Tren Produk Perawatan Pria 2023 dan Peluang Bisnisnya, Simak Ya!
Berbicara tentang tren produk perawatan kulit dan kosmetik memang tidak ada habisnya. Saat ini tren produk perawatan kulit tidak hanya populer dikalangan wanita, tetapi juga pria.
Hal tersebut karena sudah banyak kaum pria yang mulai peduli dengan penampilan sehingga mereka sangat memperhatikan perawatan wajah, tubuh, dan rambut mereka.
Pertumbuhan penjualan produk perawatan pria ini dipercepat oleh beberapa faktor utama seperti kemajuan teknologi dan penggunaan media sosial.
Kedua hal tersebut menjadi pendorong signifikan terhadap peningkatan permintaan dan penjualan produk perawatan pria. Semakin hari konsumen pria akan semakin sadar dan termotivasi oleh kebutuhan perawatan diri dan kebiasaan perawatan kulit wajah, kulit tubuh, dan kesehatan rambut mereka.
Saat ini sudah banyak pria yang menggunakan waktu dan tenaganya untuk memastikan dirinya tampil rapi dan wangi selama jam kantor, di luar jam kantor, maupun ketika waktu senggang.
Selain itu, semakin banyak konsumen pria yang tertarik mempelajari praktik perawatan yang baik bagi dirinya dan sesuai kebutuhannya.
Nah, setelah mengetahui ternyata terdapat berbagai macam produk perawatan pria yang mengalami peningkatan penjualan di pasar global, apakah kamu tertarik untuk memulai bisnis dengan membuat produk perawatan pria? Jika tertarik, ayo cari tahu semuanya di sini.
Peluang Berbisnis Produk Perawatan Pria
Sebelum jauh membahas tentang peluang bisnis kosmetik dan produk perawatan pria, mari simak penjelasan ukuran pasar dan perkiraan produk perawatan pria.
Pada tahun 2021 pasar produk perawatan pria mencapai USD 55, 87 Miliar. Pada tahun 2030 diproyeksikan mencapai USD 81, 36 Miliar dan tumbuh pada tingkat pertumbuhan rerata tahunan sebesar 4,27 persen dari tahun 2023 hingga tahun 2030.
Sekarang, mari berbicara tentang latar belakang bertumbuhnya ukuran pasar produk perawatan pria. Jadi, beberapa faktor utama yang mendukung dan mendorong pertumbuhan pasar produk perawatan pria di pasar global yaitu peningkatan kesadaran konsumen pria akan kesehatan dan penampilan pribadi.
Selain itu, pengaruh tren sosial yang berkembang pesat melalui media digital tentang kesehatan dan penampilan fisik.
Pada akhir tahun 2022, di pasar global, produk perawatan pria juga terus berkembang dengan nilai industri sebesar USD 13 Miliar.
Berdasarkan sebuah laporan di Men’s Health, lini pertumbuhan utama pada produk perawatan pria antara lain produk mandi, deodoran, parfum, produk perawatan kulit, dan produk perawatan rambut. Selain itu, ada juga produk perawatan untuk cukur kumis dan jenggot serta parfum yang juga mengalami peningkatan penjualan.
Memasuki tahun 2023, para konsumen pria juga menjadi lebih sadar akan bahan-bahan dalam produk perawatan yang mereka gunakan sehingga mereka memilih produk yang bebas dari bahan kimia keras atau wewangian sintetis.
Konsumen pria juga semakin memilih produk yang meningkatkan fitur alami mereka daripada mencoba mengubahnya secara drastis. Pasar produk perawatan pria memiliki berpotensi tinggi dalam mengalami pertumbuhan karena tubuh memerlukan perhatian rutin dalam waktu yang relatif lebih singkat.
Jadi bagaimana sudah terbayangkan seberapa luas ukuran pasar untuk produk perawatan pria dan seberapa besar ketertarikan konsumen pria terhadap produk perawatan untuk dirinya? Pastinya, hal ini dapat menumbuhkan ketertarikan untukmu yang akan memulai bisnis di bidang perawatan kulit untuk pria.
Baca Juga: abun Pembersih Area Intim Laki-laki, Apakah Memang Perlu?
7 Tren Produk Perawatan Pria di 2023
Tahun baru 2023 membawa serangkaian tren perawatan pria yang menarik yang harus ada di-list perawatanmu. Apa saja tren produk perawatan pria di 2023? Simak ulasan berikut.
Produk Netral Gender
Produk netral gender merupakan suatu keharusan, walaupun memang benar bahwa kulit pria sekitar 25 persen lebih tebal dibanding dengan kulit wanita.
Kulit pria juga cenderung menghasilkan lebih banyak minyak. Namun, dasar-dasar perawatan kulit sehari-hari apapun jenis kelaminnya, baik pria maupun wanita umumnya sama.
Terdapat prediksi bahwa pada tahun 2023 akan terdapat peningkatan pada produk perawatan kulit yang netral gender. Hal ini juga dipengaruhi dengan seiring bertambahnya konsumen pada produk perawatan dan konsumen tersebut semakin memperhatikan norma-norma kecantikan tradisional.
Beberapa merek produk kosmetik dan perawatan kecantikan kulit akan mulai menahan diri untuk tidak memberi label produk mereka dengan “hanya untuk pria” dan diganti dengan mulai memasang target untuk semua konsumen di industri kecantikan.
Hal ini akan membuat produk perawatan kulit lebih mudah diakses oleh konsumen pria. Konsumen pria juga akan semakin sadar tentang bagaimana kemasan suatu produk mempengaruhi perilaku pembelian berdasarkan gender.
Sehingga kemasan suatu produk netral gender perlu menggunakan warna yang netral agar mudah dikenali sebagai produk netral gender yang artinya bisa digunakan untuk semua jenis kelamin.
Minimalis dan Simpel
Tata cara perawatan kulit tidak selalu rumit, kamu bisa membuatnya lebih minimalis dan simpel. Tentu saja tidak ada orang, baik pria maupun wanita yang menyukai rutinitas kecantikan yang ribet dan memiliki beberapa langkah seperti sepuluh maupun lebih.
Tahun 2023 merupakan tahun dengan kerja lebih cerdas, bukan lebih keras, termasuk dalam hal perawatan kulit. Menggabungkan produk yang tepat ke dalam rutinitas yang minimalis dan simpel merupakan tren yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dalam perawatan kulit.
Menurut seorang ahli, tiga langkah yang dilakukan dalam rutinitas perawatan kulit merupakan cara yang tepat karena merawat kulit tidak harus dilakukan dengan cara yang ekstrim.
Mencuci muka dengan face wash dan melembabkan kulit dengan moisturizer merupakan dua langkah perawatan kulit yang paling umum. Jadi, kamu perlu menjaga dua langkah tersebut agar tetap sederhana dan tetap relevan untuk rutinitas perawatan kulitmu.
Faktor penting yang perlu dipertimbangkan ketika menentukan rutinitas perawatan kulit yang efektif adalah tipe kulit. Misalnya apakah seseorang memiliki jenis kulit normal, sensitif, berminyak, kering, atau kombinasi.
Juga mempertimbangkan gaya hidup mereka, seperti apa hobi mereka, di mana mereka bekerja, profesi, dan ketertarikan pada makanan tertentu.
Produk-produk Anti Aging dan Berbahan Aktif Khusus
Produk-produk anti aging (anti penuaan) dan mengandung bahan aktif khusus akan menjadi kunci di tahun 2023 karena penggunaan bahan aktif ini dinilai lebih alami dibanding dengan operasi.
Hal ini juga akan sangat dipengaruhi oleh konsumen pria yang memasukkan bahan aktif ke dalam rutinitas perawatan kulit mereka.
Namun, apakah yang dimaksud dengan bahan aktif? Bahan aktif adalah bahan-bahan alami yang bekerja dalam memperbaiki, meremajakan, melembapkan, melindungi, dan memelihara sel.
Terdapat manfaat yang besar ketika konsumen pria memasukkan bahan aktif ke dalam rutinitas perawatan kulit harian mereka. Selain itu, konsumen pria juga perlu menggunakan masker wajah dan serum. Kedua jenis produk ini perlu dipertimbangkan penggunaannya sebagai resep anti-penuaan yang tepat.
Tanning untuk Laki-laki, Kenapa Nggak?
Ya, tanning untuk laki-laki juga menjadi tren perawatan kulit di tahun 2023. Sunless tanning telah populer dan menjadi tren perawatan kulit sejak lama, terutama untuk perempuan. Namun, sekarang laki-laki juga dapat ikut serta melakukan tanning.
Matahari menyebabkan banyak masalah kesehatan kulit dan menjadi penyebab penuaan dini pada kulit. Sunless tanning menciptakan efek sempurna tanpa kerusakan jangka panjang.
Produk Natural dan Organik
Ketika konsumen pria dan wanita lebih sadar akan pentingnya kesehatan tubuh, kulit, dan rambut. Maka mereka akan mencari produk perawatan kulit yang alami atau natural dan organik.
Tren perawatan natural dan organik ini telah berkembang selama beberapa tahun terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda mengalami kemunduran atau kehilangan peminatnya.
Pria menjadi lebih terdidik dan berinvestasi untuk kulitnya dalam bahan-bahan natural dan organik pada produk perawatan kulit yang mereka gunakan. Selain itu, para konsumen pria juga ingin memastikan bahwa produk perawatan yang mereka gunakan merupakan pilihan yang aman dan sehat.
Ide maskulinitas modern telah mengubah persepsi pria tentang perawatan kulit yang bukan lagi metroseksual tradisional. Ide tersebut membuat para konsumen pria sadar akan pentingnya merawat seluruh bagian tubuh demi menjaga penampilan dan menciptakan kesan positif.
Perawatan Pribadi adalah Kunci!
Salah satu tren perawatan yang paling menonjol di tahun 2023 yaitu fokus pada perawatan diri dan kesehatan. Dalam hal ini, konsumen pria menganggap perawatan diri sebagai bagian dari gaya hidup mereka.
Hal ini selaras dengan pepatah kuno bahwa kecantikan berasal dari dalam. Artinya akan ada banyak konsumen pria yang akan mencari produk untuk membantu mereka rileks dan merasa nyaman dengan diri mereka sendiri.
Pengaruh industri kesehatan juga menyoroti bahwa merawat kulit adalah prinsip dasar praktik kebersihan yang baik. Jadi, mari kita hadapi itu, pria membutuhkan rutinitas perawatan kulit yang solid dan dimanjakan dengan pilihan merek serta produsen yang mampu merangkul pasar baru dan berkembang ini.
Secara sederhana, perawatan tidak selalu tentang kemewahan, tetapi tentang menjaga diri sendiri dan kita akan melihat pria di tahun 2023 melakukan hal tersebut.
Sunscreen
Dalam upaya mencegah dampak negatif dari sinar matahari, tabir surya (sunscreen) berperang sangat penting sebagai agen perlindungan kulit. Baik dari dampak buruk sinar matahari UV A maupun UV B.
Penggunaan tabir surya ini penting untuk semua orang, baik laki-laki maupun perempuan. Terlebih bagi orang-orang yang tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia.
Sunscreen atau tabir surya merupakan produk perawatan kulit dasar yang penting digunakan dalam rutinitas perawatan kulit sehari-hari.
Penggunaan sunscreen sudah seharusnya menjadi tren produk perawatan bukan hanya di tahun 2023, tetapi juga di setiap tahun. Mengingat pentingnya pengapilkasian sunscreen untuk melindungi kulit.
Menciptakan Produk Perawatan Pria sesuai Tren
Nah, Beautypreneur, itu adalah berbagai tren produk perawatan pria yang saat ini sedang digemari masyarakat dan akan terus meningkat popularitasnya di masa mendatang.
Melihat penjelasan di atas, apakah kamu berminat untuk memulai brand skincare laki-laki milikmu sendiri? Mengingat, meski permintaan produk cukup tinggi, pelaku usaha di sektor ini tak sebesar pada kosmetik perempuan. Sehingga peluang keuntungan juga akan terbuka semakin besar.
Mash Moshem Indonesia sebagai penyedia jasa pembuatan kosmetik, juga dapat memfasilitasimu untuk menciptakan produk-produk perawatan pria, loh.
Tak cuma skincare, tapi bisa beard grooming, parfum, body care, ataupun jenis kosmetika pria lainnya. Tim kami juga selalu aktif melakukan riset dan pengembangan produk, sehingga apat membantumu menciptakan kosmetik sesuai dengan tren dan permintaan pasar saat ini.
Bagaimana tertarik untuk membuat produk perawatan pria sesuai tren-tren di atas? Yuk, langsung hubungi tim kami dengan klik tombol di bawah ini!