Kenali Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan Kulit Berikut Ini

manfaat chia seed untuk kecantikan (2)

Bagi kamu yang sedang ingin berdiet, pasti udah enggak asing dengan chia seed. Ya, biji-bijian yang beradal dari tanaman Salvia hicpanica L. ini merupakan bahan pangan yang cocok digunakan sebagai menu diet sehat.

Meski berukuran kecil serupa biji selasih, chia seed mengandung berbagai nutrisi yang sangat baik untuk merawat kesehatan tubuh. Mangkanya kerap digunakan sebagai mankanan organic dan telah menjadi favorit di kalangan perempuan.

Nah, selain karena khasiatnya yang sangat baik untuk menu diet, ternyata chia seed punya manfaat lain yang tak banyak diketahui orang. Yap! Rupanya manfaat chia seed untuk kecantikan kulit dan rambut cukup banyak, lho!

Bahan alami ini pun tak jarang digunakan dalam berbagai resep produk perawatan wajah, juga masker wajah organic yang bisa dibuat sendiri di rumah.

Penasaran apa saja manfaat chia seed untuk kecantikan? Langsung baca ulasan berikut ini sampai habis dan jangan sampai ada yang terlewat, ya!

Kandungan dalam Chia Seed yang Baik untuk Kecantikan

manfaat chia seed untuk kecantikan (4)

Sebelum membahas manfaat chia seed untuk kecantikan, enggak ada salahnya buatmu untuk tahu kandungan apa saja yang ada dalam bahan alami satu ini.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, chia seed mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk tubuh dan kulit kamu. Mulai dari mineral, vitamin, asam lemak esensial, serta, dan lain sebagainya.

Asam Amino

Kandungan pertama yang ada dalam chia seeds oil adalah asam amino esensial. Kandungan ini sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Asam amino bisa bekerja membentuk protein untuk menjaga sel kulit. Tak hanya itu, kandungan ini pun dapat memperkuat hidrasi kulit, mengunci kelembapan kulit wajah secara menyeluruh.

Meski begitu, penggunaan skincare berkandungan asam amino tak akan membuat kulitmu sangat berminyak. Karena kandungan ini pun dapat mengontrol produksi sebum berelebihan.

Asam amino pun diketahui dapat merangsang proses regenerasi sel kulit baru, membuat kulti jadi lebih segar, dan menjaga keremajaannya.

Asam Lemak Omega-3

Selain asam amino, kamu pun dapat memperoleh asam lemak omega-3 dalam kandungan chia seeds. Kandungan ini akan membantu melembapkan kulit wajah, meredakan peradangan, membantu mengatasi kulit yang kering, dan menenangkan gejala psoriasis ataupun dermatitis.

Selain itu, asam lemak omega-3 pun mendukung fungsi perlindungan kulit kamu, efektif menghidrasi kulit, serta mencegah adanya infeksi atau iritasi pada kulit.

Asam Lemak Omega-6

Kandungan lain dalam chia seeds adalah asam lemak omega-6, yang juga enggak kalah bermanfaatnya untuk kecantikan kulitmu.

Asam lemak omega-6 dikenal berperan penting dalam meningkatkan perkembangan dan pertumbuhan sel tubuh, khususnya sel rambut dan kulit kamu.

Vitamin A

Vitamin A merupakan kandungan lain yang bisa kamu dapatkan dalam chia seeds. Kandungan ini merupakan bahan yang sangat populer dalam dunia kecantikan.

Gimana enggak? Vitamin A bisa membantu menangkal dampak buruk radikal bebas, mencegah penuaan, dan mencerahkan wajah.

Jenis vitamin satu ini bekerja dengan mendorong eksfoliasi sel kulit mati, sehingga bsia meningaktkan regenerasi kulit.

Yang kemudian akan berdampak pada struktur seluler epidermis, membautnya lebih halus dan kencang, mempercepat proses penyembuhan luka, dan menyamarkan bekas hitam di wajah.

Vitamin B

Jenis vitamin lain yang bisa kamu dapatkan dalam chia seeds adalah vitamin B. Senyawa ini pun terbilang banyak dimanfaatkan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan.

