Ini Dia Manfaat Buah Blueberry untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat buah blueberry untuk kecantikan

Bahan-bahan alami kini masih menjadi salah satu bahan yang paling dicari dalam berbagai formula produk kecantikan. Misalnya dari jenis teh, bunga-bungaan, minyak alami, maupun dari buah-buahan.

Salah satu jenis buah yang kerap digunakan sebagai bahan dasar produk kosmetik adalah blueberry. Buah dengan cita rasa asam manis ini, diklaim memiliki berbagai nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut.

Enggak heran, jika buah blueberry kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kecantikan. Mulai dari serum wajah, lotion, maupun berbagai produk perawatan kecantikan rambut.

Sayangnya enggak semua orang tahu manfaat buah blueberry untuk kecantikan kulit dan rambut, sehingga tidak mau memanfaatkan atau menggunakannya sebagai bagian dari perawatan wajah.

Nah, biar kamu enggak sama ketinggalannya, berikut beberapa kandungan dan manfaat buah blueberry untuk kecantikan yang perlu kamu tahu.

Kandungan dalam Blueberry yang Baik untu Kecantikan

manfaat buah blueberry untuk kecantikan

Sebelum membahas berbagai manfaat buah blueberry untuk kecantikan, tentu tidaklah menarik kalau kamu juga tidak mengetahui berbagai kandungan dalam bahan alami ini.

Sebab, dari berbagai kandungan inilah, buah blueberry bisa membantu merawat kecantikan dan kesehatan kulit wajah kamu.

Dilansir dari Healthline,  buah blueberry terbilang rendah kalori dan lemak, sebagian besar kandungannya menyediakan zat serat sehat, vitamin, dan mineral.

Antosianin

Kandungan pertama dalam buah blueberry yang ditemukan dalam jumlah besar dan memiliki banyak manfaat untuk kecantikan adalah antosianin.

Antosianin merupakan zat pewarna alami dari buah blueberry, yang dapat bekerja sebagai antioksidan dan antiinflamasi.

Zat ini mampu melindungi kulit dari radikal bebas, menyehatkan sel-sel kulit yang bermasalah, dan membantu merawat vitalitas kulit.

Sifat antiinflamasinya akan membantu menenangkan kulit, meredakan gejala peradangan, dan memberikan perlindungan

Vitamin C

Selian antosianin, dalam buah blueberry pun ditemukan anitoksidan alami lainnya. Yap! Jenis antioksidan itu adalah vitmain C.

Vitamin C sering digunakan dalam berbagai formula produk perawatan kecantikan kulit dan rambut. Khususnya yang bekerja untuk menyegarkan, merawat keremajaan kulit, dan mencerahkan wajah.

Jenis vitamin satu ini mampu mendorong produksi kolagen, melawan pigmentasi kulit, dan merangsang proses regenerasi sel kulit.

Vitmain B6

Kandungan lain yang ditemukan dalam buah blueberry adalah vitamin B6. Jenis vitamin ini akan membentu pembentukan asam amino, yang penting untuk menjaga kesehatan skin barrier.

Seperti yang kamu tahu, skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit. Yang bisa menangkal dampak buruk paparan sinar matahari, polusi, hingga kotoran bekas make up.

Kalium

Selain vitamin, banyak jenis mineral yang juga ditemukan dalam buah blueberry, salah satunya adalah kalium.

Jenis mineral untuk kecantikan kulit ini pun kerap ditemukan dalam sejumlah produk skincare.

Kalium umumnya bekerja untuk menjaga kelembapan kulit, menyeimbangkan pH wajah, dan membuat kulit lebih sehat.

Zinc (Seng)

Zinc menjadi kandungan lain yang ditemukan dalam buah blueberry. Tak kalah hebatnya dari kandungan lain, mineral ini pun bisa membantu mempercantik kulitmu.

Fungsi utama zinc untuk kecantikan kulit adalah mengontrol produksi sebum yang berlebihan, mempercepat penyembuhan jerawat, dan mengatasi luka yang diakibatkan jerawat aktif.

Tak hanya itu, kandungan ini pun berperan penting dalam pembentukan membran sel dan protein, bekerja sebagai antiradangan, dan melindungi kulit dari paparan sinar UV.

Vitamin K

Selanjutnya, buah blueberry pun mengandung vitamin K. Nutrisi ini dapat mengontrol pembekuan darah, sehingga sangat mendukung proses penyembuhan luka dan lebam.

Selain itu, vitamin K pun disinyalir dapat mengatasi berbagai masalah kecantikan. Termasuk mengurangi tampilan bintik hitam, mengempiskan kantung mata, menghilangkan bekas luka, dan menyamarkan stretch mark.

Selain beberapa kandungan yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi nutrisi dalam buah blueberry dan tak kalah bermanfaatnya untuk menjaga kesehatan kulit serta rambut kamu.

Berbagai Manfaat Buah Blueberry untuk Kecantikan Kulit

manfaat blueberry untuk kecantikan

Telah disinggungng sebelumnya, buah blueberry kerap dimanfaatkan sebagai bahan dasar produk perawatan kecantikan, termasuk dalam skincare.

Buah blueberry pun umumnya sangat aman pada kulit, sehingga risiko menimbulkan iritasi maupun alergi terbilang rendah. Cocok banget, kan, kalau dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan skincare.

Pengen tahu apa saja manfaat buah blueberry untuk kecantikan kulit? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini, ya, Ladies!

Membantu Meningkatkan Produksi Kolagen

Kolagen merupakan salah satu jenis protein yang banyak ditemukan pada jaringan kulit. Protein ini berperan penting dalam menjaga keremajaan dan vitalitas kulit kamu.

Sayangnya, produksi kolagen dalam tubuh pun akan menurun seiring dengan pertambahan usia. Tak Cuma itu, paparan radikal bebas akibat stress oskidatif pun akan turut mengeleminasi jumlah kolagen dalam kulit.

Akhirnya berbagai masalah kecantikan akan munucul, seperti banyaknya garis halus, kondisi kulit yang kendur, dan bintik-bintik hitam di wajah.

Kabar baiknya, buah blueberry mengandung berbagai jenis antioksidan alami yang efektif untuk menjaga kulit dan merangsang sintesis kolagen.

Karenanya, penggunaan skincare berkandungan blueberry diyakini dapat membantu mengatasi berbagai masalah yang diakibatkan turunnya jumlah kolagen dalam kulit.

Membantu Proses Penyembuhan Luka

Manfaat buah blueberry untuk kecantikan selanjutnya adalah mendukung proses penyembuhan luka. Khasiatnya ini didukung oleh kandungan vitamin C dan K yang tinggi, keduanya mampu mengontrol pembekuan darah dan merangsang regenerasi sel kulit sehat.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu tidak bisa langsung mengoleskan blueberry ke luka yang terbuka, misalnya luka bakar atau yang masih berdarah, karena akan menimbulkan infeksi bakteri.

Kamu bisa mencari krim luka dengan kandungan yang sama seperti buah blueberry dan menggunakannya sesuai aturan pakai yang dianjurkan.

Mengurangi Gejala Peradangan Akibat Jerawat

Selain bekerja sebagai antioksidan, antosianin pun bisa memiliki senyawa antiinflamasi yang bisa membantu menenangkan dan mengurangi gejala peradangan pada kulit, khususnya yang diakibatkan oleh jerawat aktif.

Untuk mendapatkan manfaat buah blueberry untuk kecantikan ini, kamu enggak perlu langsung mengoleskan bahan alami tersebut ke bagian yang meradang.

Cukup gunakan skincare atau produk perawatan kulit yang mengandung ekstrak blueberry, atau dengan mengonsumsinya dengan cukup.

Menghambat Kemunculan Berbagai Tanda Penuaan Dini

Manfaat buah blueberry untuk kecantikan kulit lainnya adalah menghambat kemunculan berbagai tanda penuaan dini. Lagi-lagi, khasiat buah blueberry ini didukung dari berbagai senyawa antioksidan yang dimilikinya.

Seperti yang kamu tahu, antioksidan akan melawan dan menetralisir berbagai dampak buruk radikal bebas pada kulit. Bahkan, kandungan ini akan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan mengembalikan vitalitasnya.

Dengan menggunakan krim wajah atau serum yang menggunakan kandungan ini sebagai bahan dasarnya, maka keremajaan kulit bakal dapat dirawat dengan maksimal.

Berbagai tanda penuaan seperti kerutan halus, flek hitam, penurunan kulit, dan garis-garis pada area ekspresi akan dapat dicegah kemunculannya.

Membantu Mencerahkan Kulit

Manfaat buah blueberry untuk kecantikan kulit lainnya yang akan kamu dapatkan adalah menjadikan kulit wajah jadi lebih cerah.

Kulit yang kusam sering disebabkan karena menumpuknya sel kulit mati, paparan sinar matahari dalam durasi yang lama, hingga produksi kolagen yang menurun.

Nah, buah blueberry bisa mengatasi kulit yang kusam tersebut dengan mendorong eksfoliasi sel kulit mati, mencegah dampak buruk paparan sinar matahari, hingga mendorong sintesis kolagen agar lebih efektif.

Ini tentunya akan memberikan perubahan cukup signifikan pada penampilan kulit wajahmu, yakni dengan membuatnya tampak cerah terawat.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Pori-pori wajah yang terlalu besar bisa menjadi penyebab munculnya berbagai masalah kecantikan. Termasuk penyumbatan pori-pori, penumpukan sel kulit mati, dan memicu adanya jerawat maupun komedo.

Untuk mengatasi masalah pori-pori yang besar ini kamu bisa menggunakan skincare berkandungan buah blueberry. Bahan alami ini mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga mampu memperkecil lubang pori dan meminimalisir produksi sebum.

Mengatasi Masalah Psoriasis dan Eksim

Psoriasis dan eksim merupakan masalah kesehatan kulit yang kerap terjadi, dan seringnya memberikan rasa tidak nyaman pada penderitanya. Kondisi ini pun cenderung muncul akibat kadar antioksidan dalam tubuh yang kian rendah.

Nah, di sinilah buah blueberry dapat berperan untuk mengatasi masalah psoriasis dan eksim. Yap! Apalagi kalau tidak dengan menyuplai antioksidan yang dibutuhkan oileh tubuh.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan serta antiinflamasi yang dimiliknya  pun bisa membantu mengurangi berbagai gejala peradangan dan menenangkan kulit.

Manfaat Buah Blueberry untuk Kecantikan Rambut

urang aring untuk rambut (2)

Selain baik untuk kulit, buah blueberry pun bisa membantu mengatasi berbagai masalah dan merawat kesehatan rambut kamu.

Kandungan nutrisinya yang tinggi akan membantu meningkatkan kesehatan kulit kepala, serta memberikan dampak yang sama baiknya untuk kesehatan rambutmu.

Penasaran apa saja manfaat buah blueberry untuk kecantikan rambut? Langsung simak penjelasannya di bawah ini, ya, Guys!

Mencegah Perubahan Warna dan Kemunculan Uban

Rambut yang sehat memiliki warna dan kilau alami yang khas. Begitupun kalau dalam kondisi yang tak baik, rambut akan mengalami perubahan warna dan bahkan bisa muncul uban.

Kondisi ini terjadi karena adanya pigmentasi yang hilang dari rambut kamu yang diakibatkan kurangnya asupan vitamin B12. Nah, untungnya buah blueberry pun mengandung vitamin ini dan bisa membantumu mengatasinya.

Karenanya, dengan mengonsumsi blueberry secukupnya, dipercaya rambut akan jadi lebih sehat dan kemunculan uban pun bisa diminimalisir.

Membantu Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain mencegah menurunnya pigmentasi pada rambut, bahan alami ini akan membantu merangsang pertumbuhan rambut secara alami.

Manfaat buah blueberry untuk kecantikan rambut ini didapatkan dari kandungan vitamin C miliknya. Kandungan ini akan membantu melancarkan aliran darah ke kulit kepala, sehingga nutrisi pun dapat diserap dengan baik oleh akar rambut.

Selain itu, kadnungan proanthocyanidins dalam buah blueberry pun akan membantu merangsang pertumbuhan rambut kamu dengan lebih efektif.

Nah, itu adalah berbagai manfaat buah blueberry untuk kecantikan kulit dan rambut yang mungkin belum banyak kamu ketahui.

Setelah memahami semua khasiatnya ini, apakah kamu tertarik untuk menggunakan ekstrak buah blueberry sebagai bagian dari perawatan kecantikan kulit dan rambut yang rutin kamu lakukan?

Well, melihat banyaknya manfaat dan kandungan positif dari blueberry, tentu tak ada salahnya untuk menggunakan bahan ini sebagai perawatan kecantikan. Apalagi kalau salah satu atau beberapa manfaatnya cocok dengan kondisi kulitmu saat ini.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment