Cara Menentukan Segmentasi Pasar Agar Campaign Efektif dan Efisien!

cara menentukan segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (3)

Hallo Beautyprenuer! Sebagai seorang brand atau business owner, kamu pasti merancang berbagai strategi bisnis yang bisa membuat usaha rintisanmu berkembang dengan pesat bukan?

Salah satu jenis strategi bisnis yang bisa kamu coba untuk mengembangkan bisnismu adalah dengan cara menentukan segmentasi pasar. Apakah kamu sudah pernah dengar soal strategi satu ini?

Segmentasi pasar adalah strategi di mana perusahaan membagi kelompok konsumen mereka ke dalam beberapa kategori. Misalnya berdasarkan kebutuhan, karakteristik, ketertarikan, wilayah, usia, hingga berbagai perilaku yang berbeda dalam suatu pasar tertentu.

Gampangnya, segmentasi pasar ini pun dapat diartikan sebagai proses menganalisis perilaku dan minat pembeli terhadap suatu produk, serta kaitannya dengan ciri-ciri konsumen yang ada di pasar.

Karenanya, proses penentuan segmentasi pasar ini enggak bisa dilakukan asal-asalan dan dalam waktu yang singkat. Kamu harus melakukan analisis yang mandalam agar kamu mencapai target yang diinginkan.

Eits! Tapi kamu juga pasti bertanya-tanya, apa sih tujuan dan manfaat segmentasi pasar untuk seorang Beautypreneur? Lalu bagaimana cara menentukan segmentasi pasar dengan tepat?

Mau tahu, kan? Langsung baca ulasan mengenai manfaat segmentasi pasar dan cara menentukannya di bawah ini, ya!

Pentingnya Segmentasi Pasar untuk Bisnis Kosmetik

cara menentukan segmentasi pasar

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah tidak cukup kalau kita hanya mencari tahu target konsumen dalam skala yang lebih umum? Dan kenapa juga kita harus membagi target konsumen itu ke dalam kelompok-kecil yang memiliki karakteristik beragam?

Well, segmentasi pasar ini sebenanrya sangat dibutuhkan dalam menjalankan strategi bisnis yang telah kamu rancang sebelumnya. Karena, kamu bisa memaksimalkan kegiatan kampanye atau iklan sehingga dapat mencapai sasaran yang diinginkan.

Dengan segmentasi pemasaran ini pula, secara tidak langsung kamu bisa mempertinggi efisiensi dan efektivitas modal yang dikeluarkan untuk melakukan kampanye.

Sebagai contoh, ketika kamu memulai membangun industri kosmetik dengan brand-mu sendiri. Tentu, kamu tidak selalu memulai dengan langkah yang besar sekaligus bukan?

Barang kali kamu memproduksi satu hingga seperangkat skincare dengan kandungan khusus dan manfaat yang sangat beragam.

Meskipun kamu membuat produk ini sangat ramah untuk semua jenis kulit, alias bisa digunakan siapa saja. Bukan berarti kamu bisa menjualnya dengan mudah pula!

Karena, persoalannya di sini tak hanya berkaitan dengan kualitas dari produkmu, tetapi bagaimana pasar bekerja. Misal, apakah kamu bisa mempromosikan produkmu dengan baik dan efisien, sehingga mampu diterima dan digunakan oleh masyarakat.

Di sinilah peranan penting segmentasi pasar dalam bisnis, kamu bisa menentukan strategi yang tepat, menjangkau sekaligus memperluas target pasar potensial, hingga menekan biaya promosi dan menjadikannya lebih efisien.

Beragam Manfaat Segmentasi Pasar untuk Bisnis Kosmetik

manfaat segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (5)

Setelah mengetahui peranan penting segmentasi pasar dalam bisnis kosmetik, kamu juga perlu tahu apa saja manfaat menentukan segmentasi pasar berikut ini.

Yuk, simak sama-sama, Beautypreneur!

Membantu Strategi Pemasaran Berjalan Lebih Terarah

Manfaat segmentasi pasar yang pertama adalah membantu strategi pemasaran yang telah disusun berjalan lebih terarah. Misalnya, bagaimana menyusun harga, produk kosmetik yang akan dijual atau dibuat, serta bagaiaman proses promosi yang dilakukan.

Selain itu, ketika kamu menggunakan segmentasi pasar, kamu akan lebih mudah dalam mengatur dan mengalokasikan dana. Termasuk membaginya ke bagian yang berprospek tinggi dan berpotensi memberikan banyak keuntungan.

Bisa Digunakan untuk Mengevaluasi Target

Manfaat selanjutnya adalah dapat digunakan untuk mengevaluasi target dan strategi bisnis yang dijalankan. Ketika memulai sebuah usaha, tentu akan ada yang namanya trial dan error.

Nah, karena kamu mengatur segmentasi pasar, secara tidak langsung kamu juga akan mempelajari pelaku konsumen dan pelangganmu dari aktivitas pemasaran sebelumnya.

Ini tentunya dapat membantu kamu dan tim untuk mengevaluasi dan meninjau ulang taktik pemasaran yang kalian gunakan. Kamu bisa menyesuaikan taktik yang baru dengan ciri pasar potensial, seingga mampu menciptakan perencanaan usaha kedepannya.

Ngomongin soal perencanaan usaha, ketahui soal bisnis plan untuk brand kosmetik di sini.

Mengimprovisasi Pelayanan Konsumen

Dengan menyusun segmentasi pasar kamu pun bisa mengimprovisasi pelayanan konsumen dan kelebihan produk yang kamu miliki.

Karena pada dasarnya, ketika memutuskan akan membeli sesuatu, konsumen akan selalu memperhatikan empat hal yang sangat krusial. Yakni, harga produk tersebut, kualitasnya, pelayanan yang mereka peroleh, juga ketepatan waktu.

Kamu juga pasti mengetahui dan merasa bahwa pelayanan yang baik akan sangat mendorong pelanggan untuk bertransaksi. Bahkan, ini bisa membantu mereka untuk menjadi pelanggan setia kamu dan selalu melakukan transaksi ulang.

Dengan adanya segmentasi ini, kamu bisa dengan mudah mengimprovisasi pelayanan yang kamu berikan. Khususnya dengan menyesuaikan ciri khas serta karakter dari pelanggan yang kamu miliki.

Membantu Dalam Riset Kompetitor

Manfaat segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik selanjutnya adalah membantu dalam riset competitor. Seperti yang kamu tahu, penting untuk mengetahui dan menganalisis strategi dari brand kosmetik kompetitormu.

Ini akan membantumu untuk mengatur strategi dan melihat peluang untuk mengembangkan produk yang kamu buat.

Lebih Mudah Mengatur Produk

Manfaat selanjutnya adalah membuat proses pengaturan produk jadi lebih mudah. Ini dikarenakan ketika mengetahui dengan pasti sasaran konsumen produk tersebut, maka kamu hanya perlu memasarkannya dengan optimal saja.

Pembagian target dalam kelompok yang lebih spesifik pun akan mempermudah produk dipasarkan, juga mengefisiensi pengalokasian dana promosi. Sebab, peluang pembelian produk pun akan kian meningkat ketika promosi yang kamu lakukan sampai pada target yang tepat.

Syarat Segmentasi Pasar yang Perlu Kamu Tahu

cara menentukan segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (2)

Karena kedudukannya yang krusial, segmentasi pasar enggak bisa dilakukan secara asal-asalan. Kamu perlu mengetahui syarat-syarat segmentasi pasar yang dibutuhkan agar mendapatkan hasil yang diinginkan berikut ini.

Segmentasi Pasar Harus Terukur

Syarat untuk menentukan segmentasi marketing yang pertama adalah terukur. Artinya, kamu harus tahu betul secara konkrit seberapa besar dan luas pasar yang kamu targetkan. Termasuk juga daya beli mereka, potensi yang ada di segmentasi tersebut.

Misalnya, ketika kamu akan membuat skincare antiaging, maka kamu harus tahu siapa saja yang akan cenderung tertarik menggunakan produk ini. Misalnya dari kalangan usia berapa, daya beli yang ada setinggi apa, dan masih banyak lainnya.

Harus Logis dan Dapat Direalisasikan

Syarat segmentasi pasar selanjutnya adalah harus logis dan dapat direalisasikan sebagai strategi bisnis. Persyaratan ini ada kaitannya dengan ide yang akan kamu jalankan, misalnya mengenai konsep produk atau brand kosmetik yang kamu miliki.

Misal, kamu ingin memproduksi kosmetik yang cukup nyentrik dan tak ada duanya. Alih-alih menyesuaikan dengan segmentasi pasar kosmetik di Indonesia, kamu justru mengambil produk yang tak cocok digunakan di iklim tropis.

Tentu, ini mungkin bisa menjadi nilai lebih dari produk kosmetikmu. Namun, harus diakui pemasaran yang akan kamu lakukan justru akan sulit dan cukup sia-sia, karena segmentasi apsar yang susah untuk direalisasikan.

Menentukan Target Segmentasi yang Akan Dicapai

Untuk membuat segmentasi ini tepat sasaran, kamu perlu menentukan target yang akan dicapai. Misalnya, karakteristik pasar yang akan dituju, siapa saja yang tergolong dalam target potensial, serta bagaimana daya beli yang diharapkan.

Setelah semua ini kamu susun, kamu akan mengetahui dan mampu memetakan mana saja target pasar yang patut diprioritaskan.

Pastikan Pasar Tetap Luas dan Heterogen

Meski kamu membuat segmentasi pasar dengan rinci, namun bukan berarti juga bahwa pasar dari brand kosmetikmu jadi sempit dan itu-itu saja.

Karena jika terlalu sempit, maka jumlah konsumen yang akan kamu jaring juga akan lebih sedikit. Ini pun akan berdampak pada keuntungan dan laba yang akan kamu dapatkan nantinya.

Untuk itu, penting bagimu mengatur segmentasi pasar dan membuatnya agar tetap luas serta heterogen.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

cara menentukan segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (4)

Ketika menentukan segmentasi pasar kamu perlu melakukan beberapa prosedur tersendiri. Penasaran kan, ikuti step by step cara menentukan segmentasi pasar berikut ini!

Lakukan Eksplorasi (Survey Stage)

Prosedur pertama dalam cara menentukan segmentasi pasar adalah dengan melakukan eksplorasi pasar atau survey stage. Survey ini ditentukan dari perusahaan sendiri, baik dengan cara menyebarkan angket online, melakukan wawancara konsumen, maupun testimoni.

Tujuan dari prosedur ini adalah supaya kamu memiliki data terkait dengan keadaan pasar kosmetik yang ada di masyarakat. Termasuk informasi mengenai ketertarikan mereka terhadap suatu produk kosmetik, daya beli, dan pertimbangan mereka.

Jika kamu telah mengumpulkan semua data yang diperlukan, maka kamu bisa mengimplementasikannya pada segmentasi pasar. Tentu dengan melanjutkan pada prosedur kedua.

Analisis Data / Informasi

Cara menentukan segmentasi pasar selanjutnya adalah dengan menganalisis data / informasi yang didapat dari eksploasi pasar. Kamu bisa mengolah data tersebut kemudian menganalisisnya sesuai kebutuhan.

Misal, mencari tahu apa saja motivasi yang biasanya melatar belakangi pembeli sebuah produk kosmetik oleh konsumen. Hasil analisis ini nanti akan menjadi awal dari pengkategorian konsumen atau pasar sesuai dengan ciri-ciri yang didapat dari data analisis.

Profiling Stage

Last but not least, cara menentukan segmentasi pasar terakhir adalah profiling stage. Yang artinya, kamu sudah masuk tahap identifikasi beberapa kelompok konsumen atau pasar. Kamu bisa menggunakan data yang ada dalam surver dan menyingkronkannya dengan hasil analisis.

Dari proses terakhir ini kamu akan menemukan nama-nama kelompok konsumen potensial yang bisa ditetapkan sebagai sasaran penjualan.

Berbagai Jenis Segmentasi Pasar yang Perlu Kamu Tahu

cara menentukan segmentasi pasar untuk bisnis kosmetik (4)

Setelah mengetahui cara menentukan segmentasi pasar dan syaratnya, kamu juga harus mengetahui berbagai jenis segmentasi pasar. Dengan begitu, kamu bisa mencapai hasil kampanye atau promosi dengan lebih optimal.

Secara umum ada lima jenis segmentasi pasar yang perlu kamu tahu, apa aja? Yuk cek daftar dan penjelasannya di bawah ini, Guys!

Segmentasi Berdasarkan Perilaku

Segmentasi atau penggolongan pasar yang pertama adalah berdasarkan perilaku konsumen. Misalnya, dari segi pengetahuan, kebutuhan, kebiasaan, loyalita, respon, juga bagaiaman minat mereka terhadap produk kosmetik yang kamu jual.

Kamu juga bisa membagi kategori ini dari tanggapan atau testimoni yang diberikan konsumen setelah proses pembelian berhasil.

Segmentasi Berdasarkan Psikografis

Pengelompokkan pasar ini dilakukan dengan membagi konsumen menurut hal yang mereka sukai. Misalnya dari aktivitas yang mereka ikuti di Instagram, produk apa yang paling sering dibeli, dan bagaimana kebutuhan mereka akan kosmetik.

Dengan kata lain, dalam strategi ini kamu akan menelisik aspek psikologis dari konsumen kamu, lewat kesukaan dan minat mereka.

Segmentasi Berdasarkan Demografis

Pembagian konsumen ini berdasarkan ciri generic yang ada pada konsumen, seperi apa gender mereka, pekerjaan, jenis pendidikan, pendapat, hingga usia mereka.

Segmentasi Berdasarkan Wilayah

Strategi segmentasi ini membagi konsumen atau pasar berdasarkan wilayah geografis mereka. Misalnya dari mana kota, negara, provinsi, dan berbagai kategori lainnya.

Segmentasi Berdasarkan Waktu Khusus

Segmentasi ini dimaksudkan untuk promosi atau kampanye online atau dalam event tertentu yang penting. Misalnya, ketika brand kosmetikmu memiliki target pasar remaja atau anak sekolahan, maka kamu bisa menyesuaikan kegiatan kampanye dengan waktu khusus mereka.

Nah, itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang segmentasi pasar. Baik pengertiannya, keuntungan menentukan segmentasi pasar, hingga bagaimana cara menentukan segmentasi pasar yang tepat.

Segmentasi pasar bisa berpengaruh besar pada keberhasilan kampanye yang kamu lakukan, maka tak ada salahnya untukmu membuat segmentasi pasar bagi brand kosmetik yang kamu miliki.

Well, sampai sini dulu pembahasan kita kali ini. Kamu bisa mencari tahu tips bisnis kosmetik lainnya di sini.

Jangan lupa untuk selalu meninggalkan pendapatmu di kolom komentar, ya!

About Author

Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

Related posts