Breathable Nail Polish, Kutek Kuku Sehat dan Halal yang Wajib Dicoba

breathable nail polish (1)

Sebagai seorang yang menggemari cat kuku, kamu pasti menyadari penggunaan kuteks yang berlebihan dan terlalu sering akan menyebabkan masalah kesehatan pada kuku.

Misalnya membuat kuku jadi rentan rapuh, berubah warna menjadi kuning, teksturnya jadi bergelombang, bahkan membuatnya mengelupas.

Well, siapa yang ingin memiliki kuku jari yang bermasalah?

Nah, untungnya ada solusi yang bisa meringankan potensi kuku bermasalah karena penggunaan kutek. Yap! Apalagi kalau bukan breathable nail polis atau cat kuku breathable.

Sayangnya meski cukup terkenal pada awal kemunculannya, masih bayak dari masyarakat yang belum mengenal pasti breathable nail polis dan akhirnya tidak mengetahui apa perbedaan produk ini dengan cat kuku biasa.

Apakah kamu termasuk dalam kategori tersebut? Well, agar lebih tahu soal breathable nail polis kamu bisa baca ulasan berikut ini sampai habis, ya!

Breatable Nail Polish: Asal Usul dan Bedanya dengan Kutek Biasa

breathable nail polish (4)

Breathable nail polish telah lama ada di pasaran, yakni pertama kali dirilis pada tahun 2013 ketika produk O2M Breathable Nail Enamel dari Inglot dikeluarkan.

Karenanya, produk ini memicu reaksi positif dari para beauty enthusiast. Tak hanya menjangkau para pecinta kosmetik pada umumnya, inovasi ini pun membantu para muslim yang ingin menggunakan cat kuku namun tetap dalam kondisi halal.

Kamu pun pasti menyadari, bahwa bagi seorang muslim penting untuk membiarkan kuku mereka polos dan dapat menyerap air Wudu. Dengan demikian, ibadah salat yang mereka jalankan akan dapat diterima.

Selain itu, yang menjadikan produk ini sangat menarik dan patut dipertimbangkan adalah sifatnya yang lebih aman dibanding dengan cat kuku biasa.

Cat kuku biasa memiliki lapisan tahan air, sehingag mencegah air dan oksigen terserap ke dalam kuku. Hal inilah yang akhirnya membuat kuku jadi lebih rapuh, mudah patah, dan mengelupas.

Karenanya, breathable nail polish memberikan teknologi yang lebih baru dan dirancang agar memungkinkan molekul air serta oksigen dapat terserap ke dalam kukumu melalui lapisan cat.

Perbedaan cara kerja breathable nail polish dan cat kuku biasa, bisa dibandingkan dengan hanya memakai bahan kimia dasar.

Beberapa ahli kosmetik menjelaskan bahwa cat kuku biasa dibuat dengan ikatan molekul yang sangat rapat. Ini akan menghasilkan lapisan anti air pada kuku, yang akhirnya membuat molekul udara dan air tidak dapat terserap dengan baik.

Di sinilah kerja menakjubkan breathable nail polish, yang bisa memberikan celah untuk kukumu bernapas.

Yap! Jenis nail polish ini diformulasikan dengan berbagai bahan aktif sehingga molekul-molekul yang ada dapat tersuspensi, yang akhirnya membuat air dan udara mudah masuk ke dalamnya.

Bagaimana caranya untuk mengetahui cat kuku yang kamu gunakan tergolong breathable? Biasanya, jenis cat kuku ini akan diberi label serupa.

Namun jika tidak ada, kamu bisa memperhatikan kandungan yang ada dalam produk tersebut. Breathable nail polish biasanya dibuat dari polimer dan water based.

Alasan Mengapa Kamu Perlu Coba Breathable Nail Polish

breathable nail polish (2)

Setelah mengetahui perbedaan cat kuku biasa dan breathable nail polis, apakah kamu sudah memutuskan untuk menggunakan produk satu ini?

Well, kalau belum ada beberapa alasan mengapa kamu perlu mencoba breathable nail polish untuk menggantikan cat kuku biasa yang sering kamu pakai.

Bebas Bahan Kimia yang Bikin Kulit Tak Sehat

Apakah kamu tahu, kalau banyak formulasi cat kuku mengandung berbagai zat beracun yang bisa membuat kulit jadi kering dan permukaannya mengelupas?

Bahan-bahan yang dimaksudkan adalah formaldehida, kamper, dan toluena. Beberapa peneliti dan ahli formulator menganggap bahwa bahan ini berpengaruh buruk pada kesehatan serta kecantikan kulit.

Meskipun tidak benar-benar ada formula cat kuku yang bebas racun, breathable nail polish bisa membantu meminimalisir dampak buruk penggunaan kutek dan menjaga kesehatan kuku dengan lebih baik.

Membantu Menjaga Kesehatan Kuku

Apakah kamu tahu kalau kuku memiliki minyak alami yang perlu dirawat baik-baik? Yap, kukukamu sebenarnya memiliki mekanisme hidrasi alami sendiri.

Minyak alami inilah yang akan membuat kuku kamu tetap fleksibel dan sehat. Penggunaan cat kuku konvensional yang dapat menutup pori-pori kuku, justru akan membuat kuku jadi lebih rapuh dan gampang patah.

Breathable nail polish memungkinkan pergerakan alami minyak keluar masuk ke dalam pori-pori kuku. Ini berarti kuku kamu akan tetap terhidrasi dan sehat, tentu juga akan tampak indah dengan warna-warna menyenangkan dari kutek yang kamu inginkan.

Kegiatan Manikur Bisa Dilakukan Selama Berhari-hari

Sementara kita membicarakan soal hidrasi kuku, ketika kamu memiliki penumpukan minyak permukaannya justru akan membaut kutek tak bisa bertahan lama.

Dan karena daya rekatnya yang rendah, maka tekstur kuteks akan berkerut dan bahkan bisa menyerupai keripik. Well, hal ini kadang bikin orang-orang mudah berputus asa.

Namun kamu tidak perlu risau, karen breathable nail polish akan  membuat manikur lebih kuat dan tahan lama. Untuk memperkuat dan memaksimalkan efeknya, kami merekomendasikan penggunaan pembersih kuku dan lapisan dasar yang bernapas sebelum mengoleskan breathable nail polish.

Siapa yang tidak suka manikur yang tahan lama dan tetap membuat kuku sehat? Kita semua suka dengan hal itu!

Membantu Kulit dan Kuku Bernapas dengan Lebih Baik

Salah satu manfaat yang diberikan oleh breathable nail polish adalah membantu kuku dan kulit di area sekitarnya untuk bernapas dengan lebih baik.

Jenis kuteks satu ini enggak akan menutup permukaan kuku kamu dengan terlalu rapat. Karenanya, hal ini akan memungkinkan udara dan hidrasi dapat masuk ke dalam kuku dan kulit yang ada di sekitarannya.

Produk Lebih Praktis dan Dapat Kering Lebih Cepat

Ternyata, jika udara bisa menembus cat kuku kamu, maka waktu yang dibutuhkan agar kutek tersebut kering jadi lebih cepat.

Gila, ya? Kamu bisa menghemat banyak waktu dengan tidak menunggu keringnya kutek terlalu lama. Atau mencegah adanya noda karena kamu terlalu lama menunggu.

Bahkan kamu bisa menyederhanakan langkah manikur kamu dengan menyingkirkan semprotan untuk mempercepat pengeringan kutek, dan berbagai bahan lainnya. Menarik, bukan?

Solusi Halal untuk Muslimah yang Mau Pakai Kutek

Kamu pasti tahu bahwa bagi seorang muslim, memakai kutek konvensional kadang masih begitu problematic. Karena takut penggunaan kutek ini akan menghalangi proses penyerapan air wudhu ke dalam kuku.

Wudhu merupakan salah satu syarat praktek pembersihan diri dari najis (kotoran) yang dilakukan umat Islam, sebelum melaksanakan ibadan salat lima waktu.

Nah, adanya breathable nail polish ini menjadi angin segar yang memungkinkan para konsumen Muslim untuk mencoba menggunakan kuteks.

Kemampuan breathable nail polish yang mampu menjaga agar pori-pori kuku tetap terbuka, memungkinkan air wudu masuk ke dalam kuku.

Meski begitu, beberapa ahli pun banyak yang masih mempertimbangkan dan meninjau ulang mengenai ‘kehalalan’ kuteks dan kemampuannya untuk digunakan ketika menyerap air wudhu.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal breathable nail polish dan keunggulannya dibanding jenis kuteks konvensional lainnya.

Buat kamu yang ingin mencoba mewarna kuku tapi takut akan merusak kesehatannya, kamu bisa mencoba produk ini untuk membuat kuku kamu jadi tampak cantik tapi tetap sehat.

Gimana menurutmu?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment