Ringan Di Kulit, Ini Dia Deretan Fakta BB Cream yang Perlu Diketahui

face primer

Punya kulit yang cenderung berminyak ataupun bertipe acne prone, bikin memilih kosmetik jadi lebih tricky. Karena, kalau salah pilih, bisa-bisa malah menyumbat pori, menambah minyak, atau bahkan bikin jerawat bermunculan.

Meski harus cukup selektif, bukan berarti kamu enggak bisa pakai kosmetik sama sekali. Karena, kini banyak pilihan kosmetik yang bisa kamu pertimbangkan untuk mempercantik tampilan harianmu, salah satunya dengan menggunakan BB Cream.

BB cream atau beauty balm cream, merupakan krim kecantikan yang bisa membantu meratakan warna kulit dan dapat menjadi pengganti alas bedak.

Produk ini sebenarnya enggak jauh beda dengan foundation. Namun, BB cream memiliki tekstur yang lebih ringan pada kulit wajah kamu.

Ragam Manfaat BB Cream yang Harus Kamu Tahu

manfaat bb cream untuk kulit

Selain dapat bekerja sebagai alas bedak dengan tekstur yang lebih ringan, rupanya BB cream juga memiliki beragam manfaat yang sangat jarang diketahui.

Saking canggihnya, banyak penggemar kosmetik yang menggunkan BB cream karena dirasa tak perlu lagi memakai primer base, pelembap, dan tabir surya sebelumnya.

Karenanya, BB cream bisa dianggap lebih lengkap dan jauh lebih efisien. Selain itu, ada banyka kegunaan BB cream lainnya yang membuat sebagian besar beauty enthusiast kepincut memilih kosmetik satu ini.

Nah, berikut ini beberapa ragam manfaat BB cream yang harus kamu tahu. Simak baik-baik, ya, Ladies!

Dapat Memberikan Perlindungan dari Paparan Sinar UV

Salah satu manfaat BB cream yang bikin banyak orang kepincut adalah kemampuannya dalam memberikan perlindungan tambahan pada kulit. Khususnya dari paparan sinar UV secara berlebihan.

Meski kadar UV protector dalam tiap produk berbeda, umumnya kandungan SPD dalam BB cream berkisar antara 15 hingga 30. Jumlah yang cukup untuk memberikan perlindungan tambahan pada kulit wajahmu.

Dapat Membantu Menyamarkan Tanda Penuaan

Tak hanya mengandung SPF, biasanya BB cream pun diformulasikan dengan bahan-bahan khusus yang dapat bekerja sebagai antioksidan.

Nah, senyawa inilah yang kemudian akan membantu merawat keremajaan kulit. Dengan menangkal dampak buruk radikal bebas, seperti sinar matahari berlebihan, polusi, dan berbagai stressor lingkungan lainnya.

Tak cuma itu, karena dibentuk sebagai pengganti foundation, maka manfaat BB Cream lainnya pun bisa memberikan efek menghaluskan pada kulit. Hasilnya, berbagai tanda penuaan pada wajah, seperti kerutan dan garis halus akan tersamarkan.

Membantu Meratakan Warna Kulit

Kalau kamu memiliki warna kulit yang tidak merata dan tampak kusam, BB Cream adalah produk kosmetik yang wajib banget untuk kamu coba.

Produk ini bekerja sama baiknya seperti foundation dalam mengover kulit. Termasuk membuat warna kulit jadi lebih rata, menyamarkan kerutan dan bekas jerawat, bahkan bisa meringankan bagian kulit yang tampak lebih kusam.

Membuat Tekstur Kulit jadi Lebih Halus

Tak seperti foundation yang kadang membuat kulit jadi lebih kering, rupanya BB Cream diketahui dapat menghidrasi kulit dan menjaganya agar tetap lembut.

Ini dikarenakan BB Cream mengandung berbagai zat yang bisa menghidrasi kulit, seperti yang digunakan dalam primer wajah. Hasilnya, kulit akan jadi lebih halus dan lembut dbanding saat kamu menggunakan foundation.

Bisa Melembapkan Kulit Wajah

Salah satu hal yang membuat BB cream jadi riasan wajah yang perlu kamu pertimbangkan adalah kemampuannya dalam menjaga kelembapan kulit.

Produk ini bisa membantu menghidrasi kulit dan membiarkan pori-pori tetap bernapas, bahkan ketika kamu menggunakan riasan wajah sekaligus.

Meski begitu, penggunaan BB cream diklaim tidak akan membuat kulit jadi berminyak, lho. Ini dikarenakan sifatnya yang lebih ringan dengan alas bedak pada umumnya.

Bisa Digunakan untuk Semua Jenis Kulit

BB cream merupakan produk kosmetik yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Mau kamu berjerawat, kering, berminyak, bahkan kalau kamu memiliki kulit kombinasi.

Produk ini akan selalu ada di urutan atas rekomendasi para pecinta kecantikan. Ini dikarenakan formulanya yang ringan, sehingga tidak akan terlalu menyumbat pori-pori kulit, dan tidak menimbulkan banyak minyak.

Bahkan, ketika kamu memiliki kulit dengan jenis acne prone pun akan lebih mudah bernapas ketika menggunakan bb cream. Enggak heran, deh, kalau banyak orang yang prefer pakai bb cream daripada menggunakan foundation.

Namun, kamu juga enggak bisa asal pilih BB cream, ya, Ladies. Sebaiknya periksa dulu kandungan BB cream yang akan kamu gunakan, sesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kulit wajah kamu.

Sebagai Alternatif Foundation

Jika dibandingkan dengan foundation, daya tahan BB cream memang enggak ada apa-apanya. Karena foundation dibuat lebih long lasting, dan umumnya digunkaan dalam acara-acara tertentu yang membutuhkan riasan wajah ekstra ‘kuat’.

Namun, untuk penggunaan sehari-hari, foundation enggak bisa jadi pilihan ideal. Sebab, konsentrasinya yang terlalu berat akan berpengaruh pada kulit dan melah bisa memicu jerawat jika digunakan tiap hari.

Lain halnya dengan BB cream yang memiliki formula lebih ringan, sehingga tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Jadi, kulit kamu bisa lebih bernapas dibandingkan saat menggunakan foundation.

Tak cuma itu, penggunaan BB cream akan menghasilkan efek yang lebih natural, serupa dengan warna kulit yang lebih sehat dan alami.

Cara Memilih BB Cream Sesuai Warna dan Jenis Kulit

Meski cenderung aman dan cocok digunakan oleh semua jenis kulit, bukan berarti kamu bisa memilih BB cream manapun yang ingin kamu coba.

Seperti halnya produk kosmetik lain, ada banyak hal yang perlu kamu perhitungkan ketika akan memilih suatu produk. Termasuk bagaimana kecocokan warnanya pada kulitmu, apakah bahannya tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit, dan apa yang dibutuhkan oleh kulitmu.

Karena BB cream ini pun akan lebih sering kamu gunakan, maka enggak ada salahnya untuk mencari yang terbaik buat kulit wajahmu. Misalnya dengan cara memilih bb cream sesuai warna kulit dan jenis kulit berikut ini.

Pilih Warna BB Cream yang Paling Dekat dengan Warna Kulit

Beda halnya dengan foundation, BB cream tidak memiliki range warna yang terlalu lebar. Bahkan, umumnya produk ini hanya memiliki tiga hingga empat pilihan warna saja.

Nah, kalau pilihannya lebih sempit bagaimana cara memilih bb cream sesuai warna kulit yang tepat? Well, tentu dengan menggunakan warna yang paling dekat dengan warna alami kulit wajah.

Karena warna bb cream yang terlalu terang hanya akan membuat riasan wajah tidak terlihat, sedangkan warna yang terlalu gelap pun akan membuat riasan wajahmu jadi tampak kurang natural.

Coba Tester yang Disediakan

Dengan hanya memperkirakan cocok atau tidaknya warna bb cream dengan kulit wajah kita, tentu tidak akan memberikan hasil yang memuaskan.

Kamu perlu memastikan bagaimana bb cream itu akan cocok pada kulitmu, misalnya dengan mencoba tester yang disediakan oleh pemilik toko kosmetik.

Tak perlu mengaplikasikannya secara merata, kamu hanya perlu menyapukan krim ini di bagian pipi bawah yang sedikit mendekati rahang. Setelah itu, pilih warna bb cream yang paling menyatu dengan warna alami kulit wajah kamu.

Cocokkan dengan Tone Kulit Wajah Kamu

Selain mengapilikasikannya secara langsung pada wajah, kamu pun bisa menyesuaikan warna bb cream dengan tone kulit wajah kamu. Untuk mengetahui tone kulitmu, kamu perlu mengecek warna urat nadi di bawah pencahayaan lebih terang.

Kalau kamu memiliki warna tone nadi kebiruan, maka kamu memiliki tone kulit yang dingin. Sementara, kalau warnanya kehijauan bisa dibilang kamu memiliki tone kulit yang hangan (warm tone).

Nah, kalau kamu bingung memastikan warna urat nadi ini karena cenderung mirip dua kategori di atas. Maka kamu tak perlu khawatir, sebab itu berarti kamu memiliki warna kulit yang fleksibel, sehingga bisa menggunakan shade BB cream manapun.

Sesuaikan dengan Jenis dan Kondisi Kulit

Selain menyesuaikan dengan warna dan tone kulit, kamu bisa memilih bb cream dengan mencocokkannya dengan jenis kulit wajahmu.

Ini sangat penting untuk dilakukan agar kamu bisa menghindari produk yang bisa menimbulkan kilap berlebihan pada kulit, juga menghindari kesan tak natural.

Untuk itu, perhatikan cara memilih bb cream sesuai jenis kulit wajah berikut ini, ya!

Kulit Kering

Memiliki kulit wajah yang kering pun bisa bikin riasan wajah jadi enggak maksimal. Karena, kulit akan cenderung mudah kehilangan hidrasi alaminya, sehingga tidak dapat mengunci riasan dalam waktu yang lama.

Karenanya, ketika memilih bb cream pastikan kamu memilih produk dengan kandungan hyaluronic acid dan juga glicerin. Dengan demikian, bb cream bisa menjaga hidrasi wajahmu, membuatnya tak mudah kering dan mempertahankan riasan dalam waktu lebih lama.

Tak cuma itu, kamu pun perlu mempertimbangkan penggunaan bb cream dengan kadnungan vitamin E. Sehingga dapat menenangkan kulit, menjaga kadar hidrasi wajah, dan tidak mudah membuat kulit teriritasi.

Kulit Kusam

Kulit wajah yang kusam tentu bakalan membuat riasan wajah tak maksimal, karena tampak lelah dan tidak bercahaya. Untuk itu, kamu perlu memilih bb cream dengan warna yang tepat dan bisa bekerja sebagai color corrector, yang akan meratakan warna kulit.

Selain itu, kamu pun bisa memilih produk yang bisa memberikan efek glowing ketika diaplikasikan di wajah. Atau, gunakan juga produk berkandungan vitamin C, yang bisa memberikan efek cerah dan membuat kulit kusam bisa lebih tersamarkan.

Kulit Sensitif

Sementara itu, kalau kamu memiliki kulit wajah dengan tipe sensitif. Ada baiknya untuk lebih berhati-hati ya, Ladies.

BB cream mungkin memiliki konsentrasi yang lebih ringan, sehingga tidak meninggalkan kesan berat di wajah. Meski begitu, kamu harus tetap mengamati kandungan apa saja yang ada dalam produk tersebut.

Karena enggak semua kandungan itu bakalan cocok di kulitmu. Sebut saja fragrance, alcohol, atau bahan yang terlalu keras lainnya.

Kulit Berjerawat

Ketika memiliki kulit wajah yang berjerawat, tentu hal ini akan membuatmu jadi lebih sulit memilih produk riasan wajah. Karena produk yang tidak tepat akan membuat kondisi ini jadi lebih parah, dan menyebabkan break out.

Begitu halnya dengan ketika kamu memilih BB cream, usahakan untuk memilih produk perawatan wajah yang ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori wajah. Dengan begitu, kulit akan tetap bisa bernapas dan wajah enggak lebih mudah jerawatan.

Itu adalah berbagai hal tentang BB cream yang perlu kamu tahu. Produk yang bisa digunakan tiap hari ini, memiliki formula yang lebih ringan dibandingkan dengan foundation. Karenanya, potensi untuk membuat wajah berjerawat dan menyumbat pori-pori pun kecil.

Meski begitu, bukan berarti kamu bisa dengan sembarangan menggunakannya dan tidak memperhatikan betul kebersihan kulit. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan wajah setelah menggunakan produk kosmetik apapun ya, Guys!

About Author

Related posts

kandungan pemutih wajah dalam skincare (2)

15 Kandungan Pemutih Wajah dalam Skincare yang Aman, Apa Saja?

Ketika akan membuat brand skincare sendiri, kita harus lebih selektif dalam memilih kandungan yang tepat. Sebab, kandungan ini berpengaruh terhadap kualitas dan manfaat produk kita. Apalagi saat memilih kandungan pemutih wajah dalam skincare, tentu enggak boleh sembarangan. Skincare pemutih...

Continue Reading

Leave a Comment