Vitamin B memiliki beberapa jenis, yang juga punya manfaat masing-masing untuk kecantikan kulit.

Namun, secara umum vitamin B bisa membantu menjaga pembentukan kolagen pada kulit, merawat kelembapan alami, mencerahkan kulit, dan meningkatkan perlindungan kulit.

Selenium

Tak cuma dipenuhi vitamin, chia seed pun memiliki banyak kandungan mineral alami yang baik untuk kulit. Salah satu jenis mineral itu adalah selenium.

Seperti yang kamu tahu, selenium amat banyak digunakan dalam bentuk krim maupun suplemen.

Fungsi utama mineral ini adalah membantu melindungi kulit dari kerusakan yang diakibatkan oleh radiasi ultraviolet.

Tak cuma itu, selenium pun bisa bekerja sangat efektif untuk mencegah munculnya sel kanker kulit.

Kalium

Mineral lain yang ditemukan dalam kandungan chia seed adalah kalium. Kandungan ini juga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit, lho.

Ini dikarenakan kalium memiliki manfaat melembapkan kulit, menyeimbangkan pH tubuh, sehingga bisa membuat kulit jadi lebih sehat.

Kalsium

Apakah kamu tahu kalau chia seeds juga mengandung kalsium? Ya, jenis mineral satu ini bisa membantu merawat kecantikan dan kesehatan kulit.

Kalsium diketahui dapat mencegah kanker kulit, menstimulasi pembentukan antioksidan, dan mengatur pigmentasi pada kulit.

Antioksidan

Antioksidan merupakan kelompok senyawa yang bisa membantu melindungi tubuh dan kulit dari paparan buruk radikal bebas. Dalam chia seeds pun terdapat berbagai jenis antioksidan alami, seperti asam klorogenik, asam caffeic, quercetin, dan kaempferol.

Semua senyawa ini akan membantu mendorong produksi kolagen, merawat keremajaan kulit, dan mengembalikan vitalitas sel kulit yang bermasalah.

Manfaat Chia Seed untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

mencerahkan kulit

Selain sangat baik dijadikan sebagai menu diet sehat, sayangnya enggak banyak yang tahu kalau manfaat chia seed untuk kecantikan kulit dan rambut tak kalah banyaknya.

Kandungan ini bisa mempercantik kulit, merawat kulit yang iritasi, bahkan menjaga keremajaan kulit. Nah, untuk lebih jelasnya, simak berbagai manfaat chia seed untuk kecantikan berikut ini, ya!

Merdakan Berbagai Gejala Peradangan

Manfaat chia seed untuk kecantikan yang pertama adalah membantu meredakan berbagai gejala peradangan pada kulit.

Dalam hal ini, kandungan asam lemak omega-3 memiliki peranan yang tinggi untuk melembapkan kulit, menutrisi, serta meredakan gejala inflamasi yang ada pada kulit kamu.

Tak hanya itu, chia seed pun bisa membantu meredakan gejala peradangan yang disebabkan oleh berbagai penyakit kulit, seperti rosacea dan juga psoriasis.

Mencegah Jerawat dan Mengatasi Bekasnya

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat sering dialami oleh banyak orang. Penyebab kemunculan jerawat juga bisa macam-macam, mulai karena kondisi hormone, asupan makanan yang salah, penggunaan skincare yang tidak tepat, dan lainnya.

Nah, kabar baiknya, masalah kecantikan satu ini bisa diatasi dengan menggunakan chia seed, lho. Bahan alami ini bisa membantu mencegah kemunculan jerawat, mengatasinya, dan menyamarkan bekas kehitaman dari jerawat.

Sementara kandungan vitamin A dalam chia seed membantu mempercepat penyembuhan jerawat, asam lemak omega-3 akan menenangkan peradangannya dan memudarkan bekas kehitaman akibat jerawat tersebut.

Dapat Bekerja Sebagai Anti-aging Alami

Paparan radiasi ultraviolet yang berlebihan, tingginya tekanan akibat polusi lingkungan, dan stress berlebihan bisa menyebabkan tanda penuaan pada kulit datang lebih cepat dari yang seharusnya.

Beberapa gejala penuaan dini yang dimaksud adalah adanya kerutan, garis halus, elastisitas kulit yang kian menurun, muncul bintik hitam di wajah, dan wajah yang tampak kusam.

Nah, tahukah kamu kalau ternyata chia seeds mengandung senyawa antioksidan yang cukup tinggi? Berdasarkan beberapa penelitian, bahan lami ini memiliki setidaknya konsentrasi total fenolik sebanyak 70%.

Enggak heran, kalau chia seeds digadang-gadang mampu menangkal dampak buruk radikal bebas penyebab penuaan dini pada kulit.

Dengan rutin menggunakan chia seed sebagai bagian dari perawatan wajah harianmu, akan membuat regenerasi sel kulit jadi lebih maksimal. Karenanya, berbagai tanda penuaan yang disebutkan di atas pun akan dapat tersamarkan dengan maksimal.

Meningkatkan Kecerahan Kulit Wajah

Apakah kamu bermasalah dengan wajah yang tampak kusam, warna kulit tidak merata, sampai banyak bintik hitam di wajah?

Mungkin sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk menggunkan chia seeds sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulitmu.

Ya, sebab manfaat chia seed untuk kecantikan lainnya adalah membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah secara alami.

Bahan ini mengandung berbagai jenis agen pencerah alami, seperti vitamin A, vitamin B, antioksidan, zinck, dan berbagai mineral lain yang juga bisa memberikan rona pada kulit kamu.

Selain mengonsumsinya dengan rutin, kamu pun dapat memanfaatkan chia seed sebagai masker wajah organic dan menggunakannya secara teratur.

Meningkatkan Kelembapan Kulit Wajah

Tak hanya dapat meningkatkan kecerahan kulit, chia seed pun bisa menjaga kesehatan wajah dengan memberinya hidrasi tambahan dan mencegah kulit jadi kering.

Manfaat chia seed untuk kecantikan ini didapat dari kandungan asam amino, asam lemak esensial, kalium, kalsium, juga vitamin B yang dimilikinya.

Seluruh kandungan ini akan bekerja sebagai pelembapa kulit alami, yang bahkan bisa mengikat kadar air dalam kulit, sehingga kelembapan tersebut tak akan mudah menghilang.

Merangsang Pertumbuhan Rambut

manfaat vitamin c untuk rambut

Selain untuk merawat kulit, rupanya ada juga manfaat chia seed untuk kecantikan rambut kamu. Salah satunya mampu merangsang proses pertumbuhan rambut agar jadi lebih optimal.

Manfaat ini didapatkan dari kandungan protein keratin yang dimiliki oleh chia seed. Sehingga ketika digunakan sebagai masker atau kondisioner rambut alami akan merangsang pertumbuhan rambut.

Bahkan penggunaannya secara rutin akan membantu memberikan kilau alami pada rambutmu. Well, dengan satu bahan alami saja kamu bisa membuat rambutmu jadi lebih cantik, dengan menjadikannya lebih bervolume dan hitam berkilau.

Menenangkan dan Menutrisi Kulit Kepala

Telah disebutkan sebelumnya bahwa chia seed mengandung berbagai jenis nutrisi, mulai dari antioksidan, antiinflamasi, mineral, vitamin, asam lemak esensial, asam amino, dan keratin.

Karenanya, jika menggunakan chia seed sebagai perawatan kecantikan rambut, kamu bisa membuat kulit kepala lebih sehat dengan menutrisinya secara maksimal.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang dimiliki chia seed pun bisa membuat kulit kepala jadi lebih rileks. Sehingga bisa meredakan berbagai gejala yang membuat kulit kepala kering, teritasi, dan meradang.

Melihat banyaknya kandungan dan manfaat chia seeds oil untuk kecantikan yang sangat beragam. Tentu sangat disayangkan, kalau kandungan ini tidak terlalu dikenal baik oleh para beauty lovers.

Padahal dengan perawatan wajah rutin menggunakan chia seeds oil, wajah akan tampak lebih cerah, membantu mengurangi peradangan, melembapkan kulit, bahkan merawat keremajaan wajah.

Tak hanya itu, bahan alami ini bahkan bisa digunakan untuk merawat kulit kepala dan rambut. Well, hebat banget, kan?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment