Mega Influencer: Definisi, Kelebihan, dan Tips Memilihnya

mega influencer adalah

Saat ini influencer menjadi salah satu profesi yang cukup diperhitungkan. Dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua berlomba-lomba membuat konten menarik untuk bisa menjadi influencer. Nah, mega influencer adalah salah satu kategori akun paling berpengaruh di Instagram. Apa kamu sudah dengar?

Tak heran bila profesi yang satu cukup diminati. Sebab saat ini influencer menjadi salah satu incaran bagi para marketer sebagai sarana promosi. Pemasaran melalui influencer dinilai lebih efektif. Sebab para pengikut influencer tersebut dinilai dapat menjadi konsumen.

Influencer sendiri adalah orang yang dapat memberi pengaruh terhadap orang lain. Salah satu syarat menjadi influencer adalah dengan memiliki banyak pengikut. Berdasarkan banyaknya pengikut, influencer sendiri dibagi menjadi beberapa jenis.

Mulai dari nano, micro, macro, hingga yang akan kita bahas sekarang, Mega Influencer. Setiap jenis tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun pada artikel kali ini kita tidak akan membahas semua jenis influencer tersebut.

Artikel ini akan berfokus pada mega influencer. Jenis influencer yang satu ini sering menjadi incaran para perusahaan besar. Sebab dinilai sangat efektif untuk melakukan endorsement.

Seperti apa sih jenis influencer yang satu ini? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Simak artikel ini hingga selesai ya. Selamat membaca!

Apa Itu Mega Influencer?

Mega influencer merupakan seorang influencer yang memiliki lebih dari satu juta pengikut di sosial media. Baik di Instagram, TikTok, Twitter ataupun sosial media lainnya. Influencer yang termasuk ke dalam golongan ini bisa saja seorang selebriti, atlet, artis ataupun model.

Jenis influencer yang satu ini sudah memiliki pengaruh yang cukup besar. Namanya sudah cukup terkenal, sehingga banyak orang yang sudah mengenalinya. Oleh karena itu, jenis influencer ini terbilang cukup efektif untuk memasarkan sebuah produk.

Biasanya perusahaan-perusahaan besar akan menggunakan jenis influencer satu ini untuk endorsement. Tak hanya untuk campaign penjualan saja. Namun juga untuk branding dan juga awereness. Pengikut yang cukup banyak dinilai sangat efetif untuk promosi.

Meskipun memiliki follower atau pengikut yang cukup banyak, namun tak selamanya mega influencer efektif untuk memasarkan sebuah produk. Ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki mega influencer. Apa saja? Berikut daftar dan penjelasan selengkapnya.

Ingin tahu lebih banyak soal influencer marketing dan keuntungannya? Simak di sini.

Kelebihan Menggunakan Mega Influencer

kelebihan mega influencer

Jenis innfluencer yang satu ini memang dinilai cukup memberikan dampak atau pengaruh besar terhadap pemasaran. Sebab mega influencer memiliki pengikut yang cukup banyak. Secara otomatis apapun yang dilakukan oleh influencer tersebut akan memberikan dampak bagi pengikutnya.

Selain itu masih banyak kelebihan yang dimiliki influencer yang satu ini. Berikut daftar dan penjelasannya.

Profesional

Mega influencer juga bisa disebut sebagai selebriti. Biasanya seorang selebriti akan memiliki management tersendiri. Sehingga ketika akan menjalin kerjasama harus melalui management terlebih dahulu. Jadi lebih professional.

Selain itu jam terbang dan pengalamannya juga tidak perlu diragukan lagi. Memakai jasa jenis influencer ini tidak perlu repot. Sebab biasanya mereka akan dengan tahu apa yang diinginkan perusahaan. Kamu hanya perlu menjelasakan tujuan. Mereka akan mengerti maksud yang kamu inginkan.

Tak hanya itu, untuk ide pembuatan konten juga tidak perlu khawatir. Biasanya mega influencer sudah memiliki tim creator sendiri. Sehingga perusahaan tidak perlu repot memikirkan konten seperti apa yang akan dibahas.

Jangkauan Luas

Untuk menjadi seorang mega influencer seseorang membutuhakan lebih dari satu juta pengikut. Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi jangkauan yang akan didapatkan ketika menggunakan jasa endorstment mega influencer.

Engagement yang didapat juga akan lebih banyak. Terlebih selebgram yang termasuk dalam kategori ini cenderung akan selalu mendapat respon atau interaksi dari pengikutnya ketika memposting sesuatu. Oleh karenanya hal ini akan sangat efektif bagi perusahaan yang ingin memasarkan produknya melalui mega influencer.

Popularitas Tinggi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa mega influencer ini merupakan selebriti yang memiliki pengikut lebih dari satu juta. Secara otomatis banyak orang yang sudah mengenalnya. Populartis mereka pun tak perlu diragukan lagi.

Secara tidak langsung ketika kamu menggunakan jasa mega influencer, brand yang kamu promosikan juga akan memiliki popularitas yang sama dengan artis tersebut. Semakin berkualitas mega influercer yang kamu gunakan, akan semakin terbentuk pula citra brand yang kamu bangun.

Popularitasmu tidak hanya akan diakui oleh follower influencer tersebut. Namun juga masyarakat luas. Apalagi jika kamu menggunakan mega influencer tersebut sebagai brand ambassador. Nilai produkmu akan setara dengan influencer itu.

Sebagai contoh kamu menggunakan Maudy Ayunda untuk mempromosikan produk kecantikanmu. Secara tidak langsung masyarakat akan menilai jika produkmu memiliki nilai dan kualitas yang tinggi. Popularitasnya akan setara dengan Maudy Ayunda.

Bepengalaman dalam Pembuatan Konten Promosi

Sebelumnya sudah dijelaskan jika pengalaman dan jam terbang mega influencer ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Mega influencer sudah terbiasa menangani endorstment. Mereka sangat berpengalaman untuk membuat konten promosi.

Sebab mereka juga sering bekcimpung di dunia entertainment. Oleh karena itu pasti mereka sudah tidak asing lagi dengan kegiatan atau pembuatan konten promosi.

Nah, itulah beberapa kelebihan yang dimiliki mega influencer. Meskipun memiliki banyak kelebihan, namun jangan salah bila influencer yang satu ini juga memiliki kekurangan. Berikut beberapa kekurangan mega influencer yang perlu kamu ketahui. Apa saja?

Kekurangan Mega Influencer

Memiliki banyak pengikut bukan berarti akan selamannya menguntungkan. Ternyata menggunakan jasa influencer ini juga memiliki banyak kekurangan. Sebelum kamu memutusakan untuk menggunakan jasa mega influencer, berikut kekurangannya yang perlu kamu ketahui.

Biaya Mahal

Kekurangan pertama adalah biaya mega influencer cukup mahal. Tak heran karena jam terbang dan pengalaman yang mereka miliki juga cukup tinggi. Pengikut mereka pun juga cukup banyak. Sehingga kebanyakan mereka juga memasang tariff yang sesuai.

Oleh karena itu bila kamu baru memulai usaha dengan modal yang pas-pasan, memilih influencer tersebut sebagai sarana endorstment sangat tidak disarankan. Sebab akan membuang banyak budget.

Biasanya yang menggunakan jasa para influencer ini adalahpara pemilik brand-brand besar. Sebab mereka memiliki budget untuk promosi yang cukup besar. Selain itu popularitas yang cukup tinggi juga dinilai sebagai hal yang cukup sepadan.

Jangkauan Kurang Tertarget

Kekurangan selanjutnya yaitu jangkauan kurang tertarget. Saking banyaknya pengikut influencer tersebut, biasanya jangkauannya kurang tertarget. Para mega influencer juga memiliki profil yang berbeda-beda.

Hal inilah yang membuat jenis influencer satu ini kurang cocok untuk meningkatkan penjualan. Namun bila tujuan dari campaign-mu adalah awareness dan branding, maka mega influencer akan sangat cocok.

Sebab pengikutnya yang banyak akan mengenal brandmu. Bahkan bila para pengikut mereka loyal, mereka pun tidak akan ragu untuk langsung mengikutimu. Namun jika untuk meningkatkan penjualan, kamu perlu berpikir ulang jika menggunakan jasa influencer yang satu ini.

Kemungkinan Adanya Haters

Semakin tinggi pohon, akan semakin besar pula angin yang menerjangnya. Begitulah unkapan yang pas untuk menggambarkan mega influencer. Semakin banyak pengikutnya, maka akan besar pula potensi untuk mendapatkan banyak haters.

Ketika influencer tersebut memiliki banyak haters, maka kamu juga perlu hati-hati. Sebab haters akan cenderung membenci segala hal yang dilakukan oleh influencer tersebut. Termasuk ketika mereka melakukan endorsement.

Bisa-bisa produkmu akan dinilai negatif oleh haters tersebut. Bahkan yang lebih parahnya lagi bisa saja haters tersebut juga akan membenci produkmu. Jadi kamu harus sangat selektif ketika memilih influencer yang tepat. Bukan hanya sekedar memiliki banyak follower saja.

Lantas bagaimana dong cara memilih mega influencer yang baik? Tenang, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti dan praktekkan.

Tips Memilih Mega Influencer

Biar nggak salah pilih dan berujung merugi, kamu harus sangat selektif ketika memilih mega inflencer. Perhatikan beberapa faktor dan kamu harus melakukan riset terlebih dahulu. Dengan begitu kamu akan mengetahui apakah influencer tersebut cocok untuk kamu gunakan atau tidak. Berikut beberapa indicator yang perlu kamu kertahui.

Pilih Influencer yang Profesional dan Kooperatif

Tips yang pertama adalah kamu harus memilih influencer yang professional dan kooperatif.  Pengikut yang banyak tidak menjamin influencer tersebut cukup koopertif dan professional. Ada berapa mega influencer yang aji mumpung.

Mereka mendadak viral dan memiliki banyak follower. Biasanya tipe yang satu ini akan terjangkit star sindrom. Mega influncer yang seperti ini cukup sulit untuk diajak kerjasama. Sebab mereka belum terbiasa dan jam terbang mereka juga cukup kurang.

Sehingga kamu perlu memilih influencer yang benar-benar professional dan tidak memiliki star sindrom. Sebab dengan begitu kamu akan dengan mudah berkoordinasi. Jam terbang mereka yang tinggi juga akan memberikan ide-ide baru yang cukup fresh.

Sehingga kamu akan menemukan win win solution. Selain itu untuk hasil akhir dari kerjasama tersebut juga tidak perlu diragukan lagi. Hasilkan akan berpotensi memuaskan. 

Sesuaikan dengan Value Brand Kosmetikmu

Tidak semua mega influencer bisa kamu gunakan untuk promosi. Tips selanjutnya adalah memilih mereka berdasarkan nilai atau value yang dimiliki. Apalagi bila kamu ingin mempromosikan kosmetik.

Pilih influencer yang sesuai dengan value kosmetik yang kamu miliki. Bukan hanya sekedar melihat kecantikan atau penampilan mereka saja. Namun value yang diusung juga harus diperhitungkan.

Dengan memikirkan value, kosmetikmua tidak hanya dinilai sebagai produk kecantikan saja. Namun juga memiliki nilai lebih dari kosmetik lain. Sehingga pandangan positif masyarakat terhadap kosmetikmu akan terbentuk.

Pilih Influencer dengan Engagement Rate yang Baik

Semakin banyak pengikut yang didapat, biasanya akan semakin jarang pula interaksi antara mega influencer tersebut dengan para follower. Sehingga engagement yang didapatkan juga akan berkurang.

Oleh karena itu untuk memilih influencer yang tepat, kamu perlu mengetahui engagement influencer tersebut. Jika setiap memposting sesuatu mereka mendapat engagement yang baik, maka influencer tersebut bisa menjadi pilihan.

Engagement sendiri bisa dilihat dari interaksi audience dengan influencer tersebut. Mulai like, komentar hingga share yang didapat.

Pilih Influencer dengan Reputasi Sosial yang Baik

Tips terakhir adalah pilihlah influencer yang memiliki reputasi sosial yang baik. Seperti yang telah dijelaskan sebelumya bahwa mega influencer juga akan memberi pengaruh reputasi terhadap brand yang dipromosikan.

Untuk mendapatkan reputasi yang baik, kamu juga harus menggunakan influencer yang baik pula. Supaya brandmu mendapat populartis yang sama.

Nah, itulah beberapa pengertian dan tips memilih mega influencer yang perlu kamu ketahui. Biayanya yang besar membuat jenis influencer ini tak begitu sering pebisnis baru dan pelaku UMKM gunakan. Sebab, meski jangkauannya cukup luas dan kontennya terbilang lebih profesional, namun biaya yang mereka keluarkan akan terlalu besar untuk hasilnya yang cenderung ‘sesaat’.

Untuk itu, Beautypreneurs, belajar dari pengalaman tersebut kamu harus bisa menentukan jenis influencer mana yang cocok untuk kamu gunakan. Pertimbangkan juga bagaimana penerimaan masyarakat, budget yang kamu miliki, dan efeknya pada bisnismu nantinya.

Nah, sampai sini dulu pembahasan kita soal mega influencer. Kamu bisa cari tahu lebih banyak soal influencer marketing di video berikut ini.

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Leave a Comment