Sabun Pembersih Area Intim Laki-laki, Apakah Memang Perlu?

sabun area intim laki-laki

Belakangan ini banyak produk perawatan tubuh yang diproduksi untuk konsumen laki-laki, dari hair care, skincare, body care, sampai berbagai jenis intimate hygiene product.

Ngomongin soal intimate hygiene product untuk laki-laki, nih, apakah kamu sudah dengar soal adanya sabun khusus untuk daerah intim laki-laki?

Well, enggak heran juga kalau kamu masih belum tahu soal produk perawatan tubuh satu ini. Karena pembicaraan soal kebersihan organ intim laki-laki bukanlah suatu yang sering dibahas bahkan dipromosikan dalam berbagai produk kecantikan.

Padahal kebutuhan untuk menjaga kebersihan dan mempraktikkan rutinitas kebersihan yang teratur untuk mencegah infeksi dan bau “di bawah sana” adalah hal yang sangat nyata.

Untungnya, dalam beberapa waktu terakhir, pasar kosmetik di Tanah Ait telah melihat pertumbuhan yang signifikan dalam produk perawatan pribadi dan perawatan untuk pria.

Dengan pengaruh media sosial, peningkatan pendapatan yang dapat dibelanjakan, dan perubahan pola pikir tentang maskulinitas. Akhirnya ada lebih banyak pria berinvestasi dalam perawatan dan dandanan pribadi mereka.

Lantas apakah yang dimaksudkan dengan intimate hygiene wash untuk laki-laki yang bakalan kita bahas ini? Manfaatnya dan bagaimana cara penggunaanya yang benar? Langsung cari tahu lewat ulasan berikut ini, ya, Gentelmen!

Manfaat Menggunakan Sabun Intim untuk Laki-laki

Dulu bagi para laki-laki, kegiatan mengurus kesehatan tubuh dan merawat kebersihan kulit mungkin buakn suatu hal yang mereka perhatikan dengan baik. Apalagi kalau bukan karena anggapan ‘tak macho’ yang berkembang di lingkungan mereka?

Well, sayangnya menjaga kebersihan dan merawat kesehatan tubuh adalah hal yang penting untuk dilakukan. Bahkan, tak ada salahnya untuk menggunakan produk kosmetika tertentu, bila kamu memang membutuhkannya.

Salah satu produk yang harus kamu pertimbangkan penggunaannya adalah sabun intim untuk laki-laki. Yap! Karena penggunaan produk perawatan tubuh ini akan memberikanmu beberapa manfaat sebagai berikut.

Mencegah Adanya Infeksi Mikroorganisme dan Jamur

Sebagian besar lelaki sangat akrab dengan rasa tidak nyaman yang diakibatkan oleh infeksi bakteri dan jamur pada bagian selangkangan mereka.

Rutinitas harian yang membuatmu berkeringat berlebihan, paparan sinar matahari, diperburuk celana dalam atau jeans yang ketat akan membuat keringat terperangkap di area tersebut.

Nah, kelembapan inilah yang kemudian akan memicu pertumbuhan bakteri dan jamur. Yang jika diabaikan dan tidak ditangani dengan baik, akan membawa rasa tidak nyaman dan infeksi lanjutan pada ‘organ istimewa’-mu.

Tentu, kamu tidak ingin mengalaminya, bukan? Well, di sinilah peran sabun intim untuk laki-laki bekerja. Produk ini umumnya dibuat dari bahan-bahan antiseptic yang aman untuk kulit, sehingga dapat membasmi jamur dan bakteri tanpa membuat kulitmu teriritasi.

Mengurangi Bau Tak Menyenangkan

Masalah lain yang kerap terjadi ketika kamu tidak membersihkan organ intim dengan benar adalah adanya bau tak menyenangkan. Konsepnya sama dengan bau badan, akumulasi dari keringat dan kotoran yang menumpuk akan menyebabkan bau tak sedap bahkan infeksi bakteri.

Untuk itu, kamu perlu mencuci daerah selangkangan ini dengan baik. Gunakan juga produk yang lembut sehingga tidak akan menyebabkan kulit teriritasi dan menimbulkan masalah baru yang tidak kamu butuhkan.

Hal ini sangat penting, mengingat hampir sepanjang hari area ini akan ditutupi oleh kain yang ketat dan berlapis-lapis. Kamu bisa membayangkan bagaimana bakteri tidak senang dengan kondisi ini?

Menjaga dan Mengontrol Pertumbuhan Bakteri Alami

Tak hanya membantu menjaga kebersihan bagian intim kamu, penggunaan sabun intim untuk laki-laki ini juga bisa membantu menjaga serta mengontrol pertumbuhan bakteri baik yang ada secara alami pada area tersebut.

Kulit di area kemaluan pria sedikit asam yang membantu menjaga bakteri alami tubuh sambil menjaga jumlahnya tetap terkendali. Setiap gangguan pada keasaman (pH) ini dapat menyebabkan bakteri tumbuh di luar kendali dan menyebabkan infeksi.

Meringankan Gejala Peradangan Tertentu

Hal yang perlu kamu ketahui adalah produk sabun pembersih area intim laki-laki ini diformulasikan dengan bahan-bahan organic, atau setidaknya kamu bisa memilih produk dengan karakter dan bahan seperti ini.

Bahan-bahan organic ini dapat bekerja sebagai agen ganda, yang dapat membantu bekerja sebagai antiseptic alami dan membunuh bakteri jahat.

Namun, di sisi lain pun dapat membantumu merawat kesehatan kulit dan meringankan gejala peradangan tertentu. Seperti, kemerahan, gatal, kulit yang terasa sangat kering dan gatal.

Bahan-bahan organic yang kerap ditemukan dalam produk sabun pembersih area intim ini adalah minyak zaitun, minyak cendana atau sandalwood oil, aloe vera, daun sirih merah, pun centella asiatica.

Beberapa bahan ini pun terkenal sebagai agen antiinflamasi yang sangat baik. Yang dapat bekerja untuk menenangkan, melembapkan dan meredakan gejala peradangan.

Cara Menggunakan Sabun Pembersih Area Intim Laki-laki dengan Tepat

Pada dasarnya tiap produk sabun pembersih area intim akan cenderung merekomendasikan cara pakai mereka sendiri. Ini tentu adalah hal yang sangat perlu kamu perhatikan, karena tiap produk pun memiliki formulanya masing-masing.

Meski begitu cara dasar untuk menggunakan produk sabun pembersih area intim laki-laki ini tetaplah sama, secara umum.

Waktu yang tepat untuk menggunakannya tentu saat kamu sedang mandi. Sementara itu, berikut cara menggunakan sabun pembersih area intim laki-laki dengan tepat.

  1. Gunakan air hangat untuk membasahi area intim kamu, termasuk alat kelamin dan kulit di sekitarnya.
  2. Tuangkan sedikit pembersih intim ke telapak tangan dan gosok hingga muncul sedikit busa.
  3. Oleskan ke area selangkangan dan kemaluan kamu, untuk memastikan busa telah menutupi seluruh area dengan mencuci.
  4. Gosokkan sabun dengan lembut pada kulit untuk menghilangkan kotoran dan keringat yang mungkin terkumpul.
  5. Bilas secara menyeluruh dengan air dan pastikan area tersebut dilap dengan lembut untuk memastikan area tersebut tidak lembab.

Penggunaan air hangat ini adalah hal yang sangat dianjurkan, karena dapat membantu membuka pori-pori untuk pembersihan yang lebih efektif. Pada saat yang sama, penting untuk memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas, karena ini juga dapat merusak kulit halus di area tersebut.

Setelah proses mencuci area intim ini selesai, kamu tidak perlu lagi mengoleskan sabun ke area tersebut. Pastikan untuk mengeringkan area dengan baik setelah mandi.

Gunakan handuk lembut dan keringkan daripada menyeka dengan handuk kasar. Jika memungkinkan, biarkan area terbuka sebentar untuk mengeluarkan udara.

Menjaga kebersihan area intim kamu bukan hanya tentang perasaan dan aroma yang harum, tetapi juga memastikan bahwa seluruh bagian tubuhmu tetap terawat dan sehat.

Seberapa Sering Menggunakan Sabun Pembersih Area Intim Laki-laki Ini?

Karena diformulasikan dengan bahan-bahan khusus untuk merawat area tersebut dengan aman, kamu bisa menggunakan produk ini setiap hari.

Membersihkan organ intim tidak berbahaya bagi kulit kamu, justru bisa membantu menyeimbangkan tingkat pH di area intim tersebut.

Dilansir dari Man’s Matter,  Dr. Luthra, seorang dokter kulit berpengalaman, menyarankan agar penggunaan produk pembersih area intim ini digunakan paling tidak hingga dua kali sehari, terutama pada musim yang panas dan lembap.

Namun, untuk mencegah adanya infeksi atau iritasi, kamu harus benar-benar memilih produk dengan kandungan yang lembut. Ada baiknya untuk menggunakan sabun dengan bahan organic yang dinilai lebih aman dan baik buat kulit.

Well, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui soal sabun pembersih area intim laki-laki. Semoga artikel ini bisa memberikan banyak informasi yang kamu butuhkan!

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dan kulit kamu, ya, Gentlemen!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment