Panduan Audit SEO untuk Maksimalkan Peforma Website Bisnismu
Tak bisa dipungkiri bahwa website menjadi salah satu indicator yang cukup penting dalam digital marketing. Semakin sukses dan mendapat banyak pengunjung website yang kamu kembangkan, maka strategi promosimu juga berhasil. Nah, untuk dapat mengetahui hal itu, kamu bisa mengikuti panduan audit SEO berikut ini.
Oleh karena itu para pengembang website melakukan beragam cara untuk mendatangkan banyak pengunjung. Mungkin bagi para pelaku digital marketing sudah tidak asing dengan istilah Search Engine Optimization atau biasa disebut dengan SEO.
SEO diklaim menjadi salah satu strategi yang cukup efektif untuk mendatangkan banyak pengunjung ke website. Sebab dengan mengoptimasi SEO, algoritma mesin pencarian akan dengan mudah bisa mengidentifikasi keberadaan websitemu.
Konten yang kamu buat juga akan berpotensi menjadi rekomendasi atau rangking teratas di halaman Google. Seperti yang diketahui bahwa para pengguna internet cenderung akan memilih artikel atau konten dengan peringkat teratas.
Sebab dinilai lebih cepat dan efektif untuk menjawab pertanyaan yang mereka cari. Oleh karena itu para pengembang website memilih strategi SEO untuk mengoptimalkan website. Perlu diketahui bahwa tidak hanya membuat artikel berada di peringkat pertama saja, namun kamu juga perlu mengoptimalkan SEO. Kamu bisa melakukan hal itu lewat panduan audit SEO.
Apa itu audit SEO? Dan mengapa kita perlu melakukannya? Well, untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut simak artikel ini hingga selesai ya. Selamat membaca!
Apa Itu Audit SEO?
Para pengembang website pasti sudah tidak asing dengan istilah yang satu ini. Tapi untuk kamu yang belum tahu jangan khawatir. Audit SEO merupakan sebuah kegiatan untuk menganalisa performa website untuk memastikan seberapa baik performanya di pencarian Google.
Secara singkatnya audit SEO ini juga bisa dibilang kegiatan menevalusi website yang berfokus pada SEO. Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kesalahan-kesalahan pada website yang didasarkan pada SEO.
Melalui kegiatan ini kamu juga bisa mengetahui alasan mengapa websitemu tidak pernah muncul di halaman pertama Google. Dengan melakukan audit SEO, kamu bisa langsung memperbaiki kesalahan tersebut dan bisa bersaing lagi dengan kompetitor.
Jika kegiatan audit ini dilakukan dengan rutin, maka akan membawa dampak yang cukup positif. Baik dari segi penjualan maupun branding. Sebab kamu akan mengetahui kelemahan dan kesalahan dari strategi yang kamu buat.
Audit SEO bertujuan untuk..
Selain itu audit SEO juga memiliki berbagai tujuan lain. Berikut daftarnya:
- Membandingkan website-mu dengan kompetitor.
- Mengidentifikasi masalah yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan, dan bagaimana caranya.
- Mendapatkan gambaran umum mengenai SEO website-mu.
- Menemukan kelemahan website-mu.
Memecahkan masalah audit dalam waktu bersamaan memang cukup susah. Namun alih-alih tidak dilakukan, kamu bisa menyelesaikannya dalam waktu berkala.
Dengan begitu kamu bisa memperbaiki kesalahan yang ada. Perlu diingat ya, bahwa untuk hasil yang maksimal kamu harus melakukan audit SEO secara rutin dan berkala.
Nah, itulah pengertian audit SEO yang perlu kamu ketahui. Lantas sebenarnya penting nggak sih melakukan audit SEO itu? Simak penjelasannya berikut, ya.
Baca Juga: Panduan Lengkap Seo untuk Pemula, Trik Biar Toko Online Kian Ramai
Pentingnya Melakukan Audit SEO
Jika ditanya apakah melakukan audit SEO itu penting? Jawabannya penting banget. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa audit SEO memiliki tujuan besar untuk mengembangkan website.
Jika kamu tidak melakukan audit SEO, maka kecil kemungkinannya websitemu akan muncul di halaman pertama mesin pencarian.
Selain itu ada beberapa alasan lain yang mendasari bahwa penting melakukan audit SEO. Berikut penjelasan selengkapnya.
Mengetahui Adanya Masalah Teknis pada SEO
Dengan melakukan audit SEO, kamu bisa mengetahui adanya masalah teknis pada SEO. Semakin cepat masalah tersebut diketahui, maka semakin cepat pula kamu untuk memperbaikinya. Jika permasalah tersebut tidak kunjung diketahui, resikonya Google tidak akan mengidentifikasi websitemu.
Apabila websitemu tidak teridentifikasi, maka tidak akan masuk di halaman utama pencarian dan kamu akan sepi pengunjung. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahui masalah yang ada.
Biasanya masalah yang muncul di website antara lain kecepatan website, halaman eror, URL website yang terlalu rumit, dan lain-lain.
Mengindetifikasi Masalah On-Page maupun Off-Page SEO
Alasan selanjutnya mengapa audit SEO penting adalah dapat mengidentifikasi masalah on page maupun off page SEO dengan baik. Dengan melakukan audit, kamu bisa mengetahui apakah meta describsionnya perlu ditingkatkan, atau internal linknya kurang maksimal.
Tak hanya itu, kamu juga bisa mengidentefikasi performa dari backlik. Apakah backlink yang kamu lakukan efektif atau justru sebaliknya. Memperbaiki hal-hal tersebut juga berarti mengembangkan performa websitemu.
Memudahkan dalam Membangun Strategi Konten
Selain kedua alasan tersebut, audit SEO juga sangat berguna untuk membangun strategi konten. Dari evaluasi yang dilakukan kamu bisa menilai konten mana saja yang cukup sukses, dan mana saja yang tidak. Dari hasil evaluasi itu kamu bisa menyusun strategi baru.
Yakni dengan mengembangkan konten yang sukses, dan memperbaiki konten yang gagal. Strategi konten yang baik dan matang juga akan sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Selain itu dengan melakukan audit SEO, kamu juga bisa mengetahui akar permasalahan dari website.
Mulai dari teknis SEO, on page dan off page, atau bahkan masalah UX design. Tak hanya itu, kamu juga bisa mendapatkan data-data penting lainnya. Misalnya berapa banyak pengunjung yang datang, jumlah pencarian berdasarkan kata kunci tertentu dari Website-mu, dan banyak lainnya.
Seperti data pengunjung, search volume dari keyword tertentu.
Nah, itulah alasan mengapa audit SEO sangat penting untuk dilakukan. Selanjutnya seperti apa sih langkah-langkah melakukan audit SEO itu? Berikut panduan lengkapnya untukmu.
Panduan Melakukan Audit SEO
Setelah mengetahui peranan penting audit SEO, kini saatnya kita beranjang ke langkah-langkahnya. Bagaimana sih melakukan audit SEO itu? Mungkin bisa dibilang bahwa melakukan audit SEO cukup rumit. Sebab ada banyak langkah yang harus kamu lakukan. Berikut panduannya.
Lakukan Pengecekan Desain Mobile-friendly
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah melakukan pengecekan desain mobile friendly. Seperti yang diketahui bahwa saat ini sebagian besar orang sudah mempunyai smarthphone. Mereka mengakses segala sesuatu dari mobile.
Sebab hal tersebut terbilang lebih efektif daripada menggunakan PC atau computer. Oleh karena itu penting sekali untuk melakukan desain mobile friendly. Untuk mengetahui apakah websitemu mobile friendly atau tidak, kamu bisa melakukan dengan tools Google.
Yakni Google’s Mobile-Friendly Tool. Kemudian masukkan situsmu di kolom yang tersedia. Tools tersebut akan memberitahu apakah websitemu cukup efektif jika diakses melalui mobile atau tidak. Jika tidak, mereka akan memberitahumu apa saja yang perlu diperbaiki.
Pastikan Webite Terindeks oleh Google
Selanjutnya adalah kamu harus memastikan apakah websitemu terideks oleh Google atau tidak. Hal ini cukup penting dilakukan, sebab jika tidak, websitemu tidak akan masuk pada halaman pertama Google. Bahkan yang lebih parahnya tidak muncul sama sekali di internet.
Untuk mengeceknya, kamu bisa menggunakan file robot.txt, pastikan pada halaman-halaman penting sudah tersetting “allowed”. Selain itu kamu juga bisa mengeceknya lewat site:namadomain.com untuk mengetahui jumlah index website.
Perbaiki Kecepatan Website
Langkah ke tiga yang harus kamu lakukan adalah memperbaiki kecepatan website. Tentu saja website yang lemot akan membuat penggunanya jenuh dan meninggalkan halaman. Hal tersebut bisa meningkatkan bounce rate.
Jika bounce rate tinggi, hal tersebut akan berdampak buruk pada website. Untuk mengetahui performa kecepatan website, kamu bisa mengeceknya melalui PageSpeed Insights.
Selain itu, agar websitemu tidak lemot, kamu juga perlu melakukan optimasi gambar. Salah satunya, dengan memperhatikan ukuran file gambar, karena jika terlalu besar akan memengaruhi kecepatan akses Website juga.
Tak hanya itu, kamu juga harus meng-update hosting-mu agar memori penyimpanannya lebih banyak. Sehingga masalah kecepatan website-mu bisa teratasi.
Cek Link Bermasalah
Panduan audit SEO selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengecek link yang bermasalah. Link yang rusak atau bermasalah dapat memberikan pengalaman buruk bagi pengguna internet. Mereka akan kecewa karena tidak bisa menemukan jawaban dari pertanyaan yang mereka cari.
Selain itu link yang rusak juga dapat membuat score SEO menjadi buruk. Sehingga akan sangat berpengaruh terhadap performa website. Bahkan broken link juga membuat indexing website menjadi lambat karena crawl budget habis. So, lakukan audit SEO secara rutin ya.
Analisis Trafik Organik
Menganalisis traffic organic adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan dalam audit SEO. Kamu bisa mengecek apakah traffic dalam websitemu mengalami penurunan atau tidak. Jika menurun, maka kamu harus segera mencari sumber masalah dari penurunan tersebut.
Sebab bisa saja sumber penurunan itu adalag penerapan SEO yang kurang tepat. Namun jika traffic organic terus meningkat, kamu bisa terus mengembangkannya. Yakni dengan mengetahui sumber peningkatan dan menjadikannya strategi pengembangan webstite.
Tingkatkan SEO On Page
Langkah selanjutnya adalah meningkatkan SEO on page. Sebab hal ini bisa jadi sumber masalah mengapa traffic websitemu mengalami penurunan. Beberapa hal yang perlu kamu cek adalah judul artikel, URL permalink, internal link, keyword target, meta description, search intent, heading, keyword turunan dan image.
Pastikan semua hal tersebut sesuai dengan kaidah SEO. Dengan begitu potensi artikelmu untuk terbaca algoritma Google pun akan semakin tinggi. Pastikan juga bahwa poin-poin tersebut sudah teroptimasi dengan baik agar bisa bersaing di SERP Google.
Analisa Backlink Website
Berikunya adalah kamu harus menganalisa backlink website. Seperti yang telah kamu ketahui bahwa backlink merupakan salah satu strategi off page yang dapat meningkatkan website di Google. Oleh karena itu kamu perlu mengauditnya secara berkala.
Ketahuilah backlink yang berkualiatas yang menuju websitemu. Analisa link-link tersebut. Jika ada link yang kamu rasa kurang berkualitas atau rendah, jangan ragu untuk menghapusnya.
Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas dan Manfaatnya untuk Bisnis
Lakukan Analisa Kompetitor
Panduan audit SEO terakhir yang bisa kamu lakukan adalah melakukan analisa terhadap kompetitor. Seperti yang kamu ketahui bahwa mengetahui performa kompetitor cukup penting. Dengan hal tersebut kita bisa menilai mana saja yang kurang dari website kita.
Kamu bisa melihat bagaimana performa website kompetitormu. Termasuk strategi apa yang mereka gunakan. Dengan begitu kamu mempunyai catatan mana saja yang harus kamu tingkatkan dan mana yang kamu buang.
Tak hanya itu, dengan melakukan analisa kompetitor, kamu juga bisa mengetahui dan memiliki inspirasi tentang konten apa yang bagus untuk dibuat. Namun perlu kamu ingat, bahwa riset ini hanya bisa kamu jadikan inspirasi, ya.
Ingin tahu pentingnya riset kompetitor dan cara melakukannya? Simak di sini, ya!
Nah, itu beberapa panduan audit SEO yang perlu kamu lakukan. Ketika kamu benar-benar melakukan beberapa panduan di atas, kamu bisa menemukan masalah pada Website bisnismu dan mengoptimalkannya kembali. Dengan begitu, Website bisnismu akan berhasil terindeks dengan maksimal dan mendapatkan posisi terbaik di hasil pencarian Google.
Selain tips di atas, kamu bisa menemukan berbagai artikel menarik tentang panduan promosi digital dan membangun bisnis kosmetik lainnya di laman Berita Terkini. Atau, kamu bisa meninggalkan pertanyaan di kolom komentar agar kami tahu apa yang kamu butuhkan. See you, Beautypreneurs!