Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan Rambut dan Kulit, Sayang Dilewatkan!

manfaat daun pandan untuk kecantikan (1)

Daun pandan merupakan salah satu tanaman yang sangat umum dijumpai di Indonesia. Bahkan, penggunaan daun panda ke dalam olahan makanan dan jajanan tradisional sudah tak terhitung banyaknya.

Namun, ternyata dibalik aromanya yang sedap dan menggunggah selera ini, daun pandan menyimpan banyak manfaat tersembunyi untuk kecantikan rambut maupun kulit, lho!

Yap! Tanaman dengan nama ilmiah Pandanus amaryllifolius ini memang dikenal memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik buat kesehatan. Karenanya, pandan pun diteliti dan digunakan untuk merawat kecantikan rambut dan kulit.

Sayangnya, enggak banyak juga yang tahu kalau manfaat daun panda untuk kecantikan sebenarnya cukup beragam. Apakah kamu juga kurang familier dengan fakta satu ini?

Well, biar kamu enggak melewatkannya, berikut penjelasan lengkap soal manfaat pandan untuk kecantikan rambut dan kulit yang perlu kamu tahu. Baca sampai habis ya, Ladies!

Ragam Manfaat Daun Pandan untuk Rambut

manfaat rosemary untuk kecantikan rambut

Merawat kecantikan dan kesehatan rambut merupakan hal yang sama pentingnya dengan menjaga kulit wajah kamu.

Tak hanya soal penampilan, rambut yang tidak terawat dengan baik bisa saja mengalami kerusakan. Seperti mudah rontok, ketombe yang berlebihan, tampak kusam, bahkan bisa mengalami kebotakan dini. Kamu tentu tidak ingin mengalami masalah ini, bukan?

Nah, salah satu manfaat daun pandan untuk kecantikan adalah menjaga kesehatan rambtu kamu, lho. Lantas apa saja keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan daun pandan ke dalam hair care routine-mu? Yuk, cek daftar lengkapnya berikut ini, ya!

Meringankan Ketombe di Kulit Kepala

Manfaat daun pandan untuk kecantikan rambut yang pertama adalah membantu meringankan ketombe di kulit kepala. Ini dikarenakan senyawa antiinflamasi dalam daun pandan mampu meringankan gejala peradangan dan menenangkan rasa gatal di kulit kepala.

Tak hanya itu, daun pandan pun bisa bekerja sebagai eksfoliator alami yang mampu mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan minyak berlebih penyebab ketombe.

Agar mendapatkan manfaat daun pandan untuk rambut ini, kamu bisa membuatnya sebagai masker rambut alami dan mengaplikasikannya dengan rutin di kulit kepala.

Langkahnya sangat mudah, kamu perlu menyiapkan sepuluh lembar daun pandan yang segar. Kemudian menghaluskannya dan mencampurnya dengan air secukupnya, kira-kira 100 ml air.

Setelah itu, aplikasikan secara merata pada kulit kepala kamu. Biarkan kandungan dalam masker pandan meresap di kulit kepala, yakni dengan mendiamkannya selama 20-30 menit.

Kalau sudah, kamu bisa membilas kulit kepala hingga bersih. Untuk hasil yang maksimal, kamu perlu melakukan perawatan ini secara rutin dan teratur, minimal seminggu sekali.

Menguatkan Rambut dan Meminimalisir Kerontokan

Tak hanya mampu menghempaskan ketombe, manfaat daun pandan untuk rambut lainnya adalah membuat rambut lebih kuat dan mencegahnya dari kerontokan.

Selain mengandung vitamin dan mineral, dalam daun pandan pun terkandung senyawa zat besi. Yang juga berperan penting dalam mencegah adanya kerontokan rambut.

Tak cuma itu, kandungan antioksidan dan vitamin C-nya pun akan membantu mengembalikan vitalitas rambut. Sehingga kekuatan dan kelembapan alami pada rambut akan tetap terjaga.

Untuk mendapatkan manfaat daun pandan ini, kamu hanya perlu mengolahnya sebagai masker rambut alami. Bedanya, kamu bisa menambahkan beberapa bahan lain yang sama baiknya buat rambut.

Misalnya dengan menambahkan bunga sepatu, bunga melati, juga kelopan bunga mawar. Semua bahan-bahan ini akan direbus (steam) bersamaan dengan daun pandan, kemudian ditambah dengan minyak kemiri, coconut oil, juga minyak wijen.

Setelah campuran tersebut mendidih, kamu bisa mengangkat dan meniriskannya. Setelah itu, kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut sebelum melakukan keramas. Paling tidak aplikasikan selama 30 menit, atau lakukan sebelum kamu pergi tiudr.

Agar hasilnya kian maksimal dan rambutmu jadi lebih kuat, lakukan perawatan ini secara rutin. Misalnya 1-2 kali dalam seminggu, sudah cukup efektif.

Membuat Rambut Tampak Hitam Berkilau

Salah satu manfaat daun pandan untuk kecantikan rambut selanjutnya adalah membuatnya tampak hitam berkilau secara alami. Menarik, bukan?

Rambut yang tampak kusam biasanya dibarengi dengan tekstur yang kering, rapuh, dan cenderung mudah patah. Kabar baiknya, masalah ini bisa diatasi dengan menggunakan daun pandan sebagai bagian dari perawatan rambutmu.

Kamu bisa menggunakan air rebusan daun pandan untuk mengembalikan warna dan kilau alami rambutmu. Caranya juga cukup sederhana, kamu bisa menggunakan tujuh lembar daun pandan segar, bisa lebih bergantung kebutuhan, dan merebusnya sampai mendidih.

Kemudian dinginkan air rebusan pandan ini semalaman, barulah kamu bisa menggunakannya sebagai masker rambut.

Manfaat Daun Pandan untuk Kecantikan Kulit

mencerahkan kulit

Tak hanya mampu merawat kecantikan rambut, daun pandan pun memiliki manfaat yang sama banyaknya untuk menyehatkan kulit tubuh dan wajah, lho!

Penasaran apa saja manfaat daun pandan untuk kecantikan kulit? Langsung simak berbagai daftarnya di bawah ini, ya, Ladies!

Membantu Mengatasi Komedo

Siapa coba yang enggak kesal, kalau menemukan banyak komedo di wajah? Sudah kadang bikin enggak nyaman dan berpotensi infeksi, komedo juga bisa bikin tekstur kulit tidak halus.

Untungnya, salah satu manfaat daun pandan untuk kecantikan kulit adalah membantu mengatasi komedo. Bahan alami ini bisa membantu membersihkan wajah dan bekerjas untuk mengangkat kotoran serta minyak berlebih.

Karenanya, tak hanya membantu mengatasinya, pandan pun bisa mencegah kemunculan komedo di wajah kamu.

Nah, agar kamu dapat merasakan manfaat pandan untuk kecantikan kulit ini, kamu bisa mengolahnya sebagai masker wajah alami.

Cukup siapkan setengah sendok teh air sari daun pandan, satu sendok the madu, satu buah pisang yang telah dihaluskan, juga seperempat sendok teh minya zaitun. Setelah itu, kamu bisa mencampurkan semua bahan tersebut hingga menjadi pasta masker alami.

Setelah itu, aplikasikan pada wajah yang telah kamu bersihkan terlebih dahulu. Kamu bisa meratakan penggunaan masker, atau hanya pada bagian yang ada komedonya. Kemudian biarkan masker pandan ini selama 15 menit di wajah, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

Bekerja Sebagai Eksfoliator Alami

Tahukah kamu, kalau sel kulit mati dibiarkan menumpuk bisa memicu berbagai masalah kecantikan dan kesehatan pada kulit? Seperti membuat kulit jadi tampak kusam, membuat wajah berjerawat maupun berkomedo, juga menyumbat pori-pori.

Kabar baiknya, manfaat daun pandan untuk kecantikan lainnya adalah dapat bekerja sebagai eksfoliator alami. Yap! Bahan alami ini bisa digunakan sebagai scrub wajah dan digunakan untuk mengangkat kulit mati.

Cara membuat scrub alami dari daun pandan ini pun terbilang mudah. Kamu hanya perlu menyiapkan beberapa daun pandan segar dan mencucinya sampai bersih.

Setelah itu, haluskan daun panda tersebut dan tambahkan dengan bahan-bahan lain. Seperti minyak zaitun dan madu, agar sel kulit bisa terangkat dengan lebih optimal.

Ketika pasta scrub alami ini telah terbentuk, aplikasikan secara merata pada kulit. Gosok dan pijat sengan lembut, agar sel-sel mati terangkat dan luruh.

Ulangi perawatan ini secara rutin, paling tidak selama seminggu sekali. Dengan demikian kulit tubuh dan wajah kamu akan tampak lebih bersih dan sehat.

Mengatasi Masalah Jamur Kulit

Selain infeksi bakteri yang dapat memicu jerawat dan komedo, masalah lain yang kerap terjadi pada kulit adalah infeksi jamur kulit.

Nah, untungnya manfaat daun pandan untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi masalah jamur kulit. Penggunaannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu meramu pandan sebagai obat alami.

Misalnya dengan menumbuk beberapa helai daun pandan, sesuai kebutuhan. Kemudian memeras tumbukan tersebut untuk mendapatkan sari-sarinya. Kamu bisa menggunakan sari-sari ini untuk mengatasi jamur kulit secara alami.

Bisa Mendetoksifikasi Zat Toxin dalam Tubuh

Radikal bebas, seperti polusi dan paparan sinar matahari berlebihan, juga penggunaan kosmetik tertentu bisa memicu kemunculan zat racun dalam tubuh.

Jika zat racun ini terlalu besar, maka akan berdampak buruk pada sel kulit. Membuatnya cepat meradang, mengalami penuaan dini, dan banyak masalah lainnya.

Daun pandan memiliki beragam jenis kandungan antioksidan yang bisa bekerja untuk mendetoksifikasi zat toxin tersebut pada tubuh kamu. Dengan begitu, berbagai dampak buruk radikal bebas bisa dicegah kemunculannya.

Mampu Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Secara Premature

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa radikal bebas bisa memicu kemunculan tanda penuaan pada kulit datang lebih cepat. Untuk mengatasi masalah ini kamu bisa menggunakan daun pandan sebagai bagian dari perawatan kulit.

Antioksidan yang ada pada daun pandan akan menangkal radikal bebas, mengembalikan vitalitas sel kulit, pun memperlancar metabolisme kulit kamu.

Ini tentunya akan menghambat penuaan dini pada kulit, bahkan bisa membuatnya tampak lebih sehat, kencang dan terawat.

Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Salah satu manfaat daun pandan untuk kecantikan lainnya adalah membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat.

Manfaatnya ini didapatkan dari kandungan vitamin C dan vitamin A milik daun pandan. Kedua senyawa ini dikenal sebagai agen pencerah kulit yang cukup efektif, dan bahkan telah banyak digunakan dalam formula produk perawatan kecantikan.

Baik vitamin c maupun vitamin A, akan mendorong regenerasi sel kulit baru dan bekerja mengeksofoliasi sel yang tua. Tak hanya itu, keduanya juga membantu mendukung produksi kolagen.

Sehingga kulit wajah akan tampak lebih cerah dan noda hitam, maupun bekas jerawat, akan dapat tersamarkan dengan baik.

Kandungan Daun Pandan yang Baik untuk Kecantikan

manfaat daun pandan untuk kecantikan (2)

Setelah melihat berbagai manfaat daun pandan untuk kecantikan di atas, kamu mungkin bertanya-tanya mengapa bahan alami ini bisa memberikan banyak khasiat untuk rambut dan kulitmu, bukan?

Well, sebenarnya daun pandan memiliki kandungan yang sangat beragam. Termasuk vitamin, mineral, dan masih banyak lainnya.

Untuk tahu lebih lanjut, berikut ini ada beberapa kandungan dalam daun pandan yang sangat baik untuk kecantikan kulit dan rambut. Baca sampai mentok, ya, Guys!

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam daun pandan adalah vitamin A. Senyawa ini pada dasarnya telah umum dipakai ke dalam formula produk perawatan kulit, yang bisa bekerja untuk mencerahkan dan meremajakan.

Vitamin A dapat membantu mendorong pengelupasan sel kulit mati, meningkatkan regenerasi sel baru, juga mendukung pembentukan kolagen.

Tiamin (Vitamin B1)

Vitamin B1 dapat membantu memperlancar aliran darah, oksigen, serta nutrisi dalam tubuh. Hasilnya sel kulit akan mendapatkan asupan yang cukup dan sistem metabolismenya dapat berjalan dengan normal.

Dengan asupan vitamin B1 dalam daun pandan ini, kamu akan mendpatkan kulit wajah dan tubuh yang tampak sehat.

Manfaat serupa pun bisa kamu rasakan pada kesehatan kulit kepala dan rambut kamu. Dengan nutrisi yang tercukupi, kulit kepala akan jadi tambah sehat, akar rambut lebih kuat dan subur.

Vitamin C

Kandungan lain yang bisa kamu temukan dalam daun pandan adalah vitamin C. Kandungan ini bisa bekerja sebagai agen antioksidan, antiaging, juga pencerah wajah alami.

Untuk rambut, vitamin C pun bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala dan memperkuat rambut. Bahkan bisa menunda kemunculan uban, lho!

Kalsium

Tak hanya kaya akan berbagai jenis vitamin, dalam daun pandan pun terdapat banyak jenis mineral. Salah satunya adalah kalsium.

Mineral ini memiliki peranan yang sangat penting dalam jaringan ikat, termasuk kulit. Kalsium dapat memberikan pelindung tambahan, menjaga hidrasi, dan mengatur pembentukan antioksidan pada tubuh.

Sementara itu, kalsium juga bekerja sama baiknya untuk merawat rambut. kandungan ini akan bekerja mengurangi kerontokan rambut dan merangsang pertumbuhannya.

Antioksidan

Salah satu hal yang membuat daun pandan begitu berkhasiat adalah banyaknya kandungan antioksidan yang dimilikinya. Seperti isoflavon, alkaloid, glikosida, serta beragam senyawa fenolik.

Seperti yang kamu tahu, senyawa antioksidan sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Nah, itu adalah berbagai manfaat daun pandan untuk kecantikan rambut dan kulit yang mungkin belum kamu ketahui.

Menggunakan bahan alami sebagai perawatan kecantikan sebenarnya bukan hal baru lagi. Para Ibu dan Nenek kita telah menggunakannya secara tradisional, dan hasilnya adalah kulit yang selalu kita dambakan setiap saat.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment