Punya Banyak Antiosidan, Intip Ragam Manfaat Buah Peach untuk Kecantikan

manfaat buah peach untuk kecantikan (2)

Merawat kecantikan kulit dan rambut enggak selalu harus pakai produk mahal atau pergi ke salon-salon kecantikan. Justru yang perlu kamu perhatikan adalah kandungan dan kombinasi dari skincare atau hair care yang akan kamu pakai.

Kini banyak produk perawatan kecantikan kulit dan rambut yang diambil dari kandungan bahan-bahan alami, misalnya buah-buahan, bunga, maupaun rempah-rempah tertentu.

Salah satu jenis buah yang banyak digunakan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan adalah buah peach, atau yang juga dikenal dengan nama buah persik.

Buah dengan rasa manis dan menyegarkan ini, memiliki banyak kandungan yang dibutuhkan oleh kulit wajahmu. Baik untuk menjaganya tetap fresh, lembap, dan mengatasi masalah kulit tertentu.

Kandungan dalam Buah Peach yang Baik untuk Kecantikan

manfaat buah peach untuk kecantikan (1)

Sebelum jauh membahas manfaat buah peach untuk kecantikan, pastinya tidak akan lengkap kalau tidak dibicarakan pula kandungan apa saja yang ada dalam bahan alami ini.

Sebab, kandungan-kandungan dalam buah peach inilah yang akan membantu memaksimalkan vitalitas kulitmu nantinya.

Vitamin A

Kandungan pertama yang ada dalam buah peach adalah vitamin A. Senyawa ini tergolong sangat umum dan popular di indutri kosmetik, utamanya dalam menjaga keremajaan kulit dan mencerahkannya.

Vitamin A, atau yang juga dikenal dengan retinoid, bisa mendorong pengelupasan sel kulit mati dari epidermis. Ini akan memicu proses regenerasi sel kulit jadi lebih optimal dan efektif.

Vitamin C

Selain vitamin A, kamu pun dapat menemukan kandungan vitamin C dalam buah persik, lho. Seperti yang diketahui, vitamin C menyimpan banyak manfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

Kandungan ini dapat bekerja melawan berbagai dampak buruk yang diakibatkan stressor lingkungan, memperbaiki kondisi sel kulit, dan merangsang produksi kolagen dalam jaringan kulit.

Potassium

Selain berbagai jenis vitamin, dalam buah persik pun banyak jenis mineral yang bisa membantu merawat kecantikan kulit, salah satunya potassium.

Jenis mineral ini dapat membantu mengatru kadar air dalam tubuh, sehingga kulit enggak akan mudah kering maupun dehidrasi.

Kekurangan asupan mineral ini pun disinylair dapat mengakibatkan kurangnya cairan dalam sel kulit, sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan kulit lainnya.

Likopen

Kandungan lain yang ada dalam buah peach adalah likopen. Zat pewarna alami dalam buah ini akan membantu merawat kulit dengan bekerja sebagai antiradang.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa likpen dalam peach dapat mengurangi gejala peradangan, seperti kemerahan, hingga membantu proses penyembuhan sel kulit yang bermasalah akibat radikal bebas.

Betakaroten

Salah satu kandungan lain yang tak kalah bernutrisinya untuk kulit adalah betakaroten. Kandungan ini bisa mencegah adanya penuaan dini karena kaya kaan antioksidan, serta mengurangi kerusakan kulit akibat radiasi sinar ultraviolet.

Selain itu, ketika kamu menggunakan atau mengonsumsinya dengan ukuran yang tepat, maka beta-karoten bisa membantu kulitmu tampak cerah bercahaya.

Vitamin E

Selain vitamin C, jenis antioksidan lainnya yang ada dalam buah persik adalah vitamin E. Senyawa ini akan membantu menjaga kulit dan menutrisinya dengan baik.

Vitamin E dapat bekerja sebagai antiradang, sehingga bisa menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Kandungan ini akan membantu pembentukan kolagen, sehingga bisa meningkatkan hidrasi dan kelenturan kulit.

Saking ampuhnya, penggunaan vitamin E dalam produk perawatan kulit pun cukup lama. Kandungan ini bisa terserap dengan sempurna ke dalam kulit, sehingga cocok untuk memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, buah persik masih memiliki kandungan gizi lain yang tak kalah baiknya untuk kecantikan kulit dan rambut.

Berbagai Manfaat Buah Peach untuk Kecantikan

manfaat buah peach untuk kecantikan

Kandungan nutrisinya yang sangat tinggi membuat buah peach bisa menjaga kecantikan kulit wajah dan rambut kamu. Enggak heran, kalau bahan alami ini kerap digunakan dalam formula sejumlah produk perawatan kecantikan.

Nah, tanpa perlu berbasa-basi lagi, langsung cek berbagai manfaat buah peach untuk kecantikan berikut ini.

Membantu Memperbaiki Kulit yang Kering

Tahukah kamu kalau kulit yang kering bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan pada wajahmu? Ya, mulai dari membuat wajah tampak kusam, tekstur kulit yang berubah kasar, bahkan memicu kemunculan tanda penuaan dini.

Untungnya, manfaat buah peach untuk kecantikan adalah membantu memperbaiki masalah kulit satu ini. Kandungan vitamin E yang dimilikinya dapat menjadi pelembap alami dan mempertahankan kadar air dalam jaringan kulit.

Mengurangi Kerutan dan Garis Halus

Manfaat buah peach untuk kecantikan kulit selanjutnya adalah membantu mengurangi penampilan tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis halus.

Kandungan vitamin C dalam buah peach akan membantu merangsang pembentukan kolagen dan elastin pada kulit. Kedua jenis protein inilah yang kemudian bekerja mengembalikan kekencangan dan keremajaan kulit.

Melawan Radikal Bebas dan Menetralisir Dampak Buruknya

Radikal bebas merupakan partikel racun yang disebabkan oleh kondisi lingkungan yang buruk, misalnya intensitas radiasi sinar ultraviolet terlalu tinggi, hingga berbagai paparan polusi yang ada di sekitar kamu.

Banyaknya radikal bebas yang ada dalam tubuh akan merusak sel-sel kulit, sehingga akan memunculkan berbagai masalah kecantikan.

Sperti penuaan dini, kuit yang kusam dan kering, hiperpigmentasi, bahkan dalam kondisi yang buruk akan memicu kanker kulit.

Karenanya, untuk mencegah berbagai masalah yang telah disebutkan di atas, ada baiknya kamu menggunakan produk perawatan wajah yang bisa memberikan manfaat antioksidan. Misalnya skincare dengan kandungan buah peach.

Buah peach memiliki beragam antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh kamu, misalnya vitamin E, vitamin C, beta-karoten, likopen, dan masih banyak lainnya.

Semua senyawa ini akan memberikan perlindungan tambahan pada kulit, khususnya dalam menangkal radikal bebas dan meminimalisir efeknya pada sel kulit.

Melindungi Kulit dari Paparan Radiasi Sinar Ultraviolet

Sinar matahari jika didapatkan dengan kadar yang cukup maka akan sangat bermanfaat untuk kesehatan, khususnya dalam merangsang pembentukan vitamin D.

Sayangnya, jika terkena paparan sinar matahari secara langsung dalam waktu yang terlalu lama, bisa menimbulkan banyak masalah pada kesehatan kulit.

Misalnya, menimbulkan hiperpigmentasi, memicu kemunculan bintik hitam penuaan, membuat kulit kering dan kemerahan, serta bisa membuat kulit terbakar.

Selain dengan menggunakan sunscreen, kamu pun bisa memaksimalkan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet dengan menggunakan buah peach, lho.

Ya, manfaat buah peach ini diperoleh dari kandungan vitamin A, vitamin C, beta-karoten, dan berbagai jenis mineral lain yang bisa mendukung kerja skin barrier kulit untuk menangkal dampak buruk sinar ultraviolet.

Mendorong Proses Penyembuhan Luka

Kulit merupakan organ tubuh yang paling luas dan berada pada lapisan terluar dari tubuh kita, karenanya kulit pun sangat rentan mengalami berbagai masalah kesehatan, termasuk teriritasi atau terluka.

Untungnya, pengobatan masalah kulit pun terbilang cukup banyak dan bisa dengan mudah dilakukan. Salah satunya dengan menggunakan buah peach utnuk mendorong proses penyembuhan luka.

Manfaat buah peach untuk kecantikan ini didapat dari kandungan vitamin K yang dimilikinya. Jenis vitamin ini memang memiliki peranan yang penting dalam mengontrol pembekuan darah, sehingga bisa mendukung proses penyembuhan luka agar lebih efektif.

Wah, enggak nyangka banget, kalau rupanya manfaat buah peach untuk kecantikan kulit sangat beragam. Mulai dari menghidrasi, melawan radikal bebas, sampai membuat proses penyembuhan luka jadi kian optimal.

Setelah mengetahui berbagai macam manfaat buah peach untuk kecantikan ini, apakah kamu tertarik menggunakannya ke dalam proses perawatan wajah harianmu?

Well, kalaupun iya, jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi dan sensitifitas kulitmu terhadap bahan apapun yang ada dalam skincare.

Sebab dengan kandungan dan bahan yang tepat, fungsi skincare untuk menjaga kesehatan kulit pun akan jadi lebih efektif dan optimal. Selain itu, hal ini akan menghindarkan adanya pengaruh buruk yang bisa saja muncul akibat alergi kosmetik.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment