10 Bahan Alami Ayurvedic yang Bagus untuk Kecantikan Kulit dan Rambut

bahan alami ayurvedic untuk kecantikan (1)

Melihat bagaimana penampilan nenek kita di masa lalu lewat album foto, apakah kamu pernah membayangkan perwatan kecantikan kulit dan rambut apa yang mereka lakukan sehingga tampak begitu menawan?

Bahkan di usia muda mereka, mendapatkan kulit yang menakjubkan dan tampak begitu sehat mungkin tidak bisa kita dapatkan dengan mudah saat ini.

Kalau kamu masih terus bertanya-tanya tentang rutinitas kecantikan mereka, bisa saja letak rahasia itu terdapat dalam bahan-bahan kecantikan alami yang lupa mereka bagikan kepada kamu.

Terlebih, mengingat Indonesia sangat kaya rempah dan memiliki kultur yang sangat beragam. Tak hanya itu, kedatangan para pedagang rempah dari India pun menambah banyak ragam bahan herbal yang sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Well, ngomongin soal bahan alami dan rempah tradisional India. Apakah kamu pernah dengar soal rahasia kecantikan ala Ayurveda?

Yap! Rahasia kecantikan ala India kuno ini dapat memberikan banyak keajaiban bagi kulit dan rambut kamu. Dan mungkin, inilah beberapa bahan kecantikan tersembunyi yang lupa diberitahukan oleh nenek kamu.

Bahan-bahan alami ini bahkan dinilai jauh lebih baik dan ramah digunakan secara rutin daripada semua produk kosmetik dan perawatan kulit mahal, yang mengandung banyak bahan kimia dan pengawet.

Nah, kira-kira apa saja bahan alami Ayurvedic yang baik untuk kecantikan kulit dan rambut? Langsung simak kesepuluh jenisnya di bawah ini ya, Ladies!

Rakta Chandan

bahan alami ayurvedic untuk kecantikan (2)

Ragam bahan alami Ayurvedic yang baik untuk kecanitkan kulit dan rambut pertama adalah rakta Chandan. Yakni merupakan salah stau jenis kayu cendana yang khas dan berasal dari India, jenis ini berbeda dari kayu cendana yang biasa kamu temukan.

Memiliki warna merah yang sama dengan cendana pada umumnya, Rakta Chandan memiliki tekstur yang sedikit lebih kasar dan memiliki aroma yang cenderung lebih berbeda.

Bahan alami ini memang tidak mudah ditemukan, tetapi penggunaannya untuk merawat kecantikan kulit tentu tidak bisa diremehkan begitu saja.

Rakta Chandra dapat membantu mengatasi masalah jerawat memandel, menyingkirkan noda dan bekasnya dari wajah kamu, pun membuat wajah kamu menjadi lebih cerah.

Selain itu, bahan alami ini pun dapat bekerja sebagai antiinflamasi. Sehingga baik untuk menenangkan dan meredakan berbagai gejala peradangan.

Amba Haldi

Bahan alami Ayurvedic untuk kecantikan lainnya dalah amba haldi, yang juga dikenal sebagai jahe mangga. Kamu mungkin kurang familiar dengan bahan alami ini, tetapi amba haldi memiliki banyak manfaat untuk kulit kamu.

Amba Haldi diketahui dapat menyembuhkan beberapa masalah kecantikan dan kesehatan kulit. Seperti mengobati jerawat, bisul yang mengganggu dan meradang, pun bisa membantu memudarkan bekas luka dan jerawat dari wajah.

Tak hanya itu, Amba Haldi pun diketahui dapat bekerja sebagai anti-aging yang sangat ampuh. Jadi, kalau kamu bermasalah dengan kerutan dan garis halus yang muncul terlalu dini, penggunaan bahan alami ini bisa membantumu menyelesaikannya.

Ambal Hadi memiliki kelopak bunga berwarna putih yang indah dan sifat penyembuhan. Penggunananya dalam rangkaian perawatan wajah harianmu tentu akan sangat ampuh meningkatkan peforma kulit.

Kumkumadi Oil

Kumkumandi akan jadi salah satu bahan alami Ayurvedic untuk kecantikan yang bakalan kita bahas juga. Bahan alami ini dibuat dari ekstrak kunyit, bubuk cendana, juga serbuk sari teratai dan akar wangi, juga menggunakan beragam tanaman herbal lainnya.

Perpaduan bahan-bahan herbal dalam kumkukmandi oil ini akan bekerja sangat baik untuk meningkatkan kesehatan kulit kamu.

Minyak Ayurveda ini pun diketahui dapat mengatasi hampir semua masalah kecantikan kulit yang mungkin kamu alami. Seperti lingkaran hitam yang membandel, flek hitam pada kulit, pun mencegah mucnulanya tanda penuaan.

Penggunaan kumkumadi oil secara teratur untuk merawat kulit pun dinilai efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi dan menyamarkan bekas luka. Ini juga bisa mencegah adanya kerusakan jaringan kulit dan mengurangi kemunculan komedo di wajah.

Shilajit

Kamu mungkin kurang kenal dengan shilajit, namun bahan alami Ayurvedic untuk kecantikan ini ternyata sangat umum digunakan dalam pengobatan tradisional India.

Bahkan shilajit dikenal sebagai herbal yang sangat ampuh, karena dapat memberikan perawatan ajaib bagi tubuh dan kesehatan kamu.

Shilajit memiliki sifat anti-penuaan dan dapat mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Tak hanya itu, bahan alami ini pun bisa membantu mengurangi tampilan bekas luka dan noda hitam pada kulit.

Penggunaan shilajit sebagai bagian dari perawatan kecantikan rutin kamu akan memabntu memperbaiki tekstur kulit secara umum. Bahkan, diklaim dapat meningkatkan kualitas dan performa regenerasi diri kulit.

Bhumi Amla

Bahan alami ayurvedic untuk kecantikan lainnya adalah bhumi amla. Tanaman ini disebut juga sebagai bunga sepatu namun memiliki versi yang berbeda, karena tumbuh liar namun dapat digunakan untuk tujuan medis.

Tanaman ini pun bekerja sama baiknya dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit, terutama dengan bekerja sebagai agen detoksifikasi racun atau toxin dalam darah, yang juga akan berdampak baik pada kesehatan dan vitalitas kulit kamu.

Sebab, peredaran darah yang bersih dan lancar akan memungkinkan distribusi oksigen serta nutrisi pada sel-sel tubuh jadi kian efektif, termasuk pada sel kulit kamu.

Selain itu, tanaman ini pun bisa digunakan untuk mengobati dan meredakan gejala infeksi serta peradangan pada kulit. Bahkan, bhumi amla bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka, mengurangi bekasnya, juga mengatasi masalah jerawat membandel.

Ashwagandha

manfaat ashwagandha untuk kecantikan (2)

Ashwagandha merupakan salah satu tanaman herbal India yang belakangan cukup popular. Apalagi karena kemampuannya dalam memberikan perlindungan lebih pada kulit, khususnya dari paparan blue light dari sinar matahari dan radiasi gadget.

Dikenal juga dengan sebutan ginseng India, Ashwagandha mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Sehingga mampu mencegah adanya kerusakan kulit, menjaga kadar kelembapan kulit, menenangkan peradangan, bahkan bisa bekerja sebagai agen anti-aging yang baik.

Kamu dapat dengan mudah menemukan kandungan ashwagandha dalam berbagai produk perawatan kecantikan kulit. Khususnya yang memberikan efek anti-blue light effect.

Daun Mimba

Daun mimba atau yang juga dikenal dengan tanaman Neem akan jadi bahan alami dari ayurvedic yang akan kita bahas.

Bahan alami satu ini cukup terkenal karena digunakan selama berabad-abad untuk merawat kecantikan kulit. Bahkan, para artis ternama India pun menggunakan bahan alami ini sebagai masker alami untuk merawat kecantikan mereka.

Biasanya, daun dan biji dari tanaman mimba diekstrak terlebih dahulu, kemudian menghasilkan neem oil. Sementara itu, bunganya akan digunakan sebagai bahan dasar minyak aromaterapi dan digunakan dalam spa.

Daun mimba segar kerap dimanfaatkan dengan ditumbuk, kemudian dijadikan sebagai ramuan tradisional untum merawat kecantikan kulit dan rambut.

Namun, beberapa resep juga menyebutkan bahwa daun ini bisa dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian baru ditumbuk hingga bisa menjadi bubuk daun mimba.

Daun mimba memiliki banyak khasiat untuk kecantikan kulit dan rambut. Sebab, bahan alami ini dapat bekerja sebagai agen anti-inflamasi, anti-bakterial, anti-jamur, serta antioksidan.

Karenanya, tidka mengherankan kalau daun neem sangat dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan kulit. Umumnya, bahan alami ini dapat memabntu mengatasi hiperpigmentasi, mempercepat proses penyembuhan jerawat, dan sangat baik untuk merawat kulit berminyak.

Sifat antiinflamasinya akan dapat bekerja dengan baik untuk meredakan berbagai gejala peradangan pada kulit, seperti kemerahan maupun iritasi kulit.

Ruku-Ruku

Bahan alami selanjutnya yang bakalan dibahas adalah ruku-ruku (Ocimum tenuiflorum), dari karakteristiknya tanaman ini hampir serupa dengan kemangi dan daun basil.

Ruku-ruku pun dapat ditemukan dalam kebudayaan Minangkabau, yakni digunakan dalam berbagai bumbu hidangan tradisional yang mereka buat.

Perempuan India menjadikan ruku-ruku sebagai bahan alami untuk merawat kulit tubuh mereka. Rempah dengan aroma harum khas ini terbilang kaya akan kandungan antioksidan, yang sangat ampuh untuk merawat dan melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Seperti yang kamu tahu, radikal bebas bisa membuat jaringan dan sel kulit bermasalah. Ini secara otomatis akan berpengaruh pada fungsi regenerasi kulit, sehingga membuat permukaannya jadi kasar, muncul kerutan, dan jadi lebih mudah kering.

Daun Pacar (Henna)

manfaat henna untuk rambut

Bahan alami ayurvedic untuk kecantikan selanjutnya adalah daun henna, seperti yang kamu tahu bahan alami ini kerap digunakan untuk merawat kecantikan kulit dan rambut.

Henna dapat bekerja dengan sangat baik untuk melindungi dan menutrisi rambut. Bahkan, daun pacar pun diklaim mampu mengatasi masalah penuaan dini pada rambut dan mencegah kemunculan uban.

Nah, itu adalah beberapa bahan alami ayurvedic untuk kecantikan kulit dan rambut yang perlu kamu tahu. Memang, kadang kala harus diakui bahwa perawatan tradisional dan organic pun lebih menggoda serta pantas untuk dicoba.

Selain menggunakannya secara langsung pada kulit, kamu bisa mengolah semua bahan alami ayurvedic untuk kecantikan ini ke dalam formula skincare herbal yang multifungsi.

Kalau kamu bingung, Mash Moshem Indonesia bisa membantumu membentuk formulanya dan memproduksinya secara massal lewat jasa maklon skincare herbal.

Selain menggunakannya secara pribadi, kamu bisa menjual produk skincare herbal yang kamu buat dengan brand kosmetikmu sendiri. Menarik bukan?

About Author

Related posts

Leave a Comment