Lagi Viral di TikTok, Intip Cara Merawat Rambut dengan Kopi Berikut Ini

manfaat kopi untuk rambut

TikTok menjadi salah satu platform media sosial yang sangat digemari belakangan ini. Banyak konten-konten menarik yang bikin audiens betah berlama-lama menghabiskan waktu mereka di channel kesayangan.

Nah, salah satu konten yang juga sangat digemari dalam TikTok adalah beauty hack & tips. Akhir-akhir ini ada salah satu tren yang cukup menarik dibahas dan sangat digandrungi oleh beauty enthusiast TikTok. Yap! Konten tersebut adalah merawat rambut dengan kopi.

Bahan alami yang selalu diolah sebagai seduhan lezat yang dapat membantu meningkatkan focus. Well, siapa sangka kalau bahan ini pun dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut?

Melaui review singkat mereka, para beauty influencer ataupun audien biasa TikTok membagikan pengalaman dan cara penggunaan kopi untuk merawat kesehatan rambut.

Lalu apakah manfaat kopi untuk rambut benar-benar ada? Untuk menjawab pertanyaan ini, kami mengumpulkan berbagai informasi terkait khusus untukmu.

Langsung saja, simak berbagai manfaat kopi untuk rambut berikut ini, ya!

Ragam Manfaat Kopi untuk Rambut

manfaat kopi untuk rambut (2)

Sebelum mencoba beauty hack apapun, memang sudah sebaiknya untukmu mencari tahu soal manfaat dan keamanan kopi untuk merawat rambut.

Berikut ini beberapa ragam manfaat kopi untuk rambut, dilansir dari berbagai laman kesehatan. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

Dapat Mengurangi Kerontokan Rambut

Salah satu manfaat kopi untuk rambut adalah membantu mengurangi kerontokan rambut. Khasiat ini bisa membantu menjaga kesehatan rambut dan membantu meningkatkan volume rambut secara alami.

Kafein yang ada dalam kopi dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut, sehingga bisa menambah kekuatan rambut dan mencegahnya agar tidak rontok.

Bisa Merangsang Pertumbuhan Rambut

Selain mencegahnya rontok,  manfaat lain menggunakan kopi untuk rambut adalah mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Lewat studi beberapa tahun lalu, disebutkan bahwa kandungan kafein dalam kopi bisa menghalangi efek buruk dari dihydrotestosterone (DHT) pada folikel rambut laki-laki.

Seperti yang diketahui, DHT merupakan salah satu hormone dalam tubuh laki-laki, yang bisa menghambat pertumbuhan folikel rambut.

Kafein pun dapat merangsang pertumbuhan batang rambut, menghasilkan akar rambut yang lebih kuat, kian panjang, dan juga batang rambut lebih lebar.

Efek ini pun bisa membatu membaut durasi anagen jadi lebih panjang, yakni merupakan bagian dari proses pertumbuhan rambut.

Selain itu, bahan alami ini pun memiliki peranan penting dalam merangsang ertumbuhan keratin. Seperti yang kamu tahu, keratin merupakan protein penting untuk folikel rambut.

Nah, dengan meningkatnya kadar dan jumlah keratin pada rambut akan membantu merangsang sel-sel matriks untuk membuat rambut lebih mudah tumbuh.

Menambah Kilau Alami pada Helain Rambut

Tak hanya membantu memperkuat dan merangsang pertumbuhan rambut, manfaat kopi untuk rambut lainnya juga bisa menambahkan kilau alami pada helaian rambut.

Nah, hal inilah yang kerap direview oleh para audiens TikTok. Mereka mengaku takjub dengan manfaat yang dihasilkan oleh penggunaan kopi secara teratur tersebut.

Anggapan ini dipercaya muncul karena kandungan flavonoid atau antioksidan, yang bisa membantu merupakan agen yang sangat baik untuk mendorong regenerasi rambut dan mencegah perubahan warna rambut.

Tak Cuma itu, kandungan dalam kopi ini pun bisa juga membuat batang rambut terasa lebih halus, tidak mudah kusut, dan jadi kian gampang diatur.

Ini dikarenakan, kafein itu bisa disebut-sebut bisa menjaga kelembapan rambut serta kulit kepala kamu, sehingga dapat  helaiannya tampak lebih berkilau.

Mempertahankan Warna Alami Rambut

Salah satu manfaat kopi untuk rambut adalah membantu mempertahankan warna alami rambut. Kandungan antioksidannya, bisa membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan pada kesehatan rambut.

Seperti yang kamu tahu, tak hanya berdampak pada kulit, radikal bebas bisa berpengaruh sama buruknya pada rambut. Membuat sel rambut bermasalah, dan mempercepat proses penuaan dini.

Membantu Menyeimbangkan pH Rambut

Pada beberapa orang, penggunaan sampo biasa bisa menyebabkan kulit kepala kering dan mudah teriritasi. Hal ini biasanya disebabkan oleh pH shampoo yang lebih tinggi dibandingkan dengan pH alami yang ada pada kulit kepala.

Nah, untuk kamu yang mengalami masalah tersebut, tak ada salahnya untuk menggunakan kopi ke dalam rutinitas perawatan rambut yang kamu lakukan.

Sebab, bahan alami ini dapat membantu menyeimbangkan kadar asam / pH alami yang ada pada kulit kepala. Sehingga dapat mencegah adanya kerusakan, dehidrasi, dan rambut yang jadi kasar.

Bisa Merangsang Sirkulasi Darah

Kafein yang ada dalam kopi bisa membantu merangsang dan memperlancar sirkulasi darah pada kulit kepala. Ini dikarenakan kopi ini bisa mengandung minyak yang dapat membantu meningkatkan peredaran darah di kulit kepala.

Hal ini bisa membantu menstimulasi akar rambut agar lebih mudah tumbuh, jadi kian kuat, dan tidak mudah rontok.

Minyak kopi memiliki kandungan asam lemak yang tinggi dan beragam, misalnya asam linoleate, asam palmitar, juga asam oleat. Kombinasi rantai senyawa ini bisa membantu mempertahankan kelembapan kulit kepala dan rambut kamu.

Dapat Mengeksfoliasi Kulit Kepala

Tak hanya dapat digunakan untuk mengeksfoliasi sel kulit mati tubuh, scrub yang terbuat dari kopi pun dapat digunakan untuk merawat kulit kepala, lho.

Hal ini bisa membantu mempertahankan kesehatan kulit kepala, menjadikannya lebih bersih dari ketombe, minyak dan kotoran yang ada di kulit kepala.

Berbagai Cara Merawat Rambut dengan Kopi

manfaat kopi untuk rambut (1)

Setelah mengetahui berbagai manfaat kopi untuk rambut di atas, enggak heran kalau banyak orang yang menggunakan bahan alami ini ke dalam rangkaian hair treatment mereka.

Apakah kamu juga ingin menggunakan kopi untuk merawat rambut? Well, kalau iya, simak berbagai cara merawat rambut dengan kopi berikut ini, ya!

Masker Rambut Alami dari Kopi

Salah satu cara menggunakan bubuk kopi sebagai perawatan rambut adalah dengan menjadikannya sebagai masker rambut alami. Untuk menghasilkan manfaat yang lebih maksimal, kamu bisa mengombinasikan kpi dengan minyak kelapa.

Keduanya akan bekerja saling mendukung fungsi masing-masing, sehingga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala dan membantu menyuburkan rambut.

Sifat minyak kelapa yang dapat mengunci kelembapan pada helaian rambut, serta kafein dalam kopi yang bisa menutrisi folikel adalah kombinasi sempurna yang wajib kamu coba.

Cara membuat masker rambut dari kopi dan minyak kelapa

  1. Hangatkan minyak kelapa dengan api rendah.
  2. Kemudian tambahkan satu sendok makan bubuk kopi yang telah disangrai.
  3. Aduk sampai merata, dan agar tidak menggumpal ataupun gosong.
  4. Setelah itu, kamu bisa aplikasikan di rambut sebelum keramas sebagai masker alami.
  5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit lamanya, kemudian bilas berbarengan dengan keramas.
  6. Lakukan perawatan rambut dengan kopi ini paling tidak selama seminggu sekali, ya!

Mengkombinasikan Kopi dengan Kondisioner

Cara lainnya yang lebih mudah adalah mengombinasikan bubuk kopi dengan kondisioner. Kamu hanya perlu mencampurkan bubuk kopi ke dalam kondisioner yang biasa kamu gunakan, setelah itu aplikasikan seperti biasanya kamu menggunakan kondisioner.

Ini akan membantu meningkatkan warna rambut, memberi kilau yang cantik, dan memperlembut helaiannya. Kamu bisa mengulangi perawatan ini secara rutin sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Scrub Kulit Kepala dari Kopi

Tak hanya bisa digunakan untuk membersihkan kotoran dan sel kulit mati pada kulit tubuh. Kamu pun bisa membuat scrub dari gula dan kopi untuk membersihkan kulit kepala, lho!

Enggak cuma mengangkat korotan dan minyak berlebih, kombinasi kedua bahan alami ini akan membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan membersihkan folikel pada kulit kepala.

Cara membuat scrub kulit kepala dari kopi dan gula

  • Kamu bisa langsung mencampurkan bubuk kopi dan gula, juga dengan minyak zaitun.
  • Bersihkan rambut terlebih dahulu, kemudian oleskan campuran kopi, gula, dan minyak zaitun ke kulit kepala saat setengah kering.
  • Kamu memijatnya dengan lembut dan menyeluruh selama 10 menit.
  • Kalau sudah, tinggalkan scalp scrub alami ini selama 30 menit.
  • Setelah itu bilas rambut dengan air lembut, juga menggunakan sampo dengan bahan sama lembutnya.

Hair Oil dari Minyak Kopi

Cara paling mudah untuk merawat rambut deegan kopi adalah dengan menggunakan minyak alaminya sebagai hair oil. Minyak alami ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah, di kulit kepala, serta dapat merangsang folikel rambut agar lebih subur.

Nah, itu adalah berbagai manfaat kopi untuk rambut dan bagaimana cara penggunaannya. Well, dengan membaca ulasan lengkap di atas, bisa dibilang DIY kecantikan satu ini berhasil dan layak untuk dicoba, ya!

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Ingin Brand Kosmetik Milikmu Tembus Pasar Internasional? Yuk, Lakukan Hal Ini!

Siapa sih yang enggak pengen mengembangkan usaha sampai bisa menembus pasar internasional? Well, semua orang dengan jiwa wirausahawan yang tinggi pasti ingin melakukannya. Dengan mengembangkan bisnis kosmetik kamu hingga ke pasar internasional juga akan memberikan banyak keuntungan. Termasuk memberi...

Continue Reading

Cara Membuat Toko Kosmetik Oline di Shopee sampai Star Seller, Gampang!

Membangun bisnis kosmetik belakangan ini menjadi lebih mudah, karena ada banyak media yang bisa dijadikan untuk lahan promosi dan berjualan. Salah satunya adalah lewat e-commerce, seperti Shopee. Yap! Dilansir dari Databoks Kata Data, Shopee menduduki peringkat kedua sebagai e-commerce...

Continue Reading

Leave a Comment