Dijamin Aman, Ini Manfaat Mineral Oil untuk Kecantikan yang Perlu Kamu Tahu

manfaat mineral oil untuk kecantikan (1)

Meski tak sepopuler agen pelembap lainnya, tahukah kamu kalau mineral oil pun bisa menjadi salah satu kamdungan skincare yang bisa membantu melembapkan dan melembutkan kulit wajah.

Mineral oil merupakan salah satu jenis minyak hasil dari turunan petroleum jelly, yakni merupakan bahan dasar fosil atau yang biasa kamu sebut dengan minyak bumi.

Dibandingkan dengan jenis minyak lainnya, mineral oil tak memiliki aroma atau warna yang khas. Bahkan minyak ini enggak mudah teroksidansi dan dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Sayangnya penggunaan mineral oil ke dalam kosmetik hingga kini masih menjadi perdebatan di beberapa kalangan. Sebab, mineral oil masih dianggap berbahaya karena mengandung zat karsinogen, sehingga meningkatkan kekeringan pada kulit dan dapat memicu kanker.

Apakah benar demikian?

Faktanya, mineral oil yang digunakan dalam berbagai jenis produk perawatan kecantikan sudah dimurnikan sebelumnya. Nah, kalau sudah begitu, maka minyak ini pun tidak akan berbahaya, apalagi bisa menimbulkan kanker.

Berbagai Manfaat mineral Oil untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

manfaat mineral oil untuk kecantikan (2)

Mineral oil umumnya banyak ditemukan pada produk perawatan bayi. Kandungan ini disinyalir tidak akan menimbulkan iritasi, bahkan bisa menenangkan kulit si kecil dari berbagai gejala peradangan.

Nah, kalau buat orang dewasa, apakah manfaat mineral oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit juga sama?

Well, untuk tahu jawabannya, kamu bisa langsung baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Membantu Melembapkan Kulit

Cara paling mudah dan efektif untuk menjaga kesehatan kulit adalah dengan memberikannya hidrasi yang cukup serta mencegahnya agar tidak terlalu kering.

Sebab, kulit yang kering akan lebih rentan mengalami iritasi, kemerahan, menjadi lebih sensitif, bahkan memicu kemunculan tanda penuaan dini lebih cepat.

Nah, untungnya salah satu manfaat mineral oil untuk kecantikan adalah membantu melembapkan kulit wajah. Karenanya, kamu bisa dengan mudah menemukan bahan ini sebagai kandungan skincare.

Sama halnya dengan minyak lain, mineral oil pun bisa membantu mengembalikan kelembapan yang hilang pada kulit. Utamanya, jika kamu mengaplikasikannya setelah mandi, minyak akan mengunci kelembapan dalam jaringan kulit.

Akhirnya, kulit wajah dan tubuhmu akan tampak lebih sehat, kenyal, dan lembap. Berbeda jauh dari berbagai mitos yang telah dikaitkan dengan mineral oil, bukan?

Mencegah Kemunculan Berbagai Tanda Penuaan Dini

Tahukah kamu, kalau berbagai tanda penuaan pada kulit bisa muncul lebih cepat daripada yang seharusnya terjadi? Well, kondisi ini lebih popular dengan nama penuaan dini.

Hal yang menyebabkan penuaan dini pada kulit pun cukup beragam, mulai dari paparan radikal bebas dan sinar matahari yang berlebihan, kurangnya asupan nutrisi, dan pola hidup yang buruk, serta masih banyak lainnya.

Karena memiliki efek yang melembapkan, mineral oil pun diyakini bisa mencegah munculnya berbagai tanda penuaan pada kulit. Memang, sih, proses penuaan dini bisa menjadi lebih cepat terjadi pada kulit kering.

Nah, karenanya dengan menggunakan skincare berkandungan pelembap ini kamu bisa menghambat proses penuaan kulit lewat menjaga  kelembapan kulit.

Mengatasi Masalah Tumit Pecah-pecah

Kulit pada area kaki terbilang cukup sering dilupakan dan dirawat dengan sekadarnya saja. Padahal, area ini pun rentan jadi kering dan mudah pecah-pecah.

Kondisi ini tentunya akan menimbulkan rasa tidak nyaman di kulit, apalagi kalau kamu sering beraktivitas di luar ruangan bisa saja membuat kulit tumit jadi lebih parah.

Kabar baiknya, masalah satu ini bisa diatasi dengan rutin mengoleskan mineral oil pada kaki pada malam hari, atau tepatnya sebelum tidur.

Mineral oil akan membantu melembapkan kulit, mengisi ronga-rongga yang terlalu kering dan mengatasi teksturnya yang kasar.

Demi mendapatkan manfaat mineral oil untuk kecantikan kulit ini dengan optimal, kamu bisa menggunakan kaos kaki setelah mengaplikasikan minyak pada kaki.

Meringankan Berbagai Gejala Eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit yang biasanya ditandai dengan rasa gatal yang hebat, peradangan pada kulit, hingga membuat kondisi kulit jadi kian kering.

Jika tidak dirawat dengan tepat, maka gejala eksim bisa kian memburuk apalagi kalau kulitmu jadi lebih kering.

Untungnya, salah satu manfaat mineral oil adalah mampu meringangkan gejala eksim dalam skala yang ringan. Minyak alami ini akan bekerja sebagai lapisan pelindung, sehingga dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit.

Produk satu ini bisa menjadi salah satu alternatif yang ideal untuk kamu yang ingin beralih dari krim steroid.

Mengatasi Masalah Xerosis

Manfaat mineral oil untuk kecantikan dan kesehatan kulit lainnya adalah mengatasi masalah xerosis, atau kondisi kulit yang terlalu kering

Xerosis ini merupakan istilah medis untuk kondisi kulit kering yang tidak normal atau terlalu kering. Pada beberapa kasus, xerosis bisa disertai pengelupasan, kondisi berisik, hingga iritasi pada kulit.

Kondisi ini pun dapat disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari kebiasaan mencuci tangan secara berlebihan, penggunaan produk perawatan kulit yang malah menghilangkan kelembapan, dan masih banyak lainnya.

Kabar baiknya, mineral oil mampu mengurangi dan mengatasi masalah xerosis ini. Bahkan, minyak alami ini akan membantu mengembalikan kulit, menyehatkannya, dan membuatnya jadi lebih kenyal.

Membantu Mengatasi Ruam Popok pada Bayi

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa mineral oil umumnya digunakan dalam produk perawatan kulit bayi, misalnya dalam formula baby oil dan sabun bayi.

Berkaitan dengan fakta tersebut, manfaat mineral oil untuk kecantikan dapat membantu mengurangi gejala ruam popok pada kulit.

Yakni dengan mengurangi gejala kemerahan, peradangan, atau menenangkan kulit bayi yang teriitasi. Kamu pun bisa menggunakan minyak alami ini untuk mencegah kemugkinan kemunculan ruam popok di kemudian hari.

Manfaat Mineral Oil untuk Kecantikan Rambut

manfaat essential oil untuk kecantikan rambut

Tak hanya untuk kulit, manfaat mineral oil untuk kecantikan rambut pun ternyata ada banyak. Kamu bisa mendapatkan perawatan yang lumayan lengkap hanya dalam satu bahan alami ini.

Mau tahu apa saja manfaat mineral oil untuk kecantikan rambut? Yuk, langsung baca ulasan lengkap mengenai khasiatnya di bawah ini!

Mencegah Adanya Kerusakan pada Batang Rambut

Apakah kamu memiliki rambut yang mudah sekali rontok, misalnya akan sangat terlihat setelah kamu keramas atau menyisir rambut dalam keadaan basah?

Nah, untuk mencegah kerusakan rambut ini kamu bisa rutin mengaplikasikan mineral oil pada rambut. Karena bahan alami ini memiliki sifat hidrofobik, yang artinya bisa menghalau massa air terserap dalam rambut.

Perawatan ini akan mengurangi rambut patah, khususnya karena akar rambut yang lemah dan tidak bisa menahan massa air yang terserap pada batang rambut.

Meski memiliki fungsi yang baik, kamu cukup menggunakan mineral oil ini sebanyak 1-2 kali dalam seminggu. Karena penggunaan terlalu sering akan membuat rambut jadi lebih lepek, dan memicu berbagai permasalah lain.

Mengatasi Rambut yang Kasar dan Kusut

Salah satu ciri rambut kamu mengalami kerusakan atau dalam kondisi tak sehat adalah teksturnya jadi kering, kasar, dan mudsah kusut.

Nah, untuk mengatasi dan mengurangi gejala pada rambut ini, kamu bisa menggunakan minyak oil secara langsung pada rambut.

Minyak alami ini akan memabntu menambah kelembapan alami pada rambut, memberikan lapisan pelindung tambahan, sehingga bisa menciptakan lapisan yang sukar ditembus air sekalipun.

Denagn begitu, mineral oil akan mengurangi kerontokan rambut, memberikan tekstur yang lembut pada rambut juga.

Mengatasi Ketombe pada Kulit Kepala

Apakah kamu memiliki masalah dengan ketombe berlebihan dan susah dihilangkan pada kulit kepala? Well, kayaknya kamu perlu coba mineral oil untuk mengatasinya, deh!

Ladies, penggunaan mineral oil pun rupanya diketahui dapat membantu mengatasi masalah ketombe. Meski tidak secara langsung, minyak alami ini akan menjaga kulit tetap lembap sehingga mencegah adanya kondisi terlalu kering.

Untuk mendapatkan manfaat mineral oil untuk kecantikan rambut satu ini, kamu perlu mengaplikasikannya pada kulit kepala dan diamkan selama 30 menit hingga satu jam.

Setelah itu, kamu bisa merapikan rambut dan kemudian membilas sisa mineral oil hingga bersih dengan keramas.

Mengusir Kutu Rambut

Satu lagi manfaat mineral oil untuk kecantikan rambut yang perlu kamu tahu, minyak alami ini akan membantu mengusir kutu rambut, lho!

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2016 silam, penggunaan shampoo berkandungan mineral oil bisa lebih efektif untuk mengusir kutu rambut. Efek samping yang ditimbulkan pun akan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan sampo pyrethroid.

Agar bisa mendapatkan khasiat mineral oil ini, kamu bisa mengaplikasikan minyak alami ini ke rambut dan akarnya, kemudian diamkan selama semalaman.

Jangan lupa bungkus rambut dengan handuk, agar mineral oil tidak menodai bantal dan alas tidur. Kemudian, esok harinya kamu dapat membilas dan mencuci rambut untuk mengangkat bekas mineral oil.

Biasanya cara satu ini bisa dilakukan berkali-kali untuk mendapatkan hasil yang efektif dan maksimal. Gimana apa kamu mau coba?

Nah, itu adalah manfaat mineral oil untuk kecantikan kulit dan rambut yang mungkin belum kamu ketahui. Jangan takut untuk mencoba menggunakan skincare berkadungan mineral oil, ya.

Sebab, ketika digunakan sebagai ekstrak skincare atau kosmetik, mineral oil telah melalui proses pemurnian kembali dan membuatnya jauh lebih stabil. Sehingga terbilang tidak akan menimbulkan reaksi iritasi pada kulit kamu.

About Author

Related posts

Leave a Comment