Kaya Nutrisi, Simak Ragam Manfaat Habbatussauda untuk Kecantikan Ini

manfaat habbatussauda untuk kecantikan

Selain buah, sayuran, dan bunga-bungaan, penggunakan ekstrak rempah-rempah dalam formula kecantikan juga sudah umum dilakukan.

Salah satu jenis rempah yang kerap dijadikan bahan skincare atau kosmetik adalah habbatussauda. Ya, bahan alami yang juga dikenal dengan jintan hitam ini merupakan jenis rempah dengan manfaat kesehatand an kecantikan yang melimpah.

Berdasarkan berbagai penelitian, bahan alami ini mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan untuk merawat kesehatan tubuh dan kecantikan kulit. Misalnya berbagai jenis vitamin, asam amino, asam limonelat, serta berbagai jenis mineral.

Enggak heran, ya, kalau banyak produk perawatan kecantikan yang menggunakan habbatussaudah sebagai bahan dasar formulanya.

Kandungan dalam Habbatussauda yang Baik untuk Kecantikan

manfaat habatussauda untuk kecantikan (2)

Kalau di dunia kecantikan, ekstrak habbatussaudah atau jintan hitam ini lebih dikenal dengan nama black cumin seed oil. Yang bisa dengan mudah kamu temukan dalam komposisi produk pelembap dan perawatan kulit wajah.

Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya, habbatus saudah mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat baik untuk kecantikan. Apa saja? Langsung cek penjelasannya di bawah ini!

Asam Linonelat

Kandungan pertama yang ada dalam habbatus saudah adalah asam linoleat atau asam lemak omega-6. Kandungan ini diketahui dapat membantu mengatasi peradangan di seluruh tubuh, serta meningkatkan kesehatan kulit kamu.

Tak hanya itu, kandungan asam linoleat dalam habbatussaudah pun kaan dapat bekerja melawan jerawat, menenangkan gejala eksim, psoriasis, dermatitis, hingga rosacea.

Vitamin E

Selain asam linoleate, kamu pun bisa menemukan berbagai jensi kandungan vitamin dalam habbatussaudah. Salah satu jenis vitamin tersebut adalah vitamin E.

Kandungan ini pun telah sangat popular dalam dunia kecantikan, sebab manfaatnya dalam menutrisi, menjaga kelembapan kulit, bahkan membuat wajah tampak lebih awet muda dan terawat.

Vitamin E pun dapat bekerja sebagai agen antioksidan alami, sehingga mampu menjaga kesehatan kulit dengan menangkal dampak buruk radikal bebas dan memulihkan kondisi sel yang bermasalah.

Asam Amino

Asam amino merupakan kandungan lain yang bisa kamu temukan dalam ekstrak habbatussaudah. Kandungan ini memiliki peranan yang sangat penting dalam membentuk sel protein dan membrane pelindung kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, asam amino pun bisa membantu memberikan kelembapan pada kulit dan memberikan sensasi menenangkan pada wajah yang mengalami peradangan.

Vitamin B1 (Tiamin)

Dikenal juga dengan nama tiamin, vitamin B1 juga masuk dalam daftar kandungan gizi dari habbatussaudah. Fungsi utama tiamin adalah membantu memperlancar sirkulasi darah, sehingga proses distribusi oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh jadi optimal.

Hal ini akan memberikan dampak yang baik untuk kulit wajah kamu. Karena dengan nutrisi yang cukup, maka fungsi kulit dalam meregenerasi dan melembapkan diri pun bisa berjalan dengan normal.

Vitamin B3 (Niacin)

Jenis vitamin lain yang ditemukan dalam kandungan lain yang ditemukan dalam habbatussaudah adalah vitamin B3 atau niacin.

Kamu pasti udah enggak asing dengan kandungan ini, bukan? Yap! Salah satu bentuk turunan vitamin B3 yang disebut niacinamide, menjadi kandungan yang sangat digemari beberapa waktu lalu.

Ini dikarenakan niacinamide mampu menjaga kesehatan kulit, dengan mempertahankan keremajaannya, membantu meningkatkan kecerahan kulit, melawan dehidrasi kulit, serta menjaga produksi kolagen dalam tubuh.

Thymoquinone

Satu kandungan lain yang sangat khas dari ekstrak habbatussauda adalah thymoquinone. Kandungan ini merupakan golongan antioksidan dan antiinfalamsi alami, yang sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit wajahmu.

Tak hanya mampu menangkal dampak buruk radikal bebas dan mencegah kemunculan tanda penuaan dini. Thymoquinone juga bisa mencegah proses inflamasi, serta mampu membantu meningkatkan proses penyembuhan luka dan meredakan bekas kehitaman di kulit.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, sebenarnya habbatussaudah masih mengandung banyak nutrisi lain yang tak kalah baiknya untuk tubuh dan kecantikan.

Misalnya kandungan antioksidan seperti saponin, atau berbagai jenis mineral seperti zat besi dan kalsium. Semua kandungan tersebut memiliki peranan yang berbeda dalam menjaga dan merawat kecantikan alami kulitmu.

Berbagai Manfaat Habbatussaudah untuk Kecantikan

Setelah mengetahui berbagai kandungan yang dimilikinya, apakah kamu sudah bisa menebak apa saja manfaat habbatussaudah untuk kecantikan kulit wajah?

Kalau belum, kamu bisa membaca beberapa manfaat habbatus saudah untuk kecantikan kulit berikut ini.

Memberikan Nutrisi pada Kulit

Manfaat habbatussauda untuk kecantikan yang pertama adalah dapat memberikan nutrisi pada kulit wajah kamu. Bahan alami ini mengandung berbagai jenis senyawa yang sangat baik untuk kesehatan kulit, termasuk antioksidan, antiinflamasi, mineral, vitamin, hingga asam lemak esensial.

Selain itu, vitamin B1 (tiamin) yang ada dalam habbatussaudah bisa membantu memaksimalkan proses distribusi oksigen dan vitamin ke seluruh sel tubuh, termasuk dalam sel kulit kamu.

Karenanya, kulit wajah akan jadi lebih sehat, tampak kencang, juga terhindar dari berbagai masalah kecantikan maupun penuaan dini.

Dapat Meningkatkan Kecerahan Kulit Wajah Kamu

Warna kulit yang tampak kusam bahkan jadi lebih gelap bisa terjadi pada siapapun. Apalagi kalau kamu tipe orang yang sering beraktivitas di luar ruangan dan harus terpapar sinar UV dalam waktu yang lama.

Selain itu, kulit yang kusam pun bisa dikarenakan pH kulit yang tidak seimbang, kulit yang dehidrasi, hingga salah menggunakan produk perawatan kecantikan tertentu.

Kalau kamu memiliki masalah kulit kusam ini, kamu tak perlu khawatir. Sebab, manfaat habbatussaudah untuk kecantikan kulit adalah membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah kamu.

Kandungan vitamin E dalam habbatussaudah akan membantu meredakan inflamasi pada kulit, juga mendorong pembentukan kolagen. Inilah yang akhirnya membuat kulitmu jadi lebih baik dan warna kusam bisa lebih memudar.

Fungsi vitamin E ini pun didukung dengan kandungan niacin dalam habbatussaudah. Niacin dikenal ampuh meningkatkan kecerahan kulit, serta membuat wajah jadi lebih sehat dan merona.

Membantu Mengontrol Produksi Sebum Berlebih

Sebum atau minyak alami yang dihasilkan kulit, memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan kulit wajahmu. Misalnya dengan membentuk membrane pelindung, maupun menjaga agar kulit tidak terlalu kering dan sensitif.

Sayangnya, pada beberapa orang, produksi sebum bisa terjadi sangat berlebihan. Ini pula yang akan menyebabkan kondisi kulit jadi sangat berminyak dan malah memicu kemunculan jerawat, akibat penyumbatan pori-pori.

Kabar baiknya, manfaat habbatussauda untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengontrol produksi sebum berlebihan.

Secara khusus, kandungan antioksidan yang ada dalam habbatussauda akan membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit, juga mengangkat racun dan polutan dari epidermis.

Mencegah dan Membersikan Penyumbatan Pori-pori

Penyumbatan pada pori-pori wajah sering menimbulkan masalah kecantikan pada kulit, seperti memicu timbulnya komedo, jerawat, hingga membuat wajah tampak kusam.

Untuk membantu membersihkan pori-pori wajah ini, kamu bisa menggunakan skincare dengan kandungan habbatussaudah. Bahan alami ini akan membantu mengangkat kotoran atau toksin yang berpotensi menyumbat lubang pori.

Tak hanya itu, penggunaan habbatussaudah untuk merawat kecantikan kulit pun diyakini dapat membantu mengecilkan ukuran lubang pori, sehingga dapat mencegah adanya penyumbatan kotoran.

Bisa Menghalau Kemunculan Tanda Penuaan secara Prematur

Manfaat habbatussaudah untuk kecantikan selanjurtnya adalah membantu menjaga keremajaan kulit, dengan mendunda kemunculan tanda-tanda penuaan dini.

Seperti yang kamu tahu, tanda penuaan kulit ini bisa datang lebih cepat akibat paparan radikal bebas, penggunaan skincare yang salah, pola hidup dan konsumsi yang buruk, dan lain sebagainya.

Untungnya, habbatussauda mengandung beragam antioksidan yang cukup kuat untuk membantu menghalau kemunculan tanda penuaan dini. Seperti bintik hitam, kulit yang tampak kendor, muncul keriput, maupun garis halus di wajah.

Kandungan ini bisa bekerja dengan mengembalikan kelembapan kulit, mendukung fungsi skin barrier, juga mengembalikan vitalitas sel kulit yang terdampak oleh paparan radikal bebas.

Mengatasi Jerawat dan Mencegah Kemunculannya

Apakah kamu punya masalah dengan jerawat membandel yang suka datang dan tidak mudah dihilangkan? Well, kayaknya kamu harus coba pakai skincare berkandungan habbatussaudah untuk mengatasinya.

Yap! Sebab manfaat habbatussauda untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu mengatasi jerawat dan mencegahnya untuk muncul kembali.

Pada umumnya jerawat bisa muncul akibat penumpukan kotoran, kulit wajah yang terlalu berminyak, berbagai perubahan hormone, juga karena stress berlebihan.

Nah, kandungan asam linoleat, vitamin E, dan asam amino yang ada dalam bahan alami ini, bisa membantu merawat kulit yang berjerawat.

Kandungan antioksidannya akan mendorong proses penyembuhan kulit, membuatnya jadi lebih mudah kering dan menenangkan adanya gejala peradangan.

Berbagai kandungan ini bahkan diketahui dapat membantu mencegah kemunculan jerawat, dengan meredakan produksi sebum, membuat pori-pori mengecil, juga memberikan perlindungan tambahan pada kulit.

Menyamarkan Noda Hitam dan Bekas Jerawat

Setelah bisa mengatasi sumber masalahnya, jerawat pun bisa meninggalkan bekas kehitaman yang sama susahnya untuk dihilangkan.

Untungnya, manfaat habbatussauda untuk kecantikan lainnya adalah membantu menyamarkan noda hitam dan bekas jerawat di wajah.

Kandungan antioksidan dan antiinflamasi yang ada dalam bahan alami ini akan bersinergi dalam mencerahkan serta menyamarkan bekas hitam di wajah.

Antioksidan akan membantu mendorong proses regenerasi sel kulit dan menjaga kadar kolagen dalam tubuh, hasilnya kulit wajah akan tampak lebih sehat dan noda hitam bisa tersamarkan.

Sementara itu, kandungan antiinflamasi dalam bahan ini akan meredakan peradangan dalam kulit, sehingga bisa menghilangkan bekas kemerahan ataupun kecoklatan yang ditinggalkan oleh jerawat kamu.

Well, selain untuk kesehatan tubuh, rupanya manfaat habbatussauda untuk kecantikan kulit juga tak kalah banyaknya. Enggak heran juga, sebab kandungan nutrisi dalam bahan alami ini pun terbilang sangat beragam.

Setelah mengetahui fakta kandungan dan manfaat habbatussauda untuk kecantikan kulit di atas, apakah kamu tertarik menggunakannya sebagai bagian dari perawatan kulit harianmu? Kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment