15+ Tools Gratis Untuk Cek Performa Toko Onlinemu, Patut Dicoba!

tools untuk cek peforma toko online

Salah satu faktor yang membuat pengunjung betah untuk mampir dan terus berselancar di website milikmu adalah karena kecepatan loading-nya. Karenanya, penting untuk mencoba menggunakan tools cek peforma toko online agar kamu tahu kekuatan website jualanmu.

Jika website memiliki proses loading lama, maka siapa yang mau untuk mengunjunginya. Mereka tentu akan memilih situs web yang mampu lebih cepat memberikan info.

Bukan hanya itu, tingkat kecepatan ini juga sangat memengaruhi posisi sebuah situs wes pada halaman Google. Kemungkinan besar Google tidak akan memberikan penilaian lebih pada website yang aksesnya lambat. Meskipun mungkin situs web tersebut memiliki desain yang menarik.

Tapi pengunjung tidak hanya butuh mendapat asupan secara visual, melainkan mereka juga ingin dipuaskan ketika meenyelami website tersebut. Oleh karena itu, sangat penting bagi para pemilik   website untuk selalu mengecek kecepatan pada situs web secara berkala. Guna mengetahui apakah website tersebut sudah cukup cepat atau belum.

Lantas bagaimana caranya? Mudah saja. Kamu bisa memanfaatkan 15 tools untuk cek peforma toko online gratis yang akan dijelaskan di bawah ini untuk mengecek kecepatan situs web milikmu. Ini adalah salah satu cara untuk meningkatkan performa website guna menarik lebih banyak pengunjung.

Pentingnya Melakukan Pengecekan Performa Website

Jika kamu bertanya seberapa penting mengecek performa sebuah website, tentu jawabannya sangat penting. Mengapa?

Sebab dengan melakukan pengecekan, kamu bisa tahu apakah situs web milikmu ini sudah memiliki kecepatan yang normal atau justru masih berada di tingkat “lola” alias loading lama.

Pastikan websitemu ini mudah dan cepat diakses oleh para pengunjung. Entah itu website apa pun, baik blog, toko online, company profile, website forum, dan lain sebagainya.

Karena jika tidak, maka pengunjung yang sudah sempat membuka website-mu akan meninggalkan dalam waktu lebih dari 3 detik.

Tentu saja hal ini sangat berpengerauh terhadap keberlangsungan situs web milikmu, Semakin lama loading-nya, maka akan semakin jarang pula dikunjungi.

Begitu pun sebaliknya, website-mu akan memiliki banyak pengunjung jika loading­-nya bahkan bisa di bawah 2 detik. Bonusnya, website-mu juga akan berada di halaman pertama Google lantaran sering dikunjungi.

Mau kan kalau website milikmu ini, terutama jika sebuah toko online memiliki banyak pengunjung? Maka akan semakin besar pula peluang untuk mendapatkan konsumen baru. Karenanya, gunakan 15 tools untuk cek peforma toko online di bawah ini untuk mempercepat website milikmu.

Penasaran? Yuk, baca sampai selesai artikel kali ini!

Daftar Tools Gratis untuk Cek Peforma Toko Online

Ini dia 15 tools (alat) terbaik yang telah dipilih untuk membantumu mengecek performa toko online. Jangan khawatir, semuanya bisa kamu gunakan secara gratis. Langsung saja amati dan pahami kegunaan 15 tools untuk cek peforma toko online ini, yuk!

GTmetrix

GTmetrix adalah salah satu tool yang cukup populer dan sering digunakan untuk mengecek kecepatan sebuah toko online. Selain gratis, kelebihan alat ini juga karena tampilannya yang sederhana.

Tools satu ini bisa sangat membantumu untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja toko online dengan berbagai fitur unggulannya.

Di dalamnya, kamu bisa tahu apa saja yang membuat toko online-mu lambat. Indikator yang digunakan pun cukup spesifik dan mudah dipahami. Keuntungan dari alat ini bisa digunakan di berbagai lokasi.

Selain itu, ada pula fungsi tes yang akan memberi tahu seberapa bagus website-mu jika dimuat di kecepatan koneksi yang berbeda-beda.

WebPagetest

WebPagetest bisa dikatakan hampir sama dengan GTmetrix yang memiliki tampilan sederhana dan cocok digunakan untuk para pemula. Hebatnya, alat ini memungkinkanmu melakukan pengecekan pada toko online di berbagai lokasi di seluruh dunia secara cuma-cuma alias gratis.

Ada beberapa fitur unggulan yang bisa kamu nikmati jika menggunakan tool ini. Diantaranya multi-step transactions testing, video capture, dan pemblokiran konten.

Pun hasil cek kecepatan situs dengan WebPagetest ini berupa grafik resource loading, tips untuk mempercepat loading website, serta page speed optimization check.

Google PageSpeed Insights

Dilihat dari namanya, sudah bisa tertebak bahwa alat yang satu ini adalah milik Google. Tool ini dirilis pada 2010 silam bertepatan dengan Google yang kecepatan website sebagai salah satu indikator penilaian untuk SEO.

Tools untuk cek peforma toko online ini dilengkapi dengan dua tipe data yang digunakan untuk mengecek kecepatan pada toko online.

Yang pertama adalah data sistem, berkaitan dengan performa situs web. Sedangkan yang kedua adalah data lapangan yang lebih mengacu pada pengalaman pengunjung saat menggunakan website tokomu.

Site Speed (Google Analytics)

Sama dengan tool di atas, Site Speed juga masih termasuk dalam bagian Google, lebih tepatnya Google Analytics. Diketahui, Google Analytics sendiri adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung pada sebuah toko online.

Ada tiga aspek yang dijadikan acuan oleh Site Speed untuk mengevaluasi performa web. Diantaranya ada waktu loading halaman, kecepatan (misalnya, seberapa cepat gambar dimuat, waktu respons, dsb), dan durasi parse.

Selanjutnya, hasil yang akan ditampilkan alat ini berupa laporan analisa dari masing-masing halaman toko online, tips optimasi, dan juga performa resource.

Google Test My Site

Para pengunjung toko online mayoritas mengunjunginya via perangkat mobile, entah ponsel atau iPad. Karenanya, sangat cocok bila kamu melakukan pengecekan kecepatan situs web toko online-mu menggunakan tool Google Test My Site ini.

Hasil analisisnya pun sangat mudah dipahami, yakni diukur dalam bentuk rating. Toko onlinemu akan mendapat penilaian bagus jika kecepatannya di bawah 2,5 detik.

Tak hanya itu, tool yang satu ini juga menyediakan laporan khusus sesuai dengan hasil analisis website. Laporannya berisi panduan untuk membuat website toko online milikmu jadi lebih cepat serta ramah pengunjung dan juga pembeli.

YSlow

Yslow hadir dari basis Yahoo! Rules. Singkatnya, alat ini mengambil 23 dari 34 aturan yang ada pada Yahoo. Dengan maksud tentu saja untuk menguji kinerja situs toko online. 

Apabila kamu mengaksesnya lewat web browser, YSlow akan berbentuk format plugin. Sedangkan dalam server Node.js dan PhantomJS, jenis tool ini memiliki sturktur serupa script dengan sistem berbasis baris perintah.

Sebagai informasi, bahwa Yslow ini adalah software bawaan dari Firefox. Jadi, alat ini megizinkan usernya untuk mengakses informasi mengenai komponen halaman melaluiFirebug Net Panel.

Pingdom

Dengan adanya tool Pingdom ini, kamu bisa mengecek laman toko onlinemu dari 70 lokasi yang berbeda, termasuk sampai ke luar negeri.

Dari hasil analisisnya, kamu bia tahu faktor apa saja yang menghambat kecepatan web tokomu. Misalnya saja seperti ukuran gambar yang terlalu besar atau masalah request HTTP.

Kelebihan dari alat ini karena dilengkapi dengan berbagai fitur terpercaya. Tapi, kamu wajib berlangganan paket berbayar jika ingin lebih leluasa dalam monitoring web menggunakan Pingdom ini. Kapan pun terjadi kendala, fitur peringatan akan langsung muncul memberikan tanda.

KeyCDN Website Speed Test

Tool ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin mencari alat cek kecepatan yang simple untuk toko onlinemu. Selain tampilannya yang sederhana, proses analisisnya juga termasuk cepat.

Apakah hanya itu saja kelebihan dari alat ini? Tenu saja tidak. Pertama, kamu bisa melakukan pengecekan menggunakan alat ini di 14 lokasi yang berbeda.

Kedua, kamu juga bisa melihat kecepatan loading setiap jenis file pada web seperti CSS, JavaScript, dan sejenisnya. Fitur ini mempermudah kamu menemukan biang kerok yang memperlambat laman toko onlinemu.

Dotcom-Monitor 

Alat gratis selanjutnya untuk mengecek kecepatan website toko online adalah Dotcom-Monitor. Selain lokasinya yang tak terbatas, kamu juga bisa mengakses tool ini melalui gawai pada browser apa pun. Mulai dari Edge, Firefox, Chrome, hingga Mobile Browser.

Hasil laporannya akan dibagi dalam lima kategori, yaitu Load Time First Visit, Load Time Repeat Visit, Performance, Best Practices, serta SEO.

Jangan lupakan fitur unggulan lain dari alat ini, yakni cepat dalam memeriksa dan mendiagnosa kesalahan dan bisa memeriksa konektivitas jaringan hanya dengan tes ping.

Dareboost

Dareboost termasuk alat yang mendapat banyak sambutan positif, meski usianya masih baru. Tiga layanan unggulan yang ditawarkan oleh alat ini, yaitu menguji, menganalisis, dan mengoptimalkan laman toko onlinemu.

Uniknya, alat ini bisa membandingkan kinerja toko onlinemu dengan competitor, kemudian menunjukkan kelemahan dan kekuatan masing-masing secara sekilas.

Dengan kata lain, kamu bisa mendapatkan tips dan trik meningkatkan kecepatan secara instan dari alat ini.

Selain itu, ada pula fitur unggulan lainnya dari tool ini diantaranya seperti simulasi tes kecepatan blog dan website dengan atau tanpa adblocking, serta ada pula pemblokiran domain yang menyebabkan kecepatan website menurun.

Geek Flare

Sama seperti Dareboost, Geek Flare juga terbilang masih baru di dunia alat cek kecepatan. Software ini memungkinkan dirimu untuk mengecek kecepatan situs toko online melalui perangkat mobile maupun desktop. Sistem pengukurannya meliputi page size, screenshot, request counts by type, dan Time to First Byte.

New Relic

New Relic bisa membantumu untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan performa laman toko online. Diproduksi oleh perusahaan software analytics, New Relic mengembangkan sendiri alat tes online untuk kecepatan website dari sembilan lokasi.

Pada dasarnya alat ini memang bisa digunakan secara percuma. Tapi apabila kamu ingin memantau website dalam cakupan yang lebih luas, maka pilihannya harus ikut paket berbayar dari New Relic.

Tentunya banyak manfaat yang akan kamu peroleh jika menggunakan alat ini. Mulai dari mengawasi setiap perubahan sistem, melakukan simulasi perilaku dan memisahkan masalah, hingga menganalisa dampak performa web terhadap bisnis.

LoadImpact

LoadImpact bisa dikatakan sebagai tools untuk cek peforma toko online ini terbaik yang cara kerjanya secara real-time. Menariknya, alat yang satu ini dilengkapi dengan fitur yang dapat melacak perilaku pengunjung web toko onlinemu.

Metrik laporan yang ditampilkannya pun sangat detail, sehingga kamu tidak perlu lagi menggunakan alat lain dengan tujuan ingin mengetahui janin yang ada di dalam kandungan.

Seperti alat yang lain, tool ini juga bisa diakses secara gratis. Tapi alangkah lebih baiknya jika kamu iktu berlangganan, agar alat yang ada dapat dimaksimalkan.

Web Page Analyzer

Alat gratis yang satu ini juga sayang untuk dilewatkan. Beberapa fitur yang bia kamu dapatkan di Web Page Analayzer adalah perhitungannya yang teliti menggunakan page size, komposisi, waktu unduh (download time), dan ukuran masing-masing komponen situs toko online.

Image Analysis Tool (Cloudinary)

Loading lama biasanya disebabkan karena berbagai faktor, tentunya hal ini ada campur tangan manusia. Salah satu bukti nyata dari alat ini adalah munculnya banyak gambar.

Tapi, dengan adanya alat Cloudinary ini kamu bisa menganalisa serta mengevaluasi sendiri beberapa masalah terkait gambar seperti ukuran, format, kualitas, dan pengkodean.

Nah, itu adalah 15 tools untuk cek peforma toko online yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu kamu bisa memantau bagaimana kekuatan Website-mu, serta dapat menyusun strategi dan pengaturan yang lebih baik agar konsumen jadi lebih nyaman saat bertransaksi.

Sampai sini dulu artikel kali ini, kamu bisa baca tips pemasaran digital lainnya lewat Berita Terkini. See you dan semoga beruntung, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment