Natural Beauty Tren di Instagram Selama 2021, Kaitannya dengan Bisnis Kosmetik

natural beauty tren di instagram (1)

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, Instagram merupakan salah satu media sosial yang paling popular dan memiliki influence yang besar pada audiens-nya.

Maka, untuk menemukan tren kecantikan terbaru dan yang paling banyak digemari belakangan ini pun bukanlah perkara yang susah.

Dengan konten yang dibuat pengguna, baik dari individu atau badan usaha tertentu, yang mungkin menyematkan antara 3-5 postingan tiap hari, kamu dapat mencari jutaan entri yang dapat ditelusuri lewat Instagram.

Konsep utama Instagram yang menonjolkan aspek visual, tentu memiliki kemiripan dengan industri kecantikan atau kosmetika. Inilah yang membuat Instagram tempat yang sangat patut dipertimbangkan untuk menelisik dan menentukan tren kecantikan tertentu.

Selain bisa menikmati browsing di jam-jam santai atau sebelum tidur di layar ponsel akan memberikan hiburan tersendiri. Tapi, bagi bisnis kosmetik yang akan kamu jalankan, hal ini tentunya lebih dari sekadar hiburan.

Mengapa begitu? Well, sebelum kita membahas pengaruh tren kecantikan di Instagram ini dan hubungannya dengan bisnis kosmetik, mari kita lihat dulu bagaimana Natural Beauty tren di Instagram berikut.

Natural Beauty Tren di Instagram Sepanjang 2021

natural beauty tren di instagram (3)

Sebenarnya untuk mengetahui tren kecantikan yang sedang digemari di Instagram, kamu bisa dengan mudah mencari lewat kolom pencarian dan memilih keyword hashtag (#) yang sesuai.

Nah dari sana kamu akan menjumpai berbagai keyword hashtag dan disertai jumlah pengikutnya. Coba perhatikan gambar berikut ini.

Gambar di atas menunjukkan bahwa natural beauty tren di Instagram memiliki pengikut yang sangat tinggi, yakni lebih dari 21 juta pengguna Instagram aktif merasa antusias dengan tren kecantikan satu ini.

Mengikuti di belakang, beberapa tren lain yang sejenis akan muncul dan mungkin memuat informasi yang lebih spesifik. Seperti membahas bahan yang digunakan dalam natural beauty, produk-produk kosmetik yang bekaitan, juga perawatan kecantikan alami yang bisa dilakukan di rumah.

Melalui turunan hashtag dengan jumlah tertinggi, kamu akan menemukan keperluan spesifik dari audiens tentang produk perawatan kecantikan alami. Informasi ini tentunya sangat penting untuk keperluan bisnis kosmetik dengan brand milikmu sendiri, bukan?

Nah, kita akan bahas lima jenis topik turunan dari natural beauty tren di Instagram tersebut dengan lebih rinci. Yuk, simak kelima tren yang dimaksud berikut ini.

Natural Beauty Products (Produk Kecantikan Alami)

Menyusul hashtag utama, natural beauty produk diikuti lebih dari 480 ribu pengguna Instagram aktif. Dalam hastagh ini dibahas mengenai berbagai jenis dan inovasi produk perawatan kecantikan, mulai dari rambut, kulit, bahkan gigi.

Sebenarnya minat masyarakat ini sangat bisa dipahami, mengingat arus informasi telah berjalan dengan begitu cepat dan masyarakat telah teredukasi dengan baik.

Mereka menyadari bahwa terkadang apa yang membuat mereka cantik adalah justru dengan menggunakan bahan-bahan yang sehat untuk tubuh. Dalam hal ini adalah penggunaan skincare atau kosmetik yang menggunakan bahan-bahan alami.

Seperti yang kamu tahu, bahan alami memang diklaim lebih ramah untuk digunakan di kulit. Apalagi kalau dibandingkan dengan bahan kimiawi yang terlalu kuat, seperti alcohol, salicylic acid, maupun retinoid.

Natural Beauty at Home (Perawatan Kecantikan Alami di Rumah)

Belakangan ini banyak sekali beauty influencer dan blogger membagikan tips kecantikan yang sangat mudah dilakukan di rumah. Mulai dari membuat masker wajah dan rambut sendiri, melakukan spa, dan masih banyak lainnya.

Munculnya natural beauty tren di Instagram ini memang dapat dimengerti, sebab sudah dua tahun belakangan ini kita banyak menghabiskan waktu dengan di rumah saja untuk mencegah dampak buruk pandemic Covid-19.

Dengan waktu luang yang kian banyak ini, para pecinta kosmetik akan memiliki waktu yang sama besarnya untuk memanjakan diri mereka di rumah. Karenanya, alih-alih menggunakan produk-produk jadi terkadang mereka akan lebih suka bereksperimen sendiri.

Tentu tips-tips itu enggak akan selalu berhasil, mengingat tak pernah ada aturan spesifik dalam takaran dan lama durasi pakai resep-resep beauty hack.

Kamu bahkan mungkin tak tahu, apakah hal itu benar-benar memberikan efek atau hanya akan membuat kulit dan rambutmu terasa lebih licin dari sebelumnya.

Natural Beauty Brands (Brand Kecantikan Alami)

Peningkatan akan minat dan antusiasme pada audiens Instagram tentang kecantikan natural ini, pada akhirnya membuat audiens mencari tahu brand skincare mana yang bisa menampung minat dan ketertarikan mereka.

Bisa kamu bayangkan bagaimana kalau kamu juga ikut ambil bagian, dengan menciptakan brand kosmetik sendiri yang mengusung konsep natural beauty tren di Instagram tersebut? Well, kita enggak bakalan tahu kalau belum coba, ya, kan.

Bahan Perawatan Kulit yang Sedang Naik Daun

bahan alami ayurvedic untuk kecantikan (2)

Kalau hanya membahas tren kecantikannya secara general, pasti akan kurang lengkap kalau kamu juga enngak tahu bahan perawatan kulit apa yang belakangan ini jadi pertimbangan.

Yap! Kalau lihat lewat hashtag ‘natural skincare ingredients’, kamu bisa menemukan setidaknya 1000 postingan yang membahas topik ini.

Beberapa bahan alami skincare yang kerap muncul dibicarakan antara lain lidah buaya, coconut oil, madu, mentimun, juga essential oil.

Keuntungan Mengetahui Tren Kecantikan di Instagram Bagi Bisnis Kosmetik

business owner working at home office packaging on background. online shopping SME entrepreneur working Young Women happy after new order from customer.

Kamu mungkin bertanya-tanya, dari semua penjelasan mengenai natural beauty tren di Instagram yang ada di atas, apakah hubungannya dengan binis kosmetik yang tengah kamu jalankan sekarang?

Well, pengetahuan akan adanya tren tertentu yang sangat popular dan diminati oleh audiens Instagram adalah hal yang berharga untuk bisnis kosmetik kamu.

Karena setidaknya ada … keuntungan mengetahui tren kecantikan di Instagram bagi bisnis kosmetik, seperti yang dijelaskan berikut ini.

Membantu Memprediksi Kebutuhan Konsumen di Masa Mendatang

Salah satu manfaat ketika kamu mengetahui tren kecantikan di Instagram adalah kamu bisa memprediksi kebutuhan konsumen di masa mendatang.

Misalnya, saat natural beauty tren di Instagram kian meningkat hingga mencapai 21 juta postingan. Maka kamu pasti juga aware, kalau lama kelamaan audiens Instagram akan mencari brand dan produk kecantikan dengan konsep sejenis.

Bisa Membuat Brand Kosmetikmu Jadi yang Terdepan

Masih sejalan dengan point yang pertama, dengan mengikuti tren kecantikan yang ada kamu akan dapat membuat brand kosmetikmu jadi yang terdepan di pasar.

Misalnya, ketika kamu sudah mengetahui dan memprediksi adanya kebutuhan ataupun tren kecantikan yang akan disenangi oleh masyarakat. Maka, di masa mendatang bukan tidak mungkin kalau kamu bisa menciptakan tren kosmetik sendiri sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Membantu Mendapatkan Ide Inovasi Produk Kosmetik

Yang paling penting, ketika kamu berselancar di 21 juta postingan Instagram tersebut kamu akan memahami kebutuhan konsumen. Inilah yang kemudian akan membantumu mendapatkan ide untuk menginovasi atau mengkreasikan produk kosmetik.

Misalnya saat masyarakat focus menggunakan bahan-bahan organic yang bisa diramu sendiri untuk merawat kulit. Nah karena audiens ingin  menikmati waktu me time dengan merawat dan mempercantik diri, kamu bisa memberikan produk yang sesuai kebutuhan mereka.

Seperti masker organic kering yang bisa digunakan bersantai, sabun untuk spa tubuh dan kaki, juga scrub badan dari berbagai bahan alami.

Menciptakan Produk Kosmetik dengan Cepat dan Bisa Mengikuti Tren

Perusahaan maklon kosmetik Mash Moshem Indonesia memiliki tim formulator, marketing, dan digital marketing yang dapat membantu kamu untuk mengetahui tren apa yang sekarang sedang digandrungi oleh beauty enthusiast.

Tak hanya itu, kami pun bisa membantu memproduksi kosmetik yang kamu inginkan sesuai dengan tren yang ada. Bahkan, kami bisa membuatmu jadi yang pertama sebagai trend center dalam industri kosmetik.

Well, ada sedikit rahasia buatmu: formulator kami selalu bekerja untuk menciptakan trobosan-trobosan terbaru tiap harinya. Bersama kami kamu bisa memiliki produk kosmetik yang unik, trendi, dan juga dibutuhkan oleh konsumen.

Gimana? Apakah artikel ini berhasil menarik hatimu?

About Author

Renny Ambar Sari

An author, content writer and editor.

Related posts

Leave a Comment