Bikin Efeknya Makin Maksimal, Ini Dia Cara Memakai Sheet Mask yang Benar

cara memakai sheet mask yang benar

Kini rutinitas untuk menjaga dan merawat kesehatan kulit telah menjadi hal yang sangat lumrah dilakukan. Enggak cuma untuk perempuan, tetapi lelaki dan dari masyarakat dari segala usia juga.

Salah satu produk perawatan kulit yang sering dipakai adalah masker wajah dari berbagai jenis. Bisa clay mask, organic mask, hingga sheet mask.

Khusus soal sheet mask, produk yang satu ini sempat sangat populer dan digandrungi, lho. Hal ini karena sifat sheet mask yang sangat praktis digunakan.

Enggak cuma itu, harganya yang terjangkau dan kemasannya yang praktis jadi memudahkan untuk dibawa kemana saja. Bahkan hasil dari pemakaian sheet mask pun dapat langsung terlihat.

Apalagi sheet mask pun dapat memberikan efek yang sangat positif untuk kulit untuk wajahmu. Sebab dalam sheet mask terdapat cairan essence yang sangat berguna untuk memberikan nutrisi pada kulit kamu.

Selain dapat menjaga kelembaban wajah, sheet mask pun diciptakan dengan berbagai fungsi lainnya. Mulai dari memberikan kelembaban dan mengencangkan kulit, mengurangi produksi minyak, serta dapat merawat jerawat.

Sheet mask juga disenangi karena kemampuannya yang dapat memberikan sensasi menenangkan. Yang pastinya cocok banget digunakan setelah seharian berada di luar ruangan dan terkena berbagai polusi udara.

Sayangnya enggak semua orang bisa memperoleh manfaat maksimal dari penggunaan sheet mask ini. Penyebabnya pun beragam, selain dari penggunaan yang enggak teratur, sampai cara pengaplikasian yang salah.

Nah, supaya kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat sheet mask dengan maksimal. Enggak ada salahnya untuk cek berbagai cara memakai sheet mask yang benar di bawah ini.

11 Cara Memakai Sheet Mask yang Benar

cara memakai sheet mask yang benar

Mungkin selama ini banyak yang menyepelekan cara memakai sheet mask yang benar. Padahal ini sangat berpengaruh pada hasil yang akan kamu dapatkan.

Bahkan, penggunaan sheet mask yang salah malah kadang bisa membuat kulit kamu beruntusan. Nah, berikut beberapa tips cara memakai sheet mask yang benar agar hasilnya semakin maksimal.

Yuk, simak sama-sama!

Pilih Sheet Mask Sesuai dengan Kebutuhan dan Jenis Kulitmu

perhatikan jenis kulit wajahmu

Hal pertama yang harus kamu perhatikan adalah kondisi dan kebutuhan kulit wajahmu sendiri. Langkah ini sangat penting, karena dengan menggunakan sheet mask yang tepat masalah kulit wajah yang kamu alami dapat diatasi.

Enggak hanya itu, pemilihan sheet mask yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan jenis kulit bisa saja menimbulkan iritasi kulit.

Misalnya, kamu memiliki jenis kulit yang kering dan sensitif. Nah, kamu dengan sembarangan memilih sheet mask yang berkandungan alkohol atau bahan keras lainnya.

Maka, risiko kulit wajahmu teriritasi semakin besar. Dan enggak menutup kemungkinan akan timbul masalah kulit lain, seperti bruntusan atau muncul rasa gatal di wajah.

Oleh sebab itu, cara memakai sheet mask yang benar satu ini harus benar-benar kamu perhatikan, ya.

Simpan Sheet Mask di Dalam Kulkas

Meski enggak memberikan kegunaan tambahan yang signifikan untuk kesehatan dan kecantikan kulitmu. Tapi menyimpan sheet mask dalam kulkas sangat direkomendasikan untuk kamu coba.

Proses penyimpanan masker dalam kulkas ini akan meningkatkan efek menenangkan dan relaksasi pada kulit ketika kamu menggunakannya di malam hari.

Sementara penggunaan masker pada pagi hari dapat memberikan efek menyegarkan dan memberikan efek mengencangkan pada kulit. Sensasi yang sama seperti saat kamu mengompres wajah dengan es batu.

Dengan demikian, berbagai nutrisi yang telah terserap ke dalam wajah tidak akan mudah menguap. Pori-pori jadi lebih kecil, dan kosmetik yang kamu gunakan seharian enggak akan mudah luntur.

Pastikan Wajahmu Bersih dan Jangan Lupa Aplikasikan Toner

facial foam

Ketika mengaplikasikan produk skincare dengan jenis apapun, memastikan kebersihan wajahmu sangatlah penting. Begitu juga saat menerapkan cara memakai sheet mask yang benar.

Sebab kondisi wajah yang kotor akan mengakibatkan sisa debu dan polusi, serta bakteri akan semain terjebak dan masuk ke dalam kulit. Alhasil bukannya glowing, berbagai masalah kulit juga akan muncul.

Mulai dari timbulnya komedo, jerawat, hingga masalah kulit yang lainnya.

Supaya enggak ada kotoran yang tertinggal di wajah, lakukan proses pembersihan dengan metode double cleansing. Yakni menggunakan cleanser dan mencuci wajah dengan facial foam.

Nah, agar pH wajahmu tetap seimbang dan tidak kering, aplikasikan toner setelah mencuci muka. Bahkan menggunakan toner bisa membantu untuk mengangkat sisa make up atau kosmetik yang enggak bisa hilang walau sudah cuci muka.

Jika wajahmu bersih dan tidak kering, maka kandungan yang ada dalam masker akan dapat diserap dengan baik oleh kulitmu.

Jangan Biarkan Ada Bagian yang Tidak Terpakai

cara memakai sheet mask (2)

Kandungan yang ada dalam sheet mask sangatlah beragam dan kaya. Akan sangat disayangkan kalau kamu enggak bisa menggunakan seluruhnya dengan baik.

Misalnya, banyak dari kita yang secara serampangan dan tidak sabaran mengaplikasikan masker ke seluruh wajah.

Hasilnya lembaran masker tidak bisa merata dan menggumpal di bagian-bagian tertentu saja. Sementara masih ada bagian wajah lainnya yang enggak tertutupi.

Ini tentu bisa membuat nutrisi yang ada dalam sheet mask tidak bisa diserap merata oleh kulit wajah.

Begitu pun saat ada lembaran sheet mask yang tersisa di bagian wajah tertentu, usahakan manfaatkan kelebihan itu dengan baik. Caranya tekan bagian itu sampai menempel dan tidak terlepas dari wajah.

Gunakan Sisa Cairan Essence untuk Bagian Wajah yang Tidak Tertupi

Terkadang lebar masker tidak sesuai dengan wajah kita, hal yang cukup lumrah mengingat bentuk wajah orang itu berbeda-beda.

Ketika ada bagian wajah yang tidak tertupi dengan sempurna, coba aplikasikan sisa cairan essence pada bagian tersebut.

Kalau kamu takut hasilnya enggak maksimal, bisa deh kamu gunakan kapas khusus skincare yang membantu penyerapan kulit.

Nah, kamu bisa menggunakan kapas ini untuk menahan cairan masker yang tersisa dan menempelkannya pada bagian wajah yang tak tertutupi masker.

Pijatlah Wajahmu dengan Lembut

cara memakai sheet mask yang benar

Cara memakai sheet mask yang benar lainnya adalah dengan memijat wajahmu dengan lembut. Agar lebih mudah, kamu bisa coba menggunakan roller wajah.

Yang bisa memberikan sensasi lebih segar dan membuat wajahmu jadi rileks, seperti telah mendapatkan pijatan wajah.

Enggak cuma menenangkan, roller wajah juga dapat membantu mengurangi keriput dan garis-garis wajah yang muncul. Bahkan kalau ada area wajah yang bengkak bisa juga diredakan, lho.

Kalau tidak memiliki roller wajah, kamu bisa memijat lembut wajahmu dengan jemari saat memakai sheet mask. Pijat pada area pipi, hidung, dan dahi dengan lembut. Agar cairan essence dapat terserap dengan baik.

Pakai Lip Balm dan Jangan Tutupi Bibir dengan Sheet Mask

Lip balm

Saat memakai sheet mask, hal yang perlu kamu lakukan adalah menghindari bagian bibir agar tidak tertupi lembaran masker.

Hal ini karena cairan essence justru bisa bikin bibirmu semakin dehidrasi, apalagi kalau kamu memang memiliki tipe bibir yang kering dan sensitif.

Akan lebih baik, saat akan memakai sheet mask di wajah. Kamu hendaknya mengaplikasikan lip balm atau pelembap bibir terlebih dahulu. Agar bibir tetap terhidrasi dengan baik dan tidak mudah kering.

Aplikasikan Sisa Essence yang Ada ke Area Kulit Lain

Pada kemasan sheet mask, biasanya akan banyak sisa serum yang tertinggal. Nah, agar sheet mask dapat memberikan efek yang maksimal, kamu bisa menampung atau menggunakan serum tersebut.

Kamu juga bisa memeras hasil essence berlebih di lembar masker ke dalam pot atau wadah kecil. Setelah itu kamu bisa aplikasikan ke bagian kulit yang lain, misalnya pada dada, leher, tangan dan kaki.

Kamu bisa juga aplikasikan pada bagian tubuh yang kering, sehingga bisa kembali lembab. Agar terserap dengan baik kamu harus memijat bagian kulit yang diolesi dengan cairan tersebut dengan lembut.

Selain itu, kamu bisa juga lho mengakali kelebihan cairan masker itu dengan mencelupkan kapas pada cairan itu. Lalu letakkan kapas di bawah mata, dan jadilah masker mata yang kaya nutrisi.

Yang sangat berguna untuk mengatasi masalah-masalah pada area mata. Misalnya menyamarkan lingkaran hitam dan kerutan-kerutan di ujung mata.

Jangan Gunakan Sheet Mask Telalu Lama

cara memakai sheet mask

Hal lain yang harus kamu perhatikan saat menggunakan sheet mask adalah durasi pemakaiannya. Kamu harus mematuhi aturan atau cara pakai yang dicantumkan pada kemasan sheet mask yang kamu beli.

Banyak orang mempercayai bahwa dengan menggunakan sheet mask dalam waktu yang lama, bisa membuatnya terserap dengan baik. Padahal hal ini enggak bener, dan malah bikin masalah di kulit wajah kita.

Durasi penggunaan sheet mask biasanya hanya dalam rentang waktu 15-20 menit saja. Terlalu lama mendiamkan sheet mask di wajah itu enggak baik, apalagi kalau sampai kelewat kering.

Bukannya glowing, justru hal ini bisa membuat kelembapan alami di kulit wajah menghilang. Enggak hanya itu, kulitmu bisa iritasi dan muncul rasa gatal. Bahkan bisa saja menimbulkan alergi kosmetik di wajah.

Tepuk Sisa Essence yang Menempel di Wajah

Menyeimbangkan pH kulit

Setelah melepas sheet mask, biasanya akan ada sisa cairan essence yang masih tertinggal. Kalian harus ingat, jangan bilas atau membersihkan sisa cairan ini.

Karena bisa saja kandungan yang sebelumnya telah merasuk dalam kulit akan hilang bersama sisa essence tersebut. Ada baiknya, tepuk-tepuk dengan lembut wajah supaya ciaran yang tersisa bisa terserap lagi.

Sebagai catatan, pastikan tanganmu sudah dalam keadaan bersih ketika  melakukannya. Agar enggak ada kuman dan bakteri yang malah ikut masuk serta menkontaminasi kulit kita.

Tak Perlu Bilas, Pakai Pelembap Setelah Masker

kulit berminyak (2)

Setelah semua cara yang telah disebutkan sebelumnya kamu terapkan, sekarang tinggal praktikkan langkah pamungkas satu ini.

Supaya sheet mask dapat bekerja dengan maksimal di wajah, kamu harus mengunci kandungan essence dengan menggunkan pelembap.

Caranya, tunggu hingga wajah mengering terlebih dahulu, kemudian oleskan produk pelembap yang biasanya kamu gunakan.

Proses ini adalah cara yang cukup efektif untuk menghalangi agar essence yang sudah terserap oleh kulit wajah menguap keluar setelah pakai sheet mask.

Manfaat Menggunakan Sheet Mask Secara Rutin

manfaat memakai sheet mask

Manfaat penggunaan sheet mask akan terlihat dengan baik, jika kamu menggunakan secara rutin. Juga dengan menerapkan berbagai cara memakai sheet mask yang benar di atas.

Bukan hanya untuk memberi kelembapan pada kulit wajah kita, sheet mask rupanya memiliki manfaat yang sangat beragam.

Nah, biar kamu enggak ragu dan makin rajin menggunkan sheet mask. Yuk, simak berbagai manfaat menggunakan sheet mask secara rutin di bawah ini.

Menutrisi Kulit Wajah

skincare probiotik

Dalam sheet mask terdapat cairan essence yang kaya akan berbagai kandungan. Baik berupa vitamin, bahan aktif tertentu, atau bahkan bahan-bahan alami lainnya.

Nah, kandungan-kandungan inilah yang akhirnya dapat memenuhi kebutuhan nutrisi pada kulit kita. Alhasil, kulit wajah jadi tampak lebih sehat, kenyal dan segar.

Sheet mask juga dinilai mampu meningkatkan kadar air dan oksigen pada wajah. Untuk pemilik kulit wajah kering, penggunaan sheet mask yang teratur tentu sangat direkomendasikan.

Selain dapat menghidrasi dan memberikan nutrisi pada kulit, sheet mask juga dapat merawat kulit agar kembali lembut dan halus.

Dapat Mengembalikan Kelembapan Kulit

Manfaat Produk Perawatan

Fungsi utama sheet mask adalah melembapkan kulit wajah. Karena itu masker jenis ini sangat baik digunakan bagi mereka yang memiliki permasalahan kulit kering dan sensitif.

Dalam sheet mask terkandung berbagai mineral dan vitamin, yang sangat mampu membantu menghidrasi kulit dalam waktu singkat.

Membuat Kulit Wajah jadi Segar

manfaat skincare probiotik 2

Bagi kamu yang lelah setelah beraktivitas seharian, yang sangat padat dan membuat penat. Kebutuhan untuk relaksasi tentulah sangat besar.

Hal ini dapat kamu penuhi dengan menggunakan sheet mask pada malam hari. Terlebih selain cairan essence, biasanya dalam masker jenis ini juga mengandung bahan lainnya, seperti collagen.

Kandungan inilah yang kemudian membuat sheet mask mampu membuat wajahmu jadi lebih cerah dan segar. Jangan lupa gunakan trik untuk meletakkan sheet mask dalam lemari pendingin sebelum memakainya.

Cara ini bisa meningkatkan sensasi relaksasi dan menenangkan saat menggunakan sheet mask pada malam hari.

Mencegah Timbulnya Jerawat

penyebab kulit sensitif

Kulit yang ternutrisi dengan baik menjadikan pertahanan kulitmu juga akan semakin maksimal pula. Hal ini yang kemudian berperan dalam mencegah timbulnya jerawat.

Mencegah Munculnya Tanda-tanda Penuaan Dini

faktor usia

Terlalu sering beraktivitas di bawah paparan sinar matahari dan terkena polusi udara secara berlebihan, bisa meningkatkan risiko munculnya tanda-tanda penuaan dini di wajah.

Namun kamu enggak perlu khawatir, karena menggunakan sheet mask bisa mengatasi masalah kecantikan yang satu ini.

Dengan kemampuan sheet mask yang dapat memberikan kelembaban pada kulit wajah, jenis masker ini juga akhirnya mampu menghambat munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Wajah yang lembut akan tampak lebih kenyal dan kencang. Enggak hanya itu, dengan kulit yang terhidrasi dengan baik, kerutan dan garis-garis halus yang muncul di wajah bisa tersamarkan dengan baik.

Membantu Menangkal Radikal Bebas

jenis tabir surya

Radikal bebas dapat memberikan dampak yang sangat buruk untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita. Misalnya dengan munculnya berbagai masalah kulit, hingga bisa menyebabkan kanker kulit.

Nah, dampak buruk radikal bebas ini bisa kamu cegah dengan rutin dan teratur menggunakan sheet mask. Hal ini karena biasanya dalam sheet mask terdapat bahan-bahan aktif atau alami yang dapat bekerja sebagai anti oksidan.

Kandungan antioksidan ini yang akan membantu melindungi kulit dan menangkal radikal bebas. Hasilnya kulitmu akan jadi lebih sehat dan terlindungi dengan baik.

Well, itu semua adalah hal-hal tentang sheet mask yang mungkin saja belum kamu ketahui dengan baik. Mulai dari bagaimana produk ini jadi populer, manfaat, hingga cara memakai sheet mask dengan benar.

Cara-cara yang telah disebutkan sebelumnya diharapkan dapat membantumu mendapatkan hasil maksimal ketika menggunakan sheet mask.

Karena harus diakui, banyak dari kita yang ignorance alias enggak peduli tentang detil-detil kecil saat menggunakan skincare. Padahal detil ini memiliki peran yang besar dan signifikan terhadap efektivitas produk skincare yang kita gunakan.

Begitu pula dengan menggunakan sheet mask, kita enggak boleh sembarangan dan asal. Selain agar hasilnya lebih maksimal, juga biar terhindar dari resiko terkena alergi kosmetik.

Nah, sudah dulu ya, Guys. Bila kamu tahu tips-tips lain tentang cara memakai sheet mask yang benar, dan tidak ada dalam daftar di atas, kamu bisa kasih tahu kami di kolom komentar, ya!

About Author

Related posts

Leave a Comment