Panduan SEO untuk YouTube Agar Konten Promosimu Trending

strategi seo untuk youtube (2)

Sebagai salah satu platform video streaming terbesar di dunia, YouTube memiliki pengguna dengan beragam background dan segmentasi yang luas. Karenanya, platform ini sangat efektif sebagai media promosi. Namun, untuk membuatnya kian efektif, kamu bisa menerapkan SEO untuk YouTube. Pernah dengar?

Nah, salah satu cara untuk membantu menaikkan branding tersebut adalah dengan bantuan SEO (Search Engine Optimization) YouTube. Tentu juga perlu bantuan dari orang-orang yang berkompeten di bidangnya, jadi sekarang pun banyak lowongan kerja yang berhubungan dengan SEO.

Mulai dari perusahaan kecil hingga besar, semua berlomba menaikkan branding. Sama halnya di mesin pencarian Google yang menggunakana optimasi SEO agar mendapatkan peringkat baik di halaman pencarian. SEO juga bisa bekerja sama baiknya untuk meningkatkan jangkauan YouTube.

Lalu bagaimana jika kamu ingin menaikkan branding juga traffic lewat YouTube? Apakah ada syarat atau tips tertentu agar traffic mudah di dapat perusahaan? Jawabannya bisa! Dan tentu YouTube juga memiliki sistem sendiri untuk menunjang optimasi branding perusahaan mu, terutama lewat panduan SEO YouTube.

So, artikel kali ini tentu akan menjawab semua pertanyaan mu itu tentang bagaiman panduan SEO YouTube untuk menaikkan branding sekaligus traffic bagi perusahaanmu. Langsung aja simak artikel ini sampai habis, Guys!

Pentingnya Peran SEO untuk YouTube

Platform YouTube memiliki peran penting juga untuk membantu menaikkan branding dan traffic. Salah satu yang dapat dimanfaatkan lewat YouTube dengan SEO YouTube, yakni sebuah proses untuk mengoptimalkan saluran YouTube, metadata, deskripsi video, daftar putar, serta video konten milik perusahaan.

Pemanfaatan SEO YouTube ini nantinya akan memberikan peran untuk bagi branding perusahaan untuk memudahkan orang mencari perusahaan kamu.

Bahkan data statistik juga membuktikan bahwa situs website online yang banyak dikunjungi saat ini adalah YouTube, dan yang pertama adalah Google menurut peringkat lintas Alexa.

Jika kamu bisa membuat nama perusahaan berada di halaman pencarian Google, maka dengan mudah hal itu juga terlihat di YouTube dikarenakan Google memiliki YouTube dan keduanya berbagi data secara otomatis.

Hal itu tentu bagus untuk menunjang traffic tinggi bagi perusahaan dan bisnismu. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan nilai plus jika bisa menyajikan konten yang menarik dan berbobot bagi pengunjung, maka orang yang penasaran akan meng klik nya di platform YouTube lewat video.

Terdapat manfaat besar jika kamu menggunggah video di YouTube yakni Google akan segera mengindeks video tersebut, jadi kamu hanya perlu menunggu Bot memproses video itu, dan kamu tidak perlu repot membuat peta situs untuk mengirimkannya.

Selain menyasar agar video milikmu di indeks oleh di halaman peringkat Yotube, penting juga kamu menerapkan taktik SEO yang bermutu, sama halnya ketika kamu melakukan optimasi SEO website agar di indeks oleh Google.

Maka dari itu perhatikkan juga judul video, deskripsi, tag, dan terpenting teks penutup yang menjadi kunci SEO YouTube.

Panduan Penting dalam Optimasi SEO untuk Laman YouTube

Selain tahu akan peran SEO YouTube, kamu juga harus memperhatikan hal-hal lain untuk mengoptimalkan SEO YouTube, di antaranya:

strategi seo untuk youtube

Melakukan riset kata kunci (keyword)

Sama halnya dengan SEO Google, dalam SEO YouTube juga mementingkan riset keyword yang tepat. Hal tersebut juga berlaku mulai dari kata kunci (keyword), turunan, hingga kata sinonimnya (LSI). Peran kata kunci dalam SEO YouTube ini juga penting karena akan menentukan posisi dari konten yang kamu buat.

Tapi perlu diingat bahwa peran keyword juga nantinya akan bersaing dengan konten milik orang lain yang telah memiliki jumlah penonton lebih banyak. Jadi, maksimalkan konten yang ingin kamu ungah.

Melakukan riset keyword juga tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa hal juga yang harus kamu perhatikan dengan baik, seperti:

Menemukan kata kunci menurut Niche

Jika kamu termasuk pemula, peranan keyword sangat penting, maka kamu perlu usaha ekstra dan cerdas untuk memaksimalkan kata kunci.

Untuk itu kamu bisa memanfaatkan fitur Google Trends untuk mengetahui jenis keyword yang dapat dibidik oleh pembacaan indeks YouTube beserta turunannya.

Selain itu, penggunaan Google Trends untuk kamu yang pemula nantinya akan memudahkanmu mengetahui keyword apa saja yang sering muncul di pencarian.

Namun jika kamu kategori sudah profesional dan memiliki pengikut yang banyak, maka kamu sudah tidak asing dengan niche atau tema yang telah kamu kuasai.

Pasti mencari keyword bukanlah sesuatu yang sulit bagi kamu karena jika kamu sudah paham kinerja indeks YouTube bisa membuat konten videomu dengan cepat bisa naik peringkat.

Menganalisis yang sedang trend

Jika kamu memperhatikan, coba lihat trend di tab YouTube, bahkan pada periode tertentu video yang menjadi trending nomor 1 biasanya memiliki tema yang sama. Dari hal itu, kamu bisa menganalisis jika YouTube memiliki trend yang dapat menaikkan traffic.

Selain itu, ada cara lain untuk bisa melihat apa yang sedang trend di YouTube, yakni dengan memanfaatkan fitur autocomplete yang terletak di kolom pencarian.

Mengkoleksi kata kunci (keyword) dari Google

Memiliki kata kunci yang berpotensi juga sangat penting dalam SEO YouTube, salah satu cara yang dapat kamu lakukan adalah mengumpulkan kata kunci dari Google, mengingat jumlah pencarian terbanyak ada di Google.

Dengan penentuan kata kunci yang tepat dan pemahaman trend yang baik, maka SEO YouTube dapat dioptimalkan dengan mudah. Meski begitu, usahakan untuk membuat konten yang orisinil tanpa meniru atau menjiplak konten orang lain.

Sinergikan dengan kata kunci populer di website bisnismu

Selain melakukan riset kata kunci yang tepat dengan Google Trends, dan mengoleksi kata kunci dari Google, kamu juga bisa banget menyesuaikan kata kunci dengan website milik bisnismu.

Hal itu juga menjadi salah satu cara mengangkat nama bisnis mu untuk diindeks dalam mesin pencarian sehingga bisa dikenal orang.

Membuat video dengan kualitas baik

Sama halnya dengan proses indeks Google, algoritma YouTube juga terbilang rumit dan sering berubah-ubah. Terkadang kata kunci yang sudah sesuai dengan trend bisa tidak terindeks karena kalah cepat dengan konten milik orang lain yang sudah lebih dulu masuk halaman pencarian.

Dalam proses pencarian YouTube, posisi video teratas bisa dianggap sebagai video yang paling relevan dengan keyword. Jadi kamu juga harus benar-benar riset kata kunci yang tepat dan sebisa mungkin untuk menyajikan kualitas video terbaikmu agar dapat bersaing dengan video orang lainnya.

Maka dari itu ada beberapa faktor yang harus kamu perhatikan untuk menunjang hasil video terbaik, meliputi:

Meningkatkan kualitas editing video

Video dengan kualitas baik juga akan menentukan video masuk peringkat. Jadi dapat dilihat seberapa bagus kualitas videonya, jika kualitas buruk maka bukan tidak mungkin video buatanmu akan tenggelam dan kalah saing dengan video orang lain yang lebih menarik.

Sehingga sudah bisa kita pastikan jika kemampuan editing videomu masih kategori bawah maka video yang dihasilkan akan berpengaruh terhadap pembacaan YouTube.

Pastikan orisinalitas video

Menghasilkan video original sangatlah sulit, jadi jangan melakukan plagiat atau penjiplakan video di dalam konten kamu, ya. Apalagi jika konten tersebut berhubungan dengan video atau musik yang memiliki hak cipta, platform akan langsung menurunkannya dan tentunya tidak bisa masuk monetisasi. So, sebaiknya buatlah video yang bagus, orisinil, dapat dinikmati semua orang, dan mendatangkan indeks yang baik agar mendapat banyak penayangan.

Perhatikan durasi video

Hal lain yang juga perlu diperhatikan olehmu adalah durasi video yang kamu buat. Hal itu juga menentukan bagaimana konten mudah masuk indeks sesuai dengan kata kunci atau tidak.

Bahkan terkadang ada orang yang membuat video dengan durasi 5 menit saja untuk melakukan monetisasi, tapi video tersebut juga sudah memiliki syarat dimonetisasi dengan dimunculkan Adsense.

Membuat tumbnail yang memikat

Biasanya orang juga tertarik meng klik video dengan melihat thumbnail videonya. Jadi kamu bisa menerapkan hal itu dengan membuat thumbnail yang menarik dan membuat pengunjung jadi penasaran.

Dan jangan lupa juga untuk menyisipkan kata-kata click bait yang menarik untuk keterangan videonya, karena hal pertama yang akan diperhatikan pengunjung adalah bagian judul dan thumnail.

Sisipkan copy pada video

Optimasi hasil video buatanmu dengan menyisipkan kata kunci di dalam copy jika kamu lupa memberikan keyword. Hal tersebut nanti akan membuat YouTube memahami konteks dari vedio unggahan mu.

Mempertimbangkan selera penonton

Video yang memiliki kualitas baik dan membuat penonton tertarik tentu bisa menjadi peluang videomu dibagikan kepada orang lain. Jadi semakin banyak video yang dilihat oleh pengguna maka indeks video tersebut juga akan semakin tinggi dan hal itu bisa menjadi peluang video mu masuk dalam mesin pencarian.

Optimasi pada Metadata

Keberadaan kata kunci sangat berpengaruh dalam video, untuk itu kamu harus tahu di mana letak keyword yang benar seperti di bagian deskripsi, caption, tag, atau sejenisnya. Maka kamu perlu paham, dan berikut ini cara meletakkan keyword yang benar sesuai tempatnya.

Menyelipkan kata kunci pada judul

Judul dalam video sangat penting, salah satunya meyisipkan kata kunci di dalamnya, atau bisa juga mencantumkan turunannya maupun sinonimnya. Semakin relevan kata kunci yang dicantumkan maka akan memungkinkan videomu berada di halaman pertama.

Tapi biasanya penulisan kata kunci juga harus kamu perhatikan batasan jumlahnya. Jadi usahakan untuk tidak melebihinya, dan yang terpenting adalah isi video harus relevan dengan judul dan kata kunci yang ditulis.

Optimasi deskripsi video

Selain judul yang termasuk penting, keyword juga nantinya ditargetkan harus muncul pada deskripsi. Jadi berikan deskripsi yang sesuai video atau bisa juga dengan memasukan CTA (Call to action).

Salah satu cara agar memudahkan keyword terbaca adalah menuliskan kata kunci tersebut pada baris pertama. Beberapa orang juga memberikan transkrip kata-kata yang muncul dari video, maka lakukanlah dengan benar, dan jangan sampai keyword yang telah ditargetkan typo.

Memasukkan tag yang tepat

Ingatlah jika kata kunci tak hanya dicantumkan dalam deskripsi dan judul, optimasi SEO YouTube dalam mesin pencarian juga harus dilakukan. Selain itu, kamu juga bisa membuat tag yang relevan terkait kata kunci. Karena tag akan membantu Google dan YouTube dalam memahami konteks videomu, jika hal itu sudah benar maka optimasi SEO akan berjalan lancar.

Memberikan hastag yang sesuai

Selain memberikan tag, kamu juga perlu memasukkan hastag yang sesuai. Hastag ini biasanya terletak di bagian atas judul yang berupa tanda pagar dan lengkap dengan kata yang sesuai keyword.

Maka saat hastag di klik, YouTube akan menampilkan video dengan tagar yang serupa hingga membuat pencarian jadi lebih spesifik.

Buat thumbnail yang sesuai dengan isi video

Sebelumnya telah kita singgung sebelumnya bahwa thumbnail juga memiliki pengaruh kepada pengunjung. Sebab banyak orang lebih tertarik dengan penampilan thumbnail di awal melihatnya.

Jadi penting bagimu memberikan thumbnail yang sesuai dengan isi video milikmu agar relevan ketika audience tonton, sekaligus tidak membuat pengunjung kecewa saat melihatnya. Sebab isi yang tidak sesuai thumbnail justru bisa mengundang ‘tidak suka’ yang dapat memengaruhi indeks YouTube.

Menyisipkan CTA untuk meningkatkan engagement

Platform YouTube nantinya akan meberikan peringkat tinggi kepada video populer, dan salah satu cara menentukannya lewat komentar. Jika dalam sebuah video tersebut mendapat banyak komentar, maka kamu juga harus memprioritaskan mereka karena sudah memberikan respon baik atas videomu.

Salah satu cara untuk mendorong orang berkomentar adalah dengan menambahkan CTA atau tindakan ajakan. Berilah respon dengan cara memberitahu bahwa kamu akan mengunggah lebih banyak video sesuai dengan minat penonton. Terutama bagi mereka yang memberikanmu komentar.

Ingin tahu bagaimana cara membuat CTA yang menarik? Kamu bisa simak penjelasannya di sini.

Promosikan dan Distribusikan Video

Untuk menarik penonton kamu juga bisa memanfaatkan aneka platform polpuler seperti saat ini. Caranya dengan membagikan videomu agar mendapat jumlag penonton yang besar dan membuat video jadi viral. Adapun cara yang bisa kamu lakukan, ialah:

Memanfaatkan media sosial

Saat ini media sosial tengah gencar pebisnis gunakan, seperti Instagram, Twitter, TikTok, Facebook, dan masih banyak lagi. Kamu bisa banget memanfaatkannya untuk berpromosi mengenai videomu.

Caranya juga cukup mudah yaitu dengan share link dan footage di media sosial. Agar orang penasaran kamu juga bisa menambahkan ringkasan yang menarik juga, lho.

Membuat komunitas

Jika kanal atau channel milikmu sudah  kategori besar dan populer, maka ada baiknya kamu melakukan komunikasi atau menjalin relasi dengan penonton, caranya dengan berinteraksi di kolom komentar atau cukup melakukan like sebagai tanda respon atas antusias mereka.

Iklankan konten buatanmu

Selain melakukan interaksi kepada penonton, kamu juga bisa mempromosikan video buatanmu lewat kampanye produk. Namun hal itu membutuhkan dana yang tidak sedikit, jadi lebih baik pertimbangkan dahulu. Tujuannya adalah mendapatkann banyak jangkauan, kamu bisa memasang iklan pada video terbaikmu.

Keuntungan lainnya, kamu juga bisa melihat videomu melalui iklan Google Adsense. Sehingga kamu dapat menentukan sendiri iklan yang akan ditampilkan, dan salah satunya lewat YouTube.

Ketahui lebih banyak soal YouTube Ads dan keuntungannya di sini.

Analisis Insight Akun dan Evaluasi Video Milikmu

Penerapan SEO YouTube ini kita rangkum berdasarkan data, jadi setelah melakukan 4 langkah seperti dalam pembahasan di atas. Ada hal yang juga lebih penting untuk kamu lakukan, yakni melakukan evaluasi terhadap progres yang kamu lakukan.

YouTube juga menyediakan tempat mengalisis pencapaianmu, kamu bisa membuka Studio YouTube, kemudian klik kiri dan pilih Analytics. Maka kamu akan memperoleh gambar sebuah grafik yang berisikan jumlah tampilan, waktu, jumlah pelanggan, jangkauan setiap videonya, hingga keterlibatan setiap videonya. Jadi dengan begitu kamu bisa mempertimbangkan langkah selanjutnya untuk menaikkan optimasi YouTube-mu.

Nah, itu adalah berbagai tips dan manfaat pengoptimasian YouTube dengan SEO. Apakah kamu tertarik menggunakan trik ini untuk membuat video dari akun bisnismu mendapat lebih banyak jangkauan dan penonton?

Sebagai brand owner kosmetik kamu juga mendapat banyak keuntungan dengan mempromosikan brand maupun produkmu lewat platform ini. Karena konten-konten kecantikan di YouTube pun sudah sangat umum dan memiliki penggemar yang besar pula.

Karenanya, potensi untuk menjangkau konsumen baru, menciptakan awareness pada brand, dan bekerja sama dengan Beauty vlogger untuk menciptakan popularitas brand juga sangat besar.

Selain SEO YouTube ini, kamu bisa menemukan berbagai tips pemasaran dan branding lainnya di laman Berita Terkini. Atau, ikuti terus media sosial Mash Moshem Indonesia untuk menerima informasi seputar maklon kosmetik dan tren terbaru dari industri kecantikan. Good luck, Beautypreneurs!

About Author

Related posts

cara mengatasi perang harga saat berbisnis online (1)

Cara Mengatasi Perang Harga saat Berbisnis Online, Pemula Wajib Tahu!

Setiap perusahaan pasti akan berusaha untuk mengambil hati konsumen, salah satu caranya adalah dengan melakukan penurunan harga. Namun, sebagai pengusaha baru, kamu juga harus memahami dan mengerti cara mengatasi perang harga saat berbisnis online. Nah, di sini perang harga...

Continue Reading

Leave a Comment