Ketahui Berbagai Perbedaan Brand dan Merk Serta Pentingnya Untuk Bisnis

perbedaan brand dan merk (2)

Brand dan merk adalah dua jenis istilah yang memiliki makna berlainan. Sayangnya tak banyak pebisnis yang mengetahui perbedaan brand dan merk, serta bagaimana posisi keduanya dalam bisnis.

Kedua istilah ini adalah salah satu istilah dalam bisnis yang familiar di tengah masyarakat. Hampir setiap obrolan akan membawa paling tidak salah satu istilah di dalamnya. Namun, sebagian besar masyarakat menganggap kedua istilah ini adalah hal yang bermakna sama hingga sering salah dalam pengaplikasiannya.

Brand dan merek bukan hanya berbeda tetapi juga memiliki makna yang lebih dalam lagi. Jika kamu berencana untuk terjun dalam dunia bisnis meski dalam skala kecil. Kamu wajib untuk memahami masing-masing definisi dan perbedaan kedua istilah ini.

Nah, berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai perbedaan brand dan merk, hubungan di keduanya hingga fungsinya untuk bisnis. Meski keduanya saling berhubungan, penting untuk memahami keduanya agar dapat menerapkannya dengan tepat dan mendapatkan manfaatnya!

Pengertian Brand dan Merk

perbedaan brand dan merk (2)

Sebelum membahas perbedaan brand dan merk lebih dalam, kita bahas terlebih dahulu pengertian kedua istilah ini terlebih dahulu. Simak baik-baik, ya!

Apa Itu Merk?

Merek adalah istilah yang sering disalahartikan sebagai brand. Karena sejatinya, ketika kata brand diartikan secara harfiah, arti yang muncul adalah sebagai padanannya dalam bahasa Indonesia adalah merek. Namun, di dalam lingkup bisnis merek memiliki arti yang berbeda dengan brand.

Berdasarkan definisi dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, merek diartikan sebagai tanda dari pemilik bisnis untuk suatu produk yang diproduksi dan/atau dipasarkannya. Merek bisa hadir dalam bentuk tulisan, simbol atau logo tertentu, atau gabungan dari keduanya.

Merek bagi sebuah produk berfungsi sebagai penanda atau pembeda dengan produk lain dengan jenis sama. Misalnya pada produk pewarna bibir atau lipstick.

Terdapat banyak perusahaan yang memproduksi produk seperti ini, bahkan warna dan fungsinya sama. Jika tidak ada merek yang dipasang di kemasannya, konsumen akan sulit untuk membedakan produk dari masing-masing perusahaan.

Oleh karena itu, setiap perusahaan memberikan merek pada produk mereka agar memudahkan konsumen dalam memilih produk yang ingin mereka beli.

Apa Itu Brand?

Makna untuk istilah brand ternyata memiliki arti lebih dalam. Untuk menjawa pertanyaan apa itu brand, American Marketing Association menjelaskan definisi brand sebagai pengalaman secara keseluruhan yang didapat konsumen yang membedakan suatu produk atau jasa dengan pesaingnya.

Definisi tersebut sesuai dengan penggambaran kata brand pada saat ini yang mana bisnis membutuhkan lebih dari sekadar nama dan logo agar dapat bersaing. Di tengah padatnya persaingan, bisnis harus memberikan sesuatu yang lebih agar bisa sukses.

Saat ini, bisnis harus memegang identitas masing-masing yang bisa diapresiasi oleh konsumen agar produk bisa terjual. Hal ini dikarenakan, konsumen menuntut lebih dari produk berkualitas dalam berbelanja.

Mereka menginginkan pengalaman berbelanja yang membuat mereka puas dan senang atau saat mereka menggunakan produk tersebut.

Simpulannya, brand bukan sekadar nama atau tulisan atau logo yang bisa dibuat dan diletakkan di atas suatu produk atau layanan. Brand adalah ‘image’ bahkan nilai bagi suatu produk. Sehingga, brand akan menjadi ciri khas atau karakter bagi suatu produk, meski nantinya brand tersebut menciptakan lebih dari satu merek.

Brand dalam sebuah bisnis mengacu pada nilai esensial yang lebih besar, keistimewaan, kepercayaan, karakter, kualitas, kepercayaam dan keunggulan yang diakui oleh konsumen dan masyarakat luas.

Perbedaan Brand dan Merk

Dari kedua definisi brand dan merek di atas, apakah kamu sudah bisa menggambarkan bagaimana perbedaan brand dan merk?

Jadi, merek memiliki fungsi hanya sebagai nama atau bagaimana suatu produk disebut, sedangkan brand berperan mewakili atau menciptakan kepercayaan, keyakinan, keunggulan hingga daya tarik suatu produk di mata konsumen dan pasar.

Jika diibaratkan sebagai seorang manusia, maka merek adalah nama orang tersebut. Sedangkan brand adalah bagaimana orang itu dikenal baik karena kepribadiannya, visi dan misi yang ia miliki, bagaimana berinteraksi dengan orang lain, kesan yang ia berikan dan sebagainya. Dengan kata lain, bagi manusia tersebut brand adalah citra diri.

Selain itu, perbedaan lainnya mengenai brand dan merek, merek hanya sebuah nama yang kamu dapatkan dengan cara didaftarkan.

Sedangkan brand harus diciptakan dengan usaha dan kesungguhan. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi brand di antaranya kualitas, harga, pengalaman dan kepuasan yang didapat pelanggan, bagaimana pelanggan mendapat pelayanan, metode promosi dan masih banyak lagi.

Pentingnya Brand Bagi Merk

Dari pemahaman yang sudah didapat dari penjelasan mengenai brand dan merek serta perbedaan dari kedua istilah ini maka kamu sudah bisa menggambarkan bagaimana pentingnya brand bagi merek.

Merek adalah sekadar nama yang telah didaftarkan. Sedangkan brand, adalah identitas sebenarnya yang akan dikenal konsumen hingga masyarak secara umum.

Nama hanya akan menjadi awal dari perjalanan bisnismu, hanya dengan nama konsumen tidak akan memahami identitas yang sebenarnya. Apa yang membedakanmu dengan yang lain dan apa yang lebih baik darimu dibanding yang lain.

Maka dari itu, kamu perlu membangun brand sekuat mungkin untuk bisnismu bukan sekadar memiliki nama merek. Lalu bagaimana membangun idenditas atau brandmu sendiri?

Brand dapat dibangun melalui pengalaman dan kepuasan pelanggan akan produk, layanan atau jasa dari bisnismu. Semakin tinggi tingkat kepuasan maka jalan bisnismu akan terbuka semakin lebar.

Meski brand memiliki makna yang lebih dalam, brand dan merek sama-sama penting dalam bisnis. Merek diciptakan sebagai pembeda agar mudah diidentifikasi.

Sedangkan brand berperan untuk melengkapi merek tersebut dengan value yang istimewa agar membuat merek tersebut lebih berharga dan bernilai di mata konsumen.

Ketika brandmu sudah sudah diakui dan dikenal luas, tak sedikit orang yang bersedia membayar lebih mahal untuk mendapatkan pengalaman belanja untuk mendapatkan produk dengan merekmu.

Ada daya tarik dan kepuasan lain bagi konsumen ketika dapat membeli produk dengan branmu dibanding produk berjenis sama dari brand lain.

Tentu saja semua itu akan terwujud jika kamu bisa memberikan kualitas, keunggulan, ciri khas, dan pelayanan terbaik sesuai permintaan dan kebutuhan konsumen. Logo yang ikonik ataupun tagline yang menarik tidak akan berpengaruh apa-apa jika pelayanan dan kualitasmu tidak sebaik apa yang kamu janjikan.

6+ Fungsi Penting Brand untuk Bisnis

cara membuat sampo herbal

Setelah mengetahui apa saja perbedaan brand dan merk, kamu pasti sudah bisa membedakannya sekarang.

Brand sendiri memiliki fungsi yang penting untuk bisnis, apa saja? Simak daftar dan penjelasannya berikut ini, Beautypreneurs!

Membantu Tingkatkan Reputasi Bisnis

Ciptakan brand image yang kuat di benak konsumen salah satunya dengan membuat logo atau tagline. Logo dan tagline yang unik, khas, menarik, dan berkesan akan memberikan kesan kuat pada konsumen. Dengan begitu produk dari brandmu lebih mudah diterima, diingat, dan dikenali hingga konsumen tak segan bahkan untuk merekomendasikan.

Sebagai Investasi Bisnis

Brand yang telah dikenal dan memiliki karakter kuat sangat membantu bisnis dalam meningkatkan reputasi. Selanjutnya, akan lebih mudah bagi perusahaan untuk menambah servis.

Mudah Mendapat Konsumen Baru

Sudah bukan rahasia, sebagian besar konsumen memilih produk berdasarkan brand sebelum kualitas. Beberapa alasannya karena loyalitas, rasa percaya, hingga untuk meningkatkan gengsi. Bahkan ketika kamu sudah memiliki brand yang kuat, kamu akan lebih mudah mendapat konsumen ketika kamu meluncurkan produk jenis baru.

Meningkatkan Kebanggaan dan Kepuasan Karyawan

Karyawan yang bekerja di perusahaan dengan brand yang kuat akan dengan sendirinya menyatukan visi dan misi dengan perusahaan. Kondisi ini akan membuat karyawan bekerja dengan nyaman dan semakin meningkatkan kepercayaan pada perusahaan.

Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Perusahaan

Untuk melakukan sebuah kerjasama bisnis, orang akan lebih memilih untuk bekerjasama dengan perusahaan yang telah memiliki brand yang kuat. Salah satu alasannya adalah tingkat kesuksesannya lebih tinggi karena produk dan jasa yang terpercaya dan lebih mudah mendapat konsumen.

Membantu Periklanan Bisnismu

Ketika brand sudah terbangun kuat di benak konsumen, kamu tidak lagi harus berusaha keras dalam melakukan promosi. Kamu akan lebih mudah dalam membuat iklan dengan hasil yang tak perlu diragukan.

Contoh Penjelasan Tentang Perbedaan Brand dan Merk

Sebagai gambaran besar perbedaan brand dan merk, simak contohnya berikut ini!

MAC Cosmetics

Siapapun di seluruh dunia pasti pernah mendengar nama tersebut paling tidak sekali seumur hidup. Make-up Art Cosmetics atau lebih dikenal sebagai MAC Cosmetics merupakan brand sekaligus merek dari produk tersebut. Lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan dari dua sisi dari MAC Cosmetics:

Merek

Dari kacamata masyarakat umum dari segi merek, MAC adalah nama dari berbagai jenis produk kosmetik berupa lipstik, bedak dan lain-lainnya. Produk dengan merek ini dikenal mahal namun dapat menghasilkan riasan yang bagus dan berkualitas di tangan yang tepat. Selain itu, MAC Cosmetics menyediakan pilihan kosmetik yang sangat beragam hingga sesuai digunakan siapapun di seluruh dunia.

Sebagai sebuah merek, MAC Cosmetics adalah bagian dari Estée Lauder Companies, perusahaan multinasional asal Amerika. Perusahaan ini memproduksi dan memasarkan produk-produk kecantikan mewah seperti parfum, kosmetik, perawatan kulit dan perawatan rambut.

Brand

Sedangkan dari sudut pandang Brand, MAC Cosmetics bukan sekadar alat berias namun sebuah alat yang dapat mendukung setiap individu untuk menonjolkan idealisme mereka melalui makeup. Bagi pecinta makeup atau pelaku seni rias serta orang dengan profesi ini, MAC Cosmetics identik dengan kualitas produk yang tinggi. Meski cocok untuk siapa saja, namun umumnya banyak digunakan oleh profesional..

Ketika kamu melihat logo kosmetik ini di antara koleksi alat makeup milik seseorang, yang ada dipikiranmu bukan sekadar produk kosmetik dengan jenis atau warna tertentu. Justru pengalaman dan kepuasan konsumen dari hasil mengaplikasikan produk tersebut serta keprofesionalitasan atau kemampuan dalam memakai alat makeup dari pemiliknya.

Sebagai simpulan dari penjelasan di atas, jika melihat MAC Cosmetics dari segi merek, produk-produk MAC sudah pasti memiliki harga yang tinggi. Sedangkan dari segi Brand, MAC Cosmetics memberikan identitas tersendiri bagi pemiliknya sebagai profesional yang dapat menghasilkan hasil riasan memuaskan. Hanya MAC Cosmetics yang dapat memuaskan keinginan konsumen dalam memilih kosmetik untuk berekspresi sesuai idealisme mereka tanpa batas.

Dari penjelasan mengenai perbedaan brand dan merk di atas, apakah kamu sudah mendapat gambaran yang lebih jelas mengapa brand dan merek berbeda?

Setelah mengetahui bedanya hingga peran masing-masing dalam bisnis, tentu kamu akan semakin mudah menerapkannya untuk meningkatkan bisnismu. Kamu juga bisa belajar dari berbagai brand dan merek kosmetik lain dan cara mereka membuat image kuat untuk brand yang mereka ciptakan.

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment