Trik Viral Marketing untuk Bisnis Skincare, Bagaimana Caranya? 

trik viral marketing untuk bisnis skincare

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, digital marketing menjadi salah satu kanal pemasaran yang ampuh dan efektif. Salah satu strategi digital marketing yang recommended adalah trik viral marketing untuk bisnis skincare. 

Trik viral marketing bisa menjadi salah satu strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produk skincare kamu. Dengan memanfaatkan kekuatan media sosial, berbuat konten, dan interaksi secara online, kamu bisa menciptakan momentum untuk membuat bisnis skincare-mu viral. 

Dalam pembahasan kali ini, kamu akan mempelajari berbagai trik viral marketing yang bagus diterapkan untuk meningkatkan brand awareness dan konversi dari bisnis skincare yang kamu rintis. 

Lewat penggunaan konten kreatif sampai kolaborasi bareng influencer bisa membantu kamu untuk membangun efek buzz dan viral secara online. Penasaran bagaimana cara kerja strateginya? Let’s check it out! 

Mengenal Trik Viral Marketing untuk Bisnis Skincare 

Strategi viral marketing adalah suatu metode promosi yang memperkenalkan suatu konten yang berpotensi disebarluaskan ke banyak orang. Agar menarik perhatian banyak orang, konten tersebut harus memiliki daya tarik. 

Dengan begitu, akan ada banyak orang yang sukarela memberikan dan menyebarluaskan konten kamu. Hal ini berlaku juga pada trik viral marketing untuk bisnis skincare. 

Menurut konteksnya, proses pembuatan konten harus bisa menyebar seperti suatu virus. Alhasil, jumlah orang yang menonton dan memperlihatkan konten kamu bisa meningkat secara signifikan. 

Dengan kata lain, audiens yang awalnya bukan target utama bisnis skincare kamu, tiba-tiba bisa berubah menjadi target konsumen potensial. Makanya, salah satu fokus penyebaran konten ini biasanya dimulai dari platform media sosial. 

Trik viral marketing kerap kali juga melibatkan respon dan interaksi audiens untuk menyebarkan konten atau kampanye iklan kamu ke orang lain. Keberhasilan strategi ini tentu bergantung pada daya tarik konten dan efeknya dalam membangkitkan emosi setiap orang. 

Dengan demikian, konten tersebut bakal bisa menyebar lebih cepat, mirip seperti cara penyebaran virus. Makanya, strategi viral marketing sering disebut juga dengan istilah “Word of Mouth” (WOM) atau rekomendasi dari mulut ke mulut. 

6 Trik Viral Marketing untuk Bisnis Skincare

trik viral marketing untuk bisnis skincare dan kosmetik

Sudah tahu belum apa saja trik yang harus kamu lakukan biar berhasil menerapkan strategi viral marketing semacam ini? Kalau belum, kamu  bisa ikuti trik-triknya melalui pembahasan di bawah ini. 

Tetapkan Target Audiens 

Tentu, suatu konten nggak akan secara otomatis mencapai viralitas tanpa bantuan penyebaran dari banyak orang. Itu sebabnya, butuh upaya untuk menyampaikan pesan pada audiens yang memiliki potensi besar dalam menyebarkan informasi tersebut. 

Konten trik viral marketing untuk bisnis skincare ini sebaiknya kamu buat dengan cara yang unik, emosional, atau lainnya. Dengan begitu, konten kamu isa menyasar target market yang pas. 

Setelah menentukan target pemasaran, langkah berikutnya adalah memilih media untuk menyebarkan konten tersebut. Pilihan media bisa mencakup platform-platform populer seperti Facebook, YouTube, Instagram, TikTok, dan sejenisnya. 

Buat Konten yang Shareable 

Salah satu elemen kunci dalam mencapai keberhasilan strategi viral marketing adalah melalui aspek “Shareable” atau gampang dibuatkan. 

Optimasi konten supaya gampang dibuatkan bisa mencakup berbagai faktor penunjang. Walaupun begitu, tujuannya adalah tetap untuk menarik dan memudahkan audiens dalam berbuat informasi kontennya. 

Pertama-tama, sediakan tombol share yang mudah diakses di buatan bawah postingan atau konten bisa menjadi langkah awal yang sangat efektif. Kemudahan akses ini bakall lebih memungkinkan pengguna untuk dengan cepat dan mudah membuatkan konten tanpa harus mencari opsi berbuat yang tersembunyi.

Selain itu, penggunaan “call to action” (CTA) yang secara khusus mengajak audiens untuk berbuat konten juga bisa meningkatkan tingkat partisipasi. Misalnya, menggabungkan CTA yang mengundang pembaca untuk melakukan aksi “share ke teman-temanmu” atau “sebarkan ke seluruh jaringan sosmedmu”. .

Selanjutnya, pastikan bahwa konten yang kamu buat memiliki daya tarik yang tinggi buat audiens sangat penting. Konten yang menghibur, menginspirasi, atau memberikan nilai tambah memiliki potensi yang lebih besar untuk dibuatkan ke banyak orang. 

Baca juga “Strategi Marketing Ala Skintific, Bikin Merek Kosmetikmu Viral dan Populer

Bubuhkan Humor 

Manfaatkan pula unsur humor yang menggelitik ke dalam isi kontenmu. Beberapa iklan online terbaik dan paling populer di kalangan audiens cenderung lucu dan menarik buat ditonton. 

Makanya, untuk merancang trik viral marketing untuk bisnis skincare ini kamu harus memahami secara mendalam bagaimana humor bekerja. Bahkan, candaan kamu juga harus sesuai dengan konsep iklan atau konten videonya.

Iklan yang mampu memancing tawa dan mengundang gelak tawa cenderung memiliki daya tarik yang lebih besar buat audiens. Itu sebabnya, menciptakan iklan lucu atau konten video yang menghibur bisa menjadi kunci untuk menarik perhatian. Bahkan, tingkat engagement-nya juga cenderung tinggi. 

Dengan menggunakan pendekatan ini, kamu bisa menciptakan pengalaman yang menyenangkan buat konsumen. Nantinya, hal ini bisa memicu berbagai aksi, mulai dari share konten secara organik sampai interaksi yang jauh lebih aktif.

Keunggulan dari pemasaran viral berbasis humor adalah kemampuannya untuk mencapai lebih banyak audiens melalui organic share. Nggak menutup kemungkinan kalau bakal menciptakan efek domino di mana iklan atau konten tersebut menyebar secara cepat dan luas. 

Bikin Giveaway

Giveaway atau pemberian hadiah bisa menjadi metode paling efektif untuk meningkatkan brand awareness dan interaksi antar audiens. Dengan merancang sebuah kontes yang menarik, kamu bisa menciptakan dorongan besar buat pengguna untuk berpartisipasi dan membuatkan konten.

Pertama-tama, penting untuk merancang hadiah yang memikat dan mengundang minat dari target audiens. Hadiah spesial tersebut harus menciptakan antusiasme dan keinginan besar buat peserta untuk memenangkannya. 

Dengan harapan mendapatkan hadiah yang luar biasa, audiens cenderung lebih termotivasi untuk mematuhi syarat-syarat kontes, termasuk membuatkan informasi tentang kontes kepada orang lain. 

Ciptakan Konten yang Emosional

Keberhasilan strategi ini nggak cuma tergantung dari hadirnya platform online yang luas, melainkan juga bergantung pada kualitas dan daya tarik konten yang kamu tawarkan. Dalam hal ini, konten yang memiliki daya tarik dan keunikan sendiri menjadi kunci utama kesuksesan bisnis skincare.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan tadi, strategi FOMO marketing dan viral marketing memiliki kesamaan dalam penggunaan strategi emosional. Menurut hasil penelitian dari Universitas Southern California, emosi memegang peranan sentral yang membuat seseorang yakin mengambil keputusan tertentu. 

Itu sebabnya, dalam merancang kampanye trik viral marketing untuk bisnis skincare, penting untuk mempertimbangkan matang-matang konten yang mau kamu buat. Membuat konten emosional biasanya berpotensi besar untuk viral. 

Sebuah iklan atau konten yang mampu merangsang emosi calon pelanggan bisa menciptakan keterlibatan yang lebih dalam. Ketika audiens merasa terhubung secara emosional, maka akan memberi respons ke tempat yang kami buat. 

Pakai Trend Jacking 

Sudah tahu apa itu trend jacking? Trik trend jacking alias pembajakan tren adalah sebuah strategi pemasaran yang mengeksploitasi isu atau suasana yang sedang trending untuk tujuan promosi. 

Strategi ini seringkali dipakai sebagai metode untuk membuat konten yang viral. Artinya, berbagai jenis konten yang kamu ciptakan, mulai dari perekaman video hingga foto, bertujuan untuk menarik perhatian dan respon khalayak luas. 

Dengan mengaitkan brand atau produk terhadap isu-isu tersebut yang sedang tren, kamu bisa memanfaatkan popularitas ini untuk mendongkrak brand skincare kamu. Contoh konkretnya bisa terlihat dari praktik trend jacking untuk marketplace Shopee yang terkenal. 

Baca juga “Strategi Community Marketing dalam Bisnis, Seberapa Ampuh?” 

Yuk, Terapkan Trik Viral Marketing untuk Bisnis Skincare Kamu!

Apa trik viral marketing untuk bisnis skincare memang ampuh untuk promosi bisnis kamu? Kalau melihat dari pembahasan di atas, strategi ini berpotensi besar membuat brand skincare kamu viral dan dikenal banyak orang. 

Dari segi konversi, produk skincare yang viral juga berpeluang menghasilkan banyak penjualan. Dengan begitu, persentase keuntunganmu pun bakal meningkat. 

Kalau kamu tertarik bikin bisnis skincare sendiri, sebaiknya cari tempat maklon terbaik, terpercaya, dan terlengkap seperti Mash Moshem Indonesia. Kami siap bantu bisnis kecil-kecilan kamu mulai dari proses konsultasi produk, proses produksi, sampai media promosi. 

Yuk, buruan klik tombol hijau di bawah ini untuk tanya-tanya bareng tim kami tanpa pungutan biaya! 

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts

maklon hotel toiletries

5 Keuntungan Maklon Hotel Toiletries untuk Industri Perhotelan

Dalam industri perhotelan yang dinamis, menyediakan hotel toiletries berkualitas merupakan kunci untuk memberikan pengalaman menginap yang tak terlupakan. Mash Moshem Indonesia, sebagai salah satu penyedia layanan maklon hotel toiletries, hadir untuk menjawab kebutuhan ini. Maklon hotel toiletries adalah praktik...

Continue Reading