Bisnis Kosmetik Brand Sendiri, Begini Tips & Syaratnya! 

bisnis kosmetik brand sendiri

Tertarik bikin bisnis kosmetik brand sendiri? Eits, jangan terburu-buru memulainya! 

Memulai bisnis memang banyak sekali tantangannya. Maka dari itu, persiapannya pun nggak boleh dilakukan secara asal-asalan. Agar bisnis kosmetik yang kamu rintis bisa berjalan dan berkembang sampai besar, kamu perlu mempelajari berbagai tips ampuh berikut ini. 

Dengan pondasi bisnis yang kuat dan strategi promosi yang baik, kemungkinan bisnismu berkembang juga akan semakin tinggi. Mau tahu tips apa saja yang bisa kamu terapkan saat memulai membangun brand bisnis sendiri? Yuk, perhatikan dengan saksama! 

Tips Mudah Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri 

Punya cita-cita merintis brand kosmetik sendiri? Menjalankan bisnis memang bisa menghasilkan nilai profit yang besar. Tapi, sebelum sampai ke tahap itu, biasanya bisnis akan mengalami pasang surut. 

Nah, untuk mempertahankan bisnismu agar tetap menghasilkan keuntungan yang memuaskan, coba deh terapkan berbagai tips bisnis kosmetik brand sendiri berikut ini. Apa saja? 

Kenali Target Marketmu 

Tahapan awal dalam menciptakan merek kosmetik pribadi adalah memperoleh pemahaman yang dalam seputar target market yang ingin dijangkau. Apakah tujuan kamu adalah mengembangkan produk kosmetik untuk kalangan remaja atau perempuan dewasa? 

Lakukan penelitian dengan cara sederhana melalui internet atau melakukan survei langsung di lapangan. Data yang diperoleh bukan hanya akan membantu dalam merumuskan formula produk, tetapi juga akan menentukan strategi pemasaran yang tepat. 

Baca juga “Bisnis Kosmetik Online yang Menguntungkan, Gimana Caranya?

Riset Produk Kompetitor 

Selama menjalani bisnis kosmetik brand sendiri, kamu juga perlu melakukan riset kompetitor yang berpotensi menjadi saingan bisnismu di masa mendatang. 

Setelah mengidentifikasi target marketmu, langkah berikutnya adalah mengevaluasi produk serupa yang sudah ada di pasaran. Kalau nggak ada produk yang serupa, carilah produk dengan target sasaran mengincar audiens yang sama. 

Analisislah berbagai variasi produk yang sudah ada dan pahami formulasi yang dipakai untuk masing-masing produk.

Selanjutnya, perhatikan juga penentuan harga yang diterapkan oleh pesaing. Penting untuk menghindari patokan harga jual produk kosmetik terlalu tinggi atau jauh melebihi harga pesaing. Sebab, hal ini bisa membuat produk kamu kesulitan mendapatkan tempat di pasar. 

Konsultasikan Konsep Produk 

Anda mungkin sudah memiliki tolok ukur atau merek yang menjadi pedoman. Namun, itu tidak berarti Anda dapat menyalin ide mereka begitu saja. Di sini, kreativitas dan strategi pengembangan konsep produk yang efektif menjadi sangat penting. 

Aspek kunci dari strategi pengembangan produk melibatkan penyempurnaan produk yang sudah ada atau peningkatan nilai dari produk pesaing.

Pentingnya adalah untuk menciptakan sesuatu yang segar dan belum kamu gitu temukan sebelumnya. Dengan adanya inovasi ini, Anda dapat memenangkan hati konsumen. Bahkan, mungkin kamu bisa merebut pangsa pasar dari pesaing Anda.

Buat Izin Legalitas Produk 

Salah satu upaya pemerintah dalam menjaga hak-hak konsumen adalah mengharuskan produsen kosmetik memiliki izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Keberadaan izin edar ini bisa menjamin bahwa produk yang kamu jual sudah aman. 

Aturan ini selaras dengan UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Pasal 106 dari undang-undang tersebut menjelaskan bahwa penerbitan izin edar bertujuan untuk melindungi konsumen dari produk yang dapat membahayakan kesehatan.

Sebagai seorang, penting bagi Anda untuk memastikan hal yang serupa. Langkah ini dapat diambil dengan mengajukan izin edar BPOM, dan mungkin juga mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis  Indonesia (MUI). 

Baca juga “Keuntungan Bisnis Kosmetik Brand Sendiri, Tertarik Coba?

Siapkan Modal untuk Maklon Bisnis Kosmetik Brand Sendiri

Dari tahap penelitian hingga produk siap dipasarkan, diperlukan sumber daya yang mencakup waktu, tenaga, pemikiran, dan tentu saja modal finansial. Penting untuk memastikan ketersediaan modal yang memadai guna menjalankan seluruh langkah tersebut tanpa kendala.

Jika modal yang diperlukan melebihi kapasitas finansial pribadi, alternatifnya adalah mencari pendanaan melalui pinjaman atau mencari investor. Gunakan pendekatan kreatif dalam mengumpulkan dana agar target modal usaha dapat tercapai.

Bagi yang mencari solusi lebih sederhana dalam membangun brand kosmetik sendiri, kamu bisa mempertimbangkan layanan maklon kosmetik dari Mash Moshem. 

Mash Moshem Indonesia adalah perusahaan jasa maklon kosmetik terpercaya di Indonesia yang siap membantu kamu mulai dari konsultasi ide hingga proses produksi. Kami juga akan membantu proses perizinannya mulai dari BPOM sampai sertifikat halal. 

Buat Sampel Produk 

Di awal bisni, sebaiknya jangan membuat produk dalam jumlah besar. Sebelumnya, buatlah sampel produk terlebih dahulu. Setelah mengembangkan konsep dengan matang, kamu bisa mencoba membuat contoh produk kosmetik.

Kamu bisa bikin contoh produk ini di laboratorium atau menggunakan fasilitas yang menyediakan layanan pembuatan produk kecantikan. Tentu saja, untuk melakukan ini, kamu butuh bantuan dari para ahli profesional agar bisa menghasilkan sampel produk kosmetik berkualitas dan aman.

Selama proses pembuatan sampel, lakukan juga riset dan penelitian yang mendalam terhadap produk yang mau kamu bikin. Pembuatan sampel produk bisa menjadi langkah penting sebelum memasuki produksi kosmetik secara massal.

Lakukan Promosi dan Branding Produk 

Tersedia berbagai produk kosmetik dari berbagai merek di pasaran. Oleh karena itu, diperlukan kebijaksanaan dalam merancang strategi pemasaran, termasuk upaya promosi dan branding. Upaya promosi ditujukan untuk meningkatkan penjualan dari bisnis kosmetik brand sendiri. 

Sementara itu, branding menjadi kunci penting untuk memperkuat citra brand di benak konsumen agar banyak yang tertarik untuk membelinya. Nah, kedua aspek ini bisa kamu lakukan secara bersamaan, loh. 

Awali dengan memanfaatkan media sosial atau membuat website resmi sebagai sarana untuk promosi dan branding. Pastikan bahwa strategi yang kamu pakai untuk promosi dan branding dijalankan dengan baik dan memberikan informasi yang relevan kepada konsumen.  

Syarat Bikin Bisnis Kosmetik Brand Sendiri di Mash Moshem Indonesia 

Untuk membuat bisnis brand kosmetik sendiri, kamu perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Di Mash Moshem sendiri, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi sebagai berikut:  

Siapkan Nama Brand 

Langkah pertama yang perlu kamu persiapkan adalah menetapkan nama brand. Merek ini akan berfungsi sebagai identitas unik dan membedakan produk kamu dari yang lain. 

Selain itu, pemilihan nama brand ini juga merupakan persyaratan untuk menggunakan layanan maklon. Ditambah lagi menjadi syarat dan keharusan yang ditetapkan oleh BPOM.

Kalau kamu belum memiliki brand, kamu dapat segera mendaftarkannya baik secara daring maupun melalui bantuan konsultan. Untuk mempermudah proses pendaftaran merek, kamu bisa memilih pabrik maklon yang bisa membantu fasilitasi proses pendaftaran brand kamu.

Siapkan Berkas-berkas Dokumen 

Dokumen perusahaan merupakan deskripsi mengenai status hukum suatu entitas usaha. Entah itu sebagai badan hukum atau badan usaha. 

Informasi ini menjadi penting dalam konteks penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan pihak pabrik maklon. Fokus utamanya adalah untuk meningkatkan profesionalisme dan menjaga aspek legalitas bisnis kosmetik brand sendiri. 

Syarat administratif untuk pendaftaran maklon kosmetik sebenarnya cukup sederhana. Kalau kamu mendaftarkan diri secara perorangan, kamu cuma perlu mengajukan KTP dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). 

Sementara itu, bagi perseroan, persyaratan yang kamu butuhkan mencakup NPWP perusahaan, alamat perusahaan, akte pendirian perusahaan, KTP pemilik perusahaan, nomor handphone, dan alamat email perusahaan. 

Peluang Bisnis Kosmetik Brand Sendiri, Masih Menjanjikan?

Dalam beberapa tahun terakhir, industri kosmetik yang mencakup sektor kimia, obat tradisional, dan farmasi mengalami pertumbuhan yang positif. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik, pertumbuhannya mencapai 9,61%. 

Persentase pertumbuhan ini juga nggak terlepas dari hadirnya beberapa e-commerce besar seperti Shopee dan Tokopedia. Berdasarkan data dari Kompas, di Tokopedia saja, kosmetik wajah berhasil meraih penjualan sampai 11 miliar dari 112 ribu transaksi per Agustus 2022. 

Angka ini belum termasuk dari e-commerce besar lainnya, loh.

Nggak cuma itu, pada tahun 2023, tren pertumbuhan industri kosmetik juga terus berlanjut. Menurut laporan terbaru dari Asosiasi Industri Kosmetik Indonesia, pertumbuhan sektor ini mencapai 12,5%, menunjukkan peningkatan yang signifikan daripada tahun-tahun sebelumnya. 

Data dari Tokopedia juga mencatat peningkatan penjualan kosmetik wajah mencapai 15 miliar rupiah, dan melibatkan 150 ribu transaksi per Agustus 2023.

Munculnya berbagai merek kosmetik baru juga terus berlangsung, menciptakan peluang bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Dengan memahami tren pasar dan adaptasi terhadap perubahan, kamu bisa memanfaatkan momentum positif ini untuk membangun bisnis kosmetik brand sendiri. 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm

Pabrik Maklon Tinted Lip Balm Terbaik untuk Bisnis Kosmetik

Memilih pabrik maklon tinted lip balm terbaik adalah langkah pertama yang perlu dilakukan untuk mengembangkan bisnis kosmetik impianmu. Namun, “terbaik” bisa bervariasi tergantung pada kebutuhan spesifik dan preferensi kamu sebagai pemilik bisnis. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari...

Continue Reading