Tahapan Digital Marketing untuk Pemula, Bagaimana Langkahnya?

tahapan digital marketing untuk pemula

Sebagai orang yang baru terjun di dunia bisnis, wajar jika kamu kwalahan dengan cepatnya arus pemasaran digital. Namun, tak perlu khawatir, karena kamu hanya perlu memahami tahapan digital marketing untuk pemula dan menerapkannya pada bisnis yang kamu jalankan.

Hai, Beautypreneurs! Seperti yang kamu tahu, belakangan persaingan bisnis kosmetik di Tanah Air menjadi begitu kompetitif. Karenanya, menciptakan produk dengan manfaat terbaik tak akan cukup membuat brand-mu bertahan. Kamu juga harus mengimbanginya dengan strategi pemasaran yang tepat dan melakukan promosi secara digital.

Akan tetapi ada banyak hal yang perlu kamu pelajari sebelum benar-benar menerapkan strategi promosi digital ini. Sebagai gambaran, simak penjelasan kami mengenai tahapan digital marketing untuk pemula berikut ini, ya!

Sekilas Soal Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran digital merupakan usaha pemasaran produk dengan memanfaatkan menggunakan medium digital, seperti beberapa platfrom yang ada di dalam ponsel pintar android dan ios.

Dengan adanya digital marketing, kamu sudah tidak pelu lagi melakukan aktivitas dengan pelangganmu secara fisik, karena semuanya dapat dilakukan melalui digital.

Selain itu, hadirnya digital marketing juga dapat menghemat anggaran dana yang akan kamu alokasiskan untuk kegiatan promosi.

Jika kamu merupakan pebisnis pemula, kamu sangat wajib untuk menerapkan digital marketing di dalam bisnismu. Itu semua untuk mendukung kelancar bisnismu agar tidak tertinggal oleh kompetitor.

Untuk menerapkan kinerja digital marketing, kamu wajib mengetahui tahapan dan strategi di dalam digital marketing agar bisnis yang kamu jalankan bisa berjalan lancar.

Macam Strategi Digital Marketing untuk Pemula

Ada bermacam-macam strategi digital marketing untuk pebisnis pemula. Berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa kamu pelajari dan bisa terapkan dengan menggunakan ponsel pintar yang kamu miliki, seperti berikut;

Google My Business

Google My Business atau Google Bisnisku adalah layanan yang dapat digunakan untuk menampilkan data profil bisnis yang kamu miliki dengan mudah dan instan, dimana akan secara otomatis akan tampil dihalaman pencarian Google.

Data yang ditampilkan pun ada beberapa macam,  seperti alamat, jam operasional, sampai rating bisnis dari para pelangganmu.

Penggunaan fitur Google My Business juga akan memudahkan pelanggan untuk dapat menemukan letak lokasi bisnis yang kamu miliki dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan riview terbaik dari konsumen yang pernah berkunjukung ke tempat usahamu. Hal tersebut untuk meningkatka promosi.

Google My Business akan menjadi sangat penting, dan perlu untuk kamu manfaatkan terutama untuk pebisnis pemula. Kamu akan dapat terbantu meastikan setiap penilaian dari pelanggan kamu, yang kedepannya akan menampilkan persona bisnis yang bagus dan menarik.

Whatsapp for Business

Disini siapa sih yang belum tahu aplikasi Whatsapp? Tentunya kamu semua sudah mengetahuinya bukan.

Whatsapp sendiri mempunyai basis pengguna yang cukup besar di negara Indonesia, dimana hampir semua masyarakat di setiap daerah Indonesia banyak yang menggunakannya.

Yang lebih menggembirakan lagi, sekarang aplikasi Whatshap sudah menyediakan fitur Whatsapp untuk bisnis lho! Hal ini sangat disarankan bagi kamu pebisnis pemula.

Kenapa kok bagi pebisnis pemula lebih disarankan menggunakan Whatsapp for Business? Jadi, aplikasi Whatsapp for Business memiliki banyak fitur yang dapat mendukung untuk menampilkan profil bisnis kamu, seperti fitur statistik pesan sampai katalog produk.

Dengan menggunakan jenis Whatsapp for Business privasi kamu akan menjadi aman, kamu juga bisa mengatur jam layanan untuk fitur chat dan telephone.

Selain itu kamu juga dapat membalas pesan calon pelangganmu menggunakan fitur automated messaging, dimana kamu tidak perlu lagi menyusun kalimat yang sama secara berulang-ulang.

Website

Website akan memiliki peran penting untuk strategi digital marketingmu. Dengan adanya website, kamu dapat menampilkan identitas bisnismu secara online, dimana semua elemen masyarakat dapat menjangkaunya.

Kemudian, dengan menggunakan website akan menandai kamu sebagai pebisnis yang profesional karena menyediakan layanan informasi formal yang bisa dijangkau oleh semua masyarakat.

Jika kamu tidak ingin kesulitan ketika membangun web dari awal, kamu bisa menggunakan CMS (Content Management System) yang efisien dan mudah dimengerti. Seperti Squarespace atau Wix.

Selain itu, saat kamu membangun website yang baru, sangat diasarankan untuk membeli hosting atau domain, agar nama bisnismu dapat terdaftar sebagai domain .com atau .co.id, dimana hal ini bisa menambah sisi profesional website dibisnis yang kamu miliki.

Search Engine Optimization (SEO)

Pada strategi ini kamu masih akan berhubungan dengan website. Penerapan SEO (Search Engine Optimization) ini bertujuan untuk membuat Website bisnismu terindeks dengan baik oleh Google. Sehingga akan lebih mudah untuk konsumen temukan karena berada posisi teratas hasil pencarian.

Untuk menggunakan SEO, juga terdapat beberapa teknik dan strategi lainnya yang dapat kamu terapkan, mulai dari membuat konten yang menari, riset keyword, link buliding dan lain sebagainya.

Penggunaan SEO di halaman pencarian Google sangat penting kamu pelajari, terutuma untuk kamu pebisnis pemula. Hal ini agar setiap artikel atau informasi di dalam website akan sering dikunjungi oleh penguna Google dapat meningkat, dan website bisnis kamu mudah dikenali

Email Marketing

Profesionalisme bisnimu kamu akan terlihat jika kamu dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan yang kamu miliki. Salah satunya dengan membuat email bisnis sendiri, di mana hal ini dapat menjadikan bisnis yang kamu miliki menjadi terlihat lebih profesional dan dipercaya oleh pelanggan.

Dengan menggunakan email marketin, kamu bisa mengalokasikan database email para calon pembeli, dan juga email calon pelanggan yang telah ada di website bisnis kamu.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan pesan promosi melalui email untuk setiap target konsumen poduk yang kamu incar. Dengan begitu, mereka akan mau untuk berlanganan konten melalui website bisnis yang kamu miliki.

Social Media Marketing

Penggunaan social media marketing merupakan strategi bisnis terakhir yang cukup banyak digunakan para pelaku bisnis.

Melansir Hootsuite (We Are Digital) Indonesian Digital Report 2020, mengatakan bahwa salah satu suskesnya bisnis online adalah menggunakan digital marketing. Bukannya tanpa alasan, hingga kini pengguna aktif sosial media di Indonesia sudah mencapai 160 juta jiwa. Yakni lebih dari 50% dari keseluruhan jumlah penduduk kita sendiri, yakni sekitar 270 jiwa.

Dari data tersebut, bisa kita simpulkan bahwa penggunaan media online adalah hal yang tepat untuk menarik konsumen. Terutama dalam membangun brand awareness, dan menjangkau konsumen dari berbagai wilayah.

Tahapan Digital Marketing untuk Pebisnis Pemula

Sebelum benar-benar menerapkan jenis pemasaran digital di atas, ada baiknya untukmu mempelajari tahapan digital marketing untuk pemula berikut ini.

Tentukan Target Pasar

Tahapan pertama yang harus kamu lakukan saat melakukan digital marketing adalah menentukan target pasar untuk bisnismu. Seperti menentukan siapa saja yang akan menjadi target bisnismu? Apakah ibu-ibu rumah tangga, remaja atau mahasiswa?

Hal tersebut penting banget kamu perhitungkan sebelum menentukan pengelolaan produk ya, agar setiap produk yang kamu buat sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di saat kamu sudah mengetahui target pasarnya, penerapan digital marketing akan menjadi lebih mudah. Sebaiknya, lakukan riset pasar terlebih dahulu ya, sehingga setiap produk yang akan kamu produksi bisa menyesuaikan dengan kebutuhan calon pelangganmu.

Memilih Produk

Tahapan ini bisa kamu lakukan, jika kamu sudah selesai melakukan riset pasar. Ini karena adanya riset pasar akan menentukan jenis produk apa yang sebaiknya kamu buat dan akan cocok dengan kebutuhan target konsumen.

Selain itu kamu juga harus mulai memantau dan memastikan kalau pelanggan cocok dan membutuhkan produk yang kamu jual, mulai dari harga, warna sampai kemasan.

Sering kali kita jumpai, kalau pelanggan akan mudah berubah pikiran saat melihat produk banyaknya penawaran produk. Hal ini juga bisa kamu manfaatkan dengan menyiapkan berbagai varian produk dalam toko online yang kamu miliki.

Tak hanya itu, variasi produk yang beragam pun akan memberikan nilai lebih pada brand-mu dan jadi pembeda tersendiri dengan kompetitor.

Membangun Website

Tahapan digital marketing untuk pemula selanjutnya dapat kamu lakukan dengan membangun Website atau toko online. Hal ini akan memudahkan pelanggan dalam mencari informasi mengenai produk yang kamu tawarkan.

Dengan adanya website, kamu juga dapat mencantumkan detail dan list produk. mulai dari warna, harga dan ukuran.

Selain itu, kamu bisa menampilkan cara metode dan pembelian produk, serta mencantumkan jenis-jenis jasa pengiriman yang kamu tawarkan pada pelanggan. Dengan begitu, konsumen akan merasa tebantu dan nyaman dalam bertransaksi.

Membangun Media Sosial

Seperti yang telah kita singgung sebelumnya, media sosial akan menjadi kebutuhan setiap elemen masyarakat di Indonesia dan dunia. Begitu pula dalam tahapan digital marketing untuk pemula, medsos memiliki peranan yang sangat penting.

Saat ini, hampir setap hari orang-orang selalu mengakses media sosial, di mana rata-rata menghabiskan waktu sekitar 3-4 jam perhari.

Dari sini kamu bisa memanfatkan kebiasaan tersebut menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Karena itulah, salah satu syarat untuk menjalankan digital marketing adalah dengan menggunakan media sosial secara aktif.

Ketiga media sosial tersebut merupakan platfrom yang paling banyak masyarakat Indonesia gunakan. Karena dengan menggunakan media sosial tersebut, kamu bisa mengupload video maupun foto dengan mudah dan tidak berbayar.

Baca Juga: 10+ Jenis Media Promosi Online yang Cocok untuk Branding Bisnis Kosmetik

Jika kamu dapat mengelola platfrom tersebut dengan baik dan profesional, bukan tidak mungkin jika bisnismu akan cepat meraih untung. Sebab, peningkatan permintaan produk dan jumlah pembelian yang kian bertambah.

Gunakan SEO, SEM, dan Sosial Media Ads

Tahapan terakhir ini merupakan tahapan yang sangat penting sekali. Terutama bagi kamu pebisnis pemula.

Kata kunci merupakan hal yang perlu kamu pelajari untuk meningkatkan kinerja digital marketing. Hal tersebut untuk memudahkan kamu mencari pelanggan dengan lebih cepat.

Agar hal tersebut dapat terwujud dengan baik, kamu harus memanfaatkan SEO dan SEM. Jika perlu kamu bisa menambahkan ads atau iklan, agar bisa lebih terjangkau kepada para calon pelanggan.

SEO sendiri merupakan layanan gratis dan dapat siapa saja gunakan agar bisnsis yang kamu miliki dapat tampil di laman pertama Google.

Sedangkan SEM merupakan layanan berbayar untuk mendukung bisnis kamu agar menjadi lebih terkenal.  Selain itu, sosial media ads hampir sama sepert SEM, bedanya ini bisa muncul di website-webisite lain.

Nah, Beautypreneurs, itu adalah hal-hal yang perlu kamu tahu dari tahapan digital marketing untuk pemula. Kamu bisa menerapkan tahapan tersebut untuk mengembangkan dan mempromosikan brand kosmetikmu secara online.

About Author

Related posts

Leave a Comment