Maklon Skincare untuk Laki-laki, Ketahui Beda Formula dan Cara Bikinnya Berikut Ini

maklon skincare untuk laki-laki (1)

Ketika kamu baru mulai menjalankan bisnis kosmetik dengan brand sendiri, kamu mungkin memulainya dengan membuat produk perawatan sesuai dengan jenis kulit pada umumnya. Seperti kulit yang kering, sensitif, kombinasi, ataupun berminyak.

Langkah ini tentu sangat bagus sebagai permulaan, karena tidak sebagian besar faktor ini sangat relevan dengan berbagai permasalahan kecantikan kulit yang mungkin terjadi.

Namun, ketika kamu telah mendalami dan mempelajari lebih jauh tentang dunia kosmetik, kamu mungkin tidak bisa mengesampingkan jenis kelamin seseorang. Karena, secara hormonal dan aktivitas sosial yang dilakukan akan cenderung berbeda.

Untuk mengembangkan bisnis kosmetik yang kamu lakukan sekarang, sehingga dapat menjangkau target pasar sebanyak mungkin, maka memperhatikan kebutuhan konsumen laki-laki pun sangat penting.

Nah, berikut ini ada beberapa hal yang menjadikan skincare untuk laki-laki berbeda dengan skincare yang dipakai perempuan. Penasaran? Langsung baca artikelnya sampai habis, yuk!

Alasan Skincare Khusus untuk Laki-laki Diperlukan

beard serum

Meski pada umumnya skincare yang dibuat oleh brand apapun bisa digunakan oleh setiap orang, tanpa memandang jenis kelamin. Namun, persoalan kecocokan produk dengan masalah yang dialami oleh para pria mungkin kurang relevan.

Terlepas dari peranan gender, perempuan dan laki-laki juga memiliki kontruksi biologis dan fisiologis yang berbeda. Nah, hal inilah yang kemudian menyebabkan adanya perbedaan penggunaan produk perawatan tertentu, termasuk skincare untuk laki-laki.

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa skincare untuk laki-laki, perlu diformulasikan dan diproduksi secara khusus. Baca ulasannya sampai habis, ya, Guys!

Perbedaan Tipe Kulit Perempuan dan Laki-laki, Secara Fisiologis

Sebenarnya, untuk membuat produk perawatan kulit tertentu, ada baiknya untuk tidak menggeneralisasi pengalaman kesehatan kulit seseorang.

Karena pada dasarnya kondisi kulit seseorang akan berbeda dengan orang lainnya. Tak peduli berapapun usia mereka, dari manakah asalnya, pun seperti apa mereka mengidentifikasikan gendernya.

Sehingga perbedaan ini akan dilihat dari beberapa perbedaan fisiologis dan anatomis dari lelaki dan perempuan, yang memang ada.

Apalagi kalau mengingat bahwa hormone yang ada pada laki-laki berbeda dengan hormone dalam tubuh perempuan, yang juga akan memperngaruhi penampilan fisik kita nantinya.

Ini pun akan terjadi pada kulit, contoh sederhananya kamu bisa membayangkan kulitmu yang gampang berjerawat dan bermasalah saat hormone stress meningkat. Nah, dalam hal ini ada perbedaan hormone yang sangat berbeda antara perempuan dan laki-laki.Perbedaan hormone ini akan berpengaruh pada mikroorganisme yang secara alami pada kulit kita, yang disebut sebagai microflora.

Keseimbangan microflora ini akan berpengaruh pada kesehatan, kondisi, juga aroma pada kulit kita. Mikroflora pada kulit pria berbeda dengan mikroflora pada kulit wanita, dan dapat bertanggung jawab atas beberapa perbedaan yang terlihat pada kulit.

Perbedaan Jumlah Kelenjar Sebaceous

Sebum adalah zat berminyak yang disekresikan ke kulit kita oleh kelenjar sebaceous. Ini membantu untuk mencegah hilangnya kelembaban, serta melembutkan dan melembabkan kulit.

Baik pria maupun wanita memproduksi dan mengeluarkan sebum. Pria, bagaimanapun, cenderung memiliki lebih banyak kelenjar sebaceous daripada wanita, yang berarti mereka lebih cenderung menghasilkan lebih banyak sebum daripada wanita.

Selain itu, ada hormon androgenic, bahan kimia yang dikeluarkan oleh tubuh, yang meningkatkan aktivitas produksi sebum.

Hormon-hormon ini ditemukan pada pria dan wanita, tetapi pria menghasilkan jumlah hormon androgenik yang lebih tinggi, yang menyebabkan lebih banyak produksi sebum.

Wanita memiliki hormon lain (yang tidak dimiliki pria) yang menyeimbangkan aktivitas hormon androgenik dan dapat mengurangi produksi sebum.

Kadar Kolagen yang Tak Sama

Kolagen adalah protein struktural yang ada di banyak jaringan ikat di tubuh kita. Di kulit, kita menemukan banyak kolagen di lapisan dermis.

Bersama dengan elastin, memberikan struktur, kekuatan, elastisitas dan kekenyalan. Ini juga mempertahankan kelembaban, memberikan kulit kita penampilan montok yang sehat.

Seiring bertambahnya usia, kulit kita menjadi lebih tipis, terutama setelah usia 45 tahun, yang terutama disebabkan oleh hilangnya kolagen. Efeknya terlihat pada kulit seperti garis-garis halus, pembentukan kerutan dan hilangnya elastisitas.

Karenanya penipisan dan pengenduran pada kulit laki-laki akan terjadi lebih rendah, dibandingkan yang dialami oleh perempuan.

Ini dikarenakan kadar kolagen yang ada dalam lelaki cenderung lebih banyak dan kuat, karenanya tidak akan mudah menghilang. Sebab itulah, proses penuaan bisa terjadi lebih cepat pada perempuan dibandingkan dengan laki-laki.

Hal Lain yang Bikin Kondisi Kulit Laki-laki dan Perempuan Berbeda

maklon skincare untuk laki-laki (2)

Selain kondisi fisiologis atau pengaruh hormone di atas, ada hal lain yang bisa membuat kondisi kulit laki-laki dan perempuan berbeda.

Beberapa kondisi kulit memang bisa mempengaruhi lelaki dan perempuan sama besarnya. Misalnya termasuk eksim, psoriasis, dermatitis kontak dan impetigo. Namun, ada beberapa kondisi yang lebih memengaruhi kulit pria daripada perempuan. Seperti yang sudah dirangkum berikut ini.

Iritasi Akibat Pisau Cukur

Karena rambut wajah yang lebih tebal dan sering bercukur, para cowok biasanya mengalami ruam pisau cukur, atau muncul benjolan kecil akibat iritasi. Benjolan, terutama pada pria kulit berwarna, bisa meradang; suatu kondisi yang disebut pseudofolliculitis barbae.

Selain itu, hal ini bisa menimbulkan bekas luka pada kulit. Dan jika tidak diatasi dengan baik, malah akan cenderung susah untuk dihilangkan.

Gaya Hidup yang Berbeda

Untuk membuat produk maklon skincare untuk laki-laki, kamu pun harus memperhatikan bagaimana gaya hidup target konsumenmu. Dengan begitu, produk skincare yang dibuat akan sesuai sasaran dan kebutuhan konsumen.

Misalnya, pada lelaki, produksi kelenjar minyak akan bekerja dua kali lebih banyak pada laki-laki. Meskipun hal ini mungkin tidak memiliki efek dramatis pada kualitas, kesehatan, dan vitalitas kulit.

Namun ini pun jadi sama pentingnya untuk diperhatikan karena dapat menambah atau meningkatkan bau badan yang tidak sedap. Untuk itulah, kamu bisa menemukan dan membuat produk yang tepat untuk konsumen laki-laki yang diinginkan.

Dunia konstruksi, perburuhan, teknik, manufaktur, angkatan bersenjata/tempur dan perikanan, misalnya, cenderung didominasi oleh laki-laki.

Tentu saja ada banyak perempuan yang juga terlibat dalam profesi ini dan banyak pria dalam profesi lain, tetapi dalam industri ini kita cenderung menemukan lebih banyak pria yang terpapar cuaca, iklim, sinar matahari, potensi polutan, kondisi berbahaya dan alat berbahaya, dll.

Semua faktor tersebut bisa menjadi variable yang sangat berpengaruh pada vitalitas dan kondisi kulit seseorang.

Tingkat Kepedulian pada Kesehatan Diri yang Lebih Rendah

Tak bisa dipungkiri, banyak laki-laki yang hingga kini masih mengesampingkan untuk memberikan perlindungan ekstra pada kulit tubuh mereka. Bahkan, tak sedikit juga yang jarang dan merasa tidak perlu menggunakan sunscreen padahal mereka beraktivitas lama di bawah sinar matahari.

Padahal, efek buruk sinar matahari pada kulit tidak memandang gender. Semua orang bisa sama berisikonya untuk terkena kanker kulit, kulit yang melepuh atau terbakar akibat paparan sinar matahari berlebihan.

Cara Membuat Produk Skincare untuk Laki-laki Lewat Jasa Maklon

beard serum product (1)

Setelah membaca uraian di atas, kamu pasti menyadari bahwa lelaki juga butuh adanya produk perawatan kesehatan dan kecantikan yang dibuat khusus sesuai dengan kondisi kulit mereka.

Sebagai orang yang menggeluti industri kosmetik, tentu penting buatmu mengembangkan bisnis dan menjangkau sebanyak mungkin konsumen dari berbagai kalangan, bahkan berbagai gender sekaligus.

Nah, untuk memfasilitasi hal ini, Mash Moshem Indonesia menyediakan jasa maklon skincare untuk laki-laki. Dari berbagai jenis dan sediaan, mulai dari serum, krim, dan berbagai kosmetik laki-laki lainnya bisa kamu buat di sini.

Jenis Maklon Skincare untuk Laki-laki Mash Moshem Indonesia

Mash Moshem Indonesia telah 10 tahun berkecimpung di dunia maklon kosmetik. Sehingga tim formulator kami pun sangat mahir untuk menciptakan formula produk perawatan wajah dengan berbagai manfaat dan sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan.

Membuat produk skincare untuk laki-laki sesungguhnya bukan hal baru lagi bagi kami. Karena itu, kami bisa memberikan berbagai pelayanan jasa maklon skincare untuk laki-laki dari berbagai jenis.

Mulai dari facial wash, serum wajah, beard oil, krim wajah, sunscreen, toner, dan berbagai produk lain yang dibutuhkan oleh konsumen kamu.

Konsultasikan Produk yang Ingin Dibuat Bersama Tim

Setelah kamu menentukan produk perawatan kulit yang ingin dibuat, kamu bisa langsung mendiskusikannya dengan tim kami.

Diskusi bisa dilakukan secara langsung dengan datang ke kantor, maupun lewat pertemuan daring (dalam jaringan). Kamu bisa mendiskusikan mengenai efektivitas dan kegunaan produk, bahan yang ingin ditambahkan, juga bagaimana produk akan dikemas dan didistribusikan.

Proses Formulasi dan Evaluasi Sampel Produk

Ketika bahan-bahan yang diinginkan sudah disepakati, selanjutnya tim formulator Mash Moshem Indonesia akan merangkai formulasi produk sesuai dengan bahan, sediaan, dan khasiat yang kamu inginkan dalam produk tersebut.

Biasanya proses formulasi ini akan memakan durasi 1-2 minggu lamanya. Setelah selesai, sampel produk akan dikirimkan kepadamu sehingga dapat dievaluasi secara langsung.

Bila ada bagian, aroma, hingga tekstur produk tidak sesuai dengan ekspektasimu. Maka, kamu bisa mengajukan revisi dan formulator akan kembali melakukan formulasi untuk mendapatkan hasil terbaik.

Pengurusan Legalitas dan Desain Kemasan

Setelah sampel sesuai dengan keinginanmu, sebelum diproduksi secara massal. Kami akan membantu menyiapkan segala dokumen legalitas yang kamu butuhkan, termasuk HKI, Halal, no regestrasi BPOM.

Ketika sudah didapat, maka proses produksi akan segera dilakukan. Bersamaan dengan proses desain kemasan produk.

Tim multimedia kami pun sudah sama berpengalamannya dan telah menekuni bidang ini selama bertahun-tahun. Tak cuma itu, seluruh karyawan kami pun sangat mengikuti tren, sehingga akan mudah menciptakan desain yang dapat diterima oleh konsumen.

Produksi Massal dan Distribusi Produk

Setelah proses produksi massal dijalankan, setidaknya memakan waktu selama 1 bulan. Kami pun akan membantu mendistribusikan produkmu dengan mitra bisnis kami.

Mash Moshem Indonesia memiliki jaringan distribusi dan reseller yang cukup banyak. Sehingga bisa membantu memberikan promosi, memasarkan, dan meneruskan produkmu sampai ke tangan konsumen.

Tak hanya itu, kami juga sudah sangat berpengalaman dalam memproduksi dan membuat skincare untuk laki-laki. Karena itu, kamu tak perlu khawatir mempercayakan bisnis kosmetikmu bersama kami.

Nah, bagaimana menurutmu?

About Author

Related posts

fitur paket bundling tokopedia (2)

Fitur Paket Bundling di Tokopedia, Cara Mudah Jual Produk Lebih Banyak!

Ketika menjalankan toko online, kita pasti selalu menginginkan bisnis yang lacar dan jumlah penjualan tinggi. Nah, dengan mengaktifkan fitur paket bundling di Tokopedia, kamu bisa meraih jumlah penjualan yang besar dan kunjungan toko yang tinggi. Tokopedia merupakan e-commerce terpopuler...

Continue Reading

Leave a Comment