolong pihak lain, dalam hal ini orang-orang yang kurang beruntung.

Event Terbatas  

Berikutnya ada pula program loyalitas dalam bentuk Event Terbatas. Program ini bisa berjalan secara individu maupun umum, atau bisa juga berlaku di event musiman tertentu. Contohnya seperti perayaan tahun baru atau Hari Raya Idul Fitri.

Di event-event ini biasanya animo pembelian meningkat. Perusahaan bisa memanfaatkan animo pelanggan untuk meningkatkan penjualan bisnis.

Loyalty program ini memberikan keuntungan pada pelanggan di hari spesial. Yang mana akan sangat membuat mereka girang. Seperti mengadakan diskon, layanan gratis, dan lain sebagainya.

Selain itu, perusahaan juga bisa memberikan promo khusus untuk event personal pelanggan. Semisal di hari ulang tahun atau pertama gabung membership. Momen spesial ini adalah kesempatan perusahaan untuk membuat konsumen terikat secara emosional dengan bisnismu.

Kemitraan

Jenis loyalty program yang terakhir adalah Kemitraan. Dalam program kemitraan ini, perusahaan bisa membuka kesempatan untuk pelanggan setia agar menjadi mitra kerja. Pelanggan tentunya mendapat keuntungan lebih jika menjadi mitra kerja perusahaan. 

Selain akan mendapat produk atau layanan tertentu, khususnya dari perusahaan tersebut. Kamu juga bisa memberi harga spesial khusus pelanggan setia untuk membantu memasarkan di media sosial. Atau bisa juga dengan sistem endorse terhadap pelanggan yang keberadaannya cukup berpengaruh di media sosial.

Pelanggan tersebut yang biasanya adalah seorang selebgram bertuga mengkampanyekan produk jualanmu. Keuntungannya, pelanggan berhak mendapat produk atau layanan gratis serta bonus lainnya.

Nah, Beautypreneur, itu adalah hal yang perlu kamu tahu mengenai Loyalty Program. Strategi pemasaran ini bisa kamu terapkan untuk membuat konsumen setia dan berlangganan produk kosmetik dari brand maupun toko online-mu.

Agar konsumen kian setia dengan brand kosmetikmu, kamu juga perlu menjanga dan meningkatkan kualitas produk yang kamu jual. Baik dari segi manfaat, keamanan, bahan-bahan yang ada, hingga nilai unik dari produk tersebut.

Bersama Mash Moshem Indonesia misalnya, kamu bisa menciptakan berbagai jenis kosmetik dengan nilai unik dan berbeda dari kosmetik lain di pasaran. Soal legalitas dan kualitas pun tak perlu kamu risaukan, karena kami memiliki semua sertifikasi dan mampu menguruskan segala bentuk legalitas produk yang brand-mu butuhkan.

Enggak percaya? Langsung hubungi tim kami lewat Contact Us untuk informasi lebih detail!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment