Manfaat Beard Butter untuk Brewok yang Perlu Kamu Tahu

manfaat beard butter

Bagi kamu yang ingin menjaga kesehatan brewok dan membuatnya tampak seksi, tak perlu bingung. Karena di berbagai pasar kosmetik sekarang banyak ditemui produk perawatan brewok, salah satunya adalah beard butter.

Apakah kamu sudah pernah dengan soal beard butter ini? Kalau belum, jangan minder dulu. Pada dasarnya dibandingkan produk penumbuh brewok lainnya, beard butter memang kurang dilirik. Padahal manfaatnya pun enggak kalah banyaknya.

Beard butter merupakan salah satu produk perawatan yang sangat baik untuk menjaga brewok kamu dalam keadaan sehat, bersih, lebih halus dan tampak bergaya.

Karenanya penggunaan beard butter bisa jadi sangat direkomendasikan untuk kamu, Guys! Nah, agar tak ragu, berikut beberapa hal mengenai beard butter yang perlu kamu tahu.

Beard Butter Adalah …

Kamu mungkin bertanya-tanya, apa sih yang membuat beard butter ini istimewa hingga kamu harus mempetimbangkan penggunaannya?

Well, pada dasarnya produk ini serupa dengan losyien yang bekerja untuk membuat brewok jadi lebih lembut dan kian kuat. Ini juga yang membuat beard butter sering digunakan dalam proses styling brewok.

Teksturnya tidak persis seperti lotion cair, oleh karena itu namanya “buttera”. Produk ini biasanya terbuat dari bahan seperti shea butter, coconut butter, atau cocoa butter.

Bahan-bahan ini semua memiliki tekstur yang lebih kental daripada cairan (seperti minyak jenggot). Tetapi lebih halus dan siap pakai untuk aplikasi tanpa perlu menghangatkannya atau mengerjakannya sebelum digunakan (seperti beard balm).

Bahan-bahan yang Umumnya Ada dalam Beard Butter

manfaat shea butter untuk kecantikan

Pada umumnya tiap produk beard butter yang dijual di pasaran memiliki kandungan yang berbeda-beda dalam formulanya. Namun secara umum, setidaknya beberapa bahan ini kerap ditemukan dalam kandungan beard butter.

Shea Butter

Kandungan pertama yang sering ditemukan dalam beard butter adalah shea butter. Kandungan ini bisa membantu melindungi brewok kamu dari kekeringan, menghilangkan minyak berlebih dari kulit wajah, pun melembapkan brewok.

Penggunaan produk perawatan brewok dengan kandungan shea butter akan membantu menjaga tekstur dan kilau alaminya.

Minyak Pembawa (Carrier Oil)

Kandungan lain yang ditemukan dalam bread butter adalah minyak pembawa atau carrier oil. Jenis minyak alami ini yang sangat banyak dipakai dalam produk beard butter adalah minyak kelapa dan argan.

Keduanya memiliki rangkaian asam lemak esensial yang sangat bagus untuk kulit dan rambut. Tak hanya itu, coconut dan argan oil dapat membantu menyuburkan brewok, membuatnya lebih sehat, dan tampak berkilau.

Beeswax (Lilin Lebah)

Beeswax atau lilin lebah, merupakan kandungan yang juga banyak didapati dalam beard butter. Bahan ini bisa membuat kulit di area brewok tetap terhidrasi dengan baik, mengangkat sel kulit mati, dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Bayangkan saja sebotol mentega kocok (dicampur dengan beberapa hal lain, tentu saja) yang boleh Anda pakai di wajah Anda. Itulah jenis tekstur yang akan Anda alami saat menggunakan mentega jenggot, meskipun jelas lebih dari sekadar mentega dalam toples.

Essential Oils ( Minyak Atsiri)

Meski sama-sama diambil dari tumbuhan, minyak essential dan minyak carrier memiliki karakter yang sangat berbeda. Namun, keduanya kerap digunakan bersamaan. Mengingat, minyak carrier bisa melarutkan minyak atsiri dan membuatnya lebih ramah pada kulit.

Manfaat minyak atsiri untuk kesehatan brewok dan area kulit di sekitarnya pun sangat beragam. Bergantung dari jenis minyak yang digunakan.

Misalnya, minyak lavender akan membantu menangkal radikal bebas, menenangkan kulit, dan menguatkan brewok.

Beda Beard Butter dan Beard Oil yang Perlu Kamu Tahu

Banyak orang yang belum memahami pasti apa yang membuat beard butter berbeda dengan produk sejenisnya. Mengingat bahan yang digunakan pun hampir mirip dan manfaatnya untuk merawat kesehatan kulit serta brewok pun cukup serupa.

Nah, salah satu yang kerap dibandingkan dengan beard butter adalah beard oil. Lalu apakah kedua produk ini benar-benar memiliki perbedaan yang berarti? Langsung cari tahu jawabannya di sini!

Formula Produk yang Berbeda

Minyak jenggot hanyalah kombinasi dari minyak yang berbeda, sedangkan mentega jenggot mengandung mentega, lilin, dan minyak.

Perbedaan utama adalah bahwa beard butter mengandung lebih dari sekedar minyak untuk aroma dan pelembab. Shea butter misalnya, yang mengandung banyak vitamin yang membantu kulit wajah kamu.

Tak hanya itu, beard butter pun tak jarang dikombinasikan dengan beeswax dan berbagai jenis butter alami lainnya yang tak kalah baiknya buat jenggot, seperti cocoa butter.

Beard Butter Bisa Digunakan untuk Styling, Bead Oil Tidak

Perbedaan selanjutnya terlihat dari tekstur dan bagaimana kedua produk ini bekerja pada brewok. Karena bear butter dibuat dari berbagai jenis butter alami, dengan tekstur yang lebih kental dan padat dibandingkan beard oil, maka penggunaannya pun bisa memudahkan proses styling.

Beard oil juga tidak mengandung lilin apa pun, sehingga manfaat penggunaannya akan focus untuk melembapkan dan menutrisi saja.

Zat lilin alami seperti beeswax, yang biasanya ada dalam beard butter, dapat membantu membuat brewok lebih mudah diatur ke dalam style tertentu. Sehingga kamu bisa tampil rapi dan necis di depan doi.

Memiliki Sifat Antiinflamasi dan Melembutkan

Beard butter memiliki sifat antiinflamasi, sehingga akan menjaga kulit wajah kamu dari gatal di bawah jenggot kamu. Selain itu, shea butter akan membantu mengangkat sel kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat.

Sedangakan, bead oil akan membuat jenggot jadi lebih berkilau, sementara beard oil akan membuat hasil yang lebih halus dan tampak lebih matte.

Beard Butter Vs Beard Balm, Apa Bedanya?

Beard balm pada dasarnya memiliki bahan dan tekstur yang hampir serupa dengan beard butter. Namun, konsenstrasi dan tujuan penggunaan produk ini sama sekali berbeda, Guys.

Konsentrasi Bahan yang Berbeda

Perbedaan antara beard butter dan beard balm pertama bisa dilihat dari konsentrasi lilin yang digunakan dalam kedua produk tersebut. Dalam beard balm menggunakan kandungan lilin yang jauh lebih tinggi dan pekat dibandingkan beard butter.

Karenya bentuk beard balm pun cenderung lebih padat dibandingkan dengam beard butter. Ini membuat beard butter akan lebih awet ketika diaplikasikan di jenggot.

Beard Butter Lebih Mudah Digunakan

Beard balm/wax membutuhkan emulsifikasi sebelum digunakan, sementara Beard butter siap digunakan seketika. Tanpa proses emulsi ini, beard balm akan menggumpal dan tidak bisa melapisi jenggot dengan merata.

Manfaat Beard Butter untuk Jenggot dan Kulit di Sekitarnya

penyebab skin barrier rusak

Setelah membaca ulasan di atas, kamu pasti sekarang lebih mengenal apa yang dimaksud dengan beard butter. Namun, apakah penggunaan beard butter ini memang diperlukan?

Well, nyatanya, manfaat beard butter lebih banyak dari yang kamu kira dan akan sayang banget untuk kamu lewatkan. Penasaran apa saja manfaat beard butter untuk jenggot dan kulit wajah kamu? Cek ulasannya berikut ini!

Membantu Meredakan Iritasi

Beard butter mengandung berbagai asam lemak esensial dan bahan-bahan yang dapat bekerja sebagai antiinflamasi alami. Sehingga, penggunaannya memungkinkan untuk membantu meredakan iritasi kulit yang kamu alami.

Tak hanya itu, beard butter pun akan membantu menenangkan rasa tidak nyaman dan gatal-gatal di bawah rambut brewok kamu.

Menghidrasi Kulit dan Rambut Brewok

Manfaat beard butter lainnya adalah adalah kemampuannya dalam menghidrasi kulit wajah. Sekali lagi, kulit wajah kamu mungkin bisa menjadi lebih kering dan mudah teriritasi.

Karenanya, penggunaan beard butter ini bisa membantu mengembalikan kelembapan alami pada kulit dan rambut. Sehingga akan memberikan kesan lebih sehat, rapi, dan tetap bagus.

Melembutkan Rambut Brewok

Tak hanya menyehatkan, manfaat beard butter pun bisa membuat tekstur brewok jadi lebih lembut dan mudah untuk diatur. Tentu, kamu akan jadi lebih percaya diri dengan tatanan brewok yang rapi, bukan?

Membantu Membersihkan Pori-pori Kulit

Debu dan kotoran dari polusi lingkungan dapat terperangkap di bawah jenggot dan memengaruhi kesehatan kulit wajah kamu. Vitamin bergizi yang ada dalam produk ini, pun membuat manfaat beard butter dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Cara Menggunakan Beard Butter yang Tepat

Pada dasarnya semua produk tentu memiliki cara penggunaanya masing-masing, yang umumnya dicantumkan dalam kemasan produk.

Namun, secara umum cara penggunaan beard butter tidaklah rumit dan memakan waktu lama. Simak ulasan berikut ini untuk tahu langkah demi langkahnya!

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memastikan kebersihan wajah dan jenggot terlebih dahulu. Memakai produk perawatan apapun saat kulit kita sedang kotor hanya akan memicu adanya infeksi bakteri.

Selain itu, hasil penggunaan produk tersebut tidak akan maksimal. Cukup lakukan langkah pembersihan wajah yang biasa kamu gunakan, termasuk menggunakan cleanser, maupun mencuci muka dengan facial wash.

Gunakan Beard Butter Secukupnya

Apapun yang berlebihan tidaklah baik, begitu pula ketika kamu akan menggunakan beard butter. Sifatnya yang melembapkan akan justru jadi boomerang kalau kamu menggunakannya secara berelebihan.

Cukup ambil sesuai kebutuhan, paling banyak seujung jari kamu. Kemudian gosokkan pada tangan dan sapukan dengan merata pada area brewok kamu.

Gunakan Sisir Jenggot untuk Meratakan Produk

Agar lebih merata, gunakan sisir jenggot untuk terus menyebarkan tekstur ke seluruh janggut kamu.  Sehingga setiap bagian akan dapat terlapisi oleh beard butter dengan lebih baik.

Nah, setelah itu kamu bisa membersihkan tangan dan tada! Kamu telah menggunakan dan mendapatkan manfaat beard butter dengan praktis dan tepat.

Well, produk yang sangat mudah digunakan ini bisa memberikan banyak manfaat untuk kamu yang suka memelihara brewok. Membuatnya jadi lebih mudah diatur, lebih sehat, dan memiliki tekstur yang juga jauh lebih lembut.

Itu adalah semua hal yang perlu kamu tahu soal manfaat beard butter, kandungannya, juga cara pakainya. Apakah kamu tertarik untuk menggunakan produk ini?

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment