Mengenal Asal Usul serta Manfaat Monoi Oil untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

manfaat monoi oil untuk kecantikan

Kegiatan merawat kesehatan dan kecantikan tubuh kini telah menjadi bagian yang cukup penting bagi kebanyakan orang. Bukan hanya perempuan, melainkan sama pentingnya untuk laki-laki, juga dari segala jenjang usia.

Karenanya kian tahun, kebutuhan akan produk kosmetik pun kian naik. Akhirnya, berbagai banyak produsen kosmetik berlomba-lomba membuat berbagai jenis produk perawatan kecantikan yang inovatif dan efektif untuk konsumen mereka.

Nah, dari berbagai kreasi dan inovasi itu, kini banyak kosmetik yang menggunakan minyak ekstraksi dari bahan-bahan alami, seperti monoi oil.

Lantas, apakah kamu sudah kenal dengan bahan alami satu ini? Jika belum, langsung cek asal-usul dan manfaat monoi oil untuk kecantikan kulit dan rambut berikut ini.

Asal Usul Monoi Oil

manfaat coconut oil untuk kecantikan (1)

Kamu pasti bertanya-tanya, apakah sebenernya monoi oil ini? Lalu diambil dari tanaman apakah minyak ini?

Sebenarnya, monoi oil tidak hanya dihasilkan dari satu tanaman saja. Minyak alami ini dibuat dari kombinasi minyak kelapa murni dengan esensi dari kelopak bunga Tiaré atau Tahitian gardenias.

Proses pembuatan monoi oil pun tidak bisa dibilang sederhana. Minyak kelapa yang dibuat harus murni dari perasan kelapa yang telah jatuh secara alami dari pohonnya.

Setelah itu, kelopak bunga Tiaré akan direndam dalam minyak kelapa murni tersebut selama kurang lebih sebulan. Kedua bahan yang digunakan dalam monoi oil ini berasal dari kota Tahiti, Polinesia Prancis.

Dilansir dari Healthline, selama berabad-abad masyarkat Polinesia menggunakan minyak monoi untuk merawat kulit bayi yang baru lahir, memurnikan benda-benda suci dalam adat mereka, pun digunakan sebagai obat-obatan tradisional.

Tak Cuma itu, minyak alami ini pun telah lama digunakan untuk melembapkan kulit dan rambut mereka. Apalagi, monoi oil memiliki aroma yang sangat lembut dan mampu memberikan sensasi menenangkan tersendiri.

Nilai lebihnya, minyak yang dibuat secara tradisional ini pun bersifat hypollaergic, bebas sulfat, paraben, silicon, non-comedogenic, dan terhindar dari bahan sintetis apapun. Karenanya, penggunaan minyak ini terbilang sangat aman untuk semua jenis kulit.

Manfaat Monoi Oil untuk Kecantikan Kulit

manfaat monoi oil untuk kecantikan (2)

Karena dibuat dari minyak kelapa murni yang dipadukan dengan kelopak bunga Tiaré, maka manfaat monoi oil untuk kecantikan kulit pun tidak akan jauh berbeda dengan bahan dasar yang digunakan untuk pembuatannya.

Untuk lebih jelasnya, langsung simak berbagai manfaat monoi oil untuk kecantikan kulit berikut ini, ya!

Mencegah Infeksi Bakteri Penyebab Masalah Kecantikan

Manfaat monoi oil untuk kecantikan kulit yang pertama adalah mencegah adanya infeksi mikroba dan jamur, yang bisa memicu berbagai masalah kecantikan kulit.

Kandungan asam lemak yang tinggi dalam minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antimikroba, sehingga bisa memberikan perlindungan tambahan pada kulit dari infeksi jamur dan bakteri pengganggu.

Untuk mendapatkan manfaat ini, kamu bisa mengaplikasikan monoi oil secara langsung di kulit. Tak perlu takut lengket, minyak ini terbilang mudah terserap ke dalam kulit, sehingga tidak akan menimbulkan residu berlebihan pada kulit kamu.

Membantu Meningkatkan Elastisitas Kulit Wajah

Tak hanya mampu mencegah infeksi bakteri, monoi oil pun bisa membantu menjaga dan meningkatkan elastisitas kulit wajahmu. Yang, tentunya akan memberikan peruabahan signifikan pada penampilan wajahmu.

Manfaat monoi oil untuk kecantikan ini didapat dari sifat melembapkan dan antioksidan yang dimilikinya. Sehingga, bisa membantu mencegah adanya kerutan dan merangsang produksi elastin pada jaringan kulit.

Menjadikan Kulit Tampak Glowing Alami

Selain membantu mengembalikan dan merawat elastisitas kulit, manfaat monoi oil untuk kecantikan lainnya adalah membantu kulit jadi tampak glowing.

Monoi oil memiliki sifat moisturizing yang sangat baik, sehingga membuat kesehatan sel kulit lebih terjaga dan tetap terhidrasi sepanjang waktu.

Kondisi inilah yang kemudian membuat kulit jadi tampak lebih sehat dan cerah alami, karena proses regenerasi sel kulit juga akan lebih optimal. Enggak heran ya, kalau banyak masyarakat Tahiti yang mempunya kulit cokelat glowing nan eksotis.

Membantu Meredakan Gejala Inflamasi

Inflamasi atau peradangan bisa terjadi sewaktu-waktu pada kulit kamu. Penyebabnya juga sangat beragam, mulai dari alergi kosmetik, peruabahan cuaca yang ekstrem, akibat jerawat maupun masalah kulit lainnya.

Nah, untungnya salah satu manfaat monoi oil untuk kecantikan kulit adalah membantu meringankan berbagai gejala inflamasi tersebut.

Kandungan antiinflamasi yang ada dalam minyak alami ini akan meredakan kemerahan, rasa gatal, maupun iritasi pada kulit kamu.

Tak hanya itu, karena sifatnya yang bisa melembapkan kulit, monoi oil pun dapat mencegah kondisi iritasi jadi kian parah. Ditambah dengan sifat antibakteri dan antimikroba yang dimilikinya, bahan alami ini bisa bekerja efektif untuk mencegah adanya infeksi lanjutan.

Manfaat Monoi Oil untuk Kecantikan Rambut

manfaat monoi oil

Selain utnuk merawat kulit wajah dan tubuh, manfaat monoi oil untuk kecantikan rambut pun enggak kalah banyaknya, lho.

Kandungan minyak kelapa yang ada dalam monoi oil telah terbukti dapat bekerja efektif dalam memberikan lapisan protein tambahan pada batang rambut dan kulit kepala. Melebihi efektivitas minyak biji bunga atahari dan mineral oil.

Nah, kira-kira apa saja manfaat monoi oil untuk kecantikan rambut dan kesehatan kulit kepala? Langsung cari tahu lewat ulasan berikut ini, ya, Ladies!

Mengembalikan Vitalitas Rambut

Tahukah kamu, kalau minyak monoi dapat membantu mencegah dan mengembalikan protein pada rambut yang rusak, saat digunakan sebagai bagian dari perawatan rambut rutin?

Yap! Manfaat monoi oil untuk kecantikan rambut ini didapat dari kandungan minyak kelapa murni milikinya. Seperti yang kamu tahu, minyak kelapa bisa membantu mengembalikan lapisan nutrisi pada batang rambut yang rusak atau mengalami kekeringan parah.

Karenanya, bahan alami ini secara otomatis akan membuat rambut jadi lebih ternutrisi, lebih kuat, hingga membantu mengurangi kerusakan akibat penggunaan bahan kimiawi maupun alat styling yang panas.

Menjaga Rambut dari Dampak Buruk Radikal Bebas

Tak hanya bisa berdampak buruk pada kesehatan kulit, radikal bebas bisa memberikan efek yang tak kalah negative pada kesehatan kulit kepala dan rambut kamu.

Akibat paparan radikal bebas ini, kulit kepala dan rambut akan mengalami sejumlah masalah kecantikan. Misalnya, timbul ketombe berlebihan, rambut yang mudah patah dan rontok, kering, kusut, bahkan tampak kusam.

Pada beberapa kasus, radikal bebas pun bisa memicu kemunculan tanda penuaan dini pada rambut. Yakni dengan mempercepat perubahan warna rambut, atau memunculkan uban.

Untuk menyiasati masalah ini, masyarakat Tahiti menggunakan monoi oil untuk merawat rambut dan kulit kepala mereka secara rutin.

Kandungan asam lemak esensial dan antioksidan yang ada dalam bahan alami ini akan membantu melindungi rambut kamu. Bahkan, bisa mengembalikan vitalitas rambut dengan memperbaiki sel-sel yang bermasalah akibat radikal bebas.

Membantu Melembapkan Rambut

Manfaat monoi oil untuk kecantikan selanjutnya adalah membantu melawan rambut kering dan memberikannya kelembapan tambahan.

Sama halnya dengan minyak alami lain, monoi oil mengandung senyawa moisturizer yang cukup tinggi. Sehingga bisa memberikan lipid kelembapan ekstra pada kulit kepala dan rambut kamu.

Kulit kepala yang terhidrasi dengan baik akan membuat risiko kemunculan ketombe kering lebih rendah, bahkan gejala peradangan akibat psoriasis dan eksim pun dapat dikurangi.

Memperbaiki dan Melembutkan Tekstur Rambut

Satu lagi manfaat monoi oil untuk kecantikan rambut adalah memabntu memperbaiki dan melembutkan tekstur rambut.

Tahukah kamu, kalau rambut yang rusak akan cenderung terasa kering, kasar, bahkan mudah sekali kusut? Yap, kondisi ini menandakan bahwa lapisan pelindung dan protein yang ada pada helain rambut telah hilang.

Kabar baiknya, monoi oil memiliki kandungan asam lemak esensial yang cukup tinggi, sehingga bisa memberikan lapisan pelembap dan protein pada rambut kamu.

Tidak heran, penggunaan minyak monoi dengan teratur bisa dipercaya mampu memperbaiki kerusakan pada struktur rambut. Sehingga bisa membuat tekstur yang sebelumnya kasar, menjadi lebih lembut, halus, dan mudah diatur.

Nah, itu adalah berbagai manfaat monoi oil untuk kecantikan yang mungkin belum kamu ketahui. Cukup banyak, bukan?

Karenanya, beberapa produsen kosmetik ternama telah memanfaatkan monoi oil sebagai bahan dasar produk yang mereka ciptakan.

Nah, apakah kamu juga tidak ingin melakukan hal serupa dan menciptakan skincare untuk berkandungan monoi oil dengan brand kosmetikmu sendiri?

Yap! Caranya mudah banget, kamu hanya perlu maklon skincare di PT Mash Moshem Indonesia. Kami akan membantumu menciptakan skincare berkualitas dan mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Tak usah bingung dengan formula, desain produk, legalitas skincare, dan proses produksi dalam jumlah besar. Karena kami menyediakan semua yang kamu perlukan untuk membuat brand kosmetik sendiri.

Jadi, apakah kamu tertarik?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

pentingnya membuka bisnis untuk kecantikan (1)

Ketahui Berbagai Alasan Pentingnya Membuka Bisnis Sendiri Bagi Perempuan

Kamu pasti belakangan sangat menyadari bagaimana struktur sosial bergerak dan berubah. Salah satunya, bagaimana kedudukan perempuan dalam dunia bisnis dan industry. Tak hanya berperan dalam ranah domestic, kini kamu bisa menemukan dengan mudah perempuan-perempuan yang juga aktif dalam berbagai...

Continue Reading

Leave a Comment