Bisnis Skincare Sustainable Beauty, Patut Dicoba! 

Bisnis Skincare Sustainable Beauty

Sering merasa kepanasan akhir-akhir ini? Ternyata, dampak pemanasan global bisa membuat suhu bumi berubah menjadi semakin panas, loh. Untuk mengurangi dampak buruk ini, kamu bisa melakukan langkah-langkah kecil seperti memulai bisnis skincare sustainable beauty.  

Tapi, tahukah kamu apa itu skincare sustainable beauty? For your information, produk skincare yang tergolong sebagai sustainable beauty hampir mirip dengan produk-produk green skincare alias skincare ramah lingkungan. 

Untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan, kamu bisa memulai menerapkan gaya hidup ini di kehidupan sehari-hari. Lalu, buat kamu yang tertarik membangun bisnis skincare pakai brand sendiri, kamu bisa mulai melirik bisnis skincare berkelanjutan seperti di bawah ini!  

Mengenal Apa Itu Skincare Sustainable Beauty 

Sustainable beauty kerap disebut sebagai green beauty. Konsep kecantikan ini nggak cuma menekankan aspek keindahan, tetapi juga memprioritaskan keberlanjutan dan etika. Makanya, konsep semacam ini kerap memakai bahan-bahan yang berasal dari sumber daya alam berkelanjutan. 

Bahkan, dari segi kemasan pun tetap harus memperhatikan dampak positif terhadap lingkungan. Berfokus pada keberlanjutan, green beauty berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif pemakaian bahan-bahan yang kurang ramah lingkungan. 

Selain itu, produk green beauty juga lebih menekankan pada pemakaian bahan-bahan yang bisa kamu dapatkan secara etis. Konsep ini pasti menjamin seluruh prosesnya sudah terlaksana secara aman dan ramah lingkungan. 

Selain aspek keberlanjutan, sustainable beauty juga menempatkan prioritas keamanan produk supaya baik untuk kesehatan tubuh konsumennya. Hal ini cuma bisa tercapai dengan cara menghindari pemakaian bahan-bahan kimia berbahaya yang ada di produk-produk skincare konvensional. 

Dengan begitu, sustainable beauty bisa memberikan jaminan bahwa bukan cuma bermanfaat buat merawat kulit, tetapi juga menjaga kelestarian lingkungan hidup. Karenanya, kalau kamu tertarik mengikuti kampanye semacam ini, kamu bisa mulai membuat produk skincare berkonsep sustainable beauty pakai brand sendiri. 

Manfaat Bisnis Skincare Sustainable Beauty 

Penting untuk mengetahui apa saja manfaat membangun bisnis skincare berkonsep sustainable beauty sebelum mulai merintis bisnisnya. Maka dari itu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa manfaat konsep bisnis skincare satu ini melalui ulasan berikut: 

Melestarikan Lingkungan Sekitar 

Penerapan konsep ramah lingkungan dalam bisnis skincare nggak cumaberdampak ke sektor industri itu sendiri, tetapi juga berdampak positif buat lingkungan. Dengan mengadopsi konsep semacam ini, kamu bisa mengurangi dampak negatif seperti pencemaran air, tanah, dan udara. 

Melalui pemakaian bahan baku dan proses produksi yang lebih ramah lingkungan, bisnis skincare berkonsep sustainable beauty bisa menciptakan produk yang bermanfaat buat kulit. Selain itu, produk skincare semacam ini juga bisa melindungi lingkungan dari efek rumah kaca dan pemanasan global. 

Membuka bisnis skincare berkonsep sustainable beauty bisa menjadi upaya positif menuju pelestarian lingkungan. Konsep bisnis ini juga mampu menciptakan harmoni antara bisnis kecantikan dan keberlanjutan. 

Menyadarkan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan

Bisnis skincare sustainable beauty nggak cuma menciptakan produk yang ramah lingkungan, tetapi juga tanggung jawab sosial terhadap masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. Dengan mengadopsi praktik-praktik ramah lingkungan, kamu nggak cuma memberikan manfaat buat lingkungan sekitar, tetapi juga ikut memperkuat ikatan positif dengan konsumen. 

Nantinya, hal semacam ini akan menciptakan reputasi positif yang mendalam di mata konsumen. Bahkan, konsep bisnis skincare yang kamu usung juga bisa menjadi pendorong kuat untuk membangun rasa percaya konsumen terhadap brand skincare kamu. 

Baca juga “Cara Mulai Bisnis Kosmetik Pakai Brand Sendiri, Yuk Coba!” 

Bisnis Skincare Sustainable Beauty Bisa Mengurangi Limbah Sampah 

Kamu juga bisa loh ikut membantu mengurangi limbah sampah melalui program bisnis skincare sustainable beauty. Pakailah kemasan-kemasan produk skincare yang ramah lingkungan supaya bisa terurai dan kamu daur ulang kembali. 

Dengan begitu, kamu nggak cuma berkontribusi pada pengurangan limbah plastik dan sampah non-biodegradable, tetapi juga bisa ikut membantu mengurangi jumlah sampah yang ada di lingkungan sekitar. Alhasil, brand skincare yang kamu bikin sudah mampu menciptakan dampak positif untuk meminimalisir pencemaran sampah plastik. 

Menumbuhkan Inovasi 

Prinsip-prinsip sustainable beauty ternyata bisa memunculkan inovasi dari segi teknologi. Bahkan, konsep berkelanjutan juga bisa merangsang perkembangan metode produksi yang lebih ramah terhadap lingkungan. 

Kalau kamu mengadopsi konsep bisnis semacam ini, maka kamu bisa menciptakan peluang-peluang bisnis baru yang menjanjikan di industri skincare tanah air. Artinya, skincare sustainable bauty yang kamu bangun juga akan mendorong solusi-solusi produk skincare yang lebih ramah lingkungan. 

Bisnis Skincare Sustainable Beauty Bisa Meningkatkan Pendapatan Ekonomi Lokal

Tanpa kamu sadari, bisnis berkonsep pelestarian lingkungan juga bisa berdampak buat tingkat ekonomi masyarakat lokal, loh. Kok bisa? Kalau kamu mengambil bahan-bahan dari industri pertanian organik, maka kamu sudah ikut memberdayakan komunitas pertanian lokal. 

Nggak heran kalau bisnis skincare yang berfokus pada sustainable beauty mampu memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal. Bahkan, lewat bisnis  green beauty yang kamu lakukan, kamu nggak cuma menciptakan peluang pekerjaan tambahan, tetapi juga memperkuat ekonomi lokal.

Ciri-ciri Bisnis Skincare Sustainable Beauty 

ciri-ciri bisnis kosmetik sustainable beauty

Dengan semakin banyak brand skincare yang mengklaim produknya sebagai brand berkonsep ‘hijau’, ‘alami’, atau ‘ramah lingkungan’, akan semakin sulit pula kamu menentukan brand skincare yang benar-benar tergolong sustainable beauty. 

Walaupun begitu, ada tiga ciri-ciri utama yang bisa kamu jadikan indikator untuk membuat bisnis skincare berkonsep ramah lingkungan. Mau tahu apa saja ciri-cirinya? Berikut adalah ulasan detailnya! 

Kandungan Bahannya Aman

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah memeriksa detail semua kandungan dan bahan yang mau kamu pakai di bisnis skincare sustainable beauty milikmu. Walaupun agak merepotkan, tapi cara ini cukup penting, karena kamu bisa mengetahui komposisi bahan yang terdapat di produk skincare-mu. 

Sebagai konsumen, kamu bisa membaca kandungan bahannya lewat label yang tertera di kemasan produk. Cara ini perlu kamu lakukan untuk memastikan bahwa bahan-bahan yang kamu pakai sudah sesuai dengan prinsip berkelanjutan. 

Kemasannya Bisa Didaur Ulang 

Selain dari aspek kandungan dan bahan, brand skincare ramah lingkungan juga terkenal dengan packaging-nya yang bebas dari plastik. Makanya, packaging tersebut bisa kamu daur ulang kembali biar nggak menimbulkan sampah plastik. 

Pilihlah kemasan yang terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan. Hal ini bisa menjadi upaya menuju konsep berkelanjutan yang kamu terapkan di industri skincare tanah air. 

Baca juga “Bisnis Kosmetik Brand Sendiri, Begini Tips & Syaratnya!

Punya Sertifikat Resmi 

Nggak kalah penting dari ciri-ciri lainnya, sertifikasi juga bisa menjadi pertanda kredibilitas sebuah brand skincare, apalagi kalau kamu mengusung konsep sustainable beauty. 

Beberapa sertifikasi untuk skincare berkonsep ramah lingkungan di antaranya meliputi Carbon Neutral, The Environmental Working Group (EWG), Forest Stewardship Council (FSC), USDA Organic, B-Corp, dan sejumlah sertifikasi lainnya. 

Adanya sertifikasi-sertifikasi semacam ini menunjukkan bahwa suatu brand skincare sudah melalui penilaian independen dan memenuhi standar-standar yang ramah lingkungan. Coba deh cek brand skincare yang kamu buat. Sudahkah memenuhi ciri-ciri skincare sustainable beauty seperti di atas? 

Cara Memulai Bisnis Skincare Sustainable Beauty

Apakah membangun bisnis skincare berkonsep sustainable beauty sama dengan membangun bisnis skincare pada umumnya? Kalau nggak sama, lalu bagaimana caranya memulai bisnis skincare memakai konsep yang ramah lingkungan? 

Yuk, cari tahu selengkapnya melalui panduan cara berikut ini! 

Melakukan Riset Sebelum Membuat Produk 

Sebelum memutuskan untuk membuat brand skincare sendiri, pastikan kalau brand skincare kamu kamu terbuat dari komposisi bahan yang ramah terhadap lingkungan. Nilai-nilai yang sesuai dengan konsep berkelanjutan biasanya nggak terlibat praktek greenwashing. 

Makanya, pastikan bahwa brand skincare kamu sudah terdaftar di BPOM dan punya label cruelty-free. Selanjutnya, lakukan evaluasi terhadap brand skincare yang kamu bikin. Apakah bahan-bahan dan kemasan yang dipakai sudah sesuai dengan konsep sustainable beauty? 

Dengan melakukan riset yang cermat, brand skincare yang  kamu bikin akan memenuhi kriteria sustainable beauty. Pastikan bahwa brand skincare kamu berdampak positif pada lingkungan maupun masyarakat sekitar. 

Pilih Kemasan yang Ramah Lingkungan 

Memulai bisnis skincare berbasis sustainable beauty cenderung melibatkan langkah-langkah penting. Salah satunya adalah memilih packaging produk dengan bijak. 

Penting untuk memastikan bahwa brand skincare yang kamu bikin terbuat dari bahan-bahan ramah lingkungan. Artinya, produk skincare kamu bukan terbuat dari bahan plastik yang susah terurai, melainkan bahan-bahan yang gampang terurai. 

Nggak cuma sebatas itu, kreativitas juga bisa menjadi kunci untuk mengelola kemasan skincare bekas. Botol-botol skincare yang sudah nggak terpakai bisa kok kamu ubah menjadi pot tanaman yang unik, atau menjadi bahan proyek kerajinan tangan lainnya. 

Dengan begitu, selain memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan, car-cara semacam ini juga bisa memberikan nilai estetika dan kreativitas pada kemasan produk skincare berbasis ramah lingkungan. 

Bekerja Sama dengan Jasa Maklon Terpercaya 

Kalau kamu merasa kesulitan saat membuat produk skincare dengan kandungan bahan dan kemasan yang ramah lingkungan, maka kamu bisa menjalin kerja sama dengan pihak jasa maklon. Salah satu jasa maklon skincare yang recommended adalah Mash Moshem Indonesia. 

Jasa maklon skincare ini bisa membantu kamu membuat produk skincare dengan formulasi bahan organik yang berkelanjutan. Selain itu, kami juga bisa membuatkan desain prduk memakai bahan-bahan yang bisa didaur ulang. 

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, buruan bikin skincare berkonsep sustainable beauty pakai brand sendiri di Mash Moshem Indonesia! Untuk konsultasi lebih lanjut, kamu bisa hubungi tombol Whatsapp di bawah ini. Gratis, loh! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading