6 Cara Melepas Sheet Mask dengan Aman dan Tidak Iritasi

cara melepas sheet mask

Salah satu cara instan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kelembaban kulit wajah adalah menggunakan sheet mask. Demi mendapatkan hasil yang optimal, kamu perlu mengetahui cara memakai sheet mask yang benar, termasuk cara melepas sheet mask.

Meskipun terlihat gampang, jika cara melepas sheet mask tidak tepat, maka kandungan nutrisi pada sheet mask tidak dapat diserap oleh kulit secara optimal. Yuk, simak pemaparan mengenai cara memakai sheet mask yang tepat!

cta cara melepas sheet mask 1

Cara Melepas Sheet Mask dengan Aman

Sheet mask adalah masker berbentuk lembaran yang menyerupai wajah. Sheet mask memiliki lubang untuk mata, hidung, dan mulut. Jadi, jika ingin menggunakan masker, kamu tinggal mengeluarkan masker dan meletakkan masker di wajah sesuai dengan posisi lubang mata, hidung, dan mulut.

Biasanya, sheet mask terbuat dari serat alami seperti kertas, pulp kelapa, katun, atau selulosa. Lembaran sheet mask telah melalui proses kimiawi yang diperkaya dengan serum atau zat aktif yang sangat baik untuk merawat kesehatan kulit.

Jika kamu ingin menggunakan sheet mask, kamu harus mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan sheet mask yang benar, termasuk cara melepas sheet mask. Berikut penjelasannya:

Memasukkan Sheet Mask ke Dalam Kulkas

Sebaiknya kamu menyimpan sheet mask di dalam kulkas terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Masker yang dingin akan memberi sensasi segar dan menenangkan saat dipakai ke kulit.

Wajib Membersihkan Wajah

Sebelum memakai sheet mask, kamu harus membersihkan wajah terlebih dahulu dari sisa-sisa makeup dan kotoran dengan makeup remover dan facial cleanser. Jika kamu memakai sheet mask dalam kondisi wajah yang kotor, manfaat serum yang terkandung dalam sheet mask tidak bisa diserap dengan baik oleh kulit wajah.

Baca juga “6 Langkah Membuat Sheet Mask dengan Brandmu Sendiri, Mudah Loh!

Mengaplikasikan Sheet Mask ke Wajah

Gak cuma wajah yang harus bersih. Kamu juga perlu memastikan tanganmu bersih, ya, saat memegang sheet mask!

Ambil sheet mask dari bungkus kemasannya dengan hati-hati dan jangan sampai sobek, ya!

Kamu harus menyesuaikan posisi sheet mask dengan wajah, agar sheet mask menempel ke seluruh area wajah dengan merata. Caranya, letakkan sheet mask terlebih dahulu di dahi dan mata supaya masker tidak bergelembung dan menempel dengan sempurna. Berikutnya, tarik lembaran masker secara perlahan-lahan ke area pipi dan dagu hingga seluruh sheet mask bisa menempel di wajah kamu.

Jika masih ada lembaran masker yang belum merata, tekan tonjolan atau kerutan tersebut secara lembut dengan gerakan ke arah luar. Jangan sampai ada bagian sheet mask yang tidak menempel dengan rata, ya!

Saat sheet mask sudah menempel secara merata di wajah, kamu bisa memijat area wajah dengan ujung-ujung jari atau face roller. Memijat wajah saat menggunakan sheet mask memiliki beberapa manfaat, di antaranya: melancarkan sirkulasi darah, membuat serum atau essence yang terkandung di dalam sheet mask bisa diserap dengan baik oleh kulit wajah, mengurangi pembengkakan pada area wajah, serta membuat wajah lebih segar dan rileks.

Mendiamkan Sheet Mask Sesuai Durasi yang Ditentukan

Mungkin kamu menganggap bahwa mendiamkan sheet mask dalam waktu yang lama, bahkan hingga semalaman, akan semakin baik untuk kulit wajah. Namun, hal tersebut keliru.

Sebaiknya kamu mendiamkan sheet mask sesuai waktu yang dianjurkan pada label kemasan. Biasanya sheet mask didiamkan selama 10 – 20 menit.

Jika didiamkan dalam waktu yang terlalu lama, sheet mask akan menjadi kering dan menarik kelembaban alami yang ada di kulit wajah. Selain itu, essence pada serum akan menguap dan tidak bisa diserap secara optimal oleh kulit wajah.

Melepas Sheet Mask

Setelah memakai sheet mask sesuai waktu yang ditentukan, kini saatnya melepas sheet mask. Cara melepas sheet mask tanpa menyebabkan iritasi adalah menarik lembaran sheet mask secara perlahan, dimulai dari area bawah wajah atau dagu. Jangan melepas sheet mask dari atas wajah atau dahi, karena konon katanya bisa membuat kulit wajah jadi kendur.

Setelah melepas sheet mask, kamu tidak perlu membilas wajah kamu dengan air. Hal yang perlu kamu lakukan setelah melepas sheet mask adalah, menepuk-nepuk lembut sisa essence ke kulit wajah, leher, lutut, kaki, atau bagian tubuh lainnya yang kering dan tidak terkena masker. Sisa-sisa essence tersebut masih mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kulit. Jadi, jangan dibuang begitu saja, ya.

Melanjutkan Rangkaian Skincare yang Lain

Meskipun sheet mask mampu memberi nutrisi pada kulit wajah, kamu masih perlu mengaplikasikan produk skincare lain untuk “mengunci” manfaat dari sheet mask yang kamu gunakan.

Sebagai contoh, jika kamu memakai sheet mask pada pagi hari, gunakan pelembab dan sunscreen setelah melepas sheet mask. Jika sheet mask digunakan di malam hari, kamu bisa melanjutkan penggunaan eye cream dan night cream.

cara melepas sheet mask 1

Manfaat Sheet Mask untuk Kesehatan Kulit

Manfaat dari sheet mask berbeda-beda, tergantung dari bahan-bahan yang dikandung oleh sheet mask. Selain itu, manfaat sheet mask bisa kamu rasakan jika kamu menggunakan sheet mask secara rutin dan mengetahui cara melepas sheet mask dengan benar. Penasaran apa saja manfaatnya?

Ampuh Melembabkan dan Menenangkan Kulit

Pada umumnya, sheet mask mengandung bahan-bahan yang melembabkan kulit, seperti gliserin dan hyaluronic acid. Kandungan tersebut mampu melembabkan kulit wajah dalam waktu yang cepat. Tak hanya itu, bahan-bahan pelembab yang dikandung oleh sheet mask bisa menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan.

Baca juga “Bikin Efeknya Makin Maksimal, Ini Dia Cara Memakai Sheet Mask yang Benar

Membuat Kulit Wajah Jadi Lebih Cerah

Beberapa varian mask sheet mengandung ekstrak licorice, niacinamide, atau arbutin. Alhasil, hiperpigmentasi dan noda gelap pada kulit bisa berkurang, bahkan kulit wajah menjadi lebih cerah.

Mencegah dan Mempercepat Menghilangkan Jerawat

Sheet mask yang mengandung tea tree oil, asam salisilat, allantoin, centella aciatica, atau lidah buaya, bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan mengangkat pori-pori tersumbat yang bisa menimbulkan jerawat. Kandungan bahan-bahan tersebut juga bisa membantu mempercepat penyembuhan jerawat yang sudah ada.

cta cara melepas sheet mask 2

Yuk, Buat Sheet Mask Tanpa Bahan Iritan di Mash Moshem Indonesia

Meskipun saat ini sudah banyak varian sheet mask yang beredar di pasaran dengan beragam komposisi dan manfaat, mungkin kamu masih belum menemukan sheet mask yang cocok. Entah itu kandungan bahan sheet mask yang membuat wajah kamu iritasi, atau ukuran sheet mask yang terlalu besar di wajahmu.

Jika kamu ingin memakai sheet mask yang bahan-bahan dan formulasinya cocok di wajah kamu, ini saatnya memproduksi sheet mask dengan brand mu sendiri. PT Mash Moshem Indonesia siap mewujudkan sheet mask impianmu! Kamu bebas menentukan kandungan yang ada dalam sheet mask mu dengan berdiskusi bersama tim ahli PT Mash Moshem Indonesia.

PT Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa maklon kosmetik yang memiliki konsep One Stop Maklon Cosmetic Manufacture dan sudah berdiri sejak tahun 2011. Tidak hanya pembuatan formulasi dan produksi massal saja, PT Mash Moshem Indonesia siap membantu kamu dalam mengurus perizinan, mengembangkan desain kemasan, dan memasarkan produk.

Banyak yang bilang bahwa mengurus perizinan perusahaan dan produk itu sulit. Namun, jika kamu memercayakan maklon sheet mask kepada PT Mash Moshem Indonesia, proses pengurusan legalitas bisa selesai hanya dalam waktu 14 – 30 hari kerja saja. Izin edar BPOM, HALAL, HAKI, Vegan, hingga HSA Singapura merupakan perizinan atau legalitas yang bisa diurus oleh PT Mash Moshem Indonesia.

Sementara itu, terkait desain kemasan, salah satu topik yang bisa kamu bahas dengan PT Mash Moshem Indonesia adalah pembuatan label kemasan. Pada umumnya, label kemasan mencantumkan hal-hal informatif seperti tanggal produksi sheet mask, tanggal kedaluwarsa, komposisi bahan, serta cara penggunaan sheet mask yang benar, termasuk cara melepas sheet mask.

Kamu tak perlu khawatir soal kualitas produk, karena PT Mash Moshem Indonesia menyediakan berbagai bahan baku berkualitas tinggi. PT Mash Moshem Indonesia juga berkomitmen tinggi dalam menjalankan standar produksi yang terakreditasi dan mematuhi sertifikat industri (BPOM, CPKB, dan HALAL).

Tertarik maklon sheet mask dengan PT Mash Moshem Indonesia? Silakan menghubungi kami untuk memperoleh informasi lebih lanjut dengan meng-klik tombol di bawah ini!

cta cara melepas sheet mask 3

About Author

Related posts