13 Jenis Konten Blog untuk Tingkatkan Kunjungan, Apa Saja?

jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan

Untuk mendapatkan insight yang baik pada toko online, atau Website bisnismu, kamu juga harus jeli dalam memilih jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan pelanggan.

Menumbuhkan ide untuk setiap konten blog menjadi sesuatu yang sering menjadi tantangan untuk setiap penulis. Terlebih penulis haru mempersiapkan konten blog yang segar dan terkini.

Menyesuaikan topik konten dengan tren menjadi salah satu ide yang dapat dijadikan sebuah tulisan, namun penulis juga perlu untuk terus mencari ide terbaru dalam memenuhi konten yang akan ditulisnya.

Mencari inspirasi ide bisa diperoleh dari mana saja, seperti ketika membaca berita terkini, melihat fenomena terkini atau fenomena yang terjadi di masyarakat, atau mendapat ide dari informasi di artikel lain.

Terdapat beberapa jenis konten blog yang dapat kamu gunakan untuk mengisi blog. Namun, jenis konten blog ini juga perlu disesuaikan dengan target pasar bisnis yang sedang kamu jalankan.

13 Jenis Konten Blog untuk Tingkatkan Kunjungan Website

Bingung memilih jenis konten blog yang seperti apa yang akan dibanjiri pengunjung merupakan hal yang biasa dihadapi seorang penulis.

Memang sedikit mustahil pengunjung akan melirik atau bahkan mengunjungi blog dengan jenis konten blog yang tidak bervariasi atau yang itu-itu saja.  Beberapa jenis konten blog ini memungkinkan blogmu dibanjiri pengunjung.

Konten Tutorial

Jenis konten tutorial adalah konten yang menjelaskan tentang bagaimana cara melakukan sesuatu hal atau bagaimana tips mengerjakan sesuatu.

Konten tutorial ini merupakan jenis konten blog yang paling sering ditemui di berbagai macam jenis blog. Hal ini dikarenakan jensi konten tutorial ini sangat edukatif dan dapat memberikan informasi baru kepada user yang membacanya.

Konten tutorial sebenarnya merupakan sebuah konten dengan solusi praktis dan aplikatif dari seorang penulis atau blogger.

Hal yang bisa didapatkan dari konten tutorial yaitu pembaca menemukan solusi sederhana dari permasalahan yang sedang mereka hadapi.

Jika kamu mencari traffic organik dari search engine maka jenis konten yang satu ini sangat bisa dipertimbangkan. Kamu juga bisa menyisipkan video yang relevan dengan penjelasan tersebut untuk menarik lebih banyak engagement.

Listicle

Jenis konten listicle adalah artikel yang berbentuk atau berisikan list atau daftar tentang apa pun itu, seperti daftar rekomendasi aplikasi, daftar tren fashion terbaru, daftar makanan kekinian, dan lain-lain.

Konten listicle ditulis menggunakan poin-poin atau penomoran untuk menjelaskan beberapa hal di dalamnya. Beberapa tahun belakangan ini, format penulisan artikel mulai bergeser dari narasi menjadi listicle. Ini karena penulisan artikel dengan format listicle terbilang lebih mudah untuk pembaca pahami.

Untuk mendapatkan traffic dan engagement yang baik dari artikel listicle maka usahakan untuk membuat daftar selengkap mungkin dan seinformatif mungkin.

Jangan sekali-kali menggunakan clickbait misalnya, kamu membuat artikel berjudul, ”10 tren fashion terbaru”.

Namun,ketika dibuka, ternyata kamu hanya menulis 5 dan angka 10 itu hanya ditulis begitu saja sebagai pemanis agar pembaca merasa tertarik dengan artikel yang kamu buat.

Hasil Kurasi

Jenis konten blog berikutnya yaitu hasil kurasi. Jenis konten hasil kurasi adalah konten yang didapatkan dari berbagai sumber.

Kurasi sendiri memiliki pengertian proses menemukan dan mengumpulkan konten online dan menyajikan karya terbaik secara terstruktur.

Konten hasil kurasi berarti memilih konten yang didapatkan dari berbagai seumber dan membagikannya ke pembaca dengan value yang diinginkan.

Dalam konten hasil kurasi ini, penulis harus melakukan banyak riset dan terus belajar untuk memberikan dan menyajikan konten yang berkualitas dan relevan.

Saat ini, kurasi merupakan hal yang diperlukan karena di era mudahnya mengakses informasi ini seseorang dituntut untuk mengelola dan mengatur berbagai informasi secara efisien.

Misalnya, seseorang mencari artikel tentang keuangan. Sebagai pembaca, tentu kamu ingin mendaptkan informasi yang lengkap tentang hal tersebut dan ingin mendapatkan informasi tentang isi masing-masing artikel tersebut.

Dengan adanya konten hasil kurasi ini, seseorang jadi tidak perlu membaca satu per satu artikel tersebut untuk mengetahui mana yang ingin ia baca hingga selesai.

Karena dalam satu artikel sudah terdapat informasi yang lengkap dari beberapa artikel lain.

Konten dengan Data Statistik

Data statistik adalah data yang diolah atau disajikan dalam bentuk tabel, diagram, bagan, atau grafik. Data statistik dibuat untuk memudahkan pembaca dalam memahami sebuah data analisis.

Jenis konten blog yang berisikan tentang penjelasan sesuatu untuk pemula juga terbilang ampuh mendatangkan banyak pengunjung.

Karena ketika seseorang melakukan pencarian di search engine tentang sebuah topik maka mayoritas orang akan mengetik dengan kata tanya apa atau mungkin adalah, dan sebagainya.

Jenis konten dengan data statistic ini sangat baik terlebih jika topik yang kamu bahas sesuai dengan tema besar blog yang kamu buat.

Di akhir artikel kamu juga dapat mengarahkan pembaca untuk membaca artikel lain dengan topik seupa. Dengan begitu maka engagement pun akan meningkat.

Penjelasan untuk Pemula

Konten penjelasan untuk pemula ini disebut juga konten infografik. Jenis konten blog ini juga dapat meningkatkan traffic dan engagement.

Dengan konten infografik, kamu dapat menggabungkan berbagai macam informasi, data, dan statistik, kemudian menyajikannya dengan visual yang menarik.

Konten infografik terbilang efektif dalam meningkatkan traffic dan engagement. Ini karena banyak orang lebih memilih melihat gambar daripada hanya kumpulan data saja berupa tulisan dan angka.

Ketika data dan informasi dibuat dengan desain yang menarik dan berisikan informasi penting, konten seperti inilah yang besar kemungkinan dapat menghasilkan cukup banyak inbound link.

Semakin tinggi inbound link dari situs berkualitas maka semakin meningkat pula traffic website-nya di search engine result page.

News Jacking

Sebagian dari kalian mungkin asing dengan istilah news jacking.  News jacking adalah praktik sebuah brand mengikuti cerita atau fenomena yang sedang ramai diberitakan. Ini bisa menarik perhatian dan meningkatkan brand exposure.

Jenis konten blog yang satu ini juga dapat kita sebut sebagai konten tranding. Singkatnya, kamu membuat artikel atau konten tentang apa pun itu, kemudian kamu kaitkan sesuai dengan topik yang sedang populer saat itu.

Guest Post

Istilah guest post juga mungkin asing terdengar di telinga kita. Guest post adalah jenis konten yang ditulis oleh orang lain di dalam blog milikmu.

Jenis konten blog ini bersifat simbiosis mutualisme antara situs blog milikmu dan orang lain tersebut (blogger yang menulis konten).

Jenis konten ini terbilang bersifat saling menguntungkan. Karena kamu bisa mendapatkan tambahan konten tanpa perlu mengeluarkan tenaga dan pikiran untuk membuatnya.

Orang yang membuat konten juga mendapat exposure karena tulisan mereka tampil di blog milikmu.

Artikel Perbandingan

Jenis konten blog yang berikutnya yaitu artikel perbandingan. Jenis artikel ini dapat kamu gunakan untuk membandingkan suatu istilah dengan istilah yang lain atau bisa juga untuk membantu pembaca memilih antara dua pilihan berbeda.

Misalnya, artikel perbandingan tentang jenis pemasaran omnichannel dan multichannel. Kamu juga bisa membahas perbedaan keduanya dan saran untuk pembaca mana yang harus pembaca pilih untuk bisnis mereka.

Slide Share

Slide share adalah konten yang berisi slide presentasi. Jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan ini, kurang lebih sama seperti konten infografik meletakkan presentasi slide share di blog akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membacanya hingga akhir.

Hal ini bermanfaat terlebih jika memang topik yang akan kamu bahas berisikan data, angka, atau penjelasan yang mungkin sedikit rumit.

Dengan menggunakan konten slide share ini, bounce rate kemungkinan akan berkurang dan pembaca akan mendapatkan semua informasi yang mereka butuhkan.

Konten berbentuk slide share ini juga memungkinkan untuk menampilkan presentasi secara rinci sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan untuk orang yang membacanya.

Review

Konten review populer juga dengan nama konten ulasan. Jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan website ini adalah konten yang berisi ulasan terhadap suatu hal yang sudah pernah mereka gunakan atau mereka coba. Sebuah konten review bisa sangat menarik jika kamu dapat mengemasnya dengan sangat baik.

Kamu bisa membuat sebuah ulasan dari sebuah produk atau pengalaman menggunakan suatu produk bisa barang maupun jasa.

Sebuah review bahkan bisa menjadi pendorong yang sangat kuat untuk mempersuasi orang dalam melakukan Tindakan tertentu. Jadi, tidak ada salahnya untuk kamu mencoba mengisi blogmu dengan jenis konten review ini.

