Ekstrak Sugar Cane dalam Skincare, Emang Apa Manfaatnya?

manfaat sugar cane untuk kecantika

Sugar cane atau yang lebih umum diketahui sebagai tebu, merupakan salah satu tanaman yang sangat umum di Indonesia, yang juga kerap diolah sebagai gula pasir putih.

Tebu pun dapat dikonsumsi secara langsung dengan diperas sari-sarinya. Rasanya yang manis dan menyegarkan pun menjadikan air tebu sangat digandrungi, apalagi untuk dikonsumsi di cuaca yang terik.

Sebenarnya, tebu memiliki kemampuan untuk melawan kanker, menguatkan organ-organ tubuh, membantu bekerja detoksifikasi racun dari tubuh kamu.

Nah, selain memiliki berbagai khasiat kesehatan di atas, tahukah kamu kalau ekstrak sugar cane pun banyak dimanfaatkan dalam berbagai formula kosmetik. Utamanya dalam merawat kecantikan kulit dan rambut kamu.

Enggak nyangka, kan? Nah, biar kamu enggak ketinggalan jauh, langsung simak manfaat sugar cane untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini. Serta kenali pula kandungan nutrisi yang baik dalam sugar cane sehingga bisa merawat kulit dan rambut.

Berbagai Manfaat Sugar Cane untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat sugar cane untuk kecantikan

Beberapa merk kosmetik ternama, seperti The Body Shop dan merk luar negeri lainnya pun banyak yang telah menggunakan ekstrak sugar cane ke dalam produk perawatan kecantikan yang mereka buat.

Nah, kira-kira apa saja manfaat sugar cane untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu tahu? Langsung simak ulasan lengkapnya di bawah ini sampai habis, ya!

Membantu Mengatasi Jerawat dan Mencegahnya Muncul Kembali

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum terjadi pada siapapun, tanpa mengenal usia dan gender.

Penyebab kemunculan jerawat ini sangat beragam, termasuk adanya penumpukan sel kulit mati dan kotoran pada pori-pori wajah. Penyumbatan ini akan menyebabkan peradangan, infeksi bakteri, hingga muncul jerawat maupun komedo.

Untungnya, sugar cane bisa membantumu mengatasi jerawat dan mencegahnya untuk muncul kembali, lho.

Gimana enggak? Manfaat sugar cane untuk kecantikan ini didapat dari kemampuannya yang bisa mendorong pengelupasan sel kulit mati dari epidermis. Sehingga mencegah adanya penyumbatan pada pori-pori wajah.

Selain itu, berbagai jenis vitamin, antioksidan, dan mineral yang ada dalam bahan alami ini akan membantu memulihkan kulit serta meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat aktif.

Menghindarkan Kulit Wajah dari Penuaan Dini

Pertambahan usia emang enggak bisa kita cegah, tapi kemunculan tanda-tanda penuaan di kulit sudah pasti bisa dihambat. Yap! Salah satunya menggunakan skincare berkandungan ekstrak sugar cane.

Manfaat sugar cane untuk kecantikan ini diperoleh dari kandungan antioksidannya yang sangat tinggi dan beragam, seperti flavonoid dan komponen fenolik.

Kedua bahan alami inia akan membantu menyamarkan kerutan dan garis halus yang biasanya muncul di area mata dan garis senyum dekat bibir.

Tak hanya itu, antioksidan dapat bekerja lebih efektif dalam merevitalisasi sel-sel kulit yang bermasalah. Khususnya yang disebabkan oleh paparan radikal bebas, seperti polusi udara hingga radiasi sinar UV.

Hasilnya wajah akan tampak lebih sehat, cerah, kian lembut dan kenyal. Well, jadi keliatan awet muda, deh!

Bekerja Sebagai Eksfoliator Alami

Tak hanya bisa bikin kulit wajahmu jadi tampak awet muda, penggunaan ekstrak sugar cane dalam skincare pun diklaim dapat membantu proses eksfoliasi sel kulit mati, lho.

Yap! Manfaat sugar cane untuk kecantikan ini didukung oleh kandungan asam glikolat yang dimilikinya. Kandungan ini akan mengangkat sel kulit mati, kotoran, serta minyak belebih dari permukaan kulit yang berpotensi menyubat pori-pori wajah.

Bahan alami ini pun diklaim mudah dan ramah digunakan pada wajah, karena diyakini minim resiko iritasi dan tidak membuat wajah jadi kering.

Meningkatkan Kelembapan Kulit Wajah

Meski bisa mengangkat kotoran, minyak belebihan, dan sel kulit mati dari permukaan kulit. Tahukah kamu kalau, sugar cane enggak akan membuat wajahmu kering, malah bikin kelembapan wajah lebih meningkat?

Air tebu diyakini dapat membantu menjaa hidrasi pada kulit. Sebab, bahan alami ini mengandung senyawa alpha hydroxy acid (AHA), yang diketahui dapat menjaga kelembapan kulit wajah kamu, mengurangi jerawat, serta mencegah kemunculan tanda penuaan terlalu dini.

Kalau begini, enggak heran ya, kalau manfaat sugar cane untuk kecantikan kerap digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

Melawan Radikal Bebas dan Menjaga Kesehatan Kulit

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa sugar cane mengandung berbagai senyawa antioksidan, yang bisa membantu merawat kesehatan kulit.

Polusi udara, seperti asap kendaraan, pabrik, dan paparan  sinar matahari berlebihan bisa memicu pembentukan partikel radikal bebas dalam tubuh.

Nah, bila mencapai dan melampaui jumlah maksimal, partikel radikal bebas ini bisa membuat sel-sel dalam tubuh rusak serta bermasalah. Termasuk sel pada jaringan kulit wajah kamu.

Untungnya, sugar cane mengandung senyawa antioksidan alami yang sangat kaya dan bisa membantu merawat kesehatan serta kecantikan kulit,

Kandungan ini akan mendorong produksi kolagen, elastin, dan merevitalisasi sel kulit yang sebelummnya bermasalah sehingga kulit wajah jadi tampak lebih muda.

Mengatasi Masalah Infeksi Kulit

Manfaat sugar care untuk kecantikan kulit lainnya adalah bisa membantu meredakan dan mengatasi infeksi kulit. Peran sugar cane ini lagi-lagi didapat dari kandungan antioksidan yang dimilikinya, ya.

Hal ini akan menjadikan wajah jadi lebih sehat, terawat, pun dengan cara yang alami. Sehingga masalah kulit seperti jerawat, noda hitam, warna kulit yang enggak merata akibat radiasi sinar UV akan bisa dihindari dan dikurangi.

Membantu Merawat Kesehatan dan Kecantikan Rambut

Selain baik untuk kecantikan kulit wajah, kamu bisa memabntu merawat kesehatan dan kecantikan rambut kamu, lho.

Apalagi kalau kamu berurusan dengan masalah rambut rontok, kering, bercabang, yang umumnya diakibatkan oleh penggunaan alat styling rambut.

Sugar cane bisa membantu mengatasi masalah satu ini, dengan meningkatkan imunitas tubuh dan memenuhi asupan antioksidan yang bisa menangkal masalah kesehatan rambut.

Untuk mendapatkan manfaat sugar cane ini kamu bisa menggunakannya sebagai perawatan rambut alami, atau membeli produk hair care yang mengandung tebu di dalamnya.

Kandungan Sugar Cane yang Baik Buat Kecantikan Kulit dan Rambut

Sugar

Kamu telah mengetahui berbagai manfaat sugar cane untuk kecantikan kulit dan rambut di atas. Bahan alami ini mengandung berbagai jenis nutrisi yang sangat beragam, seperti vitamin, mineral, hingga antioksidan.

Kalsium

Kandungan pertama yang ada dalam kandungan sugar cane adalah kalsium. Jenis mineral satu ini akan membantu menjaga kelembapan alami pada kulit dan rambut kamu secara alami.

Tak Cuma itu, kalsium pun bisa memicu produksi antioksidan dalam tubuh, sehingga dapat menjaga keremajaan kulit, melawan dampak buruk sinar UV, pun menetralisir kadar radikal bebas dalam tubuh kamu.

Zinc

Selain kalsium, kandungan lain yang bisa kamu peroleh dari tebu adalah zinc atau seng. Jenis mineral ini sangat berguna dalam mengontrol sebum, mempercepat proses penyembuhan jerawat, pun mengatasi peradangan yang muncul akibat jerawat.

Hal ini dikarenakan zinc sangat berperan penting dalam pembentukan membrane protein dan sel pada kulit, yang bisa membantu meredakan peradangan, serta melindungi kulit dari dampak buruk sinra ultraviolet.

Antioksidan

Selain berbagai jenis mineral, dalam tebu pun terkandung berbagai senyawa antioksidan. Yang sangat baik untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah kamu.

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas akan membuat kulit mengalami kerusakan yang akhirnya membuat sel kulit menua. Ini akan memicu kemunculan gairs halus, kerutan, kulit yang kendur, bahkan bintik penuan di kulit.

Asam Amino

Satu lagi kandungan yang ada dalam tebu dan bisa bekerja dengan baik untuk merawat kecantikan kulit adalah asam amino.

Seperti yang kamu tahu, asam amino berperan penting dalam penyusunan kolagen dan elastin. Keduanya adalah jenis protein yang banyak ditemukan pada jaringan kulit, fungsi utamanya membantu menjaga kadar kelembapan kulit, mengencangkan, dan meremajakan kulit.

Karenanya dengan adanya asam amino esensial dalam tebu ini, penggunaan skincare ekstrak sugar cane akan membantu melembapkan kulit dan membuatnya tampak lebih awet muda.

Well, itu adalah berbagai manfaat sugar cane untuk kecantikan kulit yang mungkin belum kamu tahu. Melihat keragamannya, tidak mengherankan kalau bahan alami ini kerap digunakan dalam formula berbagai produk perawatan kecantikan ternama.

Nah apakah kamu sudah pernah coba menggunakan skincare dengan kandungan sugar cane? Kasih tahu pendapat dan pengalamanmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment