Manfaat Facial Icing untuk Wajah, Teknik Jadul yang Patut Dicoba

facial icing (1)

Bagi anak milenial pasti udah enggak asing atau barangkali sudah tahu betul tentang manfaat facial icing untuk wajah, alias teknik mengolesi wajah dengan es batu.

Yap! Jauh sebelum ada setting spray, para penyedia jasa perias wajah akan menggunakan teknik untuk mempertahankan riasan wajah selama mungkin.

Namun belakangan ini, teknik facial icing kembali popular dan digunakan oleh kalangan influencer. Enggak hanya dari dalam negeri, pun dari selebgram luar negeri pun ada yang menggunakan teknik ini dalam rutinitas kecantikan mereka.

Lalu, apakah facial icing ini hanya baik untuk mempertahankan kosmetik? Enggak, dong. Karena facial icing diketahui memiliki beberapa manfaat untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu.

Penasaran apa saja manfaat facial icing untuk wajah yang dimaksudkan tersebut? Cek ulasannya berikut ini, ya, Guys!

Manfaat Facial Icing untuk Wajah

manfaat facial icing untuk wajah

Dilansir dari Healthline, ahli kecantikan medis dan selebriti di Los Angeles, Candace Marino rupanya telah merekomendasikan penggunaan facial icing ke dalam rutinitas perawatan kulit.

Tentu saja, teknik mengaplikasikan es batu ke kulit ini bukanlah hal baru lagi. Para ibu kita di jaman dulu, mungkin telah lama memperaktekkan teknik ini untuk merawat kulit mereka.

Nah, kira-kira apa sih yang membuat facial icing ini istimewa hingga mendapat rekomendasi dari ahli ternama untuk digunakan dalam rangkaian perawatan kecantikan?

Simak daftar dan penjelasan soal manfaat facial icing untuk wajah berikut ini, ya!

Membantu Meningkatkan Kecerahan Kulit

mencerahkan kulit wajah

Buat kamu yang memiliki masalah dengan kulit kusam, menggunakan teknik facial icing bisa membantu mengatasinya, lho.

Sebab, es batu dapat membantu meningkatkan proses sirkulasi darah ke kulit, sehingga proses penyampaian nutrusi dan oksigen pun dapat lebih efektif.

Hasilnya, wajah akan jadi tampak lebih cerah dan kencang. Untuk mendapatkan manfaat satu ini dengan lebih maksimal, kamu bisa menggunakan seduhan teh rosehip sebagai es batu atau teh hijau.

Dua bahan alami ini mengandung antioksidan dan vitamin C, sehingga dapat mendukung fungsi facial icing dengan agar lebih optimal.

Mengurangi Peradangan Akibat Jerawat

jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun. Baik yang memiliki kulit kering, berminyak, bahkan normal sekalipun.

Kondisi ini sebenarnya juga dipengaruhi oleh banyak hal, baik dari dalam tubuh sendiri, maupun karena paparan radikal bebas, infeksi jamur atau bakteri, juga karena alergi kosmetik.

Meski jerawat bisa saja tidak menimbulkan rasa sakit, beberapa tingkat keparahan tertentu bisa menyebabkan peradangan dan dapat bertambah buruk bila tidak ditangani dengan baik.

Salah satu cara untuk menenangkan peradangan akibat jerawat adalah mengompres atau mengolesi es batu di wajah kamu.

Selain menenangkan, teknil facial icing ini pun akan mampu membantu mengangkat minyak berlebih pada kulit dan mendorong sirkulasi darah agar lebih lancar.

Akhirnya kulit yang berjerawat bisa lekas pulih, sementara gejala peradangan yang ditimbulkannya akan diredakan selama proses mengaplikasikan es batu ke wajah dilakukan.

Menyamarkan Tampilan Mata Panda

mata panda

Manfaat lain dalam melakukan teknik facial icing adalah mampu mengurangi tampilan mata panda. Masalah satu ini juga sangat mudah terjadi, tidak memandang usia maupun gender.

Mata panda bisa muncul kalau kamu kurang tidur, terlalu kelelehan, keseringan main gadget, dan mengonsumsi makanan rendah gizi.

Untungnya, es batu bisa membantu mengurangi lingkaran hitam pada area mata kamu. Yap, cukup oleskan ke wajah dan area mata secara teratur.

Kemampuannya dalam mendorong sirkulasi darah akan membuat syaraf mata lebih rileks, kemudian memberikan perubahan tampilan signifikan pada mata panda yang kamu alami.

Memperkecil Ukuran Pori-pori Kulit

skincare untuk kulit kering

Pori-pori kulit merupakan hal yang sangat alami dari bagian struktur kulit wajah kamu. Fungsi utamanya adalah sebagai salah satu kelenjar sekresi dalam tubuh, khususnya untuk mengeluarkan minyak atau keringat.

Namun, masalah bisa terjadi kalau pori-pori kulit melebar. Hal ini akan membuat produksi minyak alami tidak terkontrol dan malah membuat wajah terlalu berminyak.

Tak hanya itu, pori-pori yang terlalu besar pun akan berisiko tersumbat residu make up, toksin, dan sel kulit mati yang menumpuk. Karenanya, kulit akan mudah mengalami masalah kecantikan, utamanya yang berkaitan dengan jerawat dan komedo.

Untungnya, mengoleskan es batu ke wajah dalam keadaan bersih akan membantumu memperkecil lubang pori-pori, lho.

Tak hanya itu, minyak berlebihan dan penumpukan sel kulit mati pun akan dapat dicegah serta diatasi dengan baik. Hasilnya, wajah akan jadi lebih sehat, tampak kencang, dan berseri.

Meredakan Peradangan Akibat Sun Burning

paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari kadang memang memberikan banyak manfaat untuk kulit, khususnya dalam pembentukan vitamin D dalam tubuh.

Namun, untuk mendapatkan manfaat facial icing untuk wajah tersebut kamu tidak boleh terlalu lama terpapar sinar matahari dan memperhatikan durasinya dengan baik.

Sebab, terlalu lama di bawah sengatan matahari secara langsung dan tanpa menggunakan sunblock bisa memicu berbagai masalah pada kulit.

Mulai dari membuat wajah tampak lebih kusam, warna yang tidak merata, muncul bintik hitam dan hiperpigmentasi, hingga kulit terbakar atau yang biasa disebut dengan sunburning.

Ngomong-ngomong, tahukah kamu kalau es batu bisa digunakan untuk merawat kulit yang terbakar sinar matahari?

Yap, sifatnya yang mendinginkan dan menenangkan ini dapat membantu meminimalisir peradangan yang terjadi akibat sunburning. Misalnya dengan mengurangi kemerahan, iritasi, dan meredakan rasa perihnya.

Agar manfaat facial icing untuk wajah kian maksimal, kamu bisa menghancurkan dan mencampurkan gel lidah buaya dengan air dan membekukannya jadi es batu.

Lidah buaya yang pada dasarnya dapat bekerja sebagai penenang dan penyegar kulit akan membantu menetralisir dampak buruk panas matahari tersebut.

Kamu pun bisa mengombinasikan bahan lainnya yang memiliki manfaat serupa, misalnya buah kiwi, buah semangka, hingga melon.

Mengurangi Pembengkakan pada Kantung Mata

Selain mata panda, salah satu masalah yang kerap terjadi di area yang sama adalah pembengkakan kantung mata. Yang juga dapat terjadi ketika kamu tidak mengatur jam tidur, makan pada malam hari, terlalu sering menangis, dan masih banyak lainnya.

Untuk meredakan pembengkakan pada kantung mata ini, kamu bisa mengoleskan ataupun mengompreskan es batu pada area tersebut.

Dengan begitu, sirkulasi darah pada area mata akan jadi lebih lancar dan membuat syaraf di sana pun jadi lebih rileks. Hal ini bisa mengurangi pembengkakan mata dengan cukup efektif.

Cara Melakukan Facial Icing yang Aman dan Tepat

cara melakukan facial icing

Sebenarnya, aturan menggunakan facial icing tidaklah cukup rumit. Kamu bahkan bisa melakukannya dengan sangat mudah di rumah.

Berikut beberapa langkah melakukan facial icing yang benar di rumah:

  1. Bersihkan wajah denagn metode double cleansing, ini akan membantu kulit jadi lebih bersih dan bisa menerima treatment yang kamu lakukan selanjutnya dengan optimal.
  2. Aplikasikan es batu langsung ke kulit wajah.
  3. Biarkan hingga meresap baru aplikasikan skincare yang akan kamu pakai.
  4. Gunakan teknik facial icing ini dengan rutin, sebanyak 1-2 kali dalam seminggu saja.

Nah, itu adalah berbagai manfaat menggunakan metode facial icing dan bagaiamana cara melakukannya dengan aman di rumah. Apakah kamu tertarik untuk mencoba metode kecantikan satu ini?

Well, jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya, Guys! Selamat mencoba dan semoga berhasil.

About Author

Related posts

Leave a Comment