Intip Peluang Bisnis Produk Perawatan Jenggot yang Legit dan Menjanjikan!

produk perawatan jenggot sampul

Jika wanita menganggap rambut sebagai mahkotanya, maka pria mungkin menganggap jenggot sebagai lencananya. Jenggot atau brewok menjadi sebuah kebanggaan tersendiri yang hanya dimiliki kaum adam. Nah untuk membuat brewok atau jenggot ini maksin seksi, butuh produk perawatan yang tepat. Apa saja?

Memiliki jenggot juga dianggap sebagai simbol maskulinitas bagi pria. Tak heran bila pria rela merogoh koceknya untuk membeli berbagai produk perawatan jenggot demi mendapatkan look sesuai keinginannya.

Berangkat dari gambaran tersebut, permintaan pasar terkait beard grooming product, bisa menjadi celah yang menguntungkan untuk memulai bisnis personal care product khusus pria. 

Penasaran produk beard grooming apa saja yang para lelaki butuhkan? Dan bagaimana peluang bisnisnya?

Jangan lewatkan informasinya dengan membaca artikel ini sampai habis, ya.

Jenis Produk Perawatan Jenggot yang Wajib Kamu Tahu

Sebelum menggali lebih jauh tentang peluang bisnis produk beard grooming, kamu harus tahu dulu produk-produk apa saja yang banyak konsumen cari di pasaran. Berikut ini ulasannya.

produk perawatan jenggot

Beard Wash

Produk perawatan jenggot yang pertama adalah beard wash (beard shampoo). Sesuai namanya, beard wash adalah sampo yang dibuat khusus untuk mencuci jenggot.

Formulasi dan bahan-bahan yang digunakan juga tidak sama dengan sampo biasa. Beard wash yang baiknya umumnya memakai bahan yang bertujuan untuk melembabkan dan menguatkan folikel jenggot.

Saat ini beard wash mulai banyak dijual di pasaran dalam berbagai bentuk, baik bentuk cair ataupun padatan (bar).

Ingin tahu lebih banyak soal beard wash, yuk cek di sini.

Beard Conditioner

Tak hanya rambut yang butuh kondisioner, jenggot pun membutuhkannya. Beard conditioner dan beard shampoo ibarat Yin dan Yang. Keduanya perlu berdampingan, jika ingin mendapatkan jenggot yang sempurna.

Beard conditioner dirancang khusus untuk memberikan nutrisi dan kelembapan ekstra setelah mencuci jenggot.

Jenggot berpotensi kehilangan kelembapan setelah dicuci karena penggunaan Ammonium Laureth Sulfate (ALS) dalam beard wash. Makanya kamu tetap perlu kondisioner untuk mengembalikan kondisi jenggot seperti semula.

Beard conditioner biasanya punya dua variasi. Yakni kondisioner bilas dan tanpa bilas. Keduanya memiliki manfaat yang sama, asalkan digunakan sesuai petunjuk penggunaan.

Beard Oil

Banyak anggapan yang beredar bahwa beard oil berguna untuk menstimulasi pertumbuhan jenggot. Kenyataannya, kegunaan dan manfaat beard oil lebih dari itu, loh.

Selain merangsang pertumbuhan rambut, beard oil juga membantu menambah kelembapan kulit di area rahang sekaligus menekan pertumbuhan bakteri di sekitar jenggot.

Beard oil yang baik biasanya terbuat dari essential oil pilihan. Seperti rosemary oil, argan oil, dan jojoba oil.

Tak hanya melembapkan kulit, beard oil juga berguna untuk mengurangi gatal-gatal yang mungkin terjadi karena ketombe. Sehingga produk grooming yang satu ini, pantang untuk dilewatkan.

Beard Balm

Beard balm merupakan produk perawatan yang berguna sebagai moisturizer untuk jenggot. Meskipun fungsinya hampir mirip dengan beard oil, beard balm punya beberapa perbedaan.

Beard oil lebih disarankan untuk pria yang jenggotnya baru mulai dirawat. Sedangkan beard balm lebih dianjurkan untuk pria yang memiliki jenggot lebat sekaligus ingin melakukan styling.

Tekstur beard balm yang seperti balsam, membuatnya membutuhkan waktu lama untuk diserap. Namun beard balm bagus dipakai jika kamu ingin kelembapan ekstra yang tahan lama untuk jenggot.

Beard balm yang terbuat dari shea butter atau beeswax lebih baik dibandingkan yang menggunakan petroleum jelly. Karena petroleum jelly justru bisa memicu masalah lain.

Beard Butter

Sampai di sini, kamu mungkin bertanya-tanya apa kegunaan beard butter? Memangnya nggak sama dengan beard balm?

Sebenarnya beard butter punya tekstur yang lebih ringan daripada beard balm. Beard butter juga bisa pengguna aplikasikan setiap hari, khususnya untuk merapikan dan mengkondisikan jenggot. Produk ini umumnya terbuat dari bahan natural seperti shea butter, cocoa butter, atau coconut butter.

Beard Wax

Beard wax memiliki fungsi sebagai pelindung jenggot terhadap kotoran, debu, bahkan angin.

Yup, salah satu keunggulan beard wax adalah mempertahankan hasil styling jenggot. Jadi jenggot kamu tetap kece badai walaupun angin menerjang.

Terlebih jika kamu punya masalah jenggot kering dan bercabang. Beard wax bisa menjadi solusi yang tepat untukmu.

Pentingnya Menggunakan Produk Perawatan Jenggot

Sebagian orang mungkin beranggapan bahwa jenggot hanyalah rambut biasa yang tumbuh di rahang pria. Jadi, nggak perlu kebanyakan treatment untuk merawatnya.

Padahal anggapan tersebut salah besar dan ini alasan kenapa memakai produk perawatan jenggot itu penting.

Mencegah Munculnya Ketombe

Pernah membayangkan ketombe yang biasanya ada di kepala, justru muncul di jenggot kamu? Oh no! Bisa bikin ilfeel, tuh.

Ketombe bisa muncul karena kotoran dan debu yang menumpuk di area jenggot. Selain itu, beard-druff juga bisa terjadi karena infeksi jamur yang tumbuh karena kurangnya kebersihan jenggot.

Untuk mencegahnya, penting untuk selalu rajin mencuci jenggot dengan beard wash. Jangan lupa juga untuk memakai beard oil agar kelembapan kulit lebih terjaga.

Membuat Jenggot Lebih Lembut dan Mudah Diatur

Jenggot yang tidak terawat dengan baik akan tumbuh tidak sehat. Selain itu, setiap helainya terasa kasar, berminyak, dan bercabang pada ujungnya.

Makanya penting untuk menjaga folikel jenggot tumbuh dengan baik. Caranya dengan memberikan nutrisi tambahan, yang bisa kamu dapatkan dari produk perawatan jenggot.

Membuat Jenggot Lebih Tebal

Sebenarnya ketebalan jenggot banyak dipengaruhi dari gen lahir. Jika kamu tidak memiliki keturunan jenggot tebal, mungkin cukup sulit juga untuk mendapatkannya.

Tapi bukan berarti keinginan tersebut mustahil. Kamu tetap bisa kok, mendapatkan jenggot yang lebih tebal asalkan rutin merawatnya dengan beard oil dan beard balm.

Mempermudah Styling

Bagi kamu yang sudah punya jenggot tebal dan panjang, styling jenggot jadi hal yang tak asing lagi.

Nah, jenggot yang sehat dan halus akan mempermudah proses styling kamu. Selain itu kamu juga butuh produk pendukung seperti beard balm, beard butter, dan beard wax.

Mengintip Peluang Bisnis Kosmetik Khusus Pria

Jika kita perhatikan, beberapa waktu belakangan, tren skincare dan produk perawatan diri lainnya terus berkembang pesat di Indonesia. Tak hanya kalangan wanita saja, kaum pria ternyata juga banyak yang mulai perhatian soal grooming.

Ada banyak hal yang memicu meningkatnya peluang bisnis kosmetik khusus pria, termasuk beard grooming product. Salah satunya pengaruh influencer media sosial yang menunjukkan betapa pentingnya perawatan tubuh.

Selain itu, menurut data dari ZAP Beauty Index 2021, hampir 100 persen wanita setuju bahwa pria juga harus melakukan perawatan diri dan menggunakan skincare.

Artinya demand kebutuhan produk kosmetik pria, termasuk beard grooming product, juga akan terus meningkat seiring waktu.

Asumsi ini juga selaras dengan adanya data yang menunjukkan bahwa pasar produk perawatan pria menembus angka USD 55, 87 Miliar di tahun 2021. 

Data lain yang dari laman Kantar Worldpanel menyebutkan, 4 dari 10 pria berusia 13 hingga 24 tahun mengaku telah rutin memakai skincare dalam kesehariannya. Artinya mereka masih akan membutuhkan produk skincare hingga 20 tahun mendatang.

Data-data tersebut mengisyaratkan bahwa peluang bisnis produk perawatan pria masih sangat terbuka lebar. Sebab kesadaran pria tentang pentingnya grooming juga akan terus bertambah, sejalan dengan tren di media sosial.

Cukup menggiurkan, bukan?

Membuat Produk Perawatan Jenggot Sendiri

cara membuat highlighter dengan jasa maklon

Saat berpikir untuk memulai bisnis produk perawatan pria, kamu mungkin ragu karena nggak tahu harus mulai dari mana.

Jangan khawatir, ada Mash Moshem Indonesia yang bisa membantumu dan menawarkan layanan terlengkap di bidang maklon kosmetik. Bersama kami, kamu bisa memulai bisnis kosmetik pria mulai dari produk perawatan jenggot hingga men’s skincare lainnya.

Bahkan sebagai brand owner, kamu juga bisa memilih dan meracik bahan-bahan skincare sesuai keinginanmu bersama tim formulator ahli Mash Moshem Indonesia. Sehingga kamu dapat menciptakan produk sesuai dengan minat, kebutuhan, dan keinginan dari target pasar yang mau kamu raih.

Lebih dari itu, kami juga menawarkan layanan aftersales yang berisi pembuatan berbagai media promosi. Mulai dari pembuatan video produksi, foto produk, brosur atau katalog, hingga Frequently Asked Question (FAQ).

Lantas bagaimana dengan biaya produksinya? Tenang, di Mash Moshem Indonesia, biaya produksi ini dapat kami sesuaikan semaksimal mungkin dengan budget yang kamu miliki.

Menarik, bukan? Yuk, segera hubungi tim pemasaran kami dan tanyakan soal price list produknya dengan klik tombol di bawah ini, ya!

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts

    manfaat kandungan adaptogen dalam skincare

    Manfaat Kandungan Adaptogen dalam Skincare, Apa Saja?

    Tahukah kamu, manfaat kandungan adaptogen dalam skincare ada banyak macamnya. Kandungan ini nggak cuma bermanfaat untuk mempercantik kulit wajah, tetapi juga bisa membantu menyehatkan kulit kamu. Nggak seperti kandungan bahan aktif lainnya, kandungan adaptogen masih jarang dipakai sebagai komposisi...

    Continue Reading