Cara Membangun Brand Identity untuk Merk Kosmetik yang Menjual!
Tahukah kamu, sebelum benar-benar mempromosikan produkmu di berbagai channel marketing, terlebih dahulu kamu harus tahu dan menerapkan cara membangun brand identity yang kuat untuk merk kosmetikmu, loh.
Brand Identity ini memiliki kedudukan yang sangat penting karena dapat memabntu konsumen dalam mengenali dan membedakan brand kamu dari competitor.
Apalagi kini proses pembuatan produk kosmetik juga lebih mudah, maka semakin banyak juga brand-brand baru yang muncul di pasaran. Bahkan enggak menutup kemungkinan, bahwa value yang ada pada brand-brand ini akan sama dengan produkmu.
Karena itulah, sangat penting untuk membuat brand identity yang kuat sehingga konsumen tidak akan lupa atau bahkan tidak mengenali produkmu.
Lantas apa sih yang dimaksudkan dengan brand identity, serta bagaimana cara membuat brand identity untuk brand kosmetik milikmu?
Langsung simak ulasannya di bawah ini ya, Beautypreneurs!
Apa Itu Brand Identity?
Sebelum membahas apa saja pentingnya dan cara membangun brand identity untuk bisnis kosmetik, kamu perlu tahu terlebih dahulu pengertian dari brand identity ini.
Dilansir dari Niagahoster, dikatakan bahwa brand identity merupakan sekumpulan elemen yang terlihat dari suatu merk produk. Misalnya dari desain kemasan produk, logo, warna yang dipilih, hingga tagline yang membedakan merk dengan brand competitor.
Selain itu, brand identity ini juga akan membuat konsumen mengingat dan menenali brand kamu dengan lebih mudah. Umumnya, konsumen akan mengaitkan brand identity dengan produk yang akan kamu buat nantinya.
Nah, ketika konsumen telah mengenali dan bisa membedakan brand identity dari bisnis kosmetikmu. Maka kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan, misalnya membuat konsumen lebih loyal, dan meningkatkan popularitas brand kosmetik kamu.
Yang perlu diingat, brand identity ini berbeda dengan imej atau awareness yang kerap disebut dalam branding. Karena brand dalam branding lebih condong pada bagaimana audience memandang produk kamu.
Sementara brand identity ini berkaitan dengan berbagai aspek atau elemen yang digunakan untuk membangun citra pada merk itu sendiri.
Salah satu brand identity dalam industri kosmetik adalah Make Over. Ketika kamu mendengar nama brand kosmetik ini, kamu pasti secara otomatis akan mengingat warna yang selalu digunakan dalam kemasan produk, bagaimana logonya, juga konsep produk yang ada.
Mengapa Membangun Brand Identity Penting untuk Bisnis Kosmetik?
Selain bisa membangun ciri khas brand kosmetik milikmu, membangun brand identity sebenarnya sangat penting dilakukan. Mengapa demikian?
Langsung simak beberapa alasan mengapa brand identity sangat penting untuk bisnis kosmetik berikut ini, yuk!
Dapat Membangun Loyalitas Konsumen
Salah satu manfaat utama brand identity untuk merk kosmetikmu adalah dapat membantun loyalitas konsumen.
Ini dikarenakan, konsumen dapat mengenali dan membedakan produkmu dengan brand lain lebih mudah. Tak hanya itu, adanya brand identity memungkinkan adanya hubungan antara produk / brand kosmetik dengan konsumen.
Konsistensi Konsep Produk Kosmetik
Ketika kamu memiliki brand identity, maka akan semakin mudah untuk mempertahankan konsistensi kualitas dan inovasi dari produk kosmetik yang kamu buat.
Selain karena brand identity yang telah dibentuk sudah mengakar dalam benak masyarakat. Ini pun akan memberikan ciri khas pada setiap elemen desain dan gaya dasar untuk menciptakan merk yang berkesinambungan.
Sebagai Penggambaran Kepribadian atau Citra Brand
Hal lain yang menjadikan pembentukan brand identity sangat penting adalah sebagai penggambaran kepribadian atau citra brand kosmetik yang kamu miliki.
Brand identity bisa dikatakan adalah representasi visual dari nilai dan kepribadian brand. Umumnya, desain yang digunakan dibuat untuk membangun kesan dan nada tertentu terhadap target konsumen. Termasuk untuk mempromosikan tujuan serta kegunaan dari brand tersebut.
Dapat Meningkatkan Daya Saing Brand
Dengan adanya brand identity kamu dapat meningkatkan daya saing dari brand dan produk kosmetik yang kamu miliki. Ini karena brand identity memiliki kemampuan brand recall, yakni membuat merk dan produk melekat dengan baik dalam benak masyarakat.
Kamu bisa memperkuat brand identity ini dan meningkatkan daya saing, misalnya dengan membuat konten promosi yang sesuai, meningkatkan pelayanan, hingga banyak semakin banyak pengakuan yang diterima dari konsumen.
Hal tersebut, bisa membuat bisnismu semakin meningkat dan membuat popularitas brand kosmetik yang kamu miliki jadi lebih mudah bersaing.
Brand Akan Lebih Mudah Dikenali Oleh Pelanggan
Manfaat selanjutnya ketika kamu dapat membangun brand identity adalah brand kosmetikmu akan lebih mudah dikenal oleh pelanggan.
Ini dikarenakan pelanggan akan lebih mudah mengingat sebuah produk dengan identitas merk yang kuat. Dengan begitu, kemungkinan mereka mempertimbangkan pembelian produk kosmetikmu juga akan semakin besar.
Karena konsumen akan cenderung memilih brand kosmetik yang mereka kenal, dibanding dengan produk serupa tapi dari brand yang terdengar asing atau bahkan yang baru mereka kenal saat itu.
Membantu Meningkatkan Profit Bisnis Kosmetik
Masih berkaitan dengan beberapa point yang disebutkan sebelumnya, secara tidak langsung brand identity ini akan memberikan dampak positif pada tingkat pendapatan bisnis kosmetik yang kamu miliki.
Karena ketika brand telah terkenal, maka kamu juga bisa menaikkan kredibilitas dan value dari brand kosmetikmu di mata konsumen.
Hasilnya, mereka tidak akan ragu ketika membeli produk kosmetik yang kamu buat. Bahkan enggak sedikit juga yang akhirnya menjadi loyal, serta menunggu-nunggu adanya varian atau invasi produk kosmetik baru dari brand milikmu.
Cara Membuat Brand Identity untuk Brand Kosmetik
Setelah mengetahui manfaat dan kegunaan dari brand identity, kamu pasti udah enggak sabar pengen tahu bagaimana cara membangunnya pada bisnis kosmetik yang kamu jalankan bukan?
Nah, biar enggak semakin penasaran, berikut ini cara membangun brand identity untuk bisnis kosmetik yang bisa kamu terapkan dengan mudah. Simak baik-baik, ya!
Lakukan Riset Pasar
Langkah pertama yang harus kamu lakukan dalam cara membangun brand identity adalah melakukan riset pasar. Ini sangat penting untuk mengetahui target pasar yang kamu miliki.
Nah, untuk memudahkan, kamu bisa melakukan riset pasar sesuai dengan empat hal berikut ini.
Audience
Analisis pasar yang pertama untuk mempelajari apa yang diinginkan, dibutuhkan, serta diharapkan oleh konsumen terhadap brand kosmetik yang kamu buat.
Tak hanya itu, kamu bisa menyesuaikan konten promosi yang nantinya kamu buat dengan ketertarikan dan minat konsumen.
Visi dan Misi Perusahaan
Selanjutnya adalah visi dan misi perusahaan. Untuk membuat kedua pilar ini sangat penting, karena tanpa visis dan misi yang baik akan susah juga bagimu untuk menciptakan brand identity tersebut.
Proposisi Nilai (Proposition Value)
Langkah ini sangat penting untuk mengetahui bagaimana value brand kosmetikmu di mata konsumen dan competitor.
Analisis Kelemahan dan Kekuatan Brand
Selanjutnya melakukan analisis SWOT untuk mengetahui kelemahan dan kekuatan brand kosmetikmu. Dengan demikian, kamu dapat memahami apa sih yang menjadi karakter dan harus kamu tonjolkan dari brand milikmu.
Kamu bisa baca soal Analisis SWOT dengan lengkap di sini.
Perhatikan Desain Logo, Kemasan, dan Template
Langkah selanjutnya adalah memperhatikan desain logo, template, serta kemasan produk. Ketiganya merupakan aspek penting untuk membangun dan mendukung brand identity dari merk kosmetikmu.
Membangun Citra Brand Lewat Media Sosial
Media sosial menjadi salah satu alat promosi yang paling banyak digunakan saat ini, termasuk dalam menciptakan brand identity.
Karenanya, kamu harus bisa membuat kesan dan citra khusus untuk brand kosmetik kamu. Misalnya dengan memilih template konten yang seragam, mencantumkan logo, menggunakan copywriting yang menarik, dan banyak lainnya.
Melakukan Riset Secara Berkala
Cara membangun brand identity selanjutnya adalah melakuakn pemantauan dan riset srcara berkala. Untuk langkah ini, kamu bisa menggunakan fitur Google Analytic, melakukan survey, melihat konversi media sosial, dan banyak lainnya.
Pemantauan dan riset ini penting kamu lakukan untuk mengetahui bagaimana penerimaan audience terhadap konsep brand kosmetik yang kamu miliki.
Tak hanya itu, kamu juga bisa mengatur strategi yang tepat untuk meperbaiki dan meningkatkan brand identity yang kamu bangun pada merk kosmetik.
Elemen dalam Membangun Brand Identity
Sebelum benar-benar menerapkan cara membuat brand identity untuk merk kosmetik di atas, kamu juga perlu mengetahui apa saja elemen yang ada di dalamnya.
Nah dalam brand identity terdapat dua elemen yang harus kamu perhatikan, yakni elemen visual dan non visual, yang bisa kamu simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Elemen Visual
Yang tergolong dalam elemen visual ini adalah elemen yang berwujud gambaran visual dari identitas merk yang ingin kamu tampilkan.
Elemen ini bisa terdiri dari kombinasi warna, gambar, bentuk, dan unsur-unsur grafis lainnya yang bisa merepresentasikan identitas merk. Seperti logo perusahaan, warna kemasan, tipografi yang akan kamu gunakan dalam merk, serta kumpulan gambar.
Elemen Non Visual
Selain itu, elemen non visual adalah elemen yang berkaitan dengan aspek verbal. Di mana penggambaran identitas merk ini bisa kamu buat melalui kata-kata, slogan, brand voice, brand tone, serta gaya komunikasi yang perusahaan pakai.
Kedua elemen dalam brand identity ini memiliki peranan yang sama pentingnya dan saling berkaitan. Karenanya, kamu harus benar-benar memaksimalkan kedua aspek ini untuk membuat brand identity dari merk kosmetikmu kian terlihat menonjol.
Hal yang Membuat Identitas Merek Kian Kuat
Setelah memiliki dan membangun identitas untuk merk kosmetik yang kamu miliki. Bukan berarti hal tersebut akan serta merta langsung memikat pelanggan dan memberikan hasil yang kamu inginkan seketika.
Namun, untuk dapat membangun brand identity yang kuat, kamu perlu melakukan kerjasama dengan seluruh tim di perusahaanmu. Serta mempertimbangkan beberapa hal berikut ini:
Nilai Pembeda
Pertama, kamu harus memperhatikan nilai pembeda yang ada dalam produk atau brand kosmetikmu. Pastikan untuk selalu mengemas nilai unik ini dalam setiap kegiatan promosi yang kamu lakukan. Dengan begitu, brand kosmetikmu akan menonjol di antara kompetitor dan sanggup menarik perhatian calon konsumen.
Nilai Visual yang Menarik
Kedua, pertimbangkan nilai visual yang tak hanya menarik, namun dapat memberi kesan tersendiri kepada psikologis dan sisi emosional konsumen.
Aspek Scalable
Ketiga, kamu juga harus memastikan bahwa identitas yang kamu bangun ini nantinya dapat bertumbuh dan berkembang bersamaan merek kosmetikmu.
Bernilai Fleksibel
Keempat, semua aspek yang ada dalam cara membangun identitas brand kosmetik ini haruslah fleksibel. Artinya, kamu bisa menempatkannya di berbagai media dan channel promosi brand kosmetikmu. Baik itu di halaman Website, media sosial, hingga media cetak seperti koran maupun majalah.
Saling Melengkapi
Setiap elemen dalam menciptakan brand identity haruslah bersifat kohesif atau saling melengkapi. Hanya dengan begitu, kamu bisa menciptakan makna yang berkesan tentang brand kosmetikmu di hati konsumen.
Mudah untuk Diterapkan
Selanjutnya, tiap elemen dalam brand identity tersebut haruslah bersifat intuitif dan mudah untuk diterapkan oleh semua tim pemasaranmu.
Selain itu penting juga untuk merancang identitas brand yang relevan dengan minat dan karakter dari target konsumenmu. Jika tidak, semua pekerjaan yang kamu lakukan hanya akan sia-sia karena tidak bisa menjaring konsumen yang tepat.
Nah itu adalah berbagai hal yang perlu kamu ketahui tentang cara membangun brand identity untuk merk kosmetik yang perlu kamu tahu. Beautypreneurs, untuk menentukan brand identity ini kamu enggak boleh sembarangan, terutama dalam menciptakan desain logo dan kemasan produk.
Menyadari hal itu, Mash Moshem Indonesia juga menyediakan tim desain handal dan kreatif yang dapat membantumu menciptakan logo serta desain kemasan terbaik untuk produk kosmetikmu. Tim kami juga terdiri dari anak-anak muda yang paham akan tren kecantikan dan sadar mengenai minat pasar kosmetik.
Tak hanya itu, kamu juga bisa langsung mendiskusikan keperluan penciptaan desain produk ini secara aktif bersama tim kami. Misalnya, pemilihan warna yang sesuai dengan karakter brand maupun target pasar, memilih bentuk logo yang tepat, dan banyak lainnya.
Di mana lagi kamu bisa menemukan jasa maklon selengkap ini, kalau bukan di Mash Moshem Indonesia? Buruan diskusikan produk dan desain yang kamu inginkan via Contact Us, ya!