Cara Membuat Clarifying Shampoo dengan Brand Sendiri, Mudah Loh!

cara membuat clarifying shampoo

Pernahkah kamu mendengar produk clarifying shampoo? Clarifying shampoo bertujuan untuk membantu membersihkan penumpukan bahan kimia yang ada di rambut. 

Seperti produk hairspray, mousse, produk gel, sampo yang mengandung lilin dan pelembap, sampai produk berbahan kimia yang berasal dari kolam renang. Produk clarifying sampo ini juga belum banyak dikenal orang namun manfaatnya sangat penting karena pasti dibutuhkan kapan saja. 

Tenang, hal ini bisa kamu manfaatkan untuk membuat produk clarifying shampoo sendiri. Sekaligus mengenalkan produk yang bagus untuk mengatasi masalah penumpukan kotoran pada rambut. Nah, untuk info detailnya, kamu bisa menyimak ulasan dari kami berikut ini. 

Apa itu Clarifying Shampoo?

Clarifying shampoo adalah sampo yang memiliki manfaat khusus untuk membersihkan penumpukan produk hair styling atau produk yang mengandung bahan kimia. 

Seperti produk penataan rambut, produk gel, shampo yang mengandung lilin dan pelembap, sampai produk berbahan kimia yang berasal dari kolam renang. 

Selain itu kandungan residu, minyak, serta kotoran lain pada rambut juga dapat membuat kulit kepala menjadi tidak sehat dan memicu berbagai masalah rambut. 

Secara umum, produk clarifying shampoo terbuat dari 80% sampai 90% air. Hampir sama dengan dengan produk pembersih rambut lainnya dan yang membedakan adalah kandungan di dalamnya. Karena fungsi utama dari produk ini adalah untuk membersihkan sisa penumpukan produk hair styling.

Manfaat Clarifying Shampoo

Produk clarifying shampoo tidak hanya mampu membersihkan sisa penumpukan produk hair styling. Tapi juga menyimpan manfaat lain yang bagus untuk memaksimalkan proses pembersihan rambut, seperti:

  1. Memudahkan penataan rambut setelah sisa penggunaan produk styling rambut dibersihkan.  Rambut dan kulit kepala yang bersih akan terasa lebih ringan, sehingga rambut menjadi mudah untuk ditata.
  2. Rambut akan terasa lebih sehat, dan kulit kepala menjadi ringan karena sisa-sisa penumpukan produk perawatan dan styling rambut telah terangkat.
  3. Untuk kamu yang hobi berenang, produk clarifying sampo ini sangat bagus digunakan. Sebab, produk ini mampu mengangkat sisa bahan kimia yang ada di kolam renang. Biasanya kandungan kimia pada kolam renang akan menyamarkan warna rambut asli, maka jenis sampo ini akan menghilangkan efek warna dari paparan klorin tersebut.
  4. Penumpukan produk kimia pada rambut juga ditandai dengan adanya pengelupasan kulit kepala. Maka dari itu kamu bisa menggunakan clarifying shampoo ini untuk mengatasi masalah kulit kepala tersebut.
  5. Untuk kamu pengguna pewarna rambut sebaiknya tidak menggunakan clarifying sampo dalam waktu yang lama. Karena dapat memudarkan produk pewarna rambut yang sudah kamu aplikasikan.
  6. Sementara, untuk kamu yang mengalami masalah rambut seperti dermatitis seboroik, psoriasis, atau eksim sebaiknya melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Namun sebaiknya berhati-hati atau bisa melakukan uji coba terlebih dahulu.

Baca Juga: Jasa Maklon Shampoo – Jenis Layanan, Modal, dan Syaratnya

Bahan-bahan yang Umumnya Ada dalam Clarifying Shampoo

bahan aktif dalam clarifying shampoo

Clarifying shampoo terbuat dari beberapa bahan alami yang umum digunakan dalam produk serupa, di antaranya seperti:

Minyak Alami

Setelah penumpukan dari sisa-sisa produk styling rambut diangkat. Maka rambut akan terasa kering, untuk itu di dalam clarifying shampoo mengandung bahan natural oil yang dapat menyeimbangkan minyak kepala. Sekaligus mengganti minyak alami yang sudah terkontaminasi dengan kotoran kulit kepala.

Pelembap

Clarifying shampoo juga mengandung bahan yang dapat melembapkan kulit dan rambut setelah sisa-sisa penumpukan produk hair styling yang menjadi kotoran akan terangkat. 

Surfaktan

Surfaktan biasa digunakan dalam pembuatan produk clarifying shampoo. Karena memiliki manfaat dalam menghilangkan residu, minyak, serta kotoran yang menempel pada rambut dan kulit kepala. 

Nah, Beautypreneurs, surfaktan ini memiliki beberapa jenis, yakni surfaktan sintetik dan surfaktan alami. Kamu bisa menyesuaikan jenis surfaktan yang kamu mau sesuai preferensi target konsumen, moto perusahaan, ataupun menyesuaikan dengan minat pribadimu.

Ingin Punya Kosmetik Dengan Brand Sendiri?

Segera hubungi Mash Moshem Indonesia untuk membuat sampel kosmetik sesuai keinginanmu secara gratis.

    Cara Membuat Clarifying Shampoo Sendiri

    Setelah menyimak penjelasan mengenai apa clarifying shampoo. Apakah kamu tertarik untuk membuat produk clarifying shampoo sendiri? 

    Tentunya hal tersebut mudah kamu lakukan jika menggunakan bantuan jasa maklon kosmetik. Salah satunya di Mash Moshem Indonesia, yang siap membantu kamu dalam menciptakan produk clarifying shampoo sendiri. 

    Oleh karena itu, kamu harus mengetahui tahap-tahap penciptaan produk di PT. Mash Moshem Indonesia berikut:

    Diskusikan Konsep Produk dengan Tim Pemasaran

    Pertama, kamu harus melakukan diskusi terlebih dahulu bersama tim Mash Moshem Indonesia. Proses diskusi ini meliputi penentuan konsep serta ide bagi produk clarifying shampoo milik brand kamu. 

    Dalam tahap ini kamu juga akan diajak membahas mengenai proses pembuatan produk clarifying shampoo. Seperti bahan yang digunakan, manfaat dalam kandungan produk clarifying shampoo-mu, aroma untuk produkmu, serta karakter yang ingin kamu bangun dalam produk clarifying shampoo-mu.

    Pembuatan Sampel Produk oleh Tim Formulator

    Kedua, kamu akan melewati proses pemilihan bahan  untuk produk clarifying shampoo-mu. Tahap pemilihan bahan ini juga akan dibantu oleh tim formulator andalan dari Mash Moshem Indonesia. 

    Selain itu, kami juga berkomitmen untuk menciptakan formula eksklusif khusus bagi produk clarifying shampoo-mu. Jadi kamu tak perlu khawatir jika formulasi produk bahwa sampo buatanmu ini akan memiliki komposisi yang pasaran.

    Setelah mendapatkan formula yang cocok untuk produk perawatan rambut ini. Kamu bisa melanjutkan tahap selanjutnya yaitu pembuatan sampel dari produk clarifying shampoo milikmu. Proses pembuatan sampel ini juga membutuhkan waktu kurang lebih 2 minggu lamanya. 

    Dalam proses pembuatan sampel, kamu juga bisa mengajukan revisi jika merasa kurang cocok dengan formula yang digunakan.  

    Pengurusan Legalitas dan  Pembuatan Desain Kemasan

    Tahap selanjutnya, di Mash Moshem Indonesia kamu juga mendapat fasilitasi dalam mengurus sertifikasi dan legalitas produk secara lengkap. Proses pengurusan ini meliputi sertifikasi dan legalitas BPOM, HAKI, Halal dari MUI, serta klaim produk lainnya.

    Berbeda dengan proses pembuatan sampel yang membutuhkan waktu 1 sampai 2 minggu.Proses pengurusan legalitas dan sertifikasi ini membutuhkan waktu lebih lama, kurang lebih 1 sampai 2 bulan lamanya.

    Selain sertifikasi yang telah disebutkan sebelumnya. Kamu juga bisa mengajukan pengurusan sertifikasi HSA untuk memudahkan proses pemasaran produk clarifying shampoo milikmu ke luar negeri. Dikarenakan proses sertifikasi HSA ini sudah masuk standar internasional.

    Produksi Massal

    Setelah melewati tahap-tahap yang panjang tersebut. Step selanjutnya adalah produksi massal dari clarifying shampoo-mu. Untuk memudahkan proses pemasaran nantinya, kami juga memfasilitasi proses pembuatan desain kemasan dan logo dari produk clarifying shampoo-mu. 

    Nantinya, proses ini juga akan dibantu oleh tim multimedia dari Mash Moshem Indonesia yang telah profesional dalam menciptakan banyak desain.

    Pasarkan Clarifying Shampoo Buatanmu dengan Berbagai Marketing Kit Menarik

    Setelah semua tahap telah kamu lewati, kini saatnya proses pemasaran produk clarifying shampoo-mu. Untuk mendukung proses pemasaran yang mudah dan cepat, Mash Moshem Indonesia juga akan memfasilitasi prosesnya. 

    Jadi, kami akan menyediakan media pendukung untuk strategi marketing produk clarifying shampoo milikmu, seperti:

    Video Produksi

    Untuk menunjang proses pemasaran yang menarik. Maka kami juga menyediakan fasilitas pembuatan video dari proses produksi clarifying shampoo-mu.  Jadi kamu bisa menggunakan fasilitas ini dalam melakukan proses pemasaran agar dapat menarik minat konsumen.

    Foto Produk

    Tidak hanya mendapat fasilitas pembuatan video produksi, kami juga menyediakan foto produk clarifying shampoo-mu. Foto produk clarifying shampoo ini bisa kamu gunakan sebagai strategi pemasaran, baik secara online maupun offline. 

    Katalog atau Brosur

    Katalog atau brosur juga menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran produk clarifying shampoo-mu. Mash Moshem Indonesia juga memfasilitasi pembuatan katalog atau brosur ini.

    Nah itu tadi ulasan mengenai produk perawatan rambut clarifying shampoo. Tak hanya membantu mengangkat sisa-sisa penggunaan produk styling, karena produk ini juga memiliki manfaat lain. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan produk ini sebagai peluang bisnis yang menjanjikan kedepannya. 

    Sebagai salah satu produk perawatan rambut yang pasti dibutuhkan. Tentu sampo yang kamu buat ini akan jadi produk jangka panjang yang bisa digunakan siapa saja, terutama untuk mengatasi penumpukan sisa hair styling. 

    Karena biasanya penumpukan produk hair styling dapat memicu masalah rambut. Untuk itu, hal ini bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan, dan kamu bisa membuat produk clarifying shampoo sendiri bersama Mash Moshem Indonesia

    Di Mash Moshem Indonesia kamu bisa membuat berbagai jenis sampo dan memasarkannya dengan brand milikmu sendiri secara mudah. Bahkan modal produksi pun dapat kami sesuaikan dengan besaran budget yang kamu miliki. Tunggu apalagi Beautypreneurs, langsung hubungi tim kami di bawah ini, ya.

    cara membuat Clarifying Shampoo cta

    About Author

    Mash Moshem Indonesia

    PT. Mash Moshem Indonesia merupakan perusahaan jasa pembuatan kosmetik private label yang telah beroperasi sejak tahun 2011

    Related posts