Tips and Trick

Tip and trick adalah salah satu jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan Website yang memiliki banyak penggemar. Jenis konten seperti ini umumnya menawarkan informasi dan kiat-kiat yang tak banyak orang-orang ketahui.

Kontan tips and trick ini bisa mencakup banyak hal dengan tujuan rata-ratanya yaitu untuk mengedukasi pembaca.

Dalam membuat konten dengan jenis tips and trick ini, kamu harus bersikap jeli dalam mengamati bagaimana sesuatu bekerja dan cara meningkatkan performanya.

Seseorang juga harus jeli mengenai penempatan nilai promosi produk/bisnis dalam sebuah konten tips and trick ini.

Saat ini konsep konten tips and trick ini sangat populer, khususnya saat marketer ingin menarik banyak kunjungan dan perhatian dari target audience mereka. Kamu bisa mengubah kata “tips” menjadi sesuatu yang lebih menarik perhatian, misalnya panduan, trik, dan sebagainya.

Konten mengenai Produk

Konten tentang suatu produk bisa kamu jadikan ide untuk konten blogmu. Pada umumnya konten mengenai produk ini dapat kamu gunakan untuk mengisi konten website dan blog suatu perusahaan.

Kamu bisa menggunakannya untuk mengisi konten website atau toko onlinemu, dengan koten yang berisikan tentang promosi produk perusahaan tersebut.

Rekomendasi

Konten blog rekomendasi merupakan salah satu jenis konten yang bisa kamu jadikan isi untuk blog. Jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan website ini dalah konten yang berisi saran atau anjuran atau rujukan tentang sesuatu.

Konten rekomondasi bisa kamu buat dengan Menyusun daftar rekomendasi dari hal-hal yang relevan dengan website atau blog perusahaan.

Membuat sebuah daftar rekomendasi sesuatu hal yang bisa menjadi rujukan oleh banyak orang. Hal ini tentu merupakan suatu hal yang menarik dan memiliki potensi mendatangkan banyak pengunjung untuk blog yang kamu miliki.

Tips Memilih Konten yang Tepat untuk Blog Bisnis Online

Memilih konten blog memang tidak mudah, terlebih jika suatu ketika mengalami writer block.

Ketika kondisi writer block ini terjadi penulis tidak dapat menuliskan apa pun dan tentu saja hal ini akan memengaruhi traffic blognya. Berikut tips memilih konten yang tepat untuk blog.

Sesuaikan dengan Niche Blog

Tips pertama yaitu dengan menyesuaikan konten blog dengan niche blog. Niche sendiri merupakan jenis atau tema besar yang ada dalam blog maupun website tersebut.

Salah satu cara dalam memilih konten yang tepat untuk blog atau website yaitu dengan memperhatikan niche blog atau website.

Misalnya, website atau blog suatu perusahaan yang menjual produk kosmetik, tentu konten website atau blog tersebut membahas seputar produk kosmetik.

Mulai dari kandungannya hingga manfaatnya. Jadi, sesuaikan konten yang akan kamu pilih dengan niche blogmu.

Ingin tahu apa sih Niche itu? Serta bagaimana cara menentukan dan membuatnya? Simak di sini!

Tetapkan Tujuan Konten

Menetapkan tujuan konten yang akan kamu buat merupakan hal yang paling penting dalam memilih konten yang tepat untuk isi blog.

Tetapkan konten tersebut bertujuan untuk apa, promosi, ulasan, atau yang lainnya. Dengan menetapkan tujuan konten ini kamu akan mudah membuat isi konten untuk blogmu.

Analisis Perilaku Audience

Analisis perilaku audience merupakan suatu pendekatan komprehensif eksperimental untuk mempelajari perilaku seorang audience atau pembaca.

Tujuannya untuk mengetahui konten apa yang audience sukai dan butuhkan. Dengan analisis perilaku audience ini kamu akan mudah menentukan konten untuk isi blogmu.

Sesuaikan dengan Karakter Target Audience

Selain menganalisis perilaku audience, kamu juga perlu menyeseuaikan isi konten blogmu dengan karakter target audience.

Karakter audience memberi pengaruh pada jenis dan karakter konten yang akan mereka baca nantinya. Dengan demikian, kamu perlu membuat konten yang sesuai dengan karakter, minat, juga gaya bahasa yang mereka sukai.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah berbagai jenis konten blog untuk tingkatkan kunjungan Website yang bisa kamu terapkan dalam toko online, atau blog brand kosmetikmu.

Perlu kamu ingat bahwa sebagian besar konten ini mungkin tak menghasilkan keuntungan materiil secara langsung. Melainkan membangun hubungan yang lebih baik dengan audience lama, juga menjaring audience baru untuk berkunjung dan mengarahkan mereka pada bisnis ataupun brand kosmetikmu.

Selain mengenali jenis konten blog untuk tingkatkan Website-mu ini, kamu juga bisa menemukan berbagai artikel menarik seputar digital marketing di Berita Terkini.

About Author

Related posts

Leave a Comment