10 Zero Waste Oil untuk Perawatan Kulit dan Rambut Alami

zero waste oil (1)

Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan kini kian meningkat, dan diperkirakan akan kian bertumbuh pesat.

Sebagai contoh, banyak sekali kampanye yang muncul di media sosial dan media komunikasi lain, yang mengusung konsep zero waste maupun green product.

Kampanya ini menyentuh segala aspek kehidupan sosial dan individual masyarakat, termasuk dalam penggunaan dan pengolahan produk kosmetik.

Yap! Ketika membicarakan kosmetik, pada tiap orang setidaknya akan menggunakan rangkaian skincar atau kosmetik yang digunakan sepanjang hari.

Melihat tingginya peminatan dan intesitas penggunaanya, kosmetik sudah melekat ke dalam gaya dan kebutuhan hidup. Karenanya, limbah industri yang dihasilkan pada sector ini pun sama besarnya dengan limbah rumah tangga.

Akhirnya, permintaan akan produk kecantikan dengan bahan-bahan yang dapat diperbaharui bekermbang pesat. Para formulator dan para pengusaha skincare baru memahami bahwa konsumen tentu sangat teliti dalam mempertimbahkan asal-usul bahan dalam formula produk.

Nah, tahukah kamu kalau ada banyak bahan skincare yang ramah lingkungan dan diklaim tidak akan meninggalkan limbah. Yap! Salah satunya adalah zero waste oil yang bisa digunakan dalam formulasi skincare.

Mau tahu apa saja minyak alami tersebut? Langsung cek kesepuluh jenis zero waste oil dan manfaatnya untuk kecantikkan lewat uraian berikut ini.

Tentang Zero Waste Beauty Tren

manfaat vitamin B untuk Kecantikan (2)

Sesuai dengan namanya, kampanye zero waste berarti ada upaya dan tujuan untuk meminimalisir adanya pembuangan limbah di incinerator ataupun di lautan.

Meski ketika dipikir ulang tujuan ini sangat sulit dicapai, namun tidak ada salahnya bagi kita untuk mempertimbangkannya secara serius. Apalagi ketika banyak konsumen kecantikan yang telah menyadari bahwa industri kosmetik pun menyumbang limbah yang tinggi.

Dilansir dari Formula Botanica, bnyak ahli yang memperkirakan bahwa aka nada timbuilan limbulan padat pada perairan global dalam jumlah yang sangat besar. Yakni lebih dari 11 juta ton per hari pada tahun 2100 mendatang.

Melihat kemungkinan yang sebegitu besarnya, tentu langkah kecil apapun yang kita gunakan saat ini untuk meminimalisir penumpukan limbah memiliki peranan yang sangat besar.

Ini bukan lagi tentang menjaga keindahan alam, melainkan upaya untuk menyelamatkan generasi selanjutnya, yang juga merupakan anak, cucu, atau kuturunan kita.

Wujud kepedulian ini bisa berbentuk banyak hal, termasuk memperbaiki metode daur ulang rumah kita, menyesuaikan cara kita bepergian, atau mempertimbangkan dampak pembelian produk tertentu.

Nah, zero waste beauty tren ini mendukung permintaan dan kebutuhan pasar akan adanya produk perawatan kecantikan yang ramah lingkungan.

Zero Waste Oil itu Apa?

Setiap formulator akan tahu betapa menakjubkannya minyak pembawa dalam perawatan kulit dan perawatan rambut. Faktanya, banyak formulator memilih untuk hanya bekerja dengan minyak karena mereka adalah bahan yang sangat efektif dan indah.

Untungnya, berbagai produsen minyak kini mulai menggunakan bahan limbah untuk menciptakan zero waste oil, yang tidak hanya bagus bagi seorang formulator tetapi juga memenuhi prinsip penting kelestarian lingkungan.

Untungnya, tak lama kemudian, pasar mikro muncul dan benih serta ampasnya disimpan sehingga bisa diproses lebih lanjut dan diambil minyaknya. Sebuah tambang emas kosmetik ditemukan dengan menciptakan minyak dengan manfaat yang melekat kuat dan hati nurani bahan yang lebih kuat: nol limbah.

10 Zero Waste Oil Terbaik untuk Perawatan Kulit dan Rambut

zero waste oil (2)

Zero waste oil banyak diperoleh dari ekstraksi dari limbah biji buah dan sayuran, yang berarti bahwa beberapa minyak tanpa limbah terbaik yang ada di pasar dunia juga potensial digunakna dalam formulasi skincare ataupun hair care.

Nah, untuk kamu yang berbisnis kecantikan atau tertarik dengan industri ini, berikut 10 zero waste oil terbaik yang perlu kamu tahu.

Strawberry Seed Oil

Salah satu jenis minyak non limbah yang pertama dalah strawberry seed oil. Bahan alami ini peroleh dengan cara cold press dari biji strawberry sisa pembuatan selai/jus dari buah ini.

Minyak biji stroberi merupakan jenis minyak non limbah yang sangat ikonik dan digemari di pasaran. Beberapa merk kecantikan pun telah banyak yang memasukkan minyak biji stroberi non limbah ke dalam formulasi mereka.

Aromanya yang segar dan manis, serta teksturnya yang ringan, menjadikan minyak biji strawberry sangat ideal digunakan sebagai bahan dasar formula skincare/haircare product.

Dulunya limbah biji stroberi dari proses pembuatan selai dan jus, dibuang begitu saja atau paling baik digunakan sebagai pupuk alami.

Nah, beberapa supplier bahan kosmetik internasional memberikan trobosan baru dengan mengumpulkan biji buah strawberry dari industri selai dan jus ini, kemudian mengolahnya jadi minyak alami non limbah.

Selain aromanya yang menyegarkan khas buah strawberry, minyak ini memiliki tekstur yang ringan dan kandungan antioksidan yang tinggi.

Seperti yang kamu tahu, antioksidan ini bisa bekerja dengan sangat baik untuk menangkal dampak buruk radikal bebas. Pun memelihara kesehatan sel kulit dan menjaga kadar kolagen dalam tubuh.

Karenanya, penggunaan secara teratur akan membantu meremajakan kulit, menjaga kesehatan dan kecantikan rambut kamu dengan lebih optimal.

Raspberry Seed Oil

Sama halnya dengan strawberry seed oil, bahan alami yang bakalan kita bahas ini pun diambil dari ekstraksi biji sisa industri makanan.

Yap! Raspberry seed oil diambil dari biji sisa industri makanan, dengan metode cold press yang memungkinkan kandungan alami dalam bahan ini bertahan dan dapat diolah kembali dalam produk kosmetik.

Mirip dengan stroberi, raspberry mengandung banyak biji – pada kenyataannya, raspberry biasa mengandung 100-120 biji. Biji-biji inilah yang menjadi bahan dasar untuk diekstraksi jadi minyak alami dengan beragam fungsi.

Minyak biji raspberry memiliki karakteristik yang ringan, aromanya menyegarkan khas buah-buahan yang manis.

Sisa makanan (limbah) dari cold press juga digunakan untuk menjadi eksfolian biji raspberry alami. Exfoliant ini berbentuk seperti bedak, yang menawarkan partikel scrub yang sangat halus untuk formulasi perawatan kulit (dan bahkan perawatan rambut!).

Partikel scrub dari raspberry selain sesuai dengan konsep zero waste, pun memiliki nutrisi tinggi sebagai scrub wajah yang bisa mengangkat berbagai kotoran dan minyak berlebih dari epidermis.

Blueberry Seed Oil

Zero waste oil lainnya adalah blueberry seed oil, yang diambil dari limbah biji buah blueberry dari industri makanan.

Minyak ini memiliki karakteristik sama dengan kedua minyak alami yang telah disebutkan sebelumnya.

Tahukah kamu kalau dalam buah blueberry setidaknya memiliki 50 biji per buahnya? Nah, biji ini tidak diinginkan dalam industri makanan, seperti dalam selai ataupun jus.

Dalam biji buah strawberry terkandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi, pengolahannya ke dalam formula kosmetik akan memberikan peranan besar dalam meningkatkan kesehatan maupun kecantikan kulit.

Selain itu, minyak blueberry pun mengandung asam lemak esensial, asam linoleate, hingga asam alfa linoleate. Yang bisa bekerja optimal dalam meremajakan dan meningkatkan kecerahan kulit wajah kamu.

Blackberry Seed Oil

Minyak biji Blackberry adalah contoh lain dari minyak nol limbah dari industri pengolahan buah.

Bijinya dikumpulkan sebagai produk sampingan dari selai dan jus yang diproduksi di Polandia dan kami kemudian mengeringkan, menyaring, dan menekan bijinya dengan dingin untuk membuat minyak tanah yang indah ini.

Sama seperti banyak buah lunak lainnya, blackberry mengandung antara 50-100 biji di setiap buahnya, memberi kita banyak bahan baku untuk mengekstrak minyak pres dingin yang indah ini.

Kami juga membuat pengelupasan biji blackberry kami sebagai produk sampingan dari minyak pengepresan dingin, yang berarti tidak ada buah yang terbuang sia-sia.

Cranberry Seed Oil

Kanada adalah tempat terbaik di dunia untuk menanam cranberry, menjadi tuan rumah industri besar untuk membuat jus cranberry. Faktanya, cranberry Kanada adalah cranberry kualitas terbaik di dunia, itulah sebabnya kami mengambil minyak biji cranberry kami dari Kanada.

Biji cranberry biasanya menawarkan hasil 25-28%, jadi untuk setiap metrik ton biiji yang ditekan, kami mendapatkan 280kg minyak biji cranberry yang indah.

Benih yang seharusnya menjadi produk sampingan limbah ditangkap selama proses pembuatan jus, dikeringkan dan kemudian ditekan dingin untuk membuat minyak biji cranberry.

Sisa makanan sisa dari pengepresan dingin ini kemudian digunakan lebih lanjut untuk membuat pengelupasan biji cranberry, memastikan bahwa proses penuh adalah nol limbah.

Minyak Kernel Apricot

Kami mengambil semua biji aprikot kami dari Turki, di mana terdapat pasar yang besar untuk minyak biji aprikot. Awalnya, kernel adalah produk sampingan dari industri selai dan jus, tetapi permintaan minyak aprikot sudah mulai melebihi permintaan jus dan selai aprikot.

Perubahan permintaan ini jelas sedikit mengubah kredensial nol limbah minyak, karena tidak lagi sepenuhnya merupakan produk sampingan.

Minyak dibuat dengan menghancurkan kernel untuk mendapatkan biji di dalamnya, yang kemudian dikeringkan, ditekan dingin dan disaring untuk membuat minyak ringan ini yang bekerja sangat baik dalam formulasi perawatan kulit dan perawatan rambut.

Aple Seed Oil

Kita semua belajar dari usia muda bahwa kita tidak boleh makan biji apel, karena dapat melepaskan zat kimia yang disebut amygdalin dalam tubuh kita yang menghasilkan sianida. Namun, biji-biji itu bagus untuk pengepresan dingin ke minyak biji apel.

Kami mengambil apel kami di Polandia, tempat kami memprosesnya di lokasi. Apel memiliki inti yang didorong melaluinya dan bijinya kemudian diekstraksi dari inti pusat sebelum dikirim untuk pengepresan dingin.

Mirip dengan cranberry, kami menemukan bahwa biji apel menghasilkan sekitar 25-28% minyak. Saat ini minyak biji apel tidak sepopuler yang kita pikirkan, karena ini adalah minyak yang luar biasa untuk diformulasikan ke dalam perawatan kulit dan perawatan rambut Anda!

Minyak Biji Demi

Turki adalah pemasok biji delima hebat lainnya yang akan terbuang sia-sia dari industri jus. Sangat penting bagi kami bahwa biji delima kami memiliki kualitas terbaik dan mengandung sekitar 70% asam punicic, yang merupakan komponen paling berharga dari minyak biji delima.

Oleh karena itu, kami membeli benih dan mengirimkannya langsung ke Polandia sehingga kami dapat mengontrol pemrosesannya sendiri.

Kami memastikan bahwa biji ditekan dengan sangat hati-hati dan tidak menerapkan terlalu banyak gesekan, sehingga kami dapat mengekstrak jumlah maksimum asam punicic dan kebaikan dalam minyak.

Tomato Seed Oil

Pikirkan semua produk berbahan dasar tomat yang kita beli setiap minggu: pure tomat, passata tomat, sup tomat, bubur tomat.

Industri pengolahan tomat mengekstrak lebih banyak biji dari tomat, yang berarti ada peluang besar untuk menciptakan produk sampingan yang dapat ditekan menjadi minyak biji tomat.

Kami mengambil benih tomat kami dari Turki dan memprosesnya di fasilitas kami di Polandia. Minyak biji tomat sangat sensitif sehingga kami mengendalikan prosesnya sendiri untuk alasan itu.

Biji tomat dikeringkan dan kemudian ditekan dingin dan disaring untuk membuat minyak tanpa limbah yang cantik ini.

Saat ini, minyak biji tomat tidak digunakan sebanyak mungkin, tetapi kami memiliki harapan besar bahwa formulator perawatan kulit dan rambut masa depan akan memasukkannya ke dalam produk kecantikan mereka!

Cucumber Seed Oil

Terakhir namun tentu tidak kalah pentingnya adalah minyak biji mentimun yang mengikuti proses ekstraksi yang mirip dengan tomat.

Satu-satunya tantangan yang kami hadapi dalam membuat minyak biji mentimun adalah memastikan bahwa bijinya benar-benar kering.

Jika Anda pernah makan mentimun, maka Anda akan tahu bahwa bijinya sangat berair dan berdaging, yang berarti ada banyak air yang harus dihilangkan dalam proses pembuatan minyaknya.

Mentimun dikupas terlebih dahulu, mirip dengan proses ekstraksi biji apel. Benih kemudian dikeringkan ke tingkat yang memastikan air dihilangkan dan benih tidak akan teroksidasi dengan cepat.

Setelah benih dikeringkan di gudang selama sebulan, mereka dimasukkan melalui saringan yang menghilangkan sekam, sehingga semua benih tertinggal untuk pengepresan dingin.

Zero Waste Oil Mana yang Akan Kamu Pilih untuk Brand Kosmetik Milikmu?

kandungan skincare untuk kulit berjerawat (1)

Melihat banyaknya jenis zero waste oil dan manfaatnya yang tak kalah baik untuk kulit dan rambut, apakah kamu tertarik untuk menggunakannya sebagai bagian dari bisnis kosmetik dari brand milikmu sendiri?

Tak hanya akan membuat skincaremu unik dan memiliki nilai jual yang lebih baik, hal ini pun bisa sangat membantu menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan.

Well, mengingat banyaknya minat akan produk-produk kecantikan yang ramah lingkungan dan mengandung bahan organic yang baik buat kulit. Tentu pembuatan produk kosmetik dengan zero waste oil ini akan sangat dinanti oleh para konsumen kamu.

Bagaimana, apakah kamu tertarik? Langsung kasih tahu pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment