Tren Fast Beauty dalam Bisnis Skincare, Apakah Ancaman? 

tren fast beauty dalam bisnis skincare

Sadar nggak sih, kalau setiap harinya tren fast beauty dalam bisnis skincare kita selalu mengalami perubahan. Selalu saja ada tren produk-produk skincare terbaru yang muncul dan menggantikan produk-produk skincare terdahulu, entah itu dari segi formulasi maupun jenisnya. 

Walaupun kelihatannya menarik, ternyata konsep fast beauty hampir mirip loh sama konsep fast fashion. Nggak bisa dipungkiri kalau tren semacam ini justru memberikan dampak negatif, misalnya membuat konsumen menjadi lebih konsumtif untuk membeli produk-produk skincare yang lebih baru dan inovatif. 

Lalu, bagaimana dampak tren ini terhadap perkembangan bisnis skincare di tanah air? Lalu, ada nggak cara jitu yang bisa kamu terapkan untuk mengantisipasi tren semacam ini? Yuk, cari tahu info lengkapnya lewat pembahasan berikut ini! 

Mengenal Apa Itu Tren Fast Beauty dalam Bisnis Skincare

Tren fast beauty dalam bisnis skincare menandai munculnya standarisasi yang tinggi terhadap produk-produk skincare di pasaran. Fenomena ini memang berkaitan erat dengan tren skincare yang terjadi belakangan ini. 

Makanya, tren fast beauty nggak cuma menjadi konsep kecantikan belaka, tetapi juga menjadi strategi penjualan yang bisa mendorong brand-brand skincare lain untuk menonjolkan inovasi mereka. Sayangnya, produk-produk skincare yang muncul punya siklus pendek di pasaran. 

Pemakaian kata “fast” dalam konteks ini juga punya konsekuensi yang cukup merugikan buat konsumen maupun brand owner. Siklus produksi yang terlalu cepat bisa mempengaruhi kualitas produk-produk skincare yang ada di pasaran. 

Hal ini terjadi karena pemakaian formulasi bahannya jauh lebih murah akibat seringnya percobaan selama proses pengembangan produk. Pada akhirnya, proses uji coba ini malah meningkatkan sisa limbah dari produk-produk skincare. 

Walaupun kebutuhan terhadap produk skincare semakin meningkat tiap tahunnya, tapi kamu  bisa mengambil langkah-langkah antisipasi supaya nggak terjebak di lingkaran fast beauty. Salah satu solusi yang bisa kamu terapkan adalah dengan memakai produk perawatan kulit hybrid. 

Terlepas dari itu, produk skincare tersebut harus sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan begitu, kamu bisa memastikan bahwa produk yang kamu pakai  sudah terjamin aman dari segi kualitas. 

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tren Fast Beauty dalam Bisnis Skincare 

Tanpa kamu sadari, perkembangan tren fast beauty yang begitu cepat nggak terjadi karena berbagai faktor pemicu. Tren ini nggak muncul begitu saja, loh. Ada beberapa faktor utama yang mempengaruhi munculnya tren fast beauty di bisnis skincare saat ini. 

Apa saja sih? Yuk, cari tahu jawabannya lewat ulasan lengkap berikut ini! 

Pesatnya Perkembangan Media Sosial 

Munculnya tren fast beauty berasal dari berbagai faktor, salah satunya adalah karena cepatnya pertumbuhan media sosial. Hadirnya platform-platform media sosial seperti Tiktok dan Instagram, sudah menciptakan gelombang influencer yang punya potensi besar untuk mempengaruhi pilihan konsumen saat membeli produk skincare.  

Brand-brand skincare kerap memanfaatkan pengaruh para influencer untuk mempromosikan produk-produk terbaru mereka. Walaupun strategi promosi semacam ini nggak menyalahi aturan, tapi lonjakan permintaan yang muncul justru memicu terjadinya tren fast beauty. 

Akses Informasi yang Semakin Gampang

Munculnya tren fast beauty dalam bisnis skincare juga dipengaruhi oleh akses informasi yang semakin gampang. Bagaimana tidak, tren fast beauty yang berkembang pesat sekarang ini salah satu pemicunya adalah karena konsumen semakin gampang untuk mengakses informasi yang berhubungan dengan skincare. 

Di era teknologi dan informasi yang semakin pesat, konsumen punya akses yang lebih luas dan cepat untuk mendapatkan berbagai informasi seputar produk-produk skincare terbaru. Melalui internet dan media sosial, konsumen bisa mencari ulasan, testimoni, dan rekomendasi tentang produk-produk skincare dengan harga terjangkau dan punya khasiat efektif. 

Hal ini menciptakan sebuah pasar yang potensial buat berbagai brand fast beauty. Sebab, konsumen yang cerdas dan sudah terpapar informasi menjadi salah satu target market mereka.

Baca juga “Tren Make Up 2024: Gaya Riasan Apa yang Bakal Viral?” 

Dampak Negatif Tren Fast Beauty dalam Bisnis Skincare

Terlepas dari pro dan kontra seputar tren fast beauty, ada beberapa dampak negatif yang perlu kamu waspadai sebagai seorang BeautyPreneur. Buat kamu yang tertarik terjun di bisnis skincare, dampak-dampak negatif seperti di bawah ini bisa kamu antisipasi sejak dini. Yuk, perhatikan! 

Merusak Lingkungan 

Faktanya, tren fast beauty dalam bisnis skincare membawa dampak negatif yang signifikan, khususnya dari segi dampak buruknya terhadap lingkungan. Produk-produk fast beauty memang dirancang khusus buat konsumsi cepat dan instan. 

Makanya, tren ini malah memunculkan masalah baru dari segi pengolahan sisa-sisa limbah produk skincare. Kemasan skincare seringkali nggak bisa didaur ulang, sehingga berdampak ke jumlah sampah yang terus bertambah. 

Lebih dari itu, kontribusi kamu sebagai BeautyPreneur dan brand owner juga menyumbang peranan yang cukup penting terhadap polusi sampah plastik. Dengan banyaknya sampah yang dihasilkan dari produksi produk skincare tentu semakin memperburuk masalah lingkungan dalam jangka panjang. 

Kualitas Produk Menurun 

Mungkin belum banyak yang tahu kalau tren fast beauty juga berdampak negatif buat industri kecantikan, terutama yang berkaitan dengan kualitas produk. Salah satu masalah utamanya adalah dari segi penurunan kualitas produk yang terjadi dalam waktu relatif singkat, dari sejak tahap pengembangan dan riset (R&D) sampai ke tahap peluncuran produk. 

Umumnya, para pemilik brand skincare cenderung terburu-buru untuk memperkenalkan produk baru mereka ke pasaran. Karenanya, produk-produk skincare tersebut cenderung punya standar kualitas yang lebih rendah. 

Selain itu, untuk mempertahankan harga produksi yang murah, para pemilik brand skincare sering mengandalkan formulasi bahan baku dengan harga murah. Alhasil, produk skincare tersebut punya kualitas rendah, dan bahkan berisiko buat kulit. 

Baca juga “Tren Skincare Terbaru 2024, Yuk Intip 9 Itemnya!”  

Tips Jitu Mencegah Tren Fast Beauty dalam Bisnis Skincare 

dampak negatif tren fast beauty dalam bisnis skincare

Di balik berbagai inovasinya, tren fast beauty di bisnis skincare ternyata memunculkan efek samping yang nggak main-main. Entah itu dari segi formulasi dan kualitas produk, sampai ke perilaku konsumtif konsumen. 

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa melakukan beberapa tindakan kecil untuk mencegah perkembangan tren ini. Mau tahu apa saja tipsnya? 

Utamakan Kualitas Skincare

Ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mencegah perkembangan tren fast beauty dalam bisnis skincare. Salah satu caranya adalah memahami kualitas setiap produk skincare yang kamu pakai. 

Penting untuk memahami kualitas kandungan bahan yang dipakai di berbagai produk skincare. Selain itu, kamu juga harus teliti mengecek adanya potensi perubahan warna, tekstur, dan khasiat produk skincare yang kamu buat di jasa maklon skincare. 

Makanya, pilihlah jasa maklon skincare berkualitas dari Mash Moshem Indonesia yang sudah terjamin aman dari segi produksi, pemilihan bahan baku, sampai kemasan produk. Di sini, kamu bisa mengkonsultasikan seluruh pembuatan skincare dari awal sampai akhir secara gratis. 

Mash Moshem akan membantu membuatkan produk skincare berkualitas. Harapannya, produk skincare yang berkualitas bisa lebih bertahan lama di tengah gempuran tren fast beauty yang semakin sengit. 

Pakai Hybrid Skincare 

Cara lain untuk mengatasi tren fast beauty dalam bisnis skincare adalah dengan cara memakai hybrid skincare. Apa sih hybrid skincare itu? Umumnya, hybrid skincare adalah gabungan berbagai formulasi bahan aktif dalam satu  produk skincare. 

Dengan memakai hybrid skincare untuk perawatan kulit sehari-hari, kamu bisa mendapatkan manfaat dan nutrisi yang lebih lengkap. Pendekatan semacam ini juga memungkinkan konsumen kamu untuk mengurangi perilaku konsumtif saat membeli produk-produk skincare. 

Sudah Terdaftar BPOM 

Dalam konteks ini, kamu perlu memastikan kalau produk skincare yang kamu bikin dengan brand sendiri sudah terjamin keamanannya. Nah, cara mengeceknya adalah dari nomor registrasi BPOM yang tertera di kemasan produk skincare kamu. 

Itu sebabnya, penting untuk memilih jasa maklon skincare dengan reputasi bagus seperti Mash Moshem Indonesia. Kami memberikan layanan khusus pengurusan legalitas dan sertifikat keamanan BPOM, HKI, maupun halal untuk semua produk skincare yang kami buat. 

Langkah ini nggak cuma memberikan jaminan keamanan, tetapi juga bisa meminimalisir dampak negatif yang mungkin muncul akibat adanya tren fast beauty dalam bisnis skincare. 

Makanya, kalau kamu tertarik buat bikin produk skincare yang aman dan berkualitas, serahkan saja ke Mash Moshem Indonesia. Yuk, lakukan konsultasi gratis bareng tim kami dengan mengklik tombol Whatsapp di bawah ini! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

bahan moisturizer untuk kulit berminyak

Apa Saja Bahan Moisturizer untuk Kulit Berminyak? Cari Tahu di Sini!

BeautyPreneurs! Tahukah kamu? Produksi minyak berlebih pada wajah merupakan tantangan bagi banyak orang karena rentan menimbulkan masalah pada kulit. Oleh karena itu, memahami bahan moisturizer untuk kulit berminyak merupakan hal penting untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan kulit wajah. Moisturizer...

Continue Reading