10 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik untuk Bisnismu, Apa Saja?

rekomendasi aplikasi crm terbaik

Pelanggan menjadi kunci kesuksesan utama bagi sebuah bisnis. Semakin banyak pelanggan yang didapat, profit pun akan semakin meningkat. Untuk meningkatkan pelanggan, dibutuhkan pula pengelolaan yang cukup baik. Agar pelanggan tetap loyal pada bisnis yang sedang kita kebangkan.

Saat ini era semakin berkembang, begitu juga dengan teknologi. Yang terbaru ada teknologi yang bisa mengelola hubungan antara pelanggan dan juga penjual, yakni CRM atau Customer Relationship Management.

Dengan bantuan CRM perusahaan tak perlu repot untuk mengurus relasi dengan pelanggan. Sebab semua system yang akan secara otomatis mengelola itu.

Bahkan tak hanya dengan pelanggan, CRM juga bisa mengelola segala aktifitas karyawan. Sehingga kamu bisa dengan mudah memantau segala ruang dan kegiatan perusahaan melalui satu pintu saja.

Untuk lebih jelasnya, berikut kami jabarkan mengenai CRM. Mulai dari pengertian, manfaat hingga jenis-jenis CRM yang bisa kamu gunakan di perusahaan. Selamat membaca!

Apa Itu Aplikasi CRM?

Setelah membaca pernyataan sebelumnya, pasti kamu sudah mempunyai gambaran bahwa CRM adalah satu satu system yang cukup canggih.

Ya, CRM sendiri dibuat untuk membantu perusahaan dalam mengelola segala aktivitas. Mulai dari menjaga hubungan dengan pelanggan hingga memantau kinerja karyawan.

Secara singkatnya CRM adalah system bisnis yang melibatkan proses, manusia dan teknologi. CRM akan membantumu dalam mengelola bisnis dengan mengkonvensi audience menjadi pelanggan baru, dan pelanggan lama tetap ada.

Tak hanya itu, CRM juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas. Sehingga nanti akan berpotensi meningkatkan penjualan.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu dapat melakukan berbagai aspek penting yang berkaitan dengan konsumen. Seperti membuat jadwal pertemuan, laporan, pengiriman email, penambahan catatan, hingga Public Relation. Semua itu bisa kamu lakukan jadi satu di CRM.

Fitur-fitur canggih dalam di CRM juga dapat membantumu untuk mengelola segala data yang berkaitan dengan pelanggan. Sehingga hal tersebut mampu meningkatkan bisnis yang sedang kamu jalankan.

Tak hanya itu, ternyata masih banyak manfaat dan fungsi dari  CRM. Berikut adalah manfaat dan fungsi dari aplikasi CRM untuk bisnis yang perlu kamu ketahui.

Manfaat dan Fungsi Aplikasi CRM untuk Bisnis

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pelanggan merupakan aspek yang cukup penting dalam sebuah bisnis. Apalagi saat ini bisnis sudah memasuki era digitalisasi. Yakni semua database pelanggan merupakan hal yang cukup penting.

Data base pelanggan ini juga menjadi kunci bagi perusahaan dalam mengambil sebuah keputusan. Oleh karena itu diperlukan ketelitian dalam pengolahan datanya. Namun perusahaan kini tidak perlu repot-repot, sebab sudah ada CRM yang dapat membantu mengolah database para pelanggan.

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah manfaat dan fungsi aplikasi CRM yang wajib kamu ketahui:

Meningkatkan Kinerja Sales yang Lebih Baik

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa dengan menggunakan CRM kinerja penjualanmu dapat meningkat dengan signifikan. Sebab komunikasi dengan pelanggan akan lebih teraarah dan terjalin dengan baik. Sehingga hal ini akan berpotensi membangun loyalitas pelanggan terhadap bisnismu.

Meningkatkan Keuntungan dan Efisiensi

Manfaat selanjutnya adalah dapat meningkatkan keuntungan dan efisiensi. Perencanaan pertemuan dan komunikasi dengan pelanggan akan terjadwal dengan rapi. Sehingga hal ini bisa lebih efisien waktu dan mendatangkan keuntungan yang lebih banyak pula.

Memudahkan Pengambilan Keputusan

CRM akan merekam dan mengelola data pelanggan. Dengan data pelanggan yang lengkap ini akan sangat membantumu untuk mengambil keputusan. Mulai dari menyusun strategi promosi hingga pengambilan keputusan yang lainnya.

Keamanan Data Lebih Kuat

Setiap CRM mempunyai pengamanan yang ketat. Sehingga privasi data pelanggan dan perusahaanmu akan terlindungi. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika data tersebut mengalami kebocoran. Sebab CRM memiliki security yang cukup bagus.

Mengoptimasi Tugas Harian

Dengan adanya CRM kamu juga mengoptimasi tugas harus. Tugas kecil seperti mengirim email atau menjadwalkan pertemuan bisa dilakukan oleh CRM. Sehingga kamu bisa mengoptimaslisasi karyawan dengan tugas yang lainnya.

Nah, itulah beberapa manfaat dan fungsi dari CRM. Selanjutnya ada fitur-fitur penting yang harus ada jika kamu menggunakan aplikasi CRM. Apa saja fitur penting itu? Berikut daftarnya.

Fitur Penting yang Harus Ada dalam Aplikasi CRM

CRM memang sebuah aplikasi yang dibuat untuk mengoptimalisasi kinerja perusahaan. Dengan menggunakan CRM, kamu bisa memantau kondisi perusahaan dengan teratur. Oleh karena itu banyak fitur yang perlu kamu ketahui jika menggunakan aplikasi ini. Berikut adalah fitur penting yang harus ada dalam aplikasi CRM:

Menangkap Prospek

Fitur penting yang pertama adalah menangkap prospek. Lead ini akan sangat penting untuk mengolah database pelanggan. Dengan adanya fitur ini kamu bisa mengubah audience menjadi pelanggan tetap. Tentu ini akan sangat membantu mengembangkan bisnismu untuk ke depannya.

Mengirim Email

Kamu juga tidak perlu repot untuk mengirim para pelanggan email penawaran atau pengingat lain. sebab CRM bisa melakukan itu semua. Data dari setiap pelanggan yang mengunjungi websitemu akan terekam oleh CRM. Dan secara otomatis mereka akan mengirim email penawaran dan promo untuk mereka.

Pengelompokan Prospek

Selain mengirim email otomatis, CRM juga berfungsi untuk mengelompokkan prospek. Dengan mengelompokkan prospek kamu akan dengan mudah bisa membedakan mana prospek yang harus dibedakan dan mana yang tidak. Sehingga potensi penjualanmu meningkat pun akan semakin tinggi.

Tindak Lanjut dan Penjadwalan

Fitur selanjutnya yang harus ada pada CRM adalah tindak lanjut dan penawaran. Pada fitur ini CRM dapat menindaklanjuti prospek untuk menjaga bisnis agar selalu stabil. Tak hanya itu, komunikasi dan hubungan dengan prospek pun akan terjaga.

Kamu juga bisa menjaadwalkan aktivitas tindak lanjut tersebut sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginan.

Itulah beberapa fitur yang harus ada pada aplikasi CRM. Berikut adalah rekomendasi 10 CRM untuk kamu.

10 Rekomendasi Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia

Buat kamu para pebisnis yang ingin menggunakan CRM menjadi bagian dari bisnismu tidak perlu khawatir. Berikut adalah 10 rekomendasi aplikasi CRM terbaik di Indonesia yang bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnismu. Selamat mencoba!

Aplikasi Mekari Qontak

Rekomendasi CRM yang pertama adalah Qontak.com. Ini merupakan aplikasi CRM yang bermitra langsung dengan Whatsapp Business.

Kamu bisa mengintegrasikannya secara langsung dengan Whatsapp untuk membantu proses memantau penjualan. Aplikasi CRM satu ini memiliki beberapa fitur canggih yang dapat mempermudah pekerjaanmu, apa saja?

  1. Customization
  2. 360 View and Analytical Reporting
  3. Live GPS and Mobile Application
  4. KPI Tracking and Task Management
  5. WhatsApp Omnichannel Integration
  6. Document Otomatization
  7. Marketing Initiation
  8. Dedicated Support
  9. Live Chat and Web Chat Feature

Microsoft Dynamics CRM

Microsoft Dynamics ini merupakan aplikasi CRM yang digagas oleh Microsoft. System operasinya pun menggunakan Microsoft Windows.

Meskipun harganya tergolong cukup mahal, namun aktifitas penjualanmu bisa dipantau dengan signifikan melalui aplikasi ini. Berikut fitur-fitur yang terdapa di dalamnya:

  1. Customer Relation Management
  2. Otomatisasi dokumen
  3. Sales Force Automatication
  4. Customer Service Tracking
  5. Cloud Sharing
  6. Marketing Capabilities
  7. Personalisasi
  8. Increase Productifity

EngageBay

Ini merupakan aplikasi CRM yang bisa membantu perusahaan kecil hingga menengah. EngageBay dapat membantumu mengelola segala aktifitas perusahaan dengan fitur-fitur canggih yang ada di dalamnya. Apa saja?

  1. Account alert
  2. Activity tracking
  3. Analytics/ROI Tracking
  4. Auto-responders
  5. Automated routing
  6. Automated scheduling

Pipedrive

Pipedrive merupakan aplikasi CRM yang menawarkan software berbasis cloud khusus CRM. Aplikasini berkantor di Estonia, USA, Inggris,  hingga Florida. Sayangnya aplikasi ini tidak ada versi gratis. Berikut fitur-fitur yang dapat kamu nikmati ketika menggunakan Pipedrive:

  1. Management lead dan penjualan
  2. Pelacakan komunikasi
  3. Memiliki system otomatisasi
  4. Pelaporan wawasan bisnis
  5. Privasi dan keamanan pada aplikasi
  6. Akses mobile apps

Keap

Keap adalah aplikasi CRM yang banyak melakukan penawaran melalui SMS dan email. Aplikasi ini akan mengirim pesan secara berkala dan terjadwal kepada para pelanggan. Selain itu masih banyak fitur lain yang dapat kamu nikmati pada aplikasi CRM ini. Berikut daftarnya:

  1. Pre rebuild reminder
  2. Automated email
  3. Keeps calls and message separate
  4. Automated follow up

Freshsale

Aplikasi ini diklaim menjadi salah satu aplikasi CRM terbaik. Sebab dapat memberikan berbagai pelayanan yang dibutuhkan mulai dari maintainen pelanggan, penjadwalan dan masih banyak yang lainnya. Berikut adalah fitur-fitur yang kamu dapatkan pada aplikasi ini:

  1. Ticketing
  2. Collaboration
  3. Automation
  4. Reporting dan analytics
  5. Email tracking
  6. Event tracking
  7. Management sales

Cooper

Rekomendasi aplikasi CRM terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan adalah Cooper. Ini merupakan aplikasi CRM yang menawarkan pengelolaan kontak, penawaran email hingga menganalisis penjualan dan memantau prospek baru. Semua bisa dilakukan dalam satu panel. Berikut adalah fitur-fitur canggihnya:

  1. Management sales
  2. Sales funnel
  3. Laporan analisis
  4. Managemen pipeline

SAP CRM

Aplikasi SAP CRM dikembangkan untuk membantu perusahaan dalam mengelola bisnis sesuai dengan kebutuhan. Jenis aplikasi ini merupakan CRM terbaik yang dibuat oleh SAP SE.

Rekomendasi aplikasi CRM terbaik ini dapat melayani berbagai macam kebutuhan seperti pejualan, penawaran, pemasaran hingga pengelolaan perusahaan yang lain. Beikut fitur-fitur yang akan kamu dapatkan ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

  1. Dukungan bisnis yang berfokus pada pelanggan
  2. Memiliki gambaran sales funnel melalui berbagai macam channel
  3. Menyajikan data analitik untuk pelaporan dan pengambilan keputusan
  4. Menyimpan semua data ke dalam cloud
  5. Otomatis sales dan marketing
  6. Pelacakan penjualan dan forcecasting

Aplikasi Sugar CRM

Ini merupakan aplikasi CRM yang memiliki fungsi sales monitoring. Kamu bisa memantau penjualan melalui aplikasi yang satu ini. Berbagai fitur canggih pun sudah disediakan. Sehingga kamu tidak perlu khawatir. Berikut berbagai macam fitur yang ditawarjab ada aplikasi Sugar CRM:

  1. Otomatisasi pemasaran
  2. Customer support
  3. Otomatisasi sales force
  4. Laporan analisis penjualan

Aplikasi Oracle CRM

Oracle CRM merupakan aplikasi yang dibuat oleh perusahaan computer multinasional di Amerika. Aplikasi ini menawarkan berbagai pelayanan yang kondusif untuk perusahaan. Mulai dari pelayanan, pemasaran hingga pemantauan perusahaan. Berikut fitur-fiturnya:

  1. Meminimalisi proses lead to cash
  2. Meningkatkan produktivitas seluruh tim
  3. Meningkatkan kinerja penjualan dengan forcasting, upsell dan managemen komisi
  4. Membantu mengelola perusahaan.

Nah itulah 10 rekomendasi aplikasi CRM yang berguna untuk mengelola aktivitas perusahaanmu dan bisnis kosmetik yang kamu jalankan. Kamu bisa menyesuaikan jenis aplikasi yang paling cocok dengan kebutuhanmu.

Selain 10 rekomendais aplikasi CRM di atas, ada banyak tips pemasaran digital yang bisa kamu jadikan pelajari di laman Berita Terkini. Nantikan juga Webinar Digital Marketing gratis dari Mash Moshem Indonesia tiap bulannya, ya!

About Author

Related posts

total quality management adalah

Kenali Sistem Total Quality Management (TQM) dan 8 Elemen Pokoknya

Apakah kamu pernah mendengar istilah total quality management? Konsep awal total quality management awalnya diciptakan untuk sektor manufaktur, tetapi konsep tersebut sudah banyak digunakan untuk berbagai macam industri. Dalam penerapannya, konsep total quality management adalah meningkatkan budaya kerja, sistem,...

Continue Reading

Leave a Comment