Maklon Clay Mask: Peluang Bisnis dan Langkah-Langkahnya

peluang berbisnis clay mask

Masker wajah, meski bukan produk harian, menjadi salah satu jenis skincare yang paling banyak dibeli selama tahun 2022 ini, loh. Karenanya berbisnis clay mask lewat maklon kosmetik, bisa memberikan banyak keuntungan buatmu.

Melansir dari Compas Market Insight, masker wajah menjadi salah satu produk kecantikan yang banyak terjual dalam kurun waktu April hingga Juni 2022. Jumlah pembeliannya juga cukup fantastis, yakni mencapai 1,3 juta kali hanya dalam rentang waktu tiga bulan saja.

Masker wajah yang dimaksud ini cukup beragam, mulai dari sheet mask, clay mask, organic mask, dan powder mask. Semua jenis masker ini memiliki fungsi, karakteristik, dan penggemarnya masing-masing. Nah, yang akan kita bicarakan saat ini adalah clay mask, yang tak kalah populernya di kalangan beauty enthusiasts.

Clay mask sendiri merupakan jenis masker wajah yang terbuat dari clay atau tanah liat. Fungsi utamanya untuk mengangkat minyak berlebih, membersihkan pori-pori, serta menenangkan kulit. Jenis produk ini sempat jadi primadona lantaran termasuk ke dalam masker alami, serta terbilang ramah untuk semua jenis kulit.

Nah, di Mash Moshem Indonesia, kamu bisa menciptakan clay mask dengan brand pribadimu sendiri, loh. Enggak percaya? Langsung simak ulasan lengkap soal maklon clay mask dan peluang bisnisnya berikut ini, ya!

Peluang Berbisnis Clay Mask dengan Brand Sendiri

Sebagaimana seharusnya, sebelum memulai sebuah bisnis kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, terutama untuk bisnis maklon ini. Nah, di sini kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana sih peluang bisnis clay mask saat ini untuk melihat peluang keuntungan bisnismu di masa depan.

Sebagai informasi, analisis yang dilakukan oleh Persistence Market Research menyatakan bahwa penjualan masker wajah secara global diperkirakan akan berkembang 2,5x dan mencapai penjualan sekitar $ 10 miliar pada tahun 2031 dengan perminataan clay mask tetap lebih tinggi. Wow, cukup fantastis, bukan?

Meningkatnya permintaan terhadap produk clay mask tersebut disinyalir karena adanya peningkatan minat konsuemn terhadap formula antipenuaan yang pada gilirannya mendorong penjualan masker wajah, terutama volume penjualan sheet mask dan peel-off mask. Kenyataan lainnya menunjukkan bahwa jenis masker clay mask ini sangat diminati oleh konsumen metropolitan modern.

Secara historis, dari 2016 hingga 2020, penggunaan masker wajah meningkat secara signifikan. Dalam hal ini, Amerika Serikat, China, Jerman, dan Inggris menjadi pemegang pangsa signifikan di pasar global. Apalagi, adanya peningkatan polusi dan gaya hidup yang serba sibuk memicu popularitas berbagai macam produk perawatan kulit, termasuk clay mask.

Peningkatan perminataan untuk produk perawatan kulit organik dan alami serta produk kosmetik yang mengklaim mampu memberikan banyak manfaat akan memberikan lingkungan yang menguntungan untuk perluasan pasar clay mask.

Faktor lain yang mendorong pertumbuhan pasar adalah peningkatan penggunaan produk perawatan kulit khusus pria. Kemudian, meningkatnya jumlah rantai ritel di negara berkembang serta ketersediaan berbagai jenis masker wajah diikuti dengan perluasan e-commerce yang memudahkan akses pembelian masker wajah lintas wilayah turut mendorong pertumbuhan pasar.

Secara keseluruhan, selama sepuluh tahun ke depan, penjulaan masker wajah diproyeksikan meningkat lebih cepat dibanding dengan tahun-tahun sebelumnya dengan tingkat pertumbuhan tahunan sekitar 9% hingga tahun 2031.

Clay Mask di mata konsumen…

Nah, kalau dari segi konsumen sendiri kira-kira apa sih yang membuat mereka ingin membeli produk clay mask? Alasan utamanya adalah adanya kesadaran akan efek buruk bahan kimia pada kulit yang bisa menyebabkan iritasi, alergi, dan kekusaman. Pasalnya, kebanyakan clay mask terbuat dari kombinasi bahan herbal organik yang ramah lingkungan.

Dengan bertambahnya populasi kelas menengah di seluruh dunia yang mendambakan kualitas hidup yang lebih baik, preferensi konsumen menyaksikan pergeseran paradigma dari produk kecantikan berbahan kimia menuju produk kecantikan wajah berbahan alami.

Nah, produk perawatan kulit berbahan alami ini telah menjadi motivasi bagi konsumen untuk mencoba produk baru. Tidak heran, banyak sekali konsumen yang membeli produk clay mask berbahan alami, baik dari brand besar maupun dari produsen kecil yang memproduksi produk clay masknya sendiri (DIY).

Mengapa Clay Mask Begitu Digemari?

Setelah mengetahui peluang penjualan clay mask di pasar kosmetik, kira-kira kenapa ya clay mask begitu digemari oleh konsumen? Berikut ini beberapa alasan kenapa masker wajah jenis clay mask sangat digemari.

Meringankan Kondisi Kulit yang Bermasalah

Clay mask dipercaya bisa meredakan kondisi kulit yang bermasalah karena penggunaan clay mask akan meningkatkan sirkulasi darah di bawah kulit. Dengan membawa lebih banyak aliran darah ke kulit, ini akan membantu menyembuhkan luka lebih cepat dan mereakan beberapa gejala kulit sensitif.

Membantu Menghilangkan Kotoran

Salah satu manfaat penggunaan clay mask adalah membersihkan kotoran dan bakteri yang menyumpat pori-pori. Hal tersebut karena clay mask bersifat menyerap minyak dan kotoran untuk pembersihan yang sangat dalam. Oleh karena itu, setelah menggunakan clay mask, kulit akan terasa lebih segar.

Menghilangkan Kilau Berlebihan

Pada kulit yang berminyak, masker ini mampu menyerap minyak dan membantu menjaga kilau berlebih. Terutama pada jenis clay mask yang mengandung tanah liat kaolin secara khusus. Kandungan ini juga populer sebagai tanah liat putih yang berfungsi mengeluarkan minyak dan kotoran tanpa membuat kulit menjadi keras.

Menenangkan Kulit

Kandungan tanah liat dalam clay mask mampu mengatasi kulit yang stres sehingga kulit menjadi lebih tenang. Selain itu, kemampuannya menyerap minyak membuatnya cocok untuk kulit sensitive, berminyak, dan yang rawan berjerawat.

Mengangkat Sel Kulit Mati

Jika kamu ingin mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati yang sudah menumpuk, clay mask bisa menjadi pilihan terbaik. Hal ini karena sifat clay mask yang berasal dari bentonit yang bersifat abrasif atau mampu mengikis sel kulit mati dari lapisan atas kulit.

Meregenerasi Kulit

Kandungan tanah liat dalam clay mask tidak hanya mampu menyembuhkan kondisi kulit yang bermasalah, tetapi juga meregenerasi sel kulit. Seiring dengan itu, kandungan pada clay mask ini mampu menghilangkan kerutan dan garis halus sehingga kulit menjadi lebih kencang.

Reseller Vs. Brand Owner, Mana yang Lebih Menguntungkan?

reseller dan brand owner

Jika kamu sudah memahami konsep dari bisnis maklon clay mask, kini saatnya kamu mengetahui cara berbisnis seperti apa yang paling cocok buat kamu. Di sini kamu bisa memilih antara menjadi reseller atau menjadi brand owner.

Reseller

Reseller adalah sebutan bagi seseorang yang menjual kembali produk dari supplier kepada konsumen dengan harga lebih tinggi. Akan tetapi, ada juga yang harganya sudah produsen atau supplier tentukan.

Kelebihan

Berikut ini kelebihan menjadi reseller pada bisnis maklon clay mask.

  1. Tidak perlu repot-repot membuat produk.
  2. Tidak perlu memikirkan inovasi produk.
  3. Bisa menentukan jumlah stok yang akan dijual, baik dengan sistem pre order ataupun ready stock.
  4. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk produksi produk.
  5. Bisa mendapatkan penghasilan dengan cepat tanpa perlu menunggu proses produksi.

Kekurangan

Berikut ini kekurangan menjadi reseller pada bisnis maklon clay mask.

  1. Harga tidak bisa diubah terlalu banyak karena biasanya telah ditentukan supplier.
  2. Sangat bergantung pada supplier.
  3. Hanya bisa menjual produk dari supplier tanpa bisa memodifikasinya.
  4. Tidak bisa mengontrol kualitas produk secara langsung.
  5. Tidak bisa mengatur dan mengelola stok sendiri sehingga bisa memungkinkan risiko kehabisan stok.

Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang reseller, kamu perlu melakukan riset produk terlebih dahulu untuk melihat kualitas dan harga yang supplier tawarkan. Dalam hal ini, pastikan kamu mendapatkan produk yang paling berkualitas dengan harga yang paling murah.

Kemudian, kamu harus menetapkan harga jual yang cocok dengan target pasarmu. Jangan sampai kamu mematok harga yang terlalu tinggi agar produk yang kamu jual bisa menarik minat konsumenmu. Setelah itu, maksimalkan media sosial bisnismu untuk melakukan promosi. Jangan ragu untuk meminta kerabat atau teman dekatmu untuk turut mempromosikan produkmu di media sosial. Makin banyak promosi yang kamu lakukan, makin cepat juga produkmu terjual.

Menjadi seorang reseller memang terlihat mudah, tetapi pasti ada plus dan minusnya. Dari kelebihan dan kekurangan di atas, kamu bisa mulai mempertimbangkan akan ke arah mana bisnis kosmetikmu berjalan.

Brand Owner

Brand owner atau pemilik merek adalah mereka yang membangun mereknya sendiri dengan menjual produk yang mereka produksi sendiri, baik dengan pabrik sendiri maupun melalui jasa maklon. Dalam hal ini, mereka memiliki kebebasan untuk menjual produk tersebut dengan menggunakan nama mereknya tanpa membutuhkan izin dari pihak penyedia jasa.

Kelebihan

Berikut ini kelebihan menjadi brand owner pada bisnis maklon clay mask.

  1. Memiliki hak penuh atas produk yang dijual.
  2. Bisa mengubah dan memodifikasi produk kapan pun.
  3. Bisa mengontrol kualitas produk secara langsung.
  4. Bisa meningkatkan kreativitas dan bebas menuangkan ide yang dimiliki secara total.
  5. Memiliki kebebasan untuk membuat konsep produk dan juga bebas menentukan harga jualnya.
  6. Bisa terus mengasah kreativitas dan membuka peluang bisnis kepada para reseller.
  7. Mendapatkan pelanggan loyal karena mereka tahu bahwa kamu adalah pemilik dari produk yang kamu jual.

Kekurangan

Berikut ini kekurangan menjadi brand owner pada bisnis maklon clay mask.

  1. Membutuhkan proses yang panjang dalam produksi.
  2. Memerlukan waktu, tenaga, dan materi yang memadai.
  3. Membutuhkan kerja keras untuk menciptakan produk yang unggul di pasar.
  4. Ada kemungkinan atau risiko catatnya produk yang bisa merugikan.

Jika kamu sudah bertekad bulat untuk menciptakan produkmu sendiri, kamu harus menentukan apa yang ingin kamu buat dan seperti apa target pasarmu. Dalam hal ini, sangat penting bagi kamu untuk memahami tipe-tipe calon konsumen berdasarkan beberapa kategori agar produk yang kamu jual sesuai dengan pasar yang kamu tuju.

Pelajari terus produk yang akan kamu buat agar produk tersebut sesuai dengan kebutuhan dan tentunya tetap relevan di setiap zaman. Di sini, kamu perlu melakukan riset minat pasar.

Jika perlu, buat analisis tentang kompetitor bisnis yang sudah menjual produk yang sama sehingga kamu bisa mempelajari konsepnya terlebih dahulu dan bisa memodifikasinya sesuai versi kamu.

Pastikan kamu membuat produk yang berkualitas dengan bahan baku terbaik agar kamu bisa mendapatkan loyalitas dari konsumenmu.

Cara Membuat Clay Mask dengan Brand Sendiri

cara membuat clay mask

Mungkin semua orang bisa membuat clay mask sendiri dengan menonton berbagai macam video tutorial DIY. Akan tetapi, untuk menjual produk clay mask yang berkualitas, aman, dan berlegalitas, kamu bsia bekerja sama dengan perusahaan maklon kosmetik yang terpercaya, salah satunya Mash Moshem Indonesia.

Dengan meminta bantuan penyedia jasa maklon kosmetik, kamu akan menghemat waktu dan tenaga dalam proses produksinya. Bagusnya lagi, produk yang kamu buat nantinya bisa kamu sesuaikan dengan ekspektasimu tanpa keluar dari tren yang ada di pasar saat ini.

Cara membuat clay mask di Mash Moshem Indonesia tidak sulit, kok. Ikuti keempat langkah mudahnya berikut ini, ya, Beautypreneurs.

Brainstorming Ide dan Konsep Clay Mask

Pertama-tama, kamu perlu melakukan brainstorming ide dan konsep clay mask yang mau kamu buat terlebih dahulu. Untuk brainstorming dan konsultasi terkait ide dan konsep produk, kamu bisa menghubungi nomor perusahaan Mash Moshem Indonesia yang berada di kolom Contact Us atau bisa juga melalui media sosial milik Mash Moshem Indonesia.

Setelah itu, kamu bisa mengonsultasikan dan mendiskusikan ide serta konsep dari produk clay mask yang ingin kamu jual. Kamu juga bisa meminta rekomendasi pada tim Mash Moshem Indonesia terkait tren, formulasi, dan bahan yang baik untuk produk clay mask ini.

Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir ataupun ragu ketika ingin mengutarakan ide, konsep, atau pertanyaan terkait produksi clay mask sesuai yang kamu inginkan. Dengan adanya konsultasi ini, kamu bisa mencapai kesepakatan dengan tim Mash Moshem Indonesia terkait bahan apa saya yang akan digunakan, manfaat apa saja dari penggunaan produk, dan spesifikasi apa saja yang ditawarkan produk tersebut.

Proses Pembuatan Formula dan Sample Clay Mask

Tahap kedua adalah proses pembuatan formula dan sample clay mask. Proses ini dilakukan oleh tim research and development (R&D) dari Mash Moshem Indonesia. Proses ini umumnya memakan waktu dua minggu sampai satu bulan hari kerja. Lamanya proses tersebut sangat bergantung pada banyaknya bahan yang kamu butuhkan, revisi, dan kebutuhan produksi.

Kami berkomitmen yang teguh untuk memberikan nilai eksklusif dan unik pada setiap produk yang dibuat bersama kliennya. Untuk mencapainya, tim Mash Moshem Indonesia hanya akan menyediakan satu formula untuk satu brand sehingga kamu tidak perlu khawatir produk kamu akan terkesan pasaran.

Nah, ketika sample telah siap, kamu akan mendapatkan sample tersebut untuk kamu nilai terlebih dahulu apakah formulasi tersebut sudah sesuai dengan keinginan dan ekspektasimu atau belum. Jika sudah sesuai, proses produksi bisa langsung tim laksanakan.

Tapi, bagaimana jika sample yang dikirimkan belum sesuai dengan keinginan dan ekspektasimu? Kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa loh mengajukan revisi sehingga tim R&D bisa segera merangkai ulang formula tersebut agar sesuai dengan yang kamu inginkan.

Proses Produksi Massal, Desain Kemasan, dan Pengurusan Legalitas

Setelah formulanya produknya sudah sesuai, langkah selanjutnya adalah produksi massal, pembuatan desain kemasan, sekaligus pengurusan legalitas. Ketiga hal tersebut bisa dilakukan dalam waktu yang bersamaan sehingga proses pembuatan produkmu pun bisa berjalan lebih cepat.

Dalam hal ini, kamu tidak perlu terlalu sibuk mengurus legalitas produk, kenapa? Karena Mash Moshem Indonesia akan membantumu mengurus semua proses legalitas produkmu, mulai dari BPOM, HAKI, halal, vegan, sampai HSA.

Adapun untuk desain produk, Mash Moshem Indonesia juga sudah memiliki tim desainer kosmetik sendiri yang tentunya ahli dan expert di bidangnya. Selain itu, desain produkmu nanti pastinya akan disesuaian dengan tren yang sedang berkembang di pasaran, loh! Sangat menarik, bukan?

Clay Mask Siap Dipasarkan!

Setelah semua tahapan telah dilakukan, kini produk clay maskmu telah siap dipasarkan! Selain membantu memproduksi produk clay maskmu, Mash Moshem Indonesia juga akan menawarkan aftersales service berupa promosi produk dengan berbagai saluran, mulai dari pembuatan video company profile, foto produk, pembuatan brosur dan katalog, serta seminar bisnis gratis secara rutin.

Jenis Clay Mask yang Populer di Pasaran

maklon clay mask

Clay mask merupakan salah satu jenis masker wajah yang sangat populer dan makin banyak digunakan dari waktu ke waktu. Sebenarnya, clay atau tanah liat sudah lama dimanfaatkan dalam dunia kecantikan sejak ratusan tahun yang lalu.

Kandungan alami di dalamnya bukan hanya sekadar lumpur tapi juga mengandung abu vulkanik yang lapuk dan bahan-bahan tanaman. Maka dari itu, clay mask kaya akan kandungan mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, silika, dan besi.

Nah, dengan keunggulan itu, banyak sekali pebisnis kosmetik yang akhirnya memanfaatkan clay sebagai produk skincare karena sifatnya yang mampu menyerap kotoran dan bakteri dari pori-pori kulit. Dampaknya, kulit pun jadi lebih bersih, bebas jerawat, bebas dari minyak berlebih, dan kilap.

Bentonite

Bentonite adalah jenis tanah liat yang membengkak dan mengembang ketika dicampur dengan air. Tanah liat yang bersifat menyerap ini paling bagus buat kamu yang punya kulit sangat oily karena kemampuannya menyerap minyak dan bakteri berlebih di wajahmu.

Clay mask jenis bentonite ini juga dipercaya mampu mengencangkan kulit karena daya serapnya. Biasanya, clay mask bentonite ini tersedia dalam berbagai macam warna, mulai dari putih, kuning, merah, cokelat, hingga hitam.

Kalau kamu baru mengenal clay mask bentonite, kamu bisa coba aplikasikan dulu di beberapa bagian kecil kulitmu agar kamu bisa melihat bagaimana reaksinya sebelum kamu aplikasikan ke seluruh kulit wajahmu.

Kaolin

Tanah liat kaolin atau tanah liat cina adalah komponen produk kosmetik dan farmasi yang populer. Jenis clay mask ini teksturnya lembut di kulit sehingga sangat ideal untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Buat kamu yang baru mau mencoba menggunakan clay mask, kamu bisa memulai dengan opsi tanah liat yang ringan ini.

Tanah liat kaolin biasanya berwarna putih, tetapi ada juga yang berwarna kuning, cokelat, dan merah. Clay mask kaolin ini mampu menyerap minyak di kulit wajah dengan lembut dan bisa juga menjadi exfoliator yang baik.

Selain itu, clay mask kaolin juga bisa mencerahkan kulit karena dipercaya bisa meningkatkan sirkulasi darah. Jika kamu pernah mengalami jerawat ringan, clay mask kaolin ini bisa membantumu menyerap minyak berlebih yang bisa mencegah pertumbuhan jerawat di kulit wajahmu.

French Green Clay

French green clay adalah tanah liat berwarna hijau yang warnanya berasal dari bahan tanaman membusuk seperti alga atau klorofil. Frech green clay mask terkenal akan sifatnya yang mampu mengeksfoliasi dan menarik kotoran dari pori-pori kulit serta meningkatkan sirkulasi darah.

Fuller’s Earth Clay

Fuller’s earth clay terkenal sebagai salah satu tanah liat penyerap paling kuat sehingga jenis clay mask ini bukan pilihan yang baik untuk mereka yang memiliki kulit sensitif. Dengan kualitas tersebut, fuller’s earth clay mampu menarik kotoran-kotoran di pori-pori wajah dengan sangat kuat sehingga clay mask jenis ini tidak boleh konsumen pakai lebih dari sekali dalam seminggu. Bagusnya, clay mask jenis ini bisa memberikan sedikit efek whitening pada kulit, loh.

Rhassoul Clay

Tanah liat rhassoul terkenal kaya akan mineral dan memiliki sifat menyerap yang kuat. Jika karakteristik kulitmu oily, clay mask jenis ini bisa kamu manfaatkan untuk mencegah dan membantu menghilangkan komedo. Tapi, kalau kulitmu cenderung sensitif mending jangan terlalu sering menggunakannya, ya.

Nah, itu dia kira-kira penjelasan mengenai peluang bisnis maklon clay mask yang sedang tren di pasaran. Seperti penjelasan di atas, saat ini popularitas clay mask makin meningkat seiring dengan minat masyarakat modern dengan produk kosmetik berbahan dasar alami, salah satunya tanah liat.

Melihat peluang dan potensi bisnis tersebut, kamu bisa mencoba meraba bisnis clay mask ini dengan menjadi seorang reseller ataupun brand owner. Baik menjadi reseller maupun brand owner, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Mash Moshem Indonesia akan membantumu menciptakan clay mask dengan brand kosmetikmu sendiri. Dengan konsep One Stop Cosmetic Manufacturer, kami bertekad memberikan pelayanan terlengkap untukmu. Mulai tim kreatif untuk brainstorming ide dan konsep produk, formulator yang handal, produksi massal, pengurusan legalitas, hingga pembuatan media promosi.

Tertarik? Yuk, diskusikan clay mask dari brand kosmetikmu bersama tim kami di sini!

About Author

Related posts

Leave a Comment