Mengenal Alpha Arbutin dan Manfaatnya untuk Kecantikan Kulit Wajah

alpha arbutin (2)

Tidak bisa dipungkiri, kulit yang tampak cerah dan bersih menjadi keinginan banyak orang. Baik perempuan, maupun laki-laki.

Sayangnya, kondisi ini tentu enggak dimiliki secara alamiah oleh semua orang. Sebab, sebagai manusia tentulah struktur tubuh dan kulit kita juga sangat beragam serta memiliki karakter masing-masing.

Ada yang kulitnya lebih berminyak sehingga mudah berjerawat dan meninggalkan bekas kehitaman setelahnya, sementara yang kulitnya kering akan terasa kasar serta mudah sekali tampak kusam.

Nah, lalu apa yang harus dilakukan untuk membuat kulit wajah jadi lebih cerah dan bersih? Gampang, kok! Karena kini berbagai produk perawatan wajah menawarkan fungsi mencerahkan hingga memutihkan kulit, lho.

Namun, yang harus diperhatikan enggak semua kandungan dalam produk itu cocok untuk kulitmu dan malah akan menimbulkan masalah lain pada wajah.

Salah satu kandungan skincare untuk mencerahkan wajah yang cukup stabil dan aman adalah alpha arbutin. Apakah kamu pernah dengan tentang kandungan satu ini?

Kalau belum kepoin soal kandungan skincare satu ini di ulasan lengkap berikut. Baca sampai habis, ya, Ladies!

Sekilas Tentang Alpha Arbutin yang Perlu Kamu Tahu

alpha arbutin

Beragam produk skincare, khususnya dengan manfaat memutihkan dan mencerahkan terkadang tidak sepenuhnya aman digunakan. Bahkan enggak sedikit skincare illegal dan berbahaya beredar di pasaran.

Karenanya, kamu perlu memperhatikan betul keamanan dan keaslian produk sebelum membelinya. Salah satunya denagn melihat list komposisi yang ada dalam kemasan produk.

Salah satu jenis bahan akatif yang biasanya dipakai sebagai kandungan pencerah skincare adalah alpha arbutin. Kandugan ini aman digunakan dan cenderung tidak menimbulkan iritasi pada kulit wajah kamu.

Kira-kira dari mana asal Alpha Arbutin? Sebenarnya jenis Alpha Arbutin ada dua jika dibagi menurut sumbernya, yakni dari sintetis hydroquinone dan yang ditemukan dalam berbagai bahan organic.

Meski diambil dari sintesis hydroquinone, kandungan ini tetap lebih stabil dan rendah risiko menimbulkan iritasi.

Kalau kamu merasa kurang yakin, kamu bisa menggunakan alpha arbutin yang diambil dari tanaman dan buah-buahan, seperti bearberry, blue berry, cran berry, gandum, dan buah pir.

Manfaat Alpha Arbutin untuk Kecantikan Kulit Wajah

manfaat alpha arbutin untuk kecantikan

Arbutin sebenarnya memiliki jenis yang cukup beragam, namun yang paling stabil dan aman digunakan pada kulit adalah alpha arbutin.

Tak hanya itu, alpha arbutin pun dapat bekerja lebih efektif dalam mencerahkan dan menyehatkan wajah dibandingkan jenis arbutin lainnya.

Nah, kira-kira apa saja manfaat Alpha Arbutin untuk kecantikan kulit? Yuk, cek info dan ulasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Membantu Mencerahkan Wajah                      

Memiliki kulit yang tampak cerah, bersih, serta berseri-seri merupakan idaman banyak orang. Karenanya, berbagai produk skincare yang menawarkan fungsi mencerahkan dan memutihkan kerap diburu.

Sebelum terlalu jauh, sebenarnya yang dibilang cerah ini bukan memutihkan wajah, ya. Ini berkaitan dengan penampilan kulit yang tampak sehat dan segar.

Penampilan kulit idaman ini terbilang cukup sulit didapat, apalagi kalau kamu tidak merawatnya dengan benar. Sebab, berbagai faktor eksternal dan radikal bebas bisa membuat kulit jadi lebih kering serta kian kusam.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan kulit yang kusam dan tampak tidak bercahaya, gunakan skincare dengan kandungan mencerahkan seperti alpha arbutin.

Ya, alpha arbutin memang dikenal bisa membuat kulit wajah jadi lebih cerah. Karena kandungan ini dapat bekerja dengan memperlambat produksi enzim tyrosinase dalam tubuh kamu.

Enzim ini tedapat dalam sel melanosit, yang berperan penting dalam memproduksi melanin atau pigmen yang bisa menentukan warna kulit wajah kamu. Misalnya dengan jumlah melanin yang tinggi, maka wajah akan semakin tampak kusam bahkan lebih menggelap.

Yang perlu diperhatikan, jumlah tyrosinase ini bisa kian meningkat seiring dengan paparan sinar matahari dalam durasi yang cukup lama. Peningkatan tyrosinase ini pun akan berbanding lurus dengan bertambahnya jumlah melanosit dalam sel kulit.

Karena bisa membantu memperlambat produksi tirosinase, alpha arbutin pun dapat mengurangi jumlah melanin. Akhirnya kecerahan kulit pun akan jadi lebih meningkat.

Lebih Aman Dibanding Hydroquinone

Salah satu hal yang membuat alpha arbutin sangat direkomendasikan adalah sifatnya yang lebih stabil dan aman dibandingkan hydroquinone.

Sepeti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, alpha arbutin bekerja menghambat enzim tyrosinase sehingga produksi melanin dapat berkurang.

Sedangkan hydroquinone akan membunuh langsung melanosit. Padahal sel pigmen ini pun memiliki manfaat lain untuk kulit kamu, yakni sebagai pelindung kulit dari kerusakan akibat radiasi sinar uv maupun paparan radikal bebas lainnya.

Penggunaan hydroquinone sebagai perawatan kecantikan pun kurang dianjurkan, karena bisa menyebabkan kulit jadi lebih tipis, mudah mengalami breakout, dan kian sensitif terhadap sinar matahari.

Mengurangi Masalah Hiperpigmentasi dan Flek Hitam

Apakah kamu tahu apa yang disebut dengan hiperpigmentasi? Kondisi ini biasanya ditandai dengan warna kulit yang tidak merata, munculnya noda dan flek hitam di kulit, pun menjadikan permukaan kulit tampak kusam.

Selain karena faktor genetic, hiperpigmentasi pun dapat terjadi karena pengaruh radikal bebas dari radiasi sinar ultraviolet. Sebab, sinar UV dapat merusak sel-sel kulit dan merangsang pembentukan melanosit dalam kulit.

Kabar baiknya manfaat alpha arbutin untuk kecantikan lainnya adalah membantu mengatasi masalah hiperpigmentasi dan flek hitam ini, lho!

Ya, dilansir dari Hallodoc, kandungan ini dapat memberikan perubahan drastic pada kulit dengan memudarkan warna kusam pada kulit dan membuat warnanya lebih merata.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kandungan alpha arbutin ini, kamu perlu menggunakan skincare berkandungan yang sama dengan rutin dan sesuai aturan pakai.

Dapat Memudarkan Bekas Jerawat

Selesai menyembuhkan jerawat, kadang bekas kehitamannya yang ada di kulit tak kalah menggemaskan karena susah dihilangkan.

Meski tidak akan menimbulkan peradangan, namun bagi beberapa orang tentunya hal ini cukup mengganggu.

Kalau kamu mengalami hal yang serupa, tidak perlu khawatir atau resah dulu, karena manfaat alpha arbutin selanjutnya adalah membantu memudarkan bekas jerawat.

Cara kerjanya hampir serupa dengan memudarkan flek hitam yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet, yakni dengan menghambat produksi tyrosinase dan melanosit dalam jaringan kulit.

Dapat Meratakan Warna Kulit

Apakah kamu merasa warna kulitmu tidak merata, misalnya pada dahi dan pipi tampak lebih gelap dibandingkan dengan area kulit lainnya?

Kalau iya, alpha arbutin bisa menjadi salah satu kandungan skincare yang dapat kamu andalkan untuk melawan pigmentasi kulit dan meratakan warnanya dengan efektif.

Kemampuan Alpha arbutin dalam menghambat melanosit akan membuat warna kulit kembali lebih merata, bahkan bisa meningkatkan kecerahan secara keseluruhan.

Bisa Membuat Kulit Jadi Lebih Lembap

Banyak dari kita yang takut menggunakan krim pencerah wajah karena anggapan yang menyebabkan kulit kering dan sensitif. Padahal, enggak semua krim wajah akan membuat kulitmu kering.

Kamu hanya perlu mencari kandungan yang cocok dengan jenis kulit wajahmu. Salah satu kandungan pencerah yang dapat membantu melembapkan kulit adalah Alpha arbutin.

Penggunaan pelembap wajah dengan kandungan ini akan membuat wajah tampak lebih lembap, glowing, dan cerah.

Hal ini tentunya sejalan dengan fungsi mencerahkan alpha arbutin, sebab biasanya kulit yang kering cenderung mudah tampak kusam dan lebih tua.

Sehingga kemampuan kandungan ini dalam menjaga kadar air dalam kulit, mengontrol minyak, dan membuat kulit lebih lembap, akan memberikan peningkatan yang signifikan pada tekstur serta kesehatan kulit wajah kamu.

Bisa Digunakan untuk Kulit Kering dan Sensitif

Selain menimbulkan tekstur yang kasa, pecah-pecah, dan mudah berkeriput. Kulit yang kering pun akan cenderung lebih sensitif, karena skin barrier dalam kondisi lemah dan tak bisa memberikan perlindungan optimal.

Nah, tahukah kamu bahwa selain mencerahkan, alpha arbutin dalam skincare pun terbilang sangat aman digunakan untuk merawat kulit yang kering dan sensitif.

Tak hanya itu, kandungan ini pun memiliki tekstur yang lembut dan sangat mudah terserap dalam pori-pori. Sehingga tidak akan meninggalkan residu, menciptakan penyumbatan pori-pori dan menimbulkan kemunculan masalah kulit lainnya.

Kandungan alpha arbutin ini pun memiliki sifat yang lebih gentle dibandingkan agen pencerah lainnya. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan skincare berkandungan ini di malam hari.

Sebab pada waktu ini pulalah kulit akan meregenerasi dirinya, menyerap nutrisi dengan aktif, dan memulihkan diri dari dampak buruk radikal bebas.

Bekerja Sebagai Eksfoliator Kulit Mati

Menumpuknya sel kulit mati pada permukaan kulit tak jarang memberikan berbagai masalah kecantikan. Tak hanya membuat wajah kusam, melainkan memicu penyumbatan pori, munculnya jerawat dan komedo.

Nah, untungnya alpha arbutin dapat bekerja mendukung proses eksfoliasi kulit. Menurut beberapa sumber, kandungan ini pun terbilang cukup baik jika dipadukan dengan AHA/BHA, sehingga proses eksfoliasi lebih maksimal.

Selain membantu mengangkat sel kulit mati di wajah, kombinasi kedua kandungan super dalam skincare ini dapat membersihkan pori-pori wajah kamu hingga ke lapisan paling dalam, membunuh bakteri dan jamur penyebab jerawat, hingga merangsang regenerasi kulit wajah.

Mencegah Kemunculan Tanda Penuaan Secara Prematur

Kamu pasti sudah paham betul, banyak hal yang bisa membuat wajahmu tampak lebih tua dari umur yang sebenarnya. Mulai dari radikal bebas, tingkat stress yang tinggi, hingga kurangnya asupan  nutrisi dalam makanan yang dikonsumsi.

Kabar baik buat kamu, kandungan alpha arbutin pun bisa digabungkan dengan kandungan antiaging dalam skincare, lho.

Ya, bahkan perpaduan alpha arbutin dengan beberapa kandungan tersebut bisa bekerja aktif dalam menghalau kemunculan tanda penuaan kulit secara premature.

Well, itu adalah serba serbi mengenai alpha arbutin yang perlu kamu ketahui, mulai dari asal usulnya hingga manfaatnya untuk kecantikan kulit wajah kamu.

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment