Kembalikan Kesehatan Kulit, Coba Langkah Facial Detox Sederhana Ini di Rumah

manfaat facial detox (1)

Paparan polusi yang tinggi, baik dari debu dan kotoran akibat asap kendaraan, sinar ultraviolet dari matahari, dan sisa make up yang menempel di kulit wajah bisa menjadi racun dan memicu kemunculan berbagai masalah kecantikan.

Karenanya, untuk dapat menetralisir racun ini kamu perlu melakukan facial detox. Untungnya, kamu tak perlu repot-repot ke salon atau mengeluarkan banyak biaya tambahan. Karena pada dasarnya facial detox ini bisa dengan mudah kamu lakukan di rumah.

Sekilas Tentang Facial Detox yang Perlu Kamu Tahu

cara mengatasi jerawat pada remaja (1)

Detoksifikasi merupakan salah satu proses pembuangan racun dalam tubuh dan kulit wajah, atau dalam kasus yang akan dibahas nantinya adalah dengan memakai metode facial.

Artinya selain melakukan detoksifikasi dengan menghindari konsumsi makanan dan menghentikan kegiatan tertentu, kamu pun bisa membersihkan racun di kulit menggunakan berbagai produk perawatan kesehatan kulit.

Manfaat Facial Detox untuk Kecantikan Bila Dilakukan Secara Rutin

Tujuan utama kegiatan ini sebenarnya untuk membantu mengangkat racun dan kotoran dari kulit. Namun siapa sangka kalau facial detox pun akan memiliki berbagai manfaat lanjutan untuk kecantikan kulit wajahmu.

Nah, kira-kira manfaat facial detox untuk kecantikan kulit bila dilakukan secara rutin? Ketahui ulasan lengkapnya berikut ini, ya!

Mengontrol Produksi Sebum yang Berlebihan

Sebum merupakan zat alami yang diproduksi oleh kulit wajah kita untuk menjaga area tersebut tetap lembap dan tidak mudah kering.

Meski sangat baik untuk kesehatan kulit, jika sebum diproduksi secara berlebihan pun akan memicu beberapa masalah. Seperti penyumbatan pada pori-pori, penumpukan kotoran pada epidermis, hingga menyebabkan jerawat dan komedo.

Untungnya, salah satu manfaat facial detox untuk kecantikan adalah menghambat produksi sebum yang berlebihan tersebut.

Memperbaiki Kerusakan Kulit Akibat Pola Makan yang Kurang Baik

Pola makan yang buruk, baik karena tidak teratur atau terlalu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat akan menyebabkan kerusakan pada tubuh dan kulit wajah kamu.

Kabar baiknya juga, facial detos dapat memperbaiki kondisi kulit yang bermasalah akibat pola makan yang buruk tersebut.  Khususnya dengan bekerja melenyapkan kotoran dalam kulit dan mengembalikan fungsi normal kulit.

Manfaat ini pun akan kian terasa kalau kamu rutin merawat wajah, baik menggunakan produk skincare kesayangan, maupun dengan memperhatikan pola makan dan rutin berolah raga tiap harinya.

Mendukung Pemulihan Kolagen

Kolagen merupakan jenis protein yang sangat dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan cantik. Protein ini bekerja untuk menjaga elastisitas, kelembapan pada kulit, dan merawat keremajaan kulit.

Sayangnya, seiring dengan pertambahan usia seseorang produksi kolagen akan kian menurun. Bahkan, jika sering terpapar racun akibat stressor lingkungan, kadar kolagen dalam tubuh pun akan kian sedikit lagi.

Karena itu, facial detox sangat diperlukan. Sebab kegiatan ini akan memperlancar proses oksigenasi di kulit wajah, mendukung pembentukan dan pemulihan kolagen yang menurun.

Cara Melakukan Facial Detox di Rumah

masker alami untuk jerawat

Meski kerap ditawarkan di berbagai klinik dan salon kecantikan, kamu pun bisa melakukan facial detox di rumah, lho!

Cara melakukan facial detox di rumah ini pun terbilang sangat mudah untuk kamu lakukan. Sederhananya, kamu hanya perlu mengangkat semua kotoran, polutan, sel-sel kulit mati, minyak berlebih, atau zat racun lainnya yang menempel di wajah.

Penasaran apa saja langkah dalam cara melakukan facial detox di rumah ini? Yuk, cek urutan dan penjelasannya di bawah ini, ya!

Membersihkan Wajah Secara Rutin

Langkah pertama yang harus kamu lakukan sebagai cara facial detox di rumah adalah dengan rutin memberishkan wajah sebanyak dua kali dalam sehari.

Ada baiknya ketika membersihkan wajah ini kamu menggunakan teknik double cleansing, yakni pembersihan wajah dengan dua tahap sekaligus.

Tahap pertama, mengangkat kotoran dan minyak dari wajah dengan menggunakan pembersih wajah berbahan dasar minyak. Kemudian dilanjut dengan tahap kedua, yakni menggunakan facial foam untuk memastikan semua kotoran terangkat sempurna.

Sebelum mempraktekkan ini, kamu pun harus memilih produk pembersih wajah yang cocok dan sesuai dengan jenis kulit wajahmu.

Misalnya, ketika kamu memiliki kulit yang kering, maka double cleansing hanya perlu dilakukan di malam hari. Sementara paginya kamu bisa menggunakan facial foam biasa berbahan lembut dan tidak terlalu membuat kulit jadi kering.

Sementara itu, jika kamu memiliki kulit yang berminyak, maka ada baiknya kamu menggunakan pembersih water based di pagi  dan malam hari sekaligus. Sehingga berbagai kotoran dan minyak yang menumpuk di wajah bisa dikeluarkan.

Membersihkan Pori-pori Wajah

Langkah kedua dalam cara facial detox di rumah ini memang enggak bisa diterapkan setiap hari. Namun, penting bagimu untuk selalu melakukannya dengan teratur, sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Tahap ini pun bisa kamu lalui dengan pergi ke klinik atau salon kecantikan untuk melakukan perawatan facial yang lebih mendalam.

Namun, kalau di rumah kamu cukup melakukan peeling wajah atau scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada pori-pori.

Untuk menambah efektifitas langkah ini, kamu bisa menggunakan alat kecantikan seperti face roller yang membantu menenangkan kulit dan mengencangkan kulit.

Selain membuat wajah tambah bersih, langkah ini pun akan memberikan sensasi relaksasi pada otot wajah dan memperlancar peredaran darah di area tersebut.

Melakukan Steam Wajah

Cara facial detox di rumah selanjutnya adalah dengan melakukan steam wajah, atau langkah memberikan uap alami pada kulit wajah kamu.

Langkah ini akan memabntu kandungan-kandungan dalam skincare untuk masuk ke dalam pori-pori kulit, membantu meluruhkan sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada wajah sebanyak mungkin, juga akan memperlancar peredaran darah.

Caranya cukup sederhana, kalau kamu tidak memiliki shower uap, maka kamu dapat melakukannya dengan menyiapkan air panas ke dalam wadah tertentu.

Setelah itu, posisikan wajah kamu di atas wadah tersebut dan tutupi kepalamu dengan handuk agar uap akan lebih terarah pada pori-pori.

Pertahankan posisi ini dalam sepuluh menit saja, lakukan secara rutin sebanyak 1-2 hari sekali. Dengan begitu, kesehatan kulit pun akan jauh lebih terjaga dan tampak cantik alami.

Jangan Absen Menggunakan Serum dan Pelembap Wajah

Pelembap dan serum wajah memegang peranan penting dalam mendukung kesehatan kulit wajah kamu. Kedua produk ini akan membantu memberikan kelembapan ekstra pada kulit, menutrisinya, mencegah adanya kerusakan pada kulit.

Tentunya, kamu pun harus memperhatikan kecocokan produk dengan jenis kulit wajahmu. Jangan lupa perhatikan pula kandungan apa saja yang ada dalam kedua produk tersebut, ya.

Karena ada juga, lho, beberapa kandungan skincare yang tidak boleh dipakai bersamaan.

Memakai Masker Wajah dengan Teratur

Langkah selanjutnya dalam cara facial detox di rumah adalah dengan rutin menggunakan masker wajah, misalnya clay mask atau mod mask.

Keduanya memang memiliki manfaat yang berbeda, mod mask akan membantu menghidrasi kulit dan menenangkannya.

Sementara clay mask akan membantu mengurangi minyak berlebih dan mengangkat kotoran di wajah dengan lebih efektif. Kamu bisa memilih masker wajah sesuai kebutuhan dan jenis kulit wajah kamu, ya!

Jangan Lupa: Stay Hydrated, Ladies!

Untuk memaksimalkan manfaat cara facial detox di rumah yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu pun harus memperhatikan kebutuhan air dalam tubuhmu, ya.

Dilansir dari hallodoc, kamu setidaknya membutuhkan dua liter air per harinya. Cara ini akan memabntu menghilangkan racun dari tubuh dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

Selain itu, ada baiknya juga buatmu untuk mengurangi kopi, minum minuman manis, apalagi yang mengandung alcohol. Kalau tidak setiap hari, minimal jangan lakukan saat kamu sedang melakukan facial detox.

Untuk menggantikan minuman-minuman di atas, kamu bisa mengalihkannya dengan meminum teh hijau, teh rooibos, dan minuman lain yang kaya akan kandungan antioksidan.

Memperhatikan dan Menjaga Pola Makan

Selain melakukannya dari luar, kamu pun bisa mendetoksifikasi racun dalam tubuh dengan memperhatikan dan menjaga pola makan sehari-hari.

Setidaknya, kamu perlu menghindari produk olahan susu, gorengan, junk foods, atau makanan dan minuman lain yang mengandung gula tambahan.

Karena, makanan-makanan tersebut akan memperburuk kondisi wajah, dengan cara menyumbat pori-pori dan membuat wajah tampak lebih kusam.

Nah itu adalah beberapa cara facial detox di rumah yang bisa kamu coba dengan mudah. Berbagai bahan dan alatnya pun enggak ribet, sehingga akan menyederhanakan langkah-langkah detox di berbagai salon kecantikan.

Tentu hasil facial detox di rumah ini enggak akan sama seperti yang kamu dapatkan dengan datang ke salon. Namun, dengan perawatan yang rutin kamu bisa memberikan efek yang menyehatkan dan positif pada kulit wajahmu.

About Author

Related posts

Leave a Comment