Kembalikan Kilau Kulitmu, Ketahui Manfaat Bubuk Mutiara untuk Wajah Ini

manfaat bubuk mutiara untuk wajah

Memiliki kilau yang indah dan mewah, membuat mutiara sering digunakan sebagai ornament dalam perhiasan. Namun, tahukah kamu kalau ternyata manfaat bubuk mutiara untuk wajah pun sangat beragam?

Mutiara sebenarnya telah lama ditemukan dalam berbagai produk perawatan kecantikan, mulai dari krim wajah, hingga losin tubuh.

Sebenarnya, bubuk mutiara telah lama digunakan sebagai rambuan tradisional dalam pengobatan Tiongkok dan Aryuveda, khususnya untuk mempercantik kulit kaum perempuan pada masa itu.

Nah, setelah dipakai dalam formula skincare apakah manfaat bubuk mutiara untuk wajah kian bertambah dan terbukti kebenarannya?

Yuk! Cari tahu jawabannya di ulasan berikut ini, ya, Ladies.

Kandungan Bubuk Mutiara yang Baik untuk Kecantikan

manfaat bubuk mutiara

Penggunaan bubuk mutiara dalam ramuan kecantikan tradisional Tiongkok dan Aryuveda ini bukanlah dilakukan dengan sembarangan.

Nyatanya, dalam bubuk mutiara terbukti terdapat kandungan-kandungan yang mampu berkerja sebagai agen detoksifikasi dan antiinflamasi.

Penasan, apa saja kandungan dalam bubuk mutiara yang dimaksudkan tersebut? Langsung cek penjelasan super lengkapnya di bawah ini, ya!

Asam Amino

Salah satu nutrisi yang ditemukan dalam bubuk mutiara adalah asam amino. Nutrisi satu ini sangat penting untuk merangsang pembentukan kolagen dalam tubuh.

Kolagen sendiri merupakan protein yang banyak ditemukan pada jaringan ikat tubuh, termasuk dalam lapisan kulit wajah.

Protein ini sangat dibutuhkan untuk menjaga elastisitas kulit, sehingga membuatnya selalu kencang, dan tampak awet muda.

Tak hanya itu, asam amino pun bisa membantu memperbaiki struktur kulit secara umum, menghidrasinya, dan melingungi kulit dari dampak buruk radikal bebas.

Kalsium

Tak hanya mengandung protein penting, dalam bubuk mutiara pun terkandung berbagai jenis mineral, salah satunya kalsium.

Kamu mungkin mengira kalsium hanya baik untuk menjaga kekuatan tulang, padahal mineral ini pun sangat berpengaruh pada vitalitas kulit wajahmu, lho.

Sebab, kalsium diketahui mampu meningkatkan regenerasi sel kulit yang lebih sehat dan membantu mempertahankan kelembapan alami pada kulit.

Karena itulah, jika tubuh kekurangan asupan kalsium bisa membuat wajah tampak jadi kering, kusam, bahkan muncul tanda penuaan secara premature.

Zat Penguat Antioksidan

Tahukah kamu bahwa tubuh secara alami bisa memproduksi antioksidan sendiri? Namun, banyak faktor yang terkadang membuat proses pembentukan antioksidan oleh tubuh ini tidak maksimal.

Nah, untuk mengatasinya kamu dapat menggunakan skincare dengan ekstrak mutiara. Sebab, dalam bubuk mutiara diketahui terdapat zat penguat antioksidan alami dalam tubuh, yakni superoksida dismutase (SOD) dan glutathione.

Baik gluthatione maupun superoksida dismutase, merupakan salah satu jenis antioksidan alami yang bisa kamu temukan dalam kandungan bubuk mutiara.

Kandungan ini pun diketahui mampu bekerja menetralisir kadar radikal bebas dari kulit, mengurangi dampak buruknya, hingga membuat kondisi sel kulit kian baik.

Selain itu, gluthatione pun sering digunakan dalam produk pencerah wajah. Karena mampu melawan hiperpigmentasi dan membuat wajah tampak lebih cerah secara alami.

Lebih hebatnya lagi, kandungan ini dapat membuat kulit wajahmu tampak awet muda. Dengan mengurangi tampilan keriput, garis halus, serta mengencangkan kulit wajah.

Berbagai Manfaat Bubuk Mutiara untuk Wajah

manfaat bubuk mutiara untuk wajah

Setelah mengetahui berbagai nutrisi yang ada dalam bubuk mutiara di atas, kamu pasti sudah punya gambaran mengenai manfaat bahan alami ini untuk kulit wajahmu.

Yap! Selain menutrisi dan menyehatkan kulit, berikut beberapa manfaat bubuk mutiara untuk wajah yang perlu kamu tahu.

Membuat Kulit Wajah Tampak Cerah Alami

mencerakan kulit

Memiliki wajah yang tampak cerah dan merona alami adalah dambaan hampir semua orang. Karenanya banyak yang akhirnya menggunakan skincare-skincare khusus untuk mecerhakan kulit.

Untuk mendapatkan wajah yang tampak cerah alami, kamu bisa menambahkan bubuk mutiara ke dalam perawatan kecantikan wajah harianmu.

Sebab, dilansir dari berbagai situs kesehatan, bubuk mutiara ini terbukti dapat bekerja baik dari dalam maupun dari luar lapisan kulit untuk mencerahkan kulit.

Bubuk mutiara disinyalir mampu mengurangi aktivasi enzim tyrosinase, yang diketahui menjadi pemicu produksi melanin (pigmen) dalam jaringan kulit.

Dengan produksi melanin yang terhambat, maka kulit pun akan terlihat lebih cerah dan merona bak kecantikan alami mutiara.

Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari Berlebihan

paparan sinar matahari

Sinar matahari yang berlebihan menyumbang peran besar dalam memicu munculnya berbagai masalah kecantikan pada kulit.

Mulai dari munculnya bintik hitam di wajah, membuat kulit jadi kering dan kusam, hingga menyebabkan kulit terbakar serta iritasi.

Untuk itu, kamu perlu memberikan perlindungan lebih pada kulit untuk meminimalisir berbagai dampak buruk yang diakibatkan oleh matahari, salah satunya menggunakan skincare berkandungan bubuk mutiara.

Sebab, mutiara dikatakan cukup efektif untuk melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh sinar UVA dan UVB. Yakni dengan memperkuat skin barrier dan menjaga kelembapan alami pada kulit wajah.

Memperkecil Pori-pori Wajah

DNA Salmon untuk Wajah (4)

Selain membantu menjaga kulit dari dampak buruk sinar matahari, penggunaan skincare dengan bubuk mutiara bisa membuat pori-pori wajah jadi terkunci.

Manfaat bubuk mutiara untuk wajah ini terjadi karena kandungan asam amino esensial yang dimiliknya, mampu memperkecil pori-pori kulit.

Bahkan, dengan penggunaan yang rutin, bubuk mutiara diketahui dapat mengangkat debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori wajah.

Membantu Mengangkat Sel Kulit Mati

moisturizer

Selain memperkecil pori-pori, bubuk mutiara pun dapat bertindak sebagai eksfoliator alami. Sebab, enzim di dalam bahan alami ini mampu membersihkan kulit dan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk di epidermis.

Dengan demikian, wajahmu bakalan tampak lebih sehat, cerah, bahkan terasa lebih mulus dari sebelumnya.

Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

mencegah penuaan dini

Manfaat bubuk mutiara untuk wajah selanjutnya adalah dapat membantu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini pada kulit.

Kamu mungkin mengira bahwa tanda penuaan hanya muncul karena faktor usia. Padahal, ada banyak faktor lain yang membuat tanda penuaan ini muncul secara dini.

Seperti adanya paparan radikal bebas, polusi, stress, hingga paparan sinar UVA atau UVB dari matahari.

Nah, mutiara bisa membantumu mengatasi hal itu, khususnya kandungan antioksidan yang dimilikinya dapat bekerja untuk memperlambat proses penuaan pada kulit wajah.

Kandungan asam amino esensial dalam bubuk mutiara pun diketahui mampu memperbaiki kondisi kulit, juga menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti garis halus dan kerutan pada wajah.

Mengatasi dan Merawat Kulit Berjerawat

wajah berjerawat

Hampir semua orang pasti pernah berurusan dengan jerawat, dari yang sederhana maupun yang disertai peradangan.

Namun, kadang kala jerawat-jerawat ini pun sangat susah dihilangkan dan menimbulkan rasa tidak nyaman pada kulit.

Kabar baiknya, bubuk mutiara bisa membantu mengatasi dan merawat kulit berjerawat. Yakni dengan membantu membersihkan pori-pori kulir dan mempercepat proses penyembuhannya.

Melembutkan Tekstur Kulit

Wajahmu terasa kasar dan kering? Skincare berkandungan mutiara bisa kamu jadi alternatif yang ideal untukmu mengatasi masalah satu ini, lho.

Sebab, bubuk mutiara dapat membantu mengunci pori-pori dan menjaga kelembapan alami pada kulit wajah.

Hal ini tentunya dapat berpengaruh secara langsung pada tekstur kulit wajah, yakni dengan menjadikannya lebih lembut dan halus.

Itu adalah berbagai manfaat bubuk mutiara untuk wajah yang mungkin saja belum kamu ketahui. Bagaimana menurutmu? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya sebagai bagian dari skincare routine-mu?

Well, tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment