Branding Kosmetik

Manfaat Menggunakan Strategi Press Release untuk Bisnis, Apa Saja?

strategi press release untuk bisnis

Dalam berbisnis tidak hanya strategi digital marketing saja yang perlu diperhatikan oleh para marketer. Namun menggunakan strategi press release untuk bisnis juga bisa jadi pilihan ideal untukmu. Strategi press release bisa kamu gunakan untuk mempublikasikan berita kepada masyarakat.

Strategi yang satu ini sudah ada sejak lama. Sebelum adanya era digital seperti sekarang ini, press realease sudah digunakan oleh perusahaan sebagai sarana penyampai informasi. Mulai dari kegiatan perusahaan atau bahkan ketika launching produk baru.

Dengan adanya press release ini perusahaan juga akan mendapatkan lead secara langsung dari masyarakat. Tak hanya demikian, press release bisa menyampaikan promo ataupun informasi lainnya menjadi lebih mudah. Jadi sangat cocok untuk meningkatkan awareness dari brand itu sendiri.

Selain itu, di era yang serba digital ini press release juga ikut berkembang. Tak hanya disiarkan media konvensional seperti koran, tabloid, televise dan radio saja, namun saat ini juga sudah bisa disiarkan secara online. Bahkan yang terbaru press release bisa disiarkan melalui media sosial. Jadi penyampaiannya pun bisa langsung lebih cepat.

Tentu saja hal ini memberikan dampak yang cukup bagus bagi perusahaan. Nah, apa saja sih dampak tersebut, dan apa saja jenis press release yang perlu diketahui? Well, untuk menjawab berbagai pertanyaan tersebut, alangkah baiknya kamu mengikuti artikel ini hingga selesai ya. Selamat membaca!

Apa Itu Strategi Press Release?

Seperti yang sebelumnya telah kita singgung, bahwa press release merupakan kegiatan publikasi atau pemberitahua informasi terkait dengan perusahaan atau suatu organisasi secara resmi. Pada umumnya press release ini digunakan ketika perusahaan tersebut menyelenggarakan sebuah event.

Nah, untuk memberitahu ke masyarakat tentang event tersebut, perusahaan menyebarkan informasi melalui media dengan strategi press release. Berbeda dengan berita, press release lebih singkat dan bersifat subjectif.

Press release biasanya berisi informasi tentang kegiatan yang diselenggarakan oleh perusahaan tersebut dan juga tentang perusahaan itu sendiri. Selain disiarkan melalui akun pribadi, press release ini juga disiarkan melalui media.

Baik konvesional maupun online. Seperti yang televise, koran, tabloid hingga radio. Juga media online seperti berita online website hingga berita di sosial media. Press release ini bersifat segera. Yakni harus disiarkan oleh media tersebut sesegera mungkin dalam kurun waktu 24 jam.

Sebab dengan adanya press release ini perusahaan mengharapkan impact yang lebih cepat dari masyarakat. Apalagi event yang berlangsung juga tidak memakan waktu yang lama. Jadi harus segera disiarkan.

Press release mempunyai poin yang cukup penting. Yakni mudah dimengerti dan cenderung menggunakan bahasa yang cukup sederhana. Karena tujuan utamanya adalah informasi tersebut bisa dengan mudah diterima dan dipahami oleh masyarakat.

Nah, itulah pengertian singkat mengenai press release. Selain menyampaikan informasi yang sesegera mungkin, press release juga mempunyai beragam manfaat yang lainnya. Apa saja? Simak detail dan ulasannya sebagai berikut.

Manfaat Strategi Press Release untuk Bisnis

Tak hanya sebagai bentuk media publikasi saja, press release juga sangat berguna untuk mengembangkan brand awareness. Bahkan dengan adanya press release yang cukup informatif juga bisa meningkatkan penjualan secara signifikan. Sebab pesan bisa sampai dan diterima dengan baik di masyarakat.

Press release juga dapat membantu proses perkembangan dan pertumbuhan bisnis, meningkatkan enterprise value dan sales growth, menjaring lebih banyak lead dan menaikkan conversion rate, hingga meningkatkan ROI dan RoR pada bisnis.

Jadi akan sangat efektif bagi kamu yang ingin lebih mengenalkan kegiatan perusahaan ke public. Untuk lebih detailnya, berikut adalah manfaat dari strategi press release yang perlu kamu ketahui:

Sebagai Bentuk Memperkenalkan Produk Baru

Manfaat pertama yang bisa kamu dapatkan saat menggunakan strategi press release untuk bisnis adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan produk baru. Tentu saja ketika perusahaanmu membuat produk baru, kamu harus segera mengenalkannya kepada masyarakat.

Tujuannya adalah supaya masyarakat tersebut mengenal produk baru yang telah dibuat. Untuk itu kamu harus segera mengenalkannya dengan strategi press release. Kamu bisa menggunakan strategi promosi secara online maupun direct marketing.

Strategi tersebut bisa membawa informasi kepada khalayak luas dengan lebih cepat. Perlu ditekankan lagi bahwa dengan menggunakan strategi press release, kamu harus mengedepankan nilai produk dan kualitas produk. Hal tersebut akan berpeluang meningkatkan pembelian.

Tak hanya demikian, menunjukkan keunggulan sebuah produk akan menjadi nilai tambah tersendiri. Produkmu akan dinilai menjadi jawaban dari permasalahan yang ada di masyarakat saat ini.

Lebih Efektif dan Mudah Dilakukan

Tak hanya sebagai bentuk memperkenalkan produk baru saja, namun press release juga dinilasi lebih efektif dan mudah dilakukan. Strategi ini dapat membantumu mengetahui market orientation. Sehingga akan mempermudahkanmu menentukan tujuan dari market tersebut.

Market orientation akan membantumu menentukan tujuan yang tepat, sehingga kamu bisa menentukan target marketing dengan tepat. Jika target sudah ditentukan, potensi kekerhasilan dalam pemasaran pun akan sangat besar.

Selain itu strategi press release ini juga mudah kamu terapkan untuk bisnis milikmu. Dengan bantuan tim digital marketing, press release bisa langsung disiarkan. Baik di website maupun sosial media. Sehingga akan sangat efektif pula bagimu untuk mengenalkan produk tersebut kepada masyarakat secara cepat.

Mengetahui Sentimen Pelanggan

Manfaat selanjutnya adalah mengetahui sentiment pelanggan. Secara tidak sadar dengan menggunakan strategi press release kamu bisa mengetahui kecenderungan pelanggan. Apa yang mereka sukai dan bagaimana responnya secara langsung terhadap produk yang baru saja dirilis maupun event yang kamu selenggarakan.

Nah, dengan mengetahui sentiment pelanggan ini justru akan sangat menguntungkan bagi perusahaan. Kamu bisa menentukan strategi pemasaran terbaru dan juga melakukan evaluasi serta inovasi lagi untuk perkembangan perusahaan.

Biaya yang Cenderung Lebih Mudah

Manfaat terakhir yang bisa kamu dapatkan adalah biaya strategi press release untuk bisnis cenderung lebih murah. Tentu saja hal ini sangat efektif untuk menghemat budget. Sebagai pebisnis tentu menghemat dana seefisien mungkin adalah wajib hukumnya.

Press release cenderung lebih murah, sebab di era yang serba digital ini semua serba mudah. Publiksi bisa dilakukan dengan cepat dan tanpa biaya. Tentu saja hal ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para pebisnis.

Kecuali jika kamu ingin mempublikasikannya secara konvensional. Tentu saja membutuhkan biaya yang berlebih untuk mengundang para wartawan. Meskipun menelan biaya yang lebih besar ketimbang publikasi online, secara konvensional juga memiliki benefit tersendiri.

Itulah beragam manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan strategi press release dalam berbisnis. Setelah ini kamu harus mengetahui apa saja jenis press release. Berikut daftar dan penjelasan selengkapnya.

Jenis Press Release

Selain memiliki beragam manfaat untuk bisnis, strategi press release juga mempunyai banyak jenis. Setiap jenis dari press release ini memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Nah, berikut adalah penjelasan selengkapnya:

General News

Jenis yang pertama adalah general news. Jenis yang satu ini merupakan yang paling umum digunakan. General news digunakan informasi penting yang berkaitan dengan perusahaan untuk segera disiarkan ke public.

Pada umumnya jenis yang satu ini sering digunakan untuk menginformasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan perusahaan. Misalnya ketika perusahaan memenangkan sebuah penghargaan, atau ketika perusahaan memperobleh kenaikan akreditasi.

Tentu saja dengan menyampaikan berbagai hal tersebut dapat membangun image positif perusahaan di mata masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat pun akan semakin meningkat. Bahkan mereka juga tidak akan ragu lagi untuk membeli produkmu.

Event Press Release

Selain general news, ada juga event press release. Jenis press release yang satu ini merupakan siaran informasi yang berkaitan dengan sebuah event atau acara yang dibuat oleh perusahaan. Siaran yang satu ini bertujuan untuk menyampaikan kegiatan apa saja yang dilaksanakan oleh perusahaan.

Event press release memiliki format, yakni menuliskan apa saja yang berkaitan dengan acara tersebut secara terperinci. Oleh karena itu, agar mempermudahkan siaran. Biasanya digunakan list, bulleting, atau poin agar pembaca bisa memahami informasi kegiatan tersebut dengan baik.

Launch Release

Jenis yang ke tiga adalah launch release. Sesuai dengan namanya bahwa jenis press release yang satu ini digunakan untuk menginformasikan segala hal yang berkaitan dengan sesuatu yang baru. Mulai dari produk baru, situs baru atau hal lain yang bersifat baru.

Bentuk penulisannya pun hampir sama dengan general news, hanya saja yang membedakan, launce release berfokus pada pembahasan produk baru. Utamakan mengangkat tentang nilai dan kualitas dari sebuah produk.

Sebab dengan mengedapankan kualitas dan nilai ini akan menambah kepercayaan masyatakat terhadap perusahaan dan produk yang baru saja kamu rilis. Jika kepercayaan masyarakat ini terbangun, maka potensi penjualan semakin tinggi pun akan sangat besar.

Selain menggunakan press release, kamu bisa menyimak berbagai strategi launching produk di sini.

Executive, Staff, dan Employee

Jenis press release yang satu ini mungkin masih kurang familiar. Namun ternyata excutive, staff dan employee ini sudah sering digunakan lho. Terutama bagi kamu yang memiliki perusahaan yang besar. Tujuannya adalah mengenalkan anggota baru atau posisi jabatan tertentu.

Tentu dengan memberitahui siapa pemegang jabatan tertentu akan membantu masyarakat untuk mengenal siapa yang bertanggung jawab di posisi tersebut. Dengan melakukan strategi yang satu ini akan membuat perusahaanmu terlihat lebih professional.

Product Press Release

Selanjutnya adalah product press release. Jenis release produk yang satu ini bertujuan untuk mengenalkan produk terbaru dari sebuah perusahaan. Tentu saja dengan peluncuran produk terbaru ini harus segera disiarkan. Supaya masyarakat lebih mengetahui inovasi terbaru dari perusahaan yang sedang kamu bangun.

Sebenarnya jenis yang satu ini hampir sama dengan launce press release. Namun yang membedakan, jenis yang satu ini berfokus pada perilisan produk terbaru saja. Format penulisannya pun hampir sama.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mengenalkan produk baru ke masyarakat, kamu harus menonjolkan nilai dan kualitas sebuah produk. Hal tersebut bertujuan untuk membangun kepercayaan masyarakat dengan menonjolkan kelebihan produk yang kamu miliki. 

Rebranding Press Release

Ketika perusahaanmu akan melakukan rebranding, jenis press release yang satu ini sangat cocok untuk digunakan. Dalam format penulisannya kamu harus menjelaskan alasan mengapa perusahaan ingin mengganti citranya ke public.

Tonjolkan visi dan misi terbarunya agar membuat citra perusahaan lebih fresh dan baru. Dengan begitu perusahaan akan merepresentasikan dengan baik dan memberitahukan ekspektasi apa saja yang diberikan kepada masyarakat.

Partnership Press Release

Jenis selanjutnya adalah partnership press release. Jenis yang satu ini digunakan untuk tujuan memberitahu ketika perusahaanmu berkolaborasi dengan perusahaan lain. Tentu saja hal ini sangat penting untuk disiarkan ke public.

Dengan begitu citra perusahaanmu akan semakin positif. Calon klien pun akan menilai perusahaanmu lebih kredibel dan terpercaya. Sehingga akan sangat berpotensi untuk membangun kerjasama dengan mitra yang lain.

Expert Position Press Release

Jenis yang terakhir adalah expert position press release. Yakni press release yang dibuat dengan tujuan untuk menginformasikan tentang keahlian tertentu yang dimiliki orang. Format penulisannya berbentuk biografi. Dengan adanya press release ini akan mempermudahkan perusahaan ketika mencari seseorang yang ahli di bidangnya.

Itulah berbagai jenis press release yang perlu kamu ketahui. Selanjutnya adalah mengenal stretegi press release yang baik. Berikut penjelasan selengkapnya.

Strategi Press Release yang Baik

Membuat press release tidak boleh sembarangan. Agar mudah publik mengerti, ada beberapa tips yang harus kamu ikuti. Yang pertama adalah buat struktur press release. Biasanya ada 3 struktur, yakni head, lead, dan body.

Judul (Head) sesuai dengan isi artikel. Kemudian portal berita (lead) tuliskan subjek dari topik dan 5W+1H di bagian ini. Sementara untuk bagian isi, kamu bisa menggunakan konsep segitiga terbalik untuk membuat penjelasan/artikel tersebut mudah pembaca pahami.

Konsep segitiga terbalik ini menaruh topik paling penting di paragraph awal, fungsinya sebagai pemantik rasa penasaran audience. Kemudian, kamu harus menjabarkan topik utama ini dengan rinci.

Tak lupa pula untuk menambahkan keterangan ‘Segera Ditayangkan’ supaya berita tersebut segera dirilis. Selain itu kamu juga perlu menambahkan logo ataupun alamat perusahaan pada bagian judul. Hal ini mencakup identitas perusahaan yang membuat press release tersebut.

Tambahkan pula kontak yang bisa audiens hubungi. Pakai bahasa yang mudah audience pahami dan jangan terlalu bertele-tele. Tak lupa juga tambahkan sumber agar lebih kredibel. Kalau perlu tambahkan data statistic yang mendukung penyataan.

Kamu juga harus berfokus pada pengembangan paragraph tanpa harus meninggalkan atau menyimpang dari topic utama. Itulah pengertian an beberapa hal penting yang perlu kamu ketahui dalam press release.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu tahu soal strategi press release untuk bisnis. Kamu bisa menerapkan strategi ini ke dalam perencanaan pemasaran brand dan produk kosmetikmu, lho, Beautypreneurs.

Dengan begitu, manfaat dan khususnya target pasarmu, akan aware dengan keberadaan brand kosmetikmu. Selain membuat masyarakat sadar, press release juga bisa membantu menjaring konsumen baru yang potensial untuk bisnismu.

Selain tips pemasaran ini, kamu bisa menemukan strategi branding lainnya di laman Berita Terkini. See you!

author-avatar

About Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011