Insight Bisnis

4 Cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia & Hal yang Harus Dilakukan

iklan tanpa modal di Tokopedia

Terkenal sebagai salah satu marketplace terbesar di Indonesia, Tokopedia kerap memberikan banyak keuntungan bagi pebisnis, termasuk brand kosmetik. Terlebih lagi, bila kamu memasang iklan di platform ini, maka diklaim dapat membuat produk kosmetik makin mudah ditemukan dan dikenali oleh pembeli.

Sayangnya, tidak semua pebisnis memiliki budget besar untuk memasang iklan, termasuk seller baru di Tokopedia. Tak heran, bila banyak dari mereka yang merasa kesulitan untuk mempromosikan produk kepada konsumen.

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, karena Tokopedia menyediakan fitur iklan tanpa modal bagi seller. Jadi, kamu bisa tetap untuk mengenalkan produk kosmetik kepada audiens. Untuk itu, artikel ini akan menjelaskan tentang cara iklan tanpa modal di Tokopedia.



Cara Iklan Tanpa Modal di Tokopedia

Mendengar ulasan singkat di atas, kamu mungkin tidak sabar ingin mencari tahu cara iklan tanpa modal di Tokopedia, bukan?

Kamu tidak perlu khawatir, karena caranya bisa dengan mudah kamu ikuti. Yuk, simak baik-baik!

Masuk Ke Halaman Seller Tokopedia

Langkah pertama dalam cara iklan tanpa modal di Tokopedia adalah dengan masuk ke halaman Seller Tokopedia. Setelah itu, kamu akan langsung masuk ke akun seller milikmu.

Kalau sudah, kamu bisa memilih Iklan dan Promosi, kemudian klik menu TopAds.

Mulai Buat Iklan Tanpa Modal

Kalau sudah, kamu akan dialihkan secara otomatis pada laman TopAds. Untuk memulai pembuatan iklan, kamu bisa memilih pilihan Mulai Beriklan.

Setelah itu, akan muncul beberapa pop up jenis-jenis iklan yang ada di Tokopedia, kamu hanya perlu klik menu mulai Iklan tanpa modal.

Baca Juga: 3 Cara Mengaktifkan Fitur Pre Order Tokopedia yang Benar

Pilih Produk yang Akan Diiklankan

Langkah selanjutnya adalah memilih produk yang akan kamu tampilkan atau iklankan. Sebagai catatan, ada baiknya kamu memilih produk yang memiliki peminat paling banyak, atau mendapatkan rating dan komentar baik dari pengguna.

Setelah itu, kamu bisa mengisi kolom informasi untuk tiap produk yang kamu inginkan. Kalau sudah, kamu bisa langsung klik pilihan Iklankan.

Menunggu Proses Seleksi Iklan Tanpa Modal

Tak seperti iklan berbayar di TopAds lainnya, Iklan tanpa modal ini tidak bisa muncul langsung ketika kamu meng-klik Iklankan.

Karena sifatnya gratis alias tanpa modal, maka Tokopedia juga memberlakukan beberapa syarat untuk iklan yang diajukan oleh para Seller.

Untuk itu, cara iklan tanpa modal di Tokopedia selanjutnya adalah dengan menunggu proses dan hasil seleksi dari pihak Tokopedia. Seleksi ini memiliki durasi antara satu hingga tujuh hari kerja.

Kalau ternyata iklan tersebut disetujui, maka akan langsung ditayangkan. Namun, jika sebaliknya, kamu tidak perlu berkecil hati. Karena Tokopedia biasanya melampirkan alasan mengapa pengajuan Iklan Tanpa Modal tersebut ditolak.



Hal yang Harus Diperhatikan Agar Iklan Lolos Seleksi

Setelah mengetahui apa saja langkah cara iklan tanpa modal di Tokopedia, kamu pasti setuju kalau iklan ini mudah dibuat. Namun, hasil seleksi penerimaan oleh Tokopedia sangat tidak bisa ditebak.

Untuk meningkatkan kemungkinan pengajuan Iklan Tanpa Modal yang kamu buat diterima, maka kamu bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Jenis Produk yang Diiklankan

Hal yang harus diperhatikan ketika akan mendaftar iklan tanpa modal di Tokopedia adalah jenis produk yang diiklankan. Dalam hal ini, kamu harus memastikan bahwa produk yang diiklankan adalah produk fisik, bukan jasa.

Kamu pun harus dapat memastikan bahwa produk yang kamu jual ini tidak termasuk produk dalam kategori spam, atau mengandung unsur SARA. Selain itu, kamu juga tidak boleh mengajukan iklan tanpa modal pada produk yang sedang dalam proses iklan lain di TopAds.

Tak hanya itu, kamu juga harus bisa menjamin keaslian produk yang kamu jual. Misalnya, jika kamu menjual produk kosmetik di Tokopedia. Maka pastikan produk tersebut telah terdaftar Badan POM dan asli.

Sesuaikan Nama Produk dengan Aturan Tokopedia

Nama produk ini merupakan hal yang sangat penting, karena sebelum membaca deskripsi, audiens akan melihat nama produk terlebih dahulu,

Karenanya, kamu harus mengoptimalkan penamaan produk ini dengan sejelas dan semenarik mungkin. Nama, deskripsi, dan gambar produk pun harus menyesuaikan rumus penamaan di Tokopedia, yakni jenis produk apa yang dijual, merknya apa, dan keterangan tambahan yang relevan.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Fitur Flash Sale Tokopedia, Mudah & Menguntungkan

Berikan Harga Produk yang Kompetitif

Ketika telah menyesuaikan nama produk dan jenis produk yang akan diiklankan dengan standar Tokopedia. Maka, langkah selanjutnya agar cara iklan tanpa modal di Tokopedia yang kamu ajukan diterima dengan mudah adalah dengan memberikan harga produk yang kompetitif.

Seperti yang kamu tahu, ada banyak usaha online yang membuka lapak di Tokopedia. Dan tidak menutup kemungkinan, bahwa beberapa usaha itu barang kali memiliki kemiripan dengan toko online yang kamu rintis.

Karenanya, untuk memenangkan persaingan pasar, kamu juga perlu memberikan harga produk yang kompetitif. Namun, usahakan harga ini masih dalam tahap wajar, ya!

Selain mencegah adanya kerugian karena pemberian harga yang terlalu murah, harga yang kamu patok ini pun akan menjadi pertimbangan dari pihak Tokopedia untuk meloloskan pengajuan Iklan Tanpa Modal yang kamu daftarkan.

Foto Produk Harus Jelas dan Menarik

Dalam bisnis online apapun, foto produk memegang peranan penting untuk menentukan keberhasilan iklan yang dibuat. Bahkan, dalam cara iklan tanpa modal di Tokopedia pun, aspek ini menjadi pertimbangan untuk meloloskan pengajuanmu. 

Untuk itu, pastikan foto produk yang kamu cantumkan ini jelas dan asli, ya. Pilih foto produk dengan kualitas tinggi, sehingga dapat menarik perhatian pengguna Tokopedia.

Membuat foto produk yang menarik dan berkualitas tinggi tentu bukanlah perkara yang mudah. Setidaknya kamu perlu memperhatikan sudut pengambilan gambar, pencahayaan, juga memperhatikan kualitas kamera yang digunakan.

Yuk, Bangun Bisnis Kosmetik Brand Sendiri yang Sukses Bersama Mash Moshem Indonesia!

Memahami cara iklan tanpa modal di Tokopedia saja tidak cukup, apalagi bila kamu ingin bisnis kosmetik sukses dan produk dikenali banyak orang. Namun, tidak cukup sampai situ saja, agar berhasil, kamu harus menciptakan produk kosmetik yang berkualitas dan aman digunakan.

Bersama Mash Moshem Indonesia, kamu bisa mewujudkan miliki bisnis kosmetik brand sendiri yang sukses dengan produk aman, legal, halal, dan BPOM. Dengan fasilitas produksi berstandar CPKB Grade A serta rangkaian uji keamanan klinis, dijamin produk kosmetiknya berkualitas. Jadi, langsung saja tekan banner di bawah ini untuk konsultasi bersama tim ahli kami!



author-avatar

About PT Mash Moshem Indonesia

PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011