Sayang Dilewatkan, Ragam Manfaat Lemongrass Essential Oil untuk Kecantikan

manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan (3)

Tahukah kamu, kalau Indonesia merupakan salah satu negara penghasil minyak atsiri atau essential oil paling besar? Yap, khususnya jenis minyak minyak cengkeh, minyak kenanga, minyak nilam, minyak akar wangi, minyak pala, minyak kayu putih, hingga lemongrass essential oil.

Lemograss essential oil merupakan minyak yang diperoleh dari ekstraksi serai. Minyak esensial satu ini terbilang sanga fungsional, tak hanya dapat digunakan sebagai bahan aroma terapi, lemongrass oil pun memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.

Manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan kulit dan rambut ini tentu tidak terlepas dari berbagai nutrisi di dalamnya.

Beberapa penelitian membuktikan bahwa lemongrass essential oil mengandung citral, limnene, antimikroba, senyawa antioksidan dan antiinflamasi, yang kesemuanya memiliki peranan penting dalam memelihara kesehatan dan kecantikan tubuh.

Manfaat Lemongrass untuk Kecantikan Kulit

manfaat acai berry untuk kecantikan

Meski tidak se-famous minyak esensial lainnya, manfaat lemongrass untuk kecantikan dan kesehatan kulit pun tak kalah beragam.

Karenanya, penggunaan minyak ini secara rutin dalam jangka waktu tertentu diyakini dapat memberikan peningkatan yang cukup siginifikan pada penampilan kulit secara umum.

Penaran apa saja manfaat lemongrass untuk kecantikan dan kesehatan kulit? Mari simak daftar ulasannya di bawah ini, ya!

Membantu Memperkecil Pori Kulit

Manfaat lemon grass essential oil untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mampu memperkecil ukuran pori-pori kulit.

Seperti yang kamu tahu, jika pori wajah terlalu besar maka produksi sebum pada kelenjar sekresi akan sulit dikontrol. Hal ini akan membuat wajah jadi berminyak, memicu penyumbatan pada pori, hingga membuat beberapa masalah kecantikan muncul.

Tak hanya itu, pori-pori besar pun akan membuat tekstur kulit terasa kasar sehingga akan sulit untuk mengaplikasikan make up atau riasan wajah.

Kabar baiknya, lemongrass tak hanya bisa memberikan sensasi menenangkan. Melainkan dapat digunakan untuk membantu memperkecil pori-pori kulit, mengurangi produksi dan penumpukan minyak di wajah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa menggunakan lemongrass essential oil sebagai toner alami. Jangan lupa, campurkan dengan bahan-bahan lain yang bisa mengimbang sifat minyak serai, seperti aloe vera, witch hazel, dan air mawar.

Sebab, secara umum minyak esensial jika diaplikasikan secara langsung alias tanpa diuraikan terlebih dahulu, akan berpotensi menimbulkan reaksi iritasi pada kulit.

Mencegah Terjadinya Infeksi Bakteri pada Kulit

Jerawat, komedo, dan iritasi kulit sering juga diakibatkan karena adanya infeksi bakteri. Karenanya, kamu selalu dianjurkan untuk menjaga kebersihan wajah dan menggunakan produk-produk yang bisa memberikan perlindungan tambahan.

Nah, lemongrass essential oil bisa kamu membantumu sebagai antimikroba alami. Kandungan citral yang ada dalam minyak serai dapat bekerja sebagai antibakteri, sehingga dapat membunuh serta menghambat pertumbuhan bakteri penyebab masalah dan infeksi di kulit.

Tak hanya itu, manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan ini pun bisa membantu mendorong proses penyembuhan luka dan mencegah adanya infeksi lanjutan.

Sebuah penelitian dari tahun 2010 lalu, menemukan bahwa minyak esensial satu ini bisa menghambat pertumbuhan bakteri yang resistan terhadap obat penyembuh luka, dan berbagai infeksi lain. Selain itu, lemongrass pun dapat membunuh bakteri penyebab masalah pada kulit.

Mencegah dan Mengatasi Tanda Penuaan

Siapa yang tak mau memiliki wajah yang tetap kencang, lembut, dan tampak selalu muda? Pasti kamu juga menginginkannya, bukan?

Sayangnya, tak hanya karena faktor usia, kemunculan tanda-tanda penuaan ini bisa juga disebabkan oleh paparan lingkungan yang tidak sehat karena tinggi akan polusi.

Polusi-polusi ini akan menyebabkan peningkatan kadar radikal bebas dalam tubuh, sehingga berpengaruh pada sel-sel yang ada, termasuk pada sel kulit.

Untungnya, serai memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi dan kuat. Inilah yang akhirnya membuat lemongrass essential oil bisa membantu mencegah dan meminimalisir tanda penuaan pada kulit.

Tak hanya itu, minyak alami ini pun diketahui dapat merangsang perbaikan sel kulit dan bisa membantu menjaga kecantikan alaminya.

Mencegah dan Meredakan Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kecantikan yang sangat umum dan kerap terjadi. Selain pada kulit berminyak, jerawat pun bisa dialami oleh orang bertipe kulit normal, kering, hingga sensitif.

Ini dikarenakan penyebab jerawat juga cukup beragam, mulai dari infeksi bakteri, penyumbatan pori-pori, kondisi kulit terlalu berminyak, hormonal, hingga alergi kosmetik.

Nah, kalau kamu memiliki masalah dengan jerawat yang diakibatkan oleh infeksi bakteri, lemongrass essential oil bisa jadi bahan alami yang baik untuk dicoba.

Manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan kulit ini didukung oleh kandungan citral yang ada pada daun serai. Senyawa ini dapat bekerja sebagai antijamur dan antibakteri alami, yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Tak hanya itu, minyak esensial satu ini pun diketahui dapat menenangkan kulit dan meringankan gejala peradangan yang disebabkan oleh jerawat pada wajah.

Menekan Pertumbuhan Jamur di Kulit

Selain bakteri, jamur pun bisa tumbuh subur di kulit kalau kebersihan tidak dijaga dengan baik. Jamur di kulit ini bisa menyebabkan masalah seperti panu, beruntusan, hingga candidia.

Tak hanya akan berdampak pada tekstur dan tampilan kulit, jamur juga bisa menimbulkan rasa gatal dan perih yang sangat teramat. Bila tidak ditangani dengan baik pun akan berisiko menyebar pada bagian yang lain.

Untungnya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak serai atau lemongrass essential oil memiliki manfaat untuk meredakan infeksi jamur pada kulit.

Tak hanya itu, minyak alami ini pun bisa membantu meredakan rasa tak nyaman yang menyertai kondisi tersebut.

Membantu Menenangkan Gejala Peradangan

Selain memiliki kandungan antimikroba dan antioksidan, minyak serai pun memiliki senyawa antiinflamasi yang cukup tinggi.

Karenanya manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu menenangkan berbagai gejala peradangan ringan, hingga kronis. Seperti rasa gatal, ruam, hingga pembengkan.

Sementara itu, pembengkakan kronis diyakini dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti peradangan, hingga kanker. Namun, tak perlu khawatir karena minyak satu ini pun dapat membantu mengatasi masalah ini untukmu.

Menetralisir Radikal Bebas dan Dampaknya pada Kulit

Antioksidan merupakan salah satu kandungan yang sangat kamu perukan untuk merawat tubuh, begitu juga untuk menjaga kecantikan kulit. Kamu pun dapat menemukan kandungan ini di dalam minyak esensial serai, lho.

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, manfaat lemongrass essential oil pun juga sangat beragam, khususnya membantu melawan radikal bebas dan menetralisir dampak buruknya pada kulit.

Tak hanya itu, kandungan ini pula yang kemudian akan bekerja memperbaiki struktur dan fungsi kulit secara umum. Yakni dengan memulihkan sel-sel yang rusak, mendorong produksi kolagen, serta merangsang proses regenerasi sel kulit baru yang lebih sehat.

Manfaat Lemongrass Essential Oil untuk Kecantikan Rambut

manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan (2)

Selain untuk kulit, manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan rambut juga cukup banyak. Sebab, kandungan-kandungan minyak alami serai ini pun sama pentingnya dalam menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut.

Berikut beberapa manfaat lemongrass untuk kecantikan dan kesehatan rambut yang perlu kamu tahu.

Membantu Memperkuat Rambut

Manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan rambut adalah memabantu menutrisi dan membuat rambut jadi lebih kuat.

Dengan penggunaan yang rutin, masalah kerontokan rambut yang kamu alami akan dapat berkurang dengan signifikan.

Dapat Menghidrasi Kulit Kepala dan Batang Rambut

Sifat melembapkan yang ada dalam minyak serai enggak hanya bermanfaat untuk kecantikan kulit. Bahkan kulit kepala dan batang rambut kamu bisa mendapatkan manfaat yang sama.

Manfaat lemongrass untuk kecantikan ini didapatkan dari sifat emoliennya, sehingga mampu mengisi bagian kulit kepala dan helain rambut yang kosong dengan lipid lembap.

Hal ini pun akan membuat kulit kepala lebih sehat, mempermudah penerimaan nutrisi dan kandungan, pun memperkuat rambut kamu.

Mencegah Adanya Ketombe di Kulit Kepala

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa minyak serai menggandung senyawa antibakteri dan antifungi yang efektif menghambat terjadinya infeksi bakteri maupun jamur.

Karena manfaat lemongrass essential oil untukk kecantikan inilah, pertumbuhan jamur penyebab ketombe di kulit kepala bisa dihambat, bahkan dilawan.

Melawan Radikal Bebas pada Rambut

Kata siapa radikal bebas enggak akan berpengaruh pada kesehatan kulit kepala dan rambut? Nyatanya, partikel toxin lingkungan ini bisa menimbulkan berbagai masalah kecantikan dan kesehatan rambut.

Misalnya membuat rambut kering, bercabang, mengubah struktur rambut secara keseluruhan, pun meningkatkan perubahan warna rambut.

Untungnya, salah satu manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan rambut adalah membantu mengatasi masalah yang disebabkan oleh radikal bebas tersebut.

Bahan alami ini memiliki senyawa antioksidan, antiinflamasi, dan berbagai asam lemak esensial yang bisa memberikan perlindungan ekstra pada kulit kepala dan batang rambut.

Itu adalah berbagai manfaat lemongrass essential oil untuk kecantikan yang mungkin belum kamu tahu dengan baik. Apakah setelah mengetahuinya kamu tertarik untuk menggunakan bahan alami ini sebagai bagian dari perawatan kecantikanmu?